Kopling saya kenapa ya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Kopling saya kenapa ya?

Post by r1409 »

jadi ceritanya taun lalu abis beli panther GT 2008, km 143rb, service record isuzu ada.
tapi ketika cek histori BeRes, ga pernah ada record ganti komponen kopling, jadi ga tau apakah udah pernah ganti di luaran atau ga.
lalu ketika setelah dapet mobilnya, 2-3 hari kemudian langsung ke BeRes, waktu SA cek kondisi, dia bilang master kopling mesti ganti.
tuas transmisi loss nya gede, jadi kalau pindah gigi kadang harus "nyari posisi yg pas" buat masuk gigi. katanya sih ini mesti ganti gundu tuas transmisinya, bukan masalah kopling.

saya belikan master kopling atas & bawah merk T*W, pasang di bengkel deket rumah. setelah jalan, terkadang pedal kopling seperti "nyangkut", kopling bisa jalan tapi tiba-tiba freeplay/speleng nya jadi gede, terkadang balik normal.
pakai 2-3 hari jalan, tiba-tiba kopling blong, ternyata minyak kopling bocor. setelah cek, ternyata seal master kopling bawah bocor. lalu ganti seal nya, udah ga bocor lagi. tapi kondisi pedal yg terkadang spelengnya membersar ini masih ada. saya balik ke bengkel suruh periksa, katanya mungkin setelannya, dan disetel lagi.

jalan lagi, ga lama masalah ini muncul lagi dan sudah sampe sekarang (odo sudah 177k km). minyak di reservoir kopling masih penuh, pas ganti oli mesin minggu lalu mekaniknya cek tidak ada rembesan atau bocor di master kopling.
tapi pas kemarin jalan ke batu, di medan turunan menggelinding aja di gigi 3, lalu saya oper ke gigi 4, pas lepas pedal kopling, pedalnya nyangkut di posisi setengah kopling. bukan kasus speleng jadi besar lagi, tapi beneran nyangkut tidak mau balik posisi asal, harus dibantu angkat pakai kaki.
lalu saya injak pedal lagi balik ke gigi 3, lepas pedal masih nyangkut stengah lagi. untungnya sudah deket lokasi lunch, jadi langsung masuk ke parkiran dengan kondisi seperti itu sampe gigi 1 dan matikan mesin. cek reservoir minyak kopling masih penuh. tapi setelah itu, sampe pulang surabaya tidak ada masalah nyangkut setengah lagi, tinggal masalah speleng yg kadang membesar itu.

kira-kira kenapa ya? apakah itu cuma ciri kampas/plat kopling habis? atau ada masalah lain? soalnya sy perhatikan rpm mesin tidak ada penurunan (waktu jalan 100 kph biasanya 2600rpm dan sekarang masih segitu), akselerasi masih enak.
kalau kata mekanik bengkel deket rumah sih, mungkin seal pedalnya aja yg lagi seret. kalau bener, solusinya gimana ya? apa cukup dikasih stamp pad? soalnya dia bilang harus bongkar, dan pas itu waktu ga memungkinkan.

dari beli (odo 143k) sampe sekarang (odo 177k) tidak pernah bongkar ganti kampas/plat kopling, bagian kopling cuma ganti masternya aja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by marmut »

1. master kopling atas dan bawah itu komplit dengan rumahnya atau isinya saja (kit master)?
2. prosedur buang angin sudah benar?
3. per penarik pedal kopling masih berfungsi bagus?
4. kondisi selang-selang fleksibel mampet atau lancar? sudah diperiksa?

kalau ganti master komplit dengan rumahnya, bisa jadi permasalahannya karena buang angin / bleeding belum sempurna. coba ulangi lagi.
misal hanya ganti kit master saja, kondisi master cylinder-nya bagaimana? tidak nutup kemungkinan ada lecet atau karat atau ngantong (diameter bagian tengah cylinder lebih besar aus karena gesekan).
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by MSU »

Itu yg 2-3 hari abis ganti master tau2 bocor aja udh abnormal
Biasa utk master2 ini sy pake sanyco..lmyn bagus...skrg malah ada aisin
Kemungkinan sih kayak masuk angin..atau master atas bawah perlu ganti lg?
Kadang master jebol ga perlu sampe minyaknya bocor keluar sih
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by r1409 »

marmut wrote: Sun Oct 20, 2019 5:38 1. master kopling atas dan bawah itu komplit dengan rumahnya atau isinya saja (kit master)?
2. prosedur buang angin sudah benar?
3. per penarik pedal kopling masih berfungsi bagus?
4. kondisi selang-selang fleksibel mampet atau lancar? sudah diperiksa?

kalau ganti master komplit dengan rumahnya, bisa jadi permasalahannya karena buang angin / bleeding belum sempurna. coba ulangi lagi.
misal hanya ganti kit master saja, kondisi master cylinder-nya bagaimana? tidak nutup kemungkinan ada lecet atau karat atau ngantong (diameter bagian tengah cylinder lebih besar aus karena gesekan).
1. komplit
2. waktu pasang sih sudah sama buang angin, sudah dikocok dan topup minyak terus sampe injakan enak. entah kalau masih ada udara terjebak.
3. sepertinya sih bagus, tarikannya kuat.
4. ini yg belum tau

pernah ada dugaan karena buang angin tidak sempurna, tapi kalau memang begitu kan seharusnya kondisi gak enak ini terjadi tiap saat ya?
soalnya masalah yg speleng mejadi besar ini biasanya terjadi setelah pemakaian intens (misal stop & go kondisi macet merambat), dan terjadi terus. biasanya balik normal lagi kalau udah mati mesin agak lama.

kalau masalah pedal nyantol seperti kemarin ini baru pertama kali terjadi, dan terjadi cuma sebentar lalu tidak nyantol lagi, tapi masih di kondisi speleng besar. setelah mati mesin untuk lunch break, pedal balik normal lagi.
MSU wrote:Itu yg 2-3 hari abis ganti master tau2 bocor aja udh abnormal
Biasa utk master2 ini sy pake sanyco..lmyn bagus...skrg malah ada aisin
Kemungkinan sih kayak masuk angin..atau master atas bawah perlu ganti lg?
Kadang master jebol ga perlu sampe minyaknya bocor keluar sih
iya bocor yg bawah, seal nya ada baret garis. setelah itu diganti merk se*ken dan berfungsi lagi.

kalau masalah seperti gini biasanya masalah di master atas atau bawah ya? atau harus ganti semua?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by MSU »

Better ganti bengkel om...
Kalo saya biasa ganti master ga pernah jeroannya doank...mending komplit krn takut rumahnya ada gores yg ga ketahuan akhirnya ngempos mulu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by marmut »

ada baiknya master dibongkar semua diteliti apakah ada kelainan di master cylinder atau seal atau keduanya. bisa jadi kondisi seal kurang rapat, atau mungkin dinding silindernya yang bermasalah (baret/lecet, tidak presisi, atau ada hal lain).
karena beli barang baru tidak jaminan 100% langsung tokcer, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

saya pernah ngalamin saat mobil sudah lama berjalan, pedal kopling "speleng"nya makin parah bahkan kadang blong. tapi kalau kondisi mesin sudah dingin atau berhenti lebih dari 2 jam, pedal kopling kembali normal lagi.
penyebabnya dari master cylinder sudah ngantong.

jangan lupa selang fleksibel diperiksa, dan pipa jalur minyak dibilas supaya bersih dari semua kotoran.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by r1409 »

hmm jadi memang kemungkinan terbesar dari masternya ya? memang master bawah ini dulu pas abis ganti (utuh), seal nya sempet bocor (berupa garis) dan diganti seal nya aja (karena baru ganti utuh, sayang dong ganti utuh lagi). sempet diraba dinding silindernya sih ga kerasa ada baret kasar.

oke sepertinya bakal dicoba ganti master, apa bawah aja atau komplit atas-bawah ya?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kopling saya kenapa ya?

Post by evanbngdor »

Pernah ada pengalaman panther itu koplingnya jeblos, itu khirnya ganti master komplit atas&bawah.

Gejalanya itu spelengnya tiba2 membesar, dan makin lama makin membesar sampe akhirnya ngelos&ngga bisa masuk gigi sama sekali.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T