Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 30 Sep 2019, 12:22

Astargea wrote:
28 Sep 2019, 19:31
Jatuhnya Nissan disini tidak lepas dari strategi global Nissan. Menurut saya NMI tidak bisa disalahkan sendirian. 3-4 tahun belakangan, Nissan sangat lambat dalam update line-upnya, di negara manapun.
kayanya keribetan internal sendiri ya? woro2 Carlos Ghosn vs orang Jepang sendiri, terus ketambahan aliansi dengan mitsubishi.
Misal di US Nissan Sentra, Frontier dan Rogue Sport sudah uzur, di seluruh dunia kecuali Eropa Nissan Micra/March tak kunjung diganti (sudah TIGA tahun sejak All New Micra dijual di Eropa), kemudian ada Nissan Note yang sudah tua, next ada Juke yang sampe 9 tahun gak ganti, wasted opportunity karena pasar crossover sedang tumbuh. Next, ada Nissan Almera/Versa yang sudah dari jaman batu baru muncul versi barunya (itupun baru di US, market lain belum). Lalu ada All New Teana yang sangat telat masuk Asia, sampai sekarang belum muncul juga. Belum lagi produk lain yang non global seperti Livina, Patrol, Elgrand.
yg agak mendingan ya praktis tinggal Eropa & kandang sendiri, proyek mobil murah Datsun juga ga sukses2 amat, di Rusia & India kepayahan, malah Next big market yaitu India malah melempem, padahal kebagian barang antik: Kicks dan Terrano.

https://www.thehindubusinessline.com/sp ... 332841.ece

Yang paling tragis adalah Terra. Nissan sudah memulai development sejak 2013-2014, kemudian pas ANF/ANPS nongol mereka kaget dan langsung ketar-ketir revisi desain. Ada kendala lain juga seperti harus ganti mesin karena regulasi emisi Thailand, itu bikin mundur agenda launching yang sedianya dilakukan di 2016. Itupun kayaknya ada kendala persetujuan maupun dana, buktinya final productnya kayak gitu.
saya selama ini mikirnya Terra itu emang aslinya buat China Domestic Market, malah baru tahu memang ditujukan untuk SEA juga ya.
Nissan March/Micra, yang ini saya betul-betul bingung. Produk sudah siap, bahkan sudah dijual selama tiga tahun di Eropa, kenapa belum dibikin global? Itu namanya kebodohan. Kendala mereka awalnya karena cuma ada transmisi manual (bodoh sekali) dan mesin yang kurang mendukung buat global: 900 cc turbo. Masalah pertama sudah kelar (skrg ada matik) tapi yang kedua kayaknya masih nunggu. Kelamaan bos.
lupa baca dimana, memang Micra itu sengaja duluan di eropa, karena penjualan terbanyak micra itu memang di eropa, dan disesuaikan market di sana. makanya naik kelas banget. bahkan seperti setara dengan Note.

nah anehnya ya itu setelah itu malah kaya ga niat jualan di belahan dunia lain. agak mirip Juke juga.
Sementara Livina/Grand Livina, kalo cari2 berita dikit ada berita tahun 2015 menyatakan mereka siap launching All New Livina (All new betulan ya) di Maret/April 2016. Tidak jelas apakah rumor itu benar atau tiba2 development dihentikan/ditunda, yang jelas sekitar sebelum Xpander nongol mereka langsung memastikan next gen Livina basisnya dari situ.
di tahun itu kalau ga salah NMI CEO-nya diganti orang Indonesia, kemudian tahun berikutnya tiba2 ganti CEO lagi.
https://www.merdeka.com/otomotif/rajin- ... bishi.html
mungkin karena ini jadi berantakan, dan kebetulan ada beli saham Mitsubishi, jadi daripada repot2 rebadge saja dan saya baru sadar di link diatas itu CEO-nya ex mitsu, ya makin lanjut d rebadging-nya.
dan tahun lalu ganti lagi CEO-nya, mungkin proyek rebadging sukses.
https://www.datsun.co.id/news/nissan-me ... nesia.html

tahun2 kedepannya bau2nya bakalan makin parah ini aliansi. kecuali ada super CEO yang bisa lanjutin kerjaan Ghosn and make it bigger. tapi kayanya ngga kejadian lah ya, secara ada mitsu juga, bakal makin kuat tarik2an semangat nasionalisme.

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by pcx » 30 Sep 2019, 15:32

pcx wrote:
30 Sep 2019, 11:50
Selain faktor Indomob, kesuksean X-Tral T30 sama sekali ga bisa dicapai oleh X-Trail T31 yg meluncur mid 2008 karena design bodi yg masih mirip2 antara T30 dgn T31, [email protected] :mrgreen:

Malahan bentuk lampu depan T31 semakin aneh lagi wkwkwk dan saat itu HPM jg meluncurkan CRV gen 3 desain total baru... alhasil semakin terpuruklha penjualanna T31 :e-whistle:
ya karena emang dari sananya T31 dibikin sama dengan T30, seingat saya waktu itu alasannya Nissan karena berdasarkan survey mereka konsumen senang dengan model T30, makanya T31 cuma gitu saja.

buat saya si ga jelek ya. walau memang di Indo resep kaya gini akan sulit sukses.

Jika saat itu NMI langsung meluncurkan qashqai 2.0 sebagai pelapis bawah T31 dgn harga 230-250 juta jelas beda nasibna, Um

Apalage masa itu T31 yg paling laku kan yg enjin 2.5 . Enjin 2.0 ga laku karena konsumem takut yg 2.0 underpowered walo harga lbih murah dari 2.5

Wong dari 2003 saat NMI mulai Ckd T30 kan X-trail semuana enjin 2.5 AT ga ada yg 2.0.
Nah seharusna saat ganti model ke T31 yg enjin 2.0 MT/AT ga perlu ada tapi langsung dilapisi dgn qashqai lha wong enjin jg sama MR20
MR20 tentu lebih cocok di Qashqai karena bodi lebih kompak dari T31 :frm_tumbright:
ya karena kebiasaan konsumen Indonesia, biasanya yang terlaku itu selalu highest grade atau lowest grade, jarang middle grade kecuali di daitoyo. apalagi bertarung lawan CRV yang selalu lebih laku varian highest grade
Setelah penjualan Qashqai meledak dan sukses besar di Yurop, baru sadar NMI dan ya jelas NMI udah ga kebagian lage utk segmwn crossover cmn dikasih bodi bagiam bawah Qashqai: Juke oleh Jepun taon 2010 wkwkwkw :mrgreen:
semua Qashqai ditujukan hanya buat pasar Eropa :off_sleep:

Blunder besar NMI karna barang bagus ga dimasukin sejak awal2

:drinking:
ya seperti saya blg: bahkan di USA pun Juke, Qashqai, xtrail sempet barengan di jualnya. jadi alasan NMI ya bisa jadi ngapain jualan barang mirip gitu. dan masih rada logis tentunya.

dan bandingkan dengan nasib Outlander Sport. hanya sempet rame di awal, sisanya ga jalan. padahal ketika masuk (memang waktu itu model sudah usang juga si), sendirian di kelasnya, pas bener isi celahnya antara small SUV dan Mid SUV monokok, dengan mesin 2000cc tapi ternyata ya balik lagi market indo itu unik, udahlah alergi mesin 2000cc bensin karena takut boros ketambahan lagi kelasnya tanggung, jadi yang beli malah pilih naik kela sekalian ke Mid SUV Monokok.
dan dilibas HRV yang praktis sendirian sekarang. kalaupun ketika itu Nissan masukin Qashqai bisa jadi nasibnya sama dengan Outlander Sport. Sedangkan juke sempat mendulang sukses.
[/quote]


Juke mendulang sukses di mana, um ? :e-think:
Nissan tu pelopor compact SUV/ crossover jadi wajar sih line upna berdekatan dari trim top - bottom: Murano- X-Trail - Qashqai - Juke - Kicks masih ada Terrano lagi :)

OS, HRV, CX3, CHR dan laen2 muncul karena ingin menyaingi Qashqai di Eropa tapi gagal total semua wkwkwk

Mitsu OS kan dah mahal waktu meluncur skrg PX hampir 400 juta ya jelas ga laku dan kalah ama HRV 1.5 yg kurleb 300 jutaan
Crosdover kompak macam OS dan Qasqai idealna di harga 230-250 juta. Harga mentok2 300 jutaan kurleb kalo zaman now.

Posisi harga yg tetap stabil ini yg ga mungkin terjadi dan memang bikin ATPM was2. Lha wong dulu 2008 harga CRV dan X-Trail yg top trim enjin tertinggi ga sampe 300 juta :e-snooty:

Skrg baru 10 taon berlalu dah capai 500 juta lebih wkwkwk nilai mata uang rupiah dropna ngeri ga heran kalo SUV monokok dah kalah pamor jg dibanding SUV ladder frame: ANF dan ANPS yg bisa minum solbus :e-whistle:

Harga boleh mahal tapi biaya operasional kudu murah meriah wkwkwk namana udah mental ya susah diubah sampe kiamat kale :mrgreen:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 01 Oct 2019, 10:44

pcx wrote:
30 Sep 2019, 15:32
Juke mendulang sukses di mana, um ? :e-think:
https://www.motoris.id/autokritik/13206 ... indonesia/
sempet ribuan unit per tahun di Indonesia.
Nissan tu pelopor compact SUV/ crossover jadi wajar sih line upna berdekatan dari trim top - bottom: Murano- X-Trail - Qashqai - Juke - Kicks masih ada Terrano lagi :)

OS, HRV, CX3, CHR dan laen2 muncul karena ingin menyaingi Qashqai di Eropa tapi gagal total semua wkwkwk

Mitsu OS kan dah mahal waktu meluncur skrg PX hampir 400 juta ya jelas ga laku dan kalah ama HRV 1.5 yg kurleb 300 jutaan
Crosdover kompak macam OS dan Qasqai idealna di harga 230-250 juta. Harga mentok2 300 jutaan kurleb kalo zaman now.
ya Outlander jadi mahal karena mesin 2000cc bensin. sedangkan HRV cuma 1.5/1.8 bensin. tapi pada intinya memang mitsu melihat ada celah di market antara 300-400 juta. tapi nyatanya ga jalan juga. emang market indo unik.
Posisi harga yg tetap stabil ini yg ga mungkin terjadi dan memang bikin ATPM was2. Lha wong dulu 2008 harga CRV dan X-Trail yg top trim enjin tertinggi ga sampe 300 juta :e-snooty:

Skrg baru 10 taon berlalu dah capai 500 juta lebih wkwkwk nilai mata uang rupiah dropna ngeri ga heran kalo SUV monokok dah kalah pamor jg dibanding SUV ladder frame: ANF dan ANPS yg bisa minum solbus :e-whistle:

Harga boleh mahal tapi biaya operasional kudu murah meriah wkwkwk namana udah mental ya susah diubah sampe kiamat kale :mrgreen:
ya itulah market indo unik. resep selain ngekorin daitoyo adalah survey ke pedege mobkas, ciptakan mobil yang sesuai maunya pedege mobkas, nah baru d jualan, karena konsumen indo itu belum beli juga udah tanya sekennya padahal belinya baru. :mky_07:

VoxPopuli
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 07 Aug 2016, 23:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: B48 - LL5 - 3ZR

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by VoxPopuli » 01 Oct 2019, 13:02

Sayang sekali ya.

Padahal di Europe, Nissan salah satu dari dua merek Jepang yang masih bisa bertahan melawan kompetisi dari pabrikan-pabrikan Eropa dan Korea. Sejak merek Eropa memperbaiki reliability nya, dan Hyundai-KIA masuk ke European market dengan VFM tak tertandingi, mobil-mobil Jepang perlahan-lahan habis market nya.

Yang masih bertahan semasa saya disana ya Nissan dan Toyota. Terakhir kesana Juni-Juli kemarin.

Nissan karena produk-produk nya oke, Qashqai, Juke, X-Trail, Micra bertebaran dimana-mana. Kalau Toyota, karena reliability dan aftersales bagus. Pas gue ke Svalbard aja ada dealer dan bengkel Toyota.

Honda hanya hidup di UK, walau CR-V RW mulai laku. Mitsubishi sempet hampir mati sampai ada Outlander PHEV. Subaru laku di alps dan Eropa utara, tapi that's it. Mazda lagi on the rise sih, CX-5 laku keras. Suzuki juga small cars nya mulai gaining traction.

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 708
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by fabreguz » 01 Oct 2019, 14:22

se7 dgn master2 smua nya
smoga segera ada kejelasan dari status operasional pabrik nissin motor endo di purwakarta :big_deal: :big_okay:

==================================================================================================

Image

rekor fenomenal nissin kaskai di yurop yg meluluh lantakan rekor2 pendahulu nya yg pasti merk boil non jepang
dahsyattt karna 1 1 nya boil jepang yg bisa begini di yurop, yg terkenal sering memandang sebelah mata segala yg dari asia apalage merk2 boil dari asia :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

nissin kaskai boil sejuta umat tenan di yurop nih :mky_03: :mky_01:
ndak heran dapet julukan cash cow, cash rich dan the Conqueror sperti yg mod kucing bilang :big_exellent: :big_exellent:
jlas nissin jepang dah lama amnesia dgn gren lipina ato jgn2 lupa pabrik purwakarta nya skalean sperti skrg nih :big_grin: :big_biglaugh: :mky_07: :wkkk:
Don't Imageate

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 708
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by fabreguz » 01 Oct 2019, 15:10

https://www.youtube.com/watch?v=idrSw3MSg7U



malah sejak awal 2018 lalu udeh mencapai 3 juta unit kaskai diproduksi di nissin sunderlend yuke
skrg taon 2019 tinggal 3 bulan lage udah menuju ke 4 juta mesti nya
kaskai mencetak rekor tercepat boil produksi massal dari semua merk di englen n yurop :big_exellent: :big_exellent:
beda 180 drajat bage bumi n langit dgn purwakarta :mky_05: :mky_06:
Don't Imageate

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by KielConstantine » 01 Oct 2019, 15:23

Faktor utama reliability sih, semenjak aliansi sama renault emang jd ampas nissan. Sering problem matic CVT rusak, kaki2 tewas saat usia masih muda. Banyak dah cerita horror khususnya di nissan rogue & altima klo baca2 di consumer report khas jd.power USA.

Kocaknya pernah ada kasus, pas di assembly line pabrik nissan, tuh si rogue udah problem aja di matic cvt nya pdhl blom jg dijalanin alias kilometer 0 wakakakaka.

Gimana orang yg beli enggak kesel? Beli mobil baru dipake enggak sampe 1-2 tahun udah rusak sana-sini. Biaya perbaikan CVT di US tuh skitar $3000 dah sama ongkos kerja. Sekitar 45jt rupiah kurs indo.

Orang2 german aja udah mulai pada sebel pake merk sendiri merc/bmw/audi lagi2 karena reliability ga sebagus jepang, maentenance mahal.

Ya ambil contoh BMW di indo. Doi ngasih free servis & sparepart sampe 3 tahun alias tinggal isi bensin. Udah include sama harga mobil nya yg miliaran.

Ya kenapa? Mobilnya perlu maentenance gede. Pernah ada user kan curhat baru setahun, steering rack F30 nya jebol. Kalo beli baru kena ongkos 40jt. Belom lagi harga suspensi adaptive dampers (contoh: X4 Xdrive30i yg kalo pindah mode sport jd kerasss stabil, pindah mode comfort jadi lembutt) harga per batangnya Rp 18jt/ batang. Coba enggak dikasih free servis sparepart. Ngambek lah customer yg beli suru bayar sgitu gede pdhl mobil usia masih 1-2 tahun udh gitu jarang dipake. wkwkwkwkwkwkwk

Ujung2nya yg reliable & easy to maintain lah yg menguasai pasar. Dan kustomer jd loyal sama brandnya. Example: Toyota & Lexus.
Image

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Michaelktp » 03 Oct 2019, 14:09

PT. NMI mempunyai 2 Plant CKD untuk Indo DM: Purwakarta Plant 1 (Nissancars since 2003) dan Purwakarta Plant 2 ( Datsuncars since 2014).
Plant 1 non aktif sejak Februari lalu saat AN Livina sudah mulai diproduksi di Cikarang Plant bersama Xpander. Line up Nissancars yang lain akan CBU Japan dan Thai.
Sementara Plant 2 masih aktif dan juga sedang dipersiapkan untuk produksi mesin Mitsubishi 4A91 tahun 2020. Mesin-mesin yang akan dipasok ke Cikarang Plant milik PT. MMKYSI untuk LMPV Xpander-Livina dan juga kemungkinan besar next CUV 1.5L ( Xpander CUV 5 seater- AN Nissan Juke). Rencana Next CUV 1.5L ini juga akan kembali menonaktifkan Pulo Gadung Plant eks PT. KTB yang sampai saat ini masih dipakai untuk CKD Mitsubishi OS 2.0L walaupun penjualannya sudah sangat terpuruk.
Oleh karena itu pengalihan Purwakarta Plant 1 kepada Mitsucars Indo DM tentu belum akan terjadi secara kapasitas Cikarang Plant PT.MMKYSI masih lebih dari cukup untuk CKD Xpander-Livina apalagi ANPS FL 2019 sudah kembali CBU Thai.
Konon Renault Triber akan dirakit di Indo DM dan hanya menunggu kepastian Plant CKD entah di Purwakarta Plant 1 atau Cikarang Plant. We will see.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 04 Oct 2019, 13:13

Michaelktp wrote:
03 Oct 2019, 14:09
PT. NMI mempunyai 2 Plant CKD untuk Indo DM: Purwakarta Plant 1 (Nissancars since 2003) dan Purwakarta Plant 2 ( Datsuncars since 2014).
Plant 1 non aktif sejak Februari lalu saat AN Livina sudah mulai diproduksi di Cikarang Plant bersama Xpander. Line up Nissancars yang lain akan CBU Japan dan Thai.
Sementara Plant 2 masih aktif dan juga sedang dipersiapkan untuk produksi mesin Mitsubishi 4A91 tahun 2020. Mesin-mesin yang akan dipasok ke Cikarang Plant milik PT. MMKYSI untuk LMPV Xpander-Livina dan juga kemungkinan besar next CUV 1.5L ( Xpander CUV 5 seater- AN Nissan Juke).
feeling ga enak nih, jgn2 mesin 4A91 ini akan jadi mesin legendaris pengganti keluarga HR Nissan di ASEAN. ya gpp lah daripada tar di nyinyirin netijen maha benar mesin HR mesin ngelitik :mky_07: mendingan dikasi mesin 4A91 yg lebih kuno :mky_06:
Rencana Next CUV 1.5L ini juga akan kembali menonaktifkan Pulo Gadung Plant eks PT. KTB yang sampai saat ini masih dipakai untuk CKD Mitsubishi OS 2.0L walaupun penjualannya sudah sangat terpuruk.
Oleh karena itu pengalihan Purwakarta Plant 1 kepada Mitsucars Indo DM tentu belum akan terjadi secara kapasitas Cikarang Plant PT.MMKYSI masih lebih dari cukup untuk CKD Xpander-Livina apalagi ANPS FL 2019 sudah kembali CBU Thai.
Konon Renault Triber akan dirakit di Indo DM dan hanya menunggu kepastian Plant CKD entah di Purwakarta Plant 1 atau Cikarang Plant. We will see.
ohh pantesan tenang2 saja ya berita soal "tutupnya semua" pabrik nissan, bisa jadi Triber ASEAN Dirakit di indo, atau jangan2 rebranding as Datsun? [emo-yesno]

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 565
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by mpvlover » 04 Oct 2019, 14:32

Michaelktp wrote:
03 Oct 2019, 14:09
Rencana Next CUV 1.5L ini juga akan kembali menonaktifkan Pulo Gadung Plant eks PT. KTB yang sampai saat ini masih dipakai untuk CKD Mitsubishi OS 2.0L walaupun penjualannya sudah sangat terpuruk.
Ini maksudnya akan kembali mengaktifkan kan? Bukan menonaktifkan ?

Astargea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 31 Mar 2018, 21:14
Daily Vehicle: Mazda CX-5 Sport 2012

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Astargea » 04 Oct 2019, 21:58

^^menonaktifkan betul. Karena saat ini satu-satunya passenger car yang diproduksi disana hanya OS. Apabila OS stop produksi, praktis KRM Pulo Gadung fokus bikin Fuso. CUV 1.5L itu pasti akan dibuat di MMKI Cikarang.

bangrosi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by bangrosi » 08 Oct 2019, 11:49

KielConstantine wrote:Faktor utama reliability sih, semenjak aliansi sama renault emang jd ampas nissan. Sering problem matic CVT rusak, kaki2 tewas saat usia masih muda. Banyak dah cerita horror khususnya di nissan rogue & altima klo baca2 di consumer report khas jd.power USA.

Kocaknya pernah ada kasus, pas di assembly line pabrik nissan, tuh si rogue udah problem aja di matic cvt nya pdhl blom jg dijalanin alias kilometer 0 wakakakaka.

Gimana orang yg beli enggak kesel? Beli mobil baru dipake enggak sampe 1-2 tahun udah rusak sana-sini. Biaya perbaikan CVT di US tuh skitar $3000 dah sama ongkos kerja. Sekitar 45jt rupiah kurs indo.

Orang2 german aja udah mulai pada sebel pake merk sendiri merc/bmw/audi lagi2 karena reliability ga sebagus jepang, maentenance mahal.

Ya ambil contoh BMW di indo. Doi ngasih free servis & sparepart sampe 3 tahun alias tinggal isi bensin. Udah include sama harga mobil nya yg miliaran.

Ya kenapa? Mobilnya perlu maentenance gede. Pernah ada user kan curhat baru setahun, steering rack F30 nya jebol. Kalo beli baru kena ongkos 40jt. Belom lagi harga suspensi adaptive dampers (contoh: X4 Xdrive30i yg kalo pindah mode sport jd kerasss stabil, pindah mode comfort jadi lembutt) harga per batangnya Rp 18jt/ batang. Coba enggak dikasih free servis sparepart. Ngambek lah customer yg beli suru bayar sgitu gede pdhl mobil usia masih 1-2 tahun udh gitu jarang dipake. wkwkwkwkwkwkwk

Ujung2nya yg reliable & easy to maintain lah yg menguasai pasar. Dan kustomer jd loyal sama brandnya. Example: Toyota & Lexus.
Bicara reliability harus diakui mobil pabrikan jepang dan amerika itu awet bgt jrg bermasalah.beda dgn pabrikan eropa pernah lewat beberapa komplek di jakarta tuh mobil merk eropa ngongkrok dibiarin aja diluar rumah kgk keurus kaya besi tua.beda dgn merk jepang,amerika kaya hardtop/jeep bensin walaupun sering ngongkrok dirumah tapi sering di pakai kalo weekend faktor utamanya gk dipakai harian bensinnya boros.

Beberapa mobil amerika yg sering di pakai harian walaupun udh umur tua ford everest,escape chevrolete blazer,tavera

banagher
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 01 Jun 2016, 22:09

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by banagher » 08 Oct 2019, 16:59

Apa karena Mitsu mau bikin pabrik buat Xpander di Vietnam, jd produksi dr Indo buat ekspor berkurang, trus diisi sama CKD Nissan?
Tahun 2019 ini sudah 8000an unit ekspor Xpander ke Viet
https://autonetmagz.com/tahun-depan-mit ... nam/82077/

Post Reply