Page 3 of 74

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 10:32
by Turboman
ya spec VI nya Fastron 0W20 kok aneh yah....hahaha

dah kalo mau test lab aja, test V 100 & V40 nanti lgs bisa dihitung VI nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 10:35
by Turboman
barusan baca2 soal ASTM D 2896 & D 4739

ternyata bacaan pake D 4739 lebih rendah dikit ya ?

D 4739 umumnya dipake utk pengukuran UOA

Trakindo juga pake ini

Berarti udah di jalan yg bener.......wkwkwkw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 12:35
by rendr
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 10:35 barusan baca2 soal ASTM D 2896 & D 4739

ternyata bacaan pake D 4739 lebih rendah dikit ya ?

D 4739 umumnya dipake utk pengukuran UOA

Trakindo juga pake ini

Berarti udah di jalan yg bener.......wkwkwkw
sekaligus membuktikan sesuatu dari data sheet nya pertamina wkwkwkwkwk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 12:38
by rendr
dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 10:18
DevilS wrote: Thu Sep 12, 2019 10:07
rendr wrote: Thu Sep 12, 2019 9:36

mantapppp... nice info om..... :frm_tumbleft:
Mantap om thankyou info nya
Saya jg heran kmaren knapa bsa si fastron lbh tinggi TBN nya. Ternyata ini penjelasannya :off_good_job:
Sama-sama, Om.
Nilai TBN nya sih gak bikin bingung.

Justru VI nya yang lebih mengherankan.
VI 254 benar - benar too good to be true.
Tapi dengan KV 40 = 31.27 dan KV 100 = 8.163, jika dihitung VI-nya menggunakan ASTM D2270 memang benar diperoleh VI = 253.6096 (dibulatkan jadi 254).

Kalau saya pikir-pikir KV 40 nya yang menjadi sumber "keajaiban" ini.
Umumnya oli SAE 0W-20 memiliki KV 40 berkisar di angka 40-an cSt.

Pertanyaannya, apakah Pertamina salah melakukan pengukuran KV40? Atau base oil yang digunakan benar-benar luar biasa sehingga hampir tidak menggunakan additive viscosity modifier?
Saya lebih condong ke kemungkinan pertama.
ah nyantumin approval di label oli aja ngawur kok...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 13:03
by DevilS
dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 10:18
DevilS wrote: Thu Sep 12, 2019 10:07
rendr wrote: Thu Sep 12, 2019 9:36

mantapppp... nice info om..... :frm_tumbleft:
Mantap om thankyou info nya
Saya jg heran kmaren knapa bsa si fastron lbh tinggi TBN nya. Ternyata ini penjelasannya :off_good_job:
Sama-sama, Om.
Nilai TBN nya sih gak bikin bingung.

Justru VI nya yang lebih mengherankan.
VI 254 benar - benar too good to be true.
Tapi dengan KV 40 = 31.27 dan KV 100 = 8.163, jika dihitung VI-nya menggunakan ASTM D2270 memang benar diperoleh VI = 253.6096 (dibulatkan jadi 254).

Kalau saya pikir-pikir KV 40 nya yang menjadi sumber "keajaiban" ini.
Umumnya oli SAE 0W-20 memiliki KV 40 berkisar di angka 40-an cSt.

Pertanyaannya, apakah Pertamina salah melakukan pengukuran KV40? Atau base oil yang digunakan benar-benar luar biasa sehingga hampir tidak menggunakan additive viscosity modifier?
Saya lebih condong ke kemungkinan pertama.
Oiya ya om bener jg
Malah ga kpikir td hahaha

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 13:06
by DevilS
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 10:35 barusan baca2 soal ASTM D 2896 & D 4739

ternyata bacaan pake D 4739 lebih rendah dikit ya ?

D 4739 umumnya dipake utk pengukuran UOA

Trakindo juga pake ini

Berarti udah di jalan yg bener.......wkwkwkw
Kecuali hasil goib United jalan 7500km masih 12tbn nya hahaha kemarin saya minta tes ulang katanya di tes ampe 3 kali ttp sama hasilnya
Masih penasaran saya knapa bsa gitu asil United goib itu wkwkwk
Ini mau daihatsu 3000km 100 jam cek test lab deh sesuai keterangan di hasil test lab kemarin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 13:31
by Boeds
Buat flushing diesel crdi paling enak pake oli murah apa ya... ga tega masukin oli bagus ke bekas oli yg biasanya segera ngotorin oli yg baru masuk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 13:58
by exflowly
Kalo mau buat flushing ya pakai Mesran 30/40 juga gpp kok. Temen malah dibeliin 4 liter dulu tu pake idle sekitar 20 menit biar oli yg lama kebuang total sblm masukin oli baru yg mau dipake lama.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 16:21
by jimmyj85
Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 16:46
by rudyzanetti
Kl mau test lab gt, kl posisi di luar jawa( sy dilampung) caranya gmn ya? Apa bisa pake jasa paket yg biasa? Kyk tiki, jne dll? Kynya kl barang cair ga bisa mereka itu 😟.
Kalo test lab yg hasilnya full kena brp ya?
Kmrn pengennya sih ngetest kendall dxa 10w-30. Dipake 5rb km di xenia k3ve. Tp ujung2nya tunda dl, tkt hasilnya ngaco soalnya pas pake oli itu pernah dicemplungin xado buat motor.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 16:55
by exflowly
jimmyj85 wrote:Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image
1TRFE mah pake 5w30 spek bebas. Kalo masih mantep alias oli 5w30 gak nguap bisa pake 0w20. Saya pake Kendall 0w20 di mobil keluarga 2TR jalan 10rb tetep ok.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 16:58
by exflowly
rudyzanetti wrote:Kl mau test lab gt, kl posisi di luar jawa( sy dilampung) caranya gmn ya? Apa bisa pake jasa paket yg biasa? Kyk tiki, jne dll? Kynya kl barang cair ga bisa mereka itu [emoji45].
Kalo test lab yg hasilnya full kena brp ya?
Kmrn pengennya sih ngetest kendall dxa 10w-30. Dipake 5rb km di xenia k3ve. Tp ujung2nya tunda dl, tkt hasilnya ngaco soalnya pas pake oli itu pernah dicemplungin xado buat motor.
Kalo di Lampung, bisa kirim dulu pake Damri terus lanjut temen/saudara/kenalan buat kirim ke Trakindo.

Biaya test 200rb.

TiKI dan teman2xnya gak mau terima barang cair kalau besar. Kalau kecil dan rada ngeles ya biasanya si lewat. Tp ya pastikan packing bagus... mereka kadang mau nganter tp kudu bayar packing ke mereka rada mahal (50rban max kira2x) buat kirim botol sample oli.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 17:03
by jimmyj85
exflowly wrote: Thu Sep 12, 2019 16:55
jimmyj85 wrote:Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image
1TRFE mah pake 5w30 spek bebas. Kalo masih mantep alias oli 5w30 gak nguap bisa pake 0w20. Saya pake Kendall 0w20 di mobil keluarga 2TR jalan 10rb tetep ok.
Iya saya sekarang pakai Liqui Moly special tec AA 5W-30 ga Ada penguapan berarti.
Next drain mau coba until premium 0w-20 ntah lbh baik drpd special tec 5w-30.

Itu kebetulan punya data oli penasaean pgn diskusi apakah API SG cocok di tr-fe Dan berdasarkan data tsb apakah cocok utk long drain interval.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Thu Sep 12, 2019 17:18
by Boeds
rudyzanetti wrote:Kl mau test lab gt, kl posisi di luar jawa( sy dilampung) caranya gmn ya? Apa bisa pake jasa paket yg biasa? Kyk tiki, jne dll? Kynya kl barang cair ga bisa mereka itu [emoji45].
Kalo test lab yg hasilnya full kena brp ya?
Kmrn pengennya sih ngetest kendall dxa 10w-30. Dipake 5rb km di xenia k3ve. Tp ujung2nya tunda dl, tkt hasilnya ngaco soalnya pas pake oli itu pernah dicemplungin xado buat motor.
Om udah coba ke trakindo yg depan novotel ? Dulu saya rutin analisa sos ke sana. Kebetulan pake engine caterpilar dari trakindo.
Mungkin mereka terima juga sample dr luar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:10
by rudyzanetti
Boeds wrote: Thu Sep 12, 2019 17:18
rudyzanetti wrote:Kl mau test lab gt, kl posisi di luar jawa( sy dilampung) caranya gmn ya? Apa bisa pake jasa paket yg biasa? Kyk tiki, jne dll? Kynya kl barang cair ga bisa mereka itu [emoji45].
Kalo test lab yg hasilnya full kena brp ya?
Kmrn pengennya sih ngetest kendall dxa 10w-30. Dipake 5rb km di xenia k3ve. Tp ujung2nya tunda dl, tkt hasilnya ngaco soalnya pas pake oli itu pernah dicemplungin xado buat motor.
Om udah coba ke trakindo yg depan novotel ? Dulu saya rutin analisa sos ke sana. Kebetulan pake engine caterpilar dari trakindo.
Mungkin mereka terima juga sample dr luar
Wah mantap ini kl emg bisa disini. Ntr coba sy tanya2 dl. Makasih om

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:27
by kingpower
dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 9:21
Pierre87 wrote: Mon Sep 09, 2019 8:43 Permisi agan2 sekalian,

Kmrn liat2 oli di BOS oli fastron gold 0w-20 harganya dibawah eneos sutisna 5w-30 akhirnya ane pk sutisna..

Iseng cek pds fastron gold agak nyesel jg trnyata TBNnya jauh bgt ama sutisna, apa ada yg pernah pk fastron gold 0w-20? krn nextnya ane mo pk oli ini krn mobilnya cm muter2 dlm kota aja.thanks
Tidak usah menyesal dan bingung, Om.

Pertamina Fastron Gold 0W-20 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method).
TBN = 9.54
https://www.pertaminalubricants.com/fil ... 00W-20.pdf

Eneos Sustina 5W-30 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D664 (Hydrochloric Acid Method).
TBN = 6.4
http://eneos.eu/wp-content/uploads/2016 ... 40-PDS.pdf

Kedua metode ini akan menghasilkan nilai TBN yang berbeda, dimana ASTM D2896 (Perchloric Acid Method) akan menghasilkan nilai TBN yang lebih tinggi karena memperhitungkan juga basa yang lemah.

Kalau TBN Eneos Sustina 5W-30 juga diukur menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method), akan diperoleh TBN = 11.6 (lebih tinggi daripada Pertamina Fastron Gold 0W-20).
https://oil-club.de/index.php?attachmen ... -2015-pdf/
Wah nice banget om infonya.
Pantes waktu itu ane sempet liat voa amsoil di bitog memiliki nilai tbn yang lebih kecil dari yang buletin. Di bitog ada yang pernah share tbn amsoil sekitar 9an sementara di data buletin amsoil 12. Mungkin akibat metode pengujian yang berbeda ya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:30
by Turboman
jimmyj85 wrote:Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image
1TR kalo mau efisien gunakan buntut 30

15W40 cocoknya utk Panther

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:33
by Turboman
kingpower wrote:
dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 9:21
Pierre87 wrote: Mon Sep 09, 2019 8:43 Permisi agan2 sekalian,

Kmrn liat2 oli di BOS oli fastron gold 0w-20 harganya dibawah eneos sutisna 5w-30 akhirnya ane pk sutisna..

Iseng cek pds fastron gold agak nyesel jg trnyata TBNnya jauh bgt ama sutisna, apa ada yg pernah pk fastron gold 0w-20? krn nextnya ane mo pk oli ini krn mobilnya cm muter2 dlm kota aja.thanks
Tidak usah menyesal dan bingung, Om.

Pertamina Fastron Gold 0W-20 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method).
TBN = 9.54
https://www.pertaminalubricants.com/fil ... 00W-20.pdf

Eneos Sustina 5W-30 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D664 (Hydrochloric Acid Method).
TBN = 6.4
http://eneos.eu/wp-content/uploads/2016 ... 40-PDS.pdf

Kedua metode ini akan menghasilkan nilai TBN yang berbeda, dimana ASTM D2896 (Perchloric Acid Method) akan menghasilkan nilai TBN yang lebih tinggi karena memperhitungkan juga basa yang lemah.

Kalau TBN Eneos Sustina 5W-30 juga diukur menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method), akan diperoleh TBN = 11.6 (lebih tinggi daripada Pertamina Fastron Gold 0W-20).
https://oil-club.de/index.php?attachmen ... -2015-pdf/
Wah nice banget om infonya.
Pantes waktu itu ane sempet liat voa amsoil di bitog memiliki nilai tbn yang lebih kecil dari yang buletin. Di bitog ada yang pernah share tbn amsoil sekitar 9an sementara di data buletin amsoil 12. Mungkin akibat metode pengujian yang berbeda ya
unumnya test TBN oli menggunakan 2896 & 4793

4793 biasanya utk test UOA oleh lab2

di BITOG ada pembahasan ttg 2 metode ini

D 664 itu biasanya utk test TAN, gak lazim utk TBN

CMIIW

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:37
by kingpower
Turboman wrote: Fri Sep 13, 2019 2:33
kingpower wrote:
dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 9:21

Tidak usah menyesal dan bingung, Om.

Pertamina Fastron Gold 0W-20 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method).
TBN = 9.54
https://www.pertaminalubricants.com/fil ... 00W-20.pdf

Eneos Sustina 5W-30 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D664 (Hydrochloric Acid Method).
TBN = 6.4
http://eneos.eu/wp-content/uploads/2016 ... 40-PDS.pdf

Kedua metode ini akan menghasilkan nilai TBN yang berbeda, dimana ASTM D2896 (Perchloric Acid Method) akan menghasilkan nilai TBN yang lebih tinggi karena memperhitungkan juga basa yang lemah.

Kalau TBN Eneos Sustina 5W-30 juga diukur menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method), akan diperoleh TBN = 11.6 (lebih tinggi daripada Pertamina Fastron Gold 0W-20).
https://oil-club.de/index.php?attachmen ... -2015-pdf/
Wah nice banget om infonya.
Pantes waktu itu ane sempet liat voa amsoil di bitog memiliki nilai tbn yang lebih kecil dari yang buletin. Di bitog ada yang pernah share tbn amsoil sekitar 9an sementara di data buletin amsoil 12. Mungkin akibat metode pengujian yang berbeda ya
unumnya test TBN oli menggunakan 2896 & 4793

4793 biasanya utk test UOA oleh lab2

di BITOG ada pembahasan ttg 2 metode ini

D 664 itu biasanya utk test TAN, gak lazim utk TBN

CMIIW
Saya juga kurang paham sih om.

Cuma sempet liat thread di bitog ada yang share voa amsoil. Yang ngetest pun sempet complain karena spec tbn yang berbeda antara hasil test dengan data buletin. Nanti saya coba cari lagi deh threadnya. Waktu itu hasil browsing buntutan kemana2 sih jadi ga inget threadnya judulnya apa

Edit: ketemu link bitognya
https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... ormulation

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:51
by marmut
jimmyj85 wrote: Thu Sep 12, 2019 16:21 Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image

API CF-4/SG beli di museum? perasaan oli disel sekarang API C*/SL walaupun yang murah. paling tidak C*/SJ.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:29
by Turboman
marmut wrote:
jimmyj85 wrote: Thu Sep 12, 2019 16:21 Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image

API CF-4/SG beli di museum? perasaan oli disel sekarang API C*/SL walaupun yang murah. paling tidak C*/SJ.
API CF-4 masi mayan banyak

walau spek dah obsolete

banyak user yg kejar harga semurah mungkin

kalo ada yg lebih murah API CD / CE juga disikat, selama bisa dipake

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 4:38
by Pierre87
Makasi banyak gan, wah ternyata banyak macem testnya, emang harga mah ga bohong lah ya.. cm masalahnya di indo tuh byk oli palsu bahkan harganya kadang mirip asli
dimasapri wrote:
Pierre87 wrote: Mon Sep 09, 2019 8:43 Permisi agan2 sekalian,

Kmrn liat2 oli di BOS oli fastron gold 0w-20 harganya dibawah eneos sutisna 5w-30 akhirnya ane pk sutisna..

Iseng cek pds fastron gold agak nyesel jg trnyata TBNnya jauh bgt ama sutisna, apa ada yg pernah pk fastron gold 0w-20? krn nextnya ane mo pk oli ini krn mobilnya cm muter2 dlm kota aja.thanks
Tidak usah menyesal dan bingung, Om.

Pertamina Fastron Gold 0W-20 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method).
TBN = 9.54
https://www.pertaminalubricants.com/fil ... 00W-20.pdf

Eneos Sustina 5W-30 mengukur TBN-nya menggunakan metode ASTM D664 (Hydrochloric Acid Method).
TBN = 6.4
http://eneos.eu/wp-content/uploads/2016 ... 40-PDS.pdf

Kedua metode ini akan menghasilkan nilai TBN yang berbeda, dimana ASTM D2896 (Perchloric Acid Method) akan menghasilkan nilai TBN yang lebih tinggi karena memperhitungkan juga basa yang lemah.

Kalau TBN Eneos Sustina 5W-30 juga diukur menggunakan metode ASTM D2896 (Perchloric Acid Method), akan diperoleh TBN = 11.6 (lebih tinggi daripada Pertamina Fastron Gold 0W-20).
https://oil-club.de/index.php?attachmen ... -2015-pdf/

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 7:11
by jimmyj85
Turboman wrote: Fri Sep 13, 2019 3:29
marmut wrote:
jimmyj85 wrote: Thu Sep 12, 2019 16:21 Salam kena rekan2 SM,
Kalau oli API CF4/SG 15w-40 apakah cocok dipakai di mesin 1TR-FE?

Berikut data yang saya punya mengenai spesifikasi olinya, mohon masukan rekan-rekan apakah oli tsb cukup baik utk long drain interval.

Image

API CF-4/SG beli di museum? perasaan oli disel sekarang API C*/SL walaupun yang murah. paling tidak C*/SJ.
API CF-4 masi mayan banyak

walau spek dah obsolete

banyak user yg kejar harga semurah mungkin

kalo ada yg lebih murah API CD / CE juga disikat, selama bisa dipake
1TR saya saat ini pakai Liqui Moly special tech AA 5W-30.
Kebetulan saya beli oli buat fleet saya diesel L300 speknya yg saya post tsb. Kalau dari data tsb kira2 speknya gmn Om?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 12:34
by jimmyj85
marmut wrote: Fri Sep 13, 2019 2:51 API CF-4/SG beli di museum? perasaan oli disel sekarang API C*/SL walaupun yang murah. paling tidak C*/SJ.
Kebetulan saya beli oli ini utk fleet diesel. Cuma saya liat comply API SG mungkin bisa untuk mesin bensin.

Kalau dari data tsb diatas kira-kira kualitas olinya bagaimana?
Apa saja parameter yang diperhatikan? Viscosity index? TBN?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Posted: Fri Sep 13, 2019 12:57
by dimasapri
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 10:32 ya spec VI nya Fastron 0W20 kok aneh yah....hahaha

dah kalo mau test lab aja, test V 100 & V40 nanti lgs bisa dihitung VI nya
Setahu saya sangat jarang lab oil analysis yang mengukur KV40, Om.
SOS Trakindo pun tidak.
Saya juga bingung kenapa jarang yang mengukur KV40, padahal bisa jadi indikator terjadinya oxidation thickening untuk oli yang sudah digunakan sekian ribu km.