Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 708
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by fabreguz » 24 Sep 2019, 16:03

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ ... -indonesia

Nissan Disebut Tutup Satu Pabrik di Indonesia
CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 07:41 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan Motor Co. disebut menutup satu dari total dua pabriknya di Indonesia sejak enam bulan yang lalu. Selain itu perusahaan tersebut juga telah berhenti memproduksi mobil merek Nissan.

Nissan Motor Co. diketahui memiliki dua pabrik di Indonesia yang berlokasi di Kota Industri Kota Bukit Indah, Jawa Barat, atau tepatnya 65 kilometer timur Jakarta.

Berdasarkan informasi dari seorang sumber, produksi kendaraan merek Nissan itu telah dihentikan sejak Februari. Hal itu diduga karena Mistubishi Motors Co. telah membeli Livina.

Meski demikian Presiden Direktur Nissan PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi enggan berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan pembuat mobil telah menerapkan optimalisasi produk.

"Optimalisasi produksi dan restrukturisasi operasi," ujarnya seperti dikutip dari Japantimes.co.jp.

Diketahui Nissan telah mengumumkan perampingan global pada Bulan Juli dengan mengurangi 12.500 pekerja selama tiga tahun ke depan. Rencana tersebut termasuk memotong 6400 pekerjaan pada Maret 2020 di delapan basis produksi termasuk Indonesia sebagai langkah awal.

Berdasarkan data dari asosiasi, pada 2018 Nissan memproduksi 3.468 unit, atau turun 70 persen dari produksi tahun sebelumnya. Jumlah itu pun hanya menyumbangkan 0,3 persen dari produksi nasional.

Pabrik yang masih beroperasi pun hanya memproduksi mobil Datsun dan merek lainnya untuk negara berkembang kurang lebih sebanyak 2.596 unit untuk Januari - Juni. Namun jumlah tersebut turun sebanyak 72 persen dari tahun lalu.

as subject
lama ditutupi akhir nya tetap ketauan jg
brita yg jg mengejutkan media asing teiland dan jepang
https://www.bangkokpost.com/auto/175466 ... -its-brand
https://www.japantimes.co.jp/news/2019/ ... YnTMHExUdU

pemberitaan nissin global blom stop sampe skrg dan ini brita paling terbaru yg sayang nya kok buruk lage ya :mky_05: :mky_06:
stelah sjk taon lalu diberitakan bahwa utilitas pabrik nissin endo rendah akhirnya skrg udah tutup total dan hanya utk produksi datsun tok :big_bored: :big_dunno: :big_dunno:
smentara datsun sendiri kan jg ndak laku apakah pabrik nissin datsun skrg bisa bertahan nih ?
beda dgn rekan 1 aliansi nya : mksubiji lage on fire skrg ini :big_exellent: :big_exellent:
di duga penutupan ini jg karna yg sy bold di atas: miksubiji udah membeli lipino ol niu :big_deal: :big_okay:
mungkin kah ini persiapan nissan bersih2 seblom membuat pabrik di purwakarta utk produksi mobil miksubiji taon 2020 ke atas ? :big_think: :big_think:
Last edited by fabreguz on 24 Sep 2019, 17:26, edited 2 times in total.
Don't Imageate

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3145
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Nissan Indo tutup pabrik di Indo, akan diarahkan jadi pabrik Mitsubishi kah ?

Post by TUFF Stough » 24 Sep 2019, 17:10

kelanjutan livander bijimana? :big_think:

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 8820
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by ChZ » 24 Sep 2019, 17:44

Ya sekarang Nissin emang praktis gak punya produk CKD sih. Livander juga buatnya di pabrik tiga berlian.

Paling juga datsun. Yg entah nasibnya gmn ya datsun ini.

Agak mirip nasibnya Nissan indo dengan GM indo. Hidup segan mati tak mau. Merek yang globally masih bertengger di top dunia tapi nasibnya lemes di indo dan pabriknya sama sama tutup
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 565
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by mpvlover » 24 Sep 2019, 18:12

Justru I happy

Jadi nissan bakalan cuman jualan unit cbu. Smoga lbh byk cbu jepang yg build quality rapi

Spy brand Nissan jd lebih eksklusif drpd honda

Mulai dgn Serena e-power

X trail e-power

Lalu Elgrand next gen e-power

ngapain jadi merk sejuta umat, dipake jadi Grab

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 565
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by mpvlover » 24 Sep 2019, 18:19

Tp asli mobil nissan enak enak loh masa cuma sy yg ngerasa apalagi dibnding kompetitor harga mirip

Grand livina lbh enak dr mobilio

Elgrand lbh enak drpd alphard

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 708
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by fabreguz » 24 Sep 2019, 18:26

se7 dgn master chz
hidup segan mati ndak mau itu lha nissin endo mirip chevy :big_bored: :big_dunno:
datsun apa lage ndak tau isa survive brapa lama lage tuh merk :big_chicken: :big_slap:

to master pecinta empivi :

se7 jg

jgn lupa kaskai ol niu peslip yg ganteng banget drpd xtrel feslip :emo-photo: :emo-photo: :big_exellent:

Image

Image

lbih proporsional depan blakang dan ndak kegenduten kayak x-trel :mky_03: :mky_01:


===============================================================================

smentara nissin smakin terpuruk di endo, beda 180 drajat dgn miksubiji yg tampil gemilang
oleh karna itu smakin banyak dorongan konsumen agar miksubiji menambah len ap di endo, ndak cuman xvender n pajero semprot tok :big_grin: :big_grin:
next bakal ada elesyuvi berbasis xvender buat pesaing rusuh teroris n biarvi :big_exellent: :big_exellent:
bahkan rumor nya akan keluar horse reborn sbg pesaing potensial inopah ol niu :big_exellent: :big_exellent:
ini saat yg paling tepat miksubiji terjun ke medium empivi ledel frem benson n djel sperti kuda dulu
asli mantafttt jiwa kalo bener :big_deal: :big_okay:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... model-baru

Mitsubishi Indonesia Jawab Rumor yang Berkembang Soal Model Baru
Liputan6.com, Jakarta - Rumor Mitsubishi Indonesia bakal menghadirkan produk baru menyeruak. Isunya, pabrikan berlambang tiga berlian itu mempersiapkan model Low Sport Utility Vehicle (LSUV) yang mengambil basis Xpander, dan kembalinya Mitsubishi Kuda.

Untuk Xpander facelift mendapat ubahan rupa dan tambahan fitur. Termasuk pula kenaikan harga akibat transformasinya.

Sementara LSUV disebut sengaja dihadirkan untuk menyaingi beberapa model yang sudah ada di pasaran, seperti Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Terakhir Kuda yang pernah eksis di era 90-an, dihidupkan untuk menggempur segmen medium MPV (Multi Purpose Vehicle).


============================================

war byasah kalo dijadikan nyata oleh prinsipal ut horse reborn gempur segmen medium empivi ledel flem :big_exellent: :big_exellent:
miksubiji endo ndak usah bingung tempat kan dah bisa dirakit di ex pabrik nissin purwakarta yg lowong2 :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate

adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 879
Joined: 04 Sep 2014, 09:06

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by adty » 24 Sep 2019, 19:02

mpvlover wrote:
24 Sep 2019, 18:12
Justru I happy

Jadi nissan bakalan cuman jualan unit cbu. Smoga lbh byk cbu jepang yg build quality rapi

Spy brand Nissan jd lebih eksklusif drpd honda

Mulai dgn Serena e-power

X trail e-power

Lalu Elgrand next gen e-power

ngapain jadi merk sejuta umat, dipake jadi Grab
Masih berharap kaskai :mky_02:
Penikmat roti tawar beroda

Astargea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 31 Mar 2018, 21:14
Daily Vehicle: Mazda CX-5 Sport 2012

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Astargea » 24 Sep 2019, 20:35

Bakal dijadikan pabrik mesin buat Xpander. Mulai 2020 atau 2021 Xpander fix ganti mesin dan akan buatan lokal dari pabrik NMI. Kalo sekarang masih impor entah dari Jepang atau China.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 24 Sep 2019, 21:04

palingan bentar lagi ganti perusahaan induk, dibuang indomobil karena udah ga guna, ya palingan pabrik kosong ditelen indomobil, udah bagus ada merek yang sempet nomor tiga, malah dibiarin mokad...

terus comeback dengan aliansi mitsu. dengan ATPM baru.

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Herman7103 » 24 Sep 2019, 21:56

Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta di Indo, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi di Indo?
Kayaknya kita mesti lihat realisasi aktualnya nanti karena di link ini beritanya

https://m.detik.com/oto/mobil/d-4717645 ... purwakarta

Saya sebagai user mobil Nissan yg sudah suka dan puas dengan product Nissan, yg setelah selama 5 tahun lebih saya gunakan mobil Nissan All New Grand Livina dari tahun 2014 tanpa masalah sampai saat ini, membaca berita tsb turut prihatin saja dan berharap pabrik Nissan tetap berproduksi walaupun untuk memproduksi mobil dengan brand Datsun biar tidak menambah jumlah orang yg kehilangan lapangan kerja di Indonesia.
Harapan saya semoga pabrik Nissan di Indonesia bisa memproduksi The KR Engine a family of straight-4 all-aluminium automobile engines with a variable compression ratio and variable valve timing yg sekarang sudah digunakan oleh Nissan Altima dan Infinity QX50
untuk pasar export.
:glodak:
HR15DE 2014

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 984
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by erwinign » 24 Sep 2019, 22:56

mpvlover wrote:
24 Sep 2019, 18:19
Tp asli mobil nissan enak enak loh masa cuma sy yg ngerasa apalagi dibnding kompetitor harga mirip

Grand livina lbh enak dr mobilio

Elgrand lbh enak drpd alphard
Sy ngerasa kalo dapet grab datsun, entah kenapa walaupun datgo sehina itu saya ttp seneng gara2 bantingan nya enak om. Pernah dapet grab datgo facelift, digeber di tol stabil banget sama bantingan nya khas nissan. Padahal ban tapak unyil+achilles
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by pcx » 25 Sep 2019, 14:38

Brarti batal deh ngarepin AN Juke rakitan NMI :weekk:

Namana bisnis kan orientasi cari profit, bukan sinterklas . kalo udah ga profit jlas buat apa diterusin :e-whistle:

Ya bagus lha kalo semisal MMKSI bisa pake ex pabrik NMI utk nambah line up baru boil Mitsu di segmen MPV ladder frame buat pesaing ANKI yg melenggang sendirian di segmen itu. lha wong platform dan enjin ANPS udah ada tinggal niat dibuat yg versi MPVna :frm_tumbleft: :off_good_job:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by mike22 » 25 Sep 2019, 16:23

Padahal dulu dipake ngerakit livina, evalia, xtrail, serena, juke, march pre-fl...

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by mike22 » 25 Sep 2019, 16:25

erwinign wrote:
24 Sep 2019, 22:56
mpvlover wrote:
24 Sep 2019, 18:19
Tp asli mobil nissan enak enak loh masa cuma sy yg ngerasa apalagi dibnding kompetitor harga mirip

Grand livina lbh enak dr mobilio

Elgrand lbh enak drpd alphard
Sy ngerasa kalo dapet grab datsun, entah kenapa walaupun datgo sehina itu saya ttp seneng gara2 bantingan nya enak om. Pernah dapet grab datgo facelift, digeber di tol stabil banget sama bantingan nya khas nissan. Padahal ban tapak unyil+achilles
Yup yg model facelift (yg ada cvtnya) emg improved jauh sih, apalagi kl bannya diganti udh enak sih sbenarnya kl cm buat tol dalkot

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by pcx » 26 Sep 2019, 12:24

Kejayaan NMI terjadi saat meluncurkan X-Trail T30 CKD pada 2003 dan berhasil menggulingkan penjualan CRV gen II telak setaon setelah itu :frm_salut:

Itu udah membuat HPM kalang kabut dan segera strikes back dgn CRV 2.4 taon 2005. masa itu minang X-Trail T30 lebih worthed dgn enjin QR25 CVTC AT. CRV gen II cuman enjin 2.0 dgn harga lebih mahal dan handling kalah enak dan nyaman wkwkwkw ga heran tumbang taon 2004 :mrgreen:

Blunder besar dari NMI yaitu saat malah memilih CKD Juke drpd Qasqhai sebagai crossover pelapis dibawah X-Trail T31 :e-snooty:

Akibatna fatal dan penjualan Juke trus merosot dan beda jauh nasibna dgn Qashqai yg sukses gila2 an di Yurop sono :frm_tumbleft:
Sampe produksina dipindah dari Jepun ke Sunderland dan Qashqai way dianggap berjasa menyelamatkan industri manufaktur Inggris dari dampak krisis global 2008 karna massivena permintaan baja yg melebihi pembangunan stadion Olimpiade London 2012 dan segala komponen part yg berhubungan dgn manufacturing Qashqai :frm_salut:

Manufacturing boil di Indo jlas lewat jauh :mrgreen:
Seharusna saat itu Qashqai yg diproduksi di Purwakarta bukan Juke :e-doh:

Now it is LATE NMI

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by adhika » 26 Sep 2019, 13:17

Ga bisa dipungkiri penjualan Juke jatuh karena ada kasus anak orang terpandang yang tewas terbakar karena oleng dan menabrak Gapura di Sudirman. Itulah yang dinamakan butterfly effect

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 26 Sep 2019, 13:41

erwinign wrote:
24 Sep 2019, 22:56
Sy ngerasa kalo dapet grab datsun, entah kenapa walaupun datgo sehina itu saya ttp seneng gara2 bantingan nya enak om. Pernah dapet grab datgo facelift, digeber di tol stabil banget sama bantingan nya khas nissan. Padahal ban tapak unyil+achilles
karena platform "mahal" yang dipake, bukan platform mobil kecil ala duo kaleng lcgc atau platform hasil sunatan masal ala ahond. platform yang dipake Nissan V Platform, sodara terdekatnya di Nissan March, sodara jauhnya di Nissan Juke. masalahnya org indo tidak dan kurang menghargai mobil yang enak dinaikin atau enak dipake atau enak disetir. orang indo lebih milih tampilan luar, baris ketiga harus muat se-RT, fitur2 dan apa kata orang. tiga2nya kartu mati untuk datsun, walau untuk fitur sudah diperbaiki belakangan. :mky_07:

saya terakhir ke jkt sempet dapet datsun generasi awal. memang parah, pintu ala angkot, jok ala karoseri, kaya ga ada peredaman sama sekali, apalagi di toll. nah pas di daerah sempet berapa kali naik datsun go facelift, walau rasa murah tetap ada, tapi NVH sudah jauh diperbaiki. lebih berasa mobil lah :emo-big_love:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 26 Sep 2019, 13:48

pcx wrote:
26 Sep 2019, 12:24
Kejayaan NMI terjadi saat meluncurkan X-Trail T30 CKD pada 2003 dan berhasil menggulingkan penjualan CRV gen II telak setaon setelah itu :frm_salut:

Itu udah membuat HPM kalang kabut dan segera strikes back dgn CRV 2.4 taon 2005. masa itu minang X-Trail T30 lebih worthed dgn enjin QR25 CVTC AT. CRV gen II cuman enjin 2.0 dgn harga lebih mahal dan handling kalah enak dan nyaman wkwkwkw ga heran tumbang taon 2004 :mrgreen:

Blunder besar dari NMI yaitu saat malah memilih CKD Juke drpd Qasqhai sebagai crossover pelapis dibawah X-Trail T31 :e-snooty:

Akibatna fatal dan penjualan Juke trus merosot dan beda jauh nasibna dgn Qashqai yg sukses gila2 an di Yurop sono :frm_tumbleft:
Sampe produksina dipindah dari Jepun ke Sunderland dan Qashqai way dianggap berjasa menyelamatkan industri manufaktur Inggris dari dampak krisis global 2008 karna massivena permintaan baja yg melebihi pembangunan stadion Olimpiade London 2012 dan segala komponen part yg berhubungan dgn manufacturing Qashqai :frm_salut:

Manufacturing boil di Indo jlas lewat jauh :mrgreen:
Seharusna saat itu Qashqai yg diproduksi di Purwakarta bukan Juke :e-doh:

Now it is LATE NMI

:drinking:
menurut saya si bukan Juke yang jadi blunder terbesar, tapi sejak sukses Livina dan Xtrail, jumawa, dan masih mau dibawah bendera Indomobil. Coba waktu itu lepas dan berdiri sendiri, cerita bakalan beda, dan ga ada blunder besar: jualan mobil niaga dikemas ulang sebagai mobil keluarga akal2an = Evalia.
saking pedenya laku, sampe ekspansi pabrik seingat saya untuk Evalia, dengan target 10 ribu unit setahun kalau ga salah. padahal orang indo kalau bukan toyota, mana mau dikasih per daun. lah ini cerita mitsu Kuda diulang... [emo-yesno]

AFAIK Qashqai menurut saya juga mau dijual berapa di Indo, karena kelasnya kan memang mepet banget dengan Xtrail. Karena nyatanya Nissan bikin Kicks, untuk ganti Juke di USA, sedangkan Qashqai ada dengan nama Rogue Sport, pas dibawah Rogue (Xtrail). Memang cuma nissan yang hobi bikin mobil mepet2 gini :mky_01:

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Rakean » 26 Sep 2019, 14:09

mpvlover wrote:
24 Sep 2019, 18:19
Tp asli mobil nissan enak enak loh masa cuma sy yg ngerasa apalagi dibnding kompetitor harga mirip

Grand livina lbh enak dr mobilio

Elgrand lbh enak drpd alphard
ane juga pemakai mobil nissan, pernah pake teranno, dan sekarang NP300.. so far kedua mobil ini enak dipake :mky_08:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 915
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by adityabp » 26 Sep 2019, 15:28

kunaskun wrote:
26 Sep 2019, 13:48
pcx wrote:
26 Sep 2019, 12:24
Kejayaan NMI terjadi saat meluncurkan X-Trail T30 CKD pada 2003 dan berhasil menggulingkan penjualan CRV gen II telak setaon setelah itu :frm_salut:

Itu udah membuat HPM kalang kabut dan segera strikes back dgn CRV 2.4 taon 2005. masa itu minang X-Trail T30 lebih worthed dgn enjin QR25 CVTC AT. CRV gen II cuman enjin 2.0 dgn harga lebih mahal dan handling kalah enak dan nyaman wkwkwkw ga heran tumbang taon 2004 :mrgreen:

Blunder besar dari NMI yaitu saat malah memilih CKD Juke drpd Qasqhai sebagai crossover pelapis dibawah X-Trail T31 :e-snooty:

Akibatna fatal dan penjualan Juke trus merosot dan beda jauh nasibna dgn Qashqai yg sukses gila2 an di Yurop sono :frm_tumbleft:
Sampe produksina dipindah dari Jepun ke Sunderland dan Qashqai way dianggap berjasa menyelamatkan industri manufaktur Inggris dari dampak krisis global 2008 karna massivena permintaan baja yg melebihi pembangunan stadion Olimpiade London 2012 dan segala komponen part yg berhubungan dgn manufacturing Qashqai :frm_salut:

Manufacturing boil di Indo jlas lewat jauh :mrgreen:
Seharusna saat itu Qashqai yg diproduksi di Purwakarta bukan Juke :e-doh:

Now it is LATE NMI

:drinking:
menurut saya si bukan Juke yang jadi blunder terbesar, tapi sejak sukses Livina dan Xtrail, jumawa, dan masih mau dibawah bendera Indomobil. Coba waktu itu lepas dan berdiri sendiri, cerita bakalan beda, dan ga ada blunder besar: jualan mobil niaga dikemas ulang sebagai mobil keluarga akal2an = Evalia.
saking pedenya laku, sampe ekspansi pabrik seingat saya untuk Evalia, dengan target 10 ribu unit setahun kalau ga salah. padahal orang indo kalau bukan toyota, mana mau dikasih per daun. lah ini cerita mitsu Kuda diulang... [emo-yesno]

AFAIK Qashqai menurut saya juga mau dijual berapa di Indo, karena kelasnya kan memang mepet banget dengan Xtrail. Karena nyatanya Nissan bikin Kicks, untuk ganti Juke di USA, sedangkan Qashqai ada dengan nama Rogue Sport, pas dibawah Rogue (Xtrail). Memang cuma nissan yang hobi bikin mobil mepet2 gini :mky_01:
Saya kira gak terlalu salah juga jualan Evalia, krn seingat saya waktu itu pas momennya dgn terpilihnya NV200 sbg armada taxi kuning New York yg baru.
Soal per daun, APV gen 1 kan pake juga.

satriakarisma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by satriakarisma » 26 Sep 2019, 15:31

Iyes bakalan tutup.
beberapa temen di sana sudah ditawari untuk pension dini.
Sudah ada beberapa manager yang resign kok...

Astargea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 31 Mar 2018, 21:14
Daily Vehicle: Mazda CX-5 Sport 2012

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by Astargea » 28 Sep 2019, 19:31

Jatuhnya Nissan disini tidak lepas dari strategi global Nissan. Menurut saya NMI tidak bisa disalahkan sendirian. 3-4 tahun belakangan, Nissan sangat lambat dalam update line-upnya, di negara manapun.

Misal di US Nissan Sentra, Frontier dan Rogue Sport sudah uzur, di seluruh dunia kecuali Eropa Nissan Micra/March tak kunjung diganti (sudah TIGA tahun sejak All New Micra dijual di Eropa), kemudian ada Nissan Note yang sudah tua, next ada Juke yang sampe 9 tahun gak ganti, wasted opportunity karena pasar crossover sedang tumbuh. Next, ada Nissan Almera/Versa yang sudah dari jaman batu baru muncul versi barunya (itupun baru di US, market lain belum). Lalu ada All New Teana yang sangat telat masuk Asia, sampai sekarang belum muncul juga. Belum lagi produk lain yang non global seperti Livina, Patrol, Elgrand.

Yang paling tragis adalah Terra. Nissan sudah memulai development sejak 2013-2014, kemudian pas ANF/ANPS nongol mereka kaget dan langsung ketar-ketir revisi desain. Ada kendala lain juga seperti harus ganti mesin karena regulasi emisi Thailand, itu bikin mundur agenda launching yang sedianya dilakukan di 2016. Itupun kayaknya ada kendala persetujuan maupun dana, buktinya final productnya kayak gitu.

Nissan March/Micra, yang ini saya betul-betul bingung. Produk sudah siap, bahkan sudah dijual selama tiga tahun di Eropa, kenapa belum dibikin global? Itu namanya kebodohan. Kendala mereka awalnya karena cuma ada transmisi manual (bodoh sekali) dan mesin yang kurang mendukung buat global: 900 cc turbo. Masalah pertama sudah kelar (skrg ada matik) tapi yang kedua kayaknya masih nunggu. Kelamaan bos.

Sementara Livina/Grand Livina, kalo cari2 berita dikit ada berita tahun 2015 menyatakan mereka siap launching All New Livina (All new betulan ya) di Maret/April 2016. Tidak jelas apakah rumor itu benar atau tiba2 development dihentikan/ditunda, yang jelas sekitar sebelum Xpander nongol mereka langsung memastikan next gen Livina basisnya dari situ.

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1489
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by alvin23 » 28 Sep 2019, 21:37

Astargea wrote:
28 Sep 2019, 19:31
Jatuhnya Nissan disini tidak lepas dari strategi global Nissan. Menurut saya NMI tidak bisa disalahkan sendirian. 3-4 tahun belakangan, Nissan sangat lambat dalam update line-upnya, di negara manapun.

sepertinya efek dari aliansi Renault dan Nissan jg deh itu.... resistensi dr pihak nissan jepang mungkin
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by pcx » 30 Sep 2019, 11:50

kunaskun wrote:
26 Sep 2019, 13:48
pcx wrote:
26 Sep 2019, 12:24
Kejayaan NMI terjadi saat meluncurkan X-Trail T30 CKD pada 2003 dan berhasil menggulingkan penjualan CRV gen II telak setaon setelah itu :frm_salut:

Itu udah membuat HPM kalang kabut dan segera strikes back dgn CRV 2.4 taon 2005. masa itu minang X-Trail T30 lebih worthed dgn enjin QR25 CVTC AT. CRV gen II cuman enjin 2.0 dgn harga lebih mahal dan handling kalah enak dan nyaman wkwkwkw ga heran tumbang taon 2004 :mrgreen:

Blunder besar dari NMI yaitu saat malah memilih CKD Juke drpd Qasqhai sebagai crossover pelapis dibawah X-Trail T31 :e-snooty:

Akibatna fatal dan penjualan Juke trus merosot dan beda jauh nasibna dgn Qashqai yg sukses gila2 an di Yurop sono :frm_tumbleft:
Sampe produksina dipindah dari Jepun ke Sunderland dan Qashqai way dianggap berjasa menyelamatkan industri manufaktur Inggris dari dampak krisis global 2008 karna massivena permintaan baja yg melebihi pembangunan stadion Olimpiade London 2012 dan segala komponen part yg berhubungan dgn manufacturing Qashqai :frm_salut:

Manufacturing boil di Indo jlas lewat jauh :mrgreen:
Seharusna saat itu Qashqai yg diproduksi di Purwakarta bukan Juke :e-doh:

Now it is LATE NMI

:drinking:
menurut saya si bukan Juke yang jadi blunder terbesar, tapi sejak sukses Livina dan Xtrail, jumawa, dan masih mau dibawah bendera Indomobil. Coba waktu itu lepas dan berdiri sendiri, cerita bakalan beda, dan ga ada blunder besar: jualan mobil niaga dikemas ulang sebagai mobil keluarga akal2an = Evalia.
saking pedenya laku, sampe ekspansi pabrik seingat saya untuk Evalia, dengan target 10 ribu unit setahun kalau ga salah. padahal orang indo kalau bukan toyota, mana mau dikasih per daun. lah ini cerita mitsu Kuda diulang... [emo-yesno]

AFAIK Qashqai menurut saya juga mau dijual berapa di Indo, karena kelasnya kan memang mepet banget dengan Xtrail. Karena nyatanya Nissan bikin Kicks, untuk ganti Juke di USA, sedangkan Qashqai ada dengan nama Rogue Sport, pas dibawah Rogue (Xtrail). Memang cuma nissan yang hobi bikin mobil mepet2 gini :mky_01:
Selain faktor Indomob, kesuksesan X-Tral T30 sama sekali ga bisa dicapai oleh T31 yg meluncur mid 2008 karena design bodi yg masih mirip2 antara T30 dgn T31, [email protected] :mrgreen:

Malahan bentuk lampu depan T31 semakin aneh lagi wkwkwk dan saat itu HPM jg meluncurkan CRV gen 3 desain total baru... alhasil semakin terpuruklha penjualanna T31 dan trus berlanjut semakin parah di T32 :e-whistle:
Bahkan NMI kudu tutup pabrik skrg :e-snooty:

Jika saat itu NMI langsung meluncurkan qashqai 2.0 sebagai pelapis bawah T31 2.5 dgn harga 230-250 juta jelas beda nasibna NMI, Um

Apalage masa itu T31 yg paling laku kan yg enjin 2.5 . Enjin 2.0 ga laku karena konsumem takut yg 2.0 underpowered walo harga lbih murah dari 2.5

Wong dari 2003 saat NMI mulai Ckd T30 kan X-trail semuana enjin 2.5 AT ga ada yg 2.0.
Nah seharusna saat ganti model ke T31 yg enjin 2.0 MT/AT ga perlu ada tapi langsung dilapisi dgn qashqai lha wong enjin jg sama MR20
MR20 tentu lebih cocok di Qashqai karena bodi lebih kompak dari T31 :frm_tumbright:

Setelah penjualan Qashqai meledak dan sukses besar di Yurop, baru sadar NMI dan ya jelas NMI udah ga kebagian lage utk segmwn crossover cmn dikasih bodi bagiam bawah Qashqai: Juke oleh Jepun taon 2010 wkwkwkw :mrgreen:
semua Qashqai ditujukan hanya buat pasar Eropa :off_sleep:

Blunder besar NMI karna barang bagus ga dimasukin sejak awal2

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nissan Indo tutup pabrik CKD Purwakarta, akankah dialihkan jadi pabrik CKD Mitsubishi Indo ?

Post by kunaskun » 30 Sep 2019, 12:04

adityabp wrote:
26 Sep 2019, 15:28
Saya kira gak terlalu salah juga jualan Evalia, krn seingat saya waktu itu pas momennya dgn terpilihnya NV200 sbg armada taxi kuning New York yg baru.
Soal per daun, APV gen 1 kan pake juga.
dan APV juga ganti per keong, biar ga kalah dari masuknya luxio kan. sedangkan evalia? tetap kekeuh dengan per daun, masih ditambah keanehan kaca tengah yang cuma bisa dibuka tengahnya saja. aura komersilnya bener2 kerasa, sedangkan di zaman itu APV jadi masih terasa lebih manusiawi dan apalagi Luxio = up scale grand max.
pcx wrote:
30 Sep 2019, 11:50
Selain faktor Indomob, kesuksean X-Tral T30 sama sekali ga bisa dicapai oleh X-Trail T31 yg meluncur mid 2008 karena design bodi yg masih mirip2 antara T30 dgn T31, [email protected] :mrgreen:

Malahan bentuk lampu depan T31 semakin aneh lagi wkwkwk dan saat itu HPM jg meluncurkan CRV gen 3 desain total baru... alhasil semakin terpuruklha penjualanna T31 :e-whistle:
ya karena emang dari sananya T31 dibikin sama dengan T30, seingat saya waktu itu alasannya Nissan karena berdasarkan survey mereka konsumen senang dengan model T30, makanya T31 cuma gitu saja.

buat saya si ga jelek ya. walau memang di Indo resep kaya gini akan sulit sukses.

Jika saat itu NMI langsung meluncurkan qashqai 2.0 sebagai pelapis bawah T31 dgn harga 230-250 juta jelas beda nasibna, Um

Apalage masa itu T31 yg paling laku kan yg enjin 2.5 . Enjin 2.0 ga laku karena konsumem takut yg 2.0 underpowered walo harga lbih murah dari 2.5

Wong dari 2003 saat NMI mulai Ckd T30 kan X-trail semuana enjin 2.5 AT ga ada yg 2.0.
Nah seharusna saat ganti model ke T31 yg enjin 2.0 MT/AT ga perlu ada tapi langsung dilapisi dgn qashqai lha wong enjin jg sama MR20
MR20 tentu lebih cocok di Qashqai karena bodi lebih kompak dari T31 :frm_tumbright:
ya karena kebiasaan konsumen Indonesia, biasanya yang terlaku itu selalu highest grade atau lowest grade, jarang middle grade kecuali di daitoyo. apalagi bertarung lawan CRV yang selalu lebih laku varian highest grade
Setelah penjualan Qashqai meledak dan sukses besar di Yurop, baru sadar NMI dan ya jelas NMI udah ga kebagian lage utk segmwn crossover cmn dikasih bodi bagiam bawah Qashqai: Juke oleh Jepun taon 2010 wkwkwkw :mrgreen:
semua Qashqai ditujukan hanya buat pasar Eropa :off_sleep:

Blunder besar NMI karna barang bagus ga dimasukin sejak awal2

:drinking:
ya seperti saya blg: bahkan di USA pun Juke, Qashqai, xtrail sempet barengan di jualnya. jadi alasan NMI ya bisa jadi ngapain jualan barang mirip gitu. dan masih rada logis tentunya.

dan bandingkan dengan nasib Outlander Sport. hanya sempet rame di awal, sisanya ga jalan. padahal ketika masuk (memang waktu itu model sudah usang juga si), sendirian di kelasnya, pas bener isi celahnya antara small SUV dan Mid SUV monokok, dengan mesin 2000cc tapi ternyata ya balik lagi market indo itu unik, udahlah alergi mesin 2000cc bensin karena takut boros ketambahan lagi kelasnya tanggung, jadi yang beli malah pilih naik kela sekalian ke Mid SUV Monokok.
dan dilibas HRV yang praktis sendirian sekarang. kalaupun ketika itu Nissan masukin Qashqai bisa jadi nasibnya sama dengan Outlander Sport. Sedangkan juke sempat mendulang sukses.

Post Reply