Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Dicatat, makasih infonya om Turbo. Kalau PTT 0w20 apa juga bisa long drain om?
Turboman wrote:Barusan dapat hasil VOA si PTT 0W30 API SN

angka Ca 1940 ppm

berarti oli ini setara dgn oli yg TBN nya 8 - 8,5

VI dari hasil test dan di kalkulasi = 179

Berarti aman utk Long Drain
katanya gak lama lagi bakal ada hasil test lab nya jalan 8000 - 9000 km

kita tunggu aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

sudahlah wrote:Mau nanya om turbo mengenai unil opal 5W30 di bli2.om ada 3 jenis:
1. Unil opal pallas 2000
2. Unil opal opaljet longlife dex 1.2 FE
3. Unil opal opaljet longlife 3 dexos 2
Selain beda harga, perbedaan utamanya apa? Dan mana yang cocok untuk mesin sienta? Terima kasih
gugel saja dan liat spec detail

Pallas 2000 itu API CJ-4

D1 G2 itu utk GDI Turbo

Dexos 2 itu utk Diesel Euro 5 - Low SAPS
* Bukan ajakan Beli *
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Wah mantabs...

Untuk term long drain kondisi lalu lintas di jabodetabek, secara umum bisa dipakai 10 rb km atau 10-12 bulan ya om Turbo?

Kalau macam AMS kan bilangnya 25rb mile/1 thn.
Turboman wrote:
indeskey wrote:Dicatat, makasih infonya om Turbo. Kalau PTT 0w20 apa juga bisa long drain om?
Turboman wrote:Barusan dapat hasil VOA si PTT 0W30 API SN

angka Ca 1940 ppm

berarti oli ini setara dgn oli yg TBN nya 8 - 8,5

VI dari hasil test dan di kalkulasi = 179

Berarti aman utk Long Drain
katanya gak lama lagi bakal ada hasil test lab nya jalan 8000 - 9000 km

kita tunggu aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Wah mantabs...

Untuk term long drain kondisi lalu lintas di jabodetabek, secara umum bisa dipakai 10 rb km atau 10-12 bulan ya om Turbo?

Kalau macam AMS kan bilangnya 25rb mile/1 thn.
Turboman wrote:
indeskey wrote:Dicatat, makasih infonya om Turbo. Kalau PTT 0w20 apa juga bisa long drain om?
katanya gak lama lagi bakal ada hasil test lab nya jalan 8000 - 9000 km

kita tunggu aja
Leh olinya aja belom di test lab

tunggu laa......sabar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Nobby wrote: Fri Oct 25, 2019 15:30
Turboman wrote: Fri Oct 25, 2019 14:47
Nobby wrote:
Ok baik om nnt pakai amsoil aja, kalau engine flush pakai apa yg bgs?
Amsoil ASM harga per L = Rp 190 - 240 rb loh

asal jangan kaget aja

Flush tuang aja Fastron 10W30 - 1 L saat oli lama tinggal netes
Kemahalan ya om utk kelas inova? Mending unilopal aja ya?

Mksdnya saat oli lama udh di keluarin?, isi fastron 10W30 -1L lalu di apakan om?
Klo penggunaan std dalkot dan gak buat drag race atau geber2, 0w20 kelas 100rb-an seliter cukup banget om.

Yg penting beli di official / trusted store.

Oli fastronnya tuang aja lgs, dlm keadaan baut oil pan terbuka.
Filter oli jg ganti ajah tiap ganti oli.

Nanti sisa lendir yg ngendap di dasar oil-pan ikut keluar juga.
Jd 99% oli baru di dlm mesin.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nobby
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 25, 2019 6:56
Location: Makassar
Daily Vehicle: Innova Reborn Venture

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Nobby »

Suryaputra wrote: Sat Oct 26, 2019 13:03
Nobby wrote: Fri Oct 25, 2019 15:30
Turboman wrote: Fri Oct 25, 2019 14:47 Amsoil ASM harga per L = Rp 190 - 240 rb loh

asal jangan kaget aja

Flush tuang aja Fastron 10W30 - 1 L saat oli lama tinggal netes
Kemahalan ya om utk kelas inova? Mending unilopal aja ya?

Mksdnya saat oli lama udh di keluarin?, isi fastron 10W30 -1L lalu di apakan om?
Klo penggunaan std dalkot dan gak buat drag race atau geber2, 0w20 kelas 100rb-an seliter cukup banget om.

Yg penting beli di official / trusted store.

Oli fastronnya tuang aja lgs, dlm keadaan baut oil pan terbuka.
Filter oli jg ganti ajah tiap ganti oli.

Nanti sisa lendir yg ngendap di dasar oil-pan ikut keluar juga.
Jd 99% oli baru di dlm mesin.
Ok makasih om, segera di praktek begitu 5000km
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

maydhi09 wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 2:30 Barusan dapat hasil VOA si PTT 0W30 API SN

angka Ca 1940 ppm

berarti oli ini setara dgn oli yg TBN nya 8 - 8,5

VI dari hasil test dan di kalkulasi = 179

Berarti aman utk Long Drain
Om mau tanya untuk mesin flat tapped seperti K3VE old papansah, apakah bisa long drain dengan oli mesin jaman now seperti aPI SN ilsac Gf 5 atau A5/b5 atau tidak dianjurkan long drain
itu bisa pake PTT 10W30 API SN dia kadar antiwear nya cukup utk mesin non roller rocker

kalo pake oli 5W30 API SN ya pilih yg harga 90 rb / L or up lah utk amannya dan enaknya

Kalo soal kemampuan Long Drain diliat aja angka TBN dan juga Calcium - Magnesium nya, kualitas Base oil juga

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

HGO udah keluar yg API SN+
FB_IMG_1572153297108.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Jambangan »

severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58 Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh :upss:
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sudahlah »

Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 7:57
sudahlah wrote:Mau nanya om turbo mengenai unil opal 5W30 di bli2.om ada 3 jenis:
1. Unil opal pallas 2000
2. Unil opal opaljet longlife dex 1.2 FE
3. Unil opal opaljet longlife 3 dexos 2
Selain beda harga, perbedaan utamanya apa? Dan mana yang cocok untuk mesin sienta? Terima kasih
gugel saja dan liat spec detail

Pallas 2000 itu API CJ-4

D1 G2 itu utk GDI Turbo

Dexos 2 itu utk Diesel Euro 5 - Low SAPS
Terima kasih om turbo, sebenarnya udah liat specsheet nya, cuma ga terlalu ngerti bacanya :mky_01:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by iwing »

severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58 Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
klo masih sayang sama mobilnya ya di top up atau ganti oli sekalian. klo cuek ya hajar aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

severmaya wrote:Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
sebetulnya kalo olinya bagus dan lampu tanda oli nggak nyala ya mesin gak akan rusak, dengan catatan kondisi tsb hanya sebentar / sementara

* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

Suara tek2 tergantung drmana sumber nya, bsa dr klep yg kekeringan atau kurang oli, HLA yg kehausan oli, atau worst case metal duduk ama jalan rontok.
Tp mustinya kl dipstick masi ad nyisa walaupun dikit, mustinya strainer oil pump masi bsa sedot oli, krn posisi strainer biasanya jauh dibawah dipstick
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

Jambangan wrote: Sun Oct 27, 2019 9:10
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58 Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh :upss:
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

Makasih sarannya oms semua, mau dibawa ke bengkel dulu aja coba cek, semoga ga ada kenapa-kenapa.
ferrariman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Feb 03, 2017 4:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ferrariman »

om2, numpang nanya donk kalo toyota calya ganti oli transmisinya pake apa ya bagusnya? untuk mobil manual ya. kalo oli rencana mau nyobain amsoil 5w-30 ada rekomen tempat beli? terima kasih semua
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

ferrariman wrote:om2, numpang nanya donk kalo toyota calya ganti oli transmisinya pake apa ya bagusnya? untuk mobil manual ya. kalo oli rencana mau nyobain amsoil 5w-30 ada rekomen tempat beli? terima kasih semua
Manual pake Wuling MTF 75W90

itu GL-4

Beli di BeRes Wul bag parts
* Bukan ajakan Beli *
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by maastricht889 »

severmaya wrote: Mon Oct 28, 2019 4:07
Jambangan wrote: Sun Oct 27, 2019 9:10
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58 Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh :upss:
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

hehe iya om untuk yg ptt.

maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 12:02
indeskey wrote:Wah mantabs...

Untuk term long drain kondisi lalu lintas di jabodetabek, secara umum bisa dipakai 10 rb km atau 10-12 bulan ya om Turbo?

Kalau macam AMS kan bilangnya 25rb mile/1 thn.
Turboman wrote:katanya gak lama lagi bakal ada hasil test lab nya jalan 8000 - 9000 km

kita tunggu aja
Leh olinya aja belom di test lab

tunggu laa......sabar
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

indeskey wrote: Mon Oct 28, 2019 9:19 hehe iya om untuk yg ptt.

maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 12:02
indeskey wrote:Wah mantabs...

Untuk term long drain kondisi lalu lintas di jabodetabek, secara umum bisa dipakai 10 rb km atau 10-12 bulan ya om Turbo?

Kalau macam AMS kan bilangnya 25rb mile/1 thn.
Leh olinya aja belom di test lab

tunggu laa......sabar
imho..
dari kubek2 info di google, pihak PTT gak pernah state / claim bahwa bisa long-drain sampai sekian jam / sekian km.
paling keliatan dr hasil UOA nanti, bisa dilihat TBN, V100 & wear metal setelah dipake.

klo amsoil sign series, emang dia sendiri udah claim duluan;
1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON (mana yg nyampai duluan).

contoh klo diitung dr durasi mesin ON: Anggap lah tiap hari mobil dgn oli AMS SS, dipake rata2 selama 3 jam per hari.
berarti 700 jam / 3 jam = 7-8 bulan baiknya dah harus ganti oli :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Suryaputra wrote: Mon Oct 28, 2019 9:45
indeskey wrote: Mon Oct 28, 2019 9:19 hehe iya om untuk yg ptt.

maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 12:02 Leh olinya aja belom di test lab

tunggu laa......sabar
imho..
dari kubek2 info di google, pihak PTT gak pernah state / claim bahwa bisa long-drain sampai sekian jam / sekian km.
paling keliatan dr hasil UOA nanti, bisa dilihat TBN, V100 & wear metal setelah dipake.

klo amsoil sign series, emang dia sendiri udah claim duluan;
1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON (mana yg nyampai duluan).

contoh klo diitung dr durasi mesin ON: Anggap lah tiap hari mobil dgn oli AMS SS, dipake rata2 selama 3 jam per hari.
berarti 700 jam / 3 jam = 7-8 bulan baiknya dah harus ganti oli :mky_01:
Dan jangan lupa 1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON dengan kualitas bbm yang sangat sangat jauh lebih baik daripada pertamax plus.
Kalau pakai premium, kira-kira sendiri interval penggantiannya.
Paling pas memang lakukan UOA masing-masing.
UOA mobil lain gak bisa jadi patokan karena kesehatan mesin, load kendaraan, traffic, & cara ngegas beda-beda.
Fuel dilution bakal berbeda-beda juga.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

Caltex Chevron delo 400 0w30 ngga nyampe 300 ribu 1 galon oms di blibli, siapa tau ada yang nyari. Flsh sale.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

erwinign wrote: Mon Oct 28, 2019 5:37
severmaya wrote: Mon Oct 28, 2019 4:07
Jambangan wrote: Sun Oct 27, 2019 9:10

Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh :upss:
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
Wah sama ini yang 2.4..
Cuma penyakitnya jangan sama lah, sampai paking atau turun mesin :big_childish:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by maastricht889 »

severmaya wrote: Mon Oct 28, 2019 15:00
erwinign wrote: Mon Oct 28, 2019 5:37
severmaya wrote: Mon Oct 28, 2019 4:07

CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
Wah sama ini yang 2.4..
Cuma penyakitnya jangan sama lah, sampai paking atau turun mesin :big_childish:
Hahahaha, jujur saya soal paking2an ini agak sebel jg om, kaya "sampe gini banget gitu ya"