Xpander versi crossover?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Xpander versi crossover?

Post by evanbngdor »

RVR wrote: Mon Nov 18, 2019 6:45
evanbngdor wrote: Mon Nov 18, 2019 6:40
Kopling set untuk innova diesel aja inden kok, cuma ya bener masih masuk akal lah 2-3 hari. Bengkel resmi jg ngga urgent2 banget sih nyetok slow moving part. Yg ada malah nambah biaya.

#malahOOT
:mky_01:
kopling masak slow moving part om, fast moving lah, apalagi kalo populasi mblnya dah ratusan ribu gitu :big_bored:
Termasuk slow moving, kan ganti kopling ngga sesering ganti busi/filter udara misalnya. Saya sendiri ganti kopling innova diesel saya di odometer 100rb. Itu jg bukan karena aus, karena ngepasin 100rb aja sekalian ganti&udah berasa agak berat jg.

Waktu itu saya tanya 3 bengkel resmi kalo gak salah, semua bilangnya inden. Ada yg 2 hari, 4 hari, ada yg 7 hari. Masih termasuk wajar lah ngga samoe berminggu2/berbulan2
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander versi crossover?

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Mon Nov 18, 2019 6:40
Suzuki kayaknya emang iklan nya menonjolkan kemampuan mobilnya buat disiksa. Dulu karimun kotak jg iklannya nerobos banjir
:mky_08:
jadi inget grand vitara iklannya juga ada yang dihajar masuk ke sungai. itu pernah baca di majalah autoexpert beneran diceburin bukan cuma editing
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Xpander versi crossover?

Post by classicrock »


ChZ wrote: ini sebenernya akibat salah kaprah pabrikan mobil juga krn waktu banjir yg harus dipikirkan adalah wading depth. wading depth itu bukan perkara kolong tinggi aja, termasuk mesin dan posisi intake apakah aman menerjang banjir dgn ketinggian sekian... percuma tinggi kalo posisi belalai intake nya rendah. ini dulu ane pernah kejadian di CRV gen 3 2007 krn posisi belalai intake rendah jadi nyedot air...
Jadi inget tragedi Serena C24 punya kantor. Nerobos banjir yang airnya sama sekali ga tinggi, eh hasilnya begini (seperti di foto). Habis 18 jt di Nissan Simatupang. Kata SA nya belalai intake memang di atas, tapi yang mengarah ke bawah ada lagi.

Lagian mau nerobos banjir setinggi apa sih? Udah ikhlas bongkar karpet bersihin interior dan sebagainya?

Jaman saya masih pake Taft udah kenyang "berenang". Jadi kenyang pula bongkar karpet dasar. Kalo sekarang jika udah ga memungkinkan ya mending putar balik.
20150331_131453.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Xpander versi crossover?

Post by sintoni »

classicrock wrote: Mon Nov 18, 2019 7:48
ChZ wrote: ini sebenernya akibat salah kaprah pabrikan mobil juga krn waktu banjir yg harus dipikirkan adalah wading depth. wading depth itu bukan perkara kolong tinggi aja, termasuk mesin dan posisi intake apakah aman menerjang banjir dgn ketinggian sekian... percuma tinggi kalo posisi belalai intake nya rendah. ini dulu ane pernah kejadian di CRV gen 3 2007 krn posisi belalai intake rendah jadi nyedot air...
Jadi inget tragedi Serena C24 punya kantor. Nerobos banjir yang airnya sama sekali ga tinggi, eh hasilnya begini (seperti di foto). Habis 18 jt di Nissan Simatupang. Kata SA nya belalai intake memang di atas, tapi yang mengarah ke bawah ada lagi.

Lagian mau nerobos banjir setinggi apa sih? Udah ikhlas bongkar karpet bersihin interior dan sebagainya?

Jaman saya masih pake Taft udah kenyang "berenang". Jadi kenyang pula bongkar karpet dasar. Kalo sekarang jika udah ga memungkinkan ya mending putar balik.20150331_131453.jpg
Hahaha. Iya sih om, mungkin kalau nerobos masih bisa tapi air masuk dalam kabin itu susah bener bersihinnya, baunya bisa ga hilang2 sama nanti takut karatan.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Xpander versi crossover?

Post by piraku »

classicrock wrote:
ChZ wrote: ini sebenernya akibat salah kaprah pabrikan mobil juga krn waktu banjir yg harus dipikirkan adalah wading depth. wading depth itu bukan perkara kolong tinggi aja, termasuk mesin dan posisi intake apakah aman menerjang banjir dgn ketinggian sekian... percuma tinggi kalo posisi belalai intake nya rendah. ini dulu ane pernah kejadian di CRV gen 3 2007 krn posisi belalai intake rendah jadi nyedot air...
Jadi inget tragedi Serena C24 punya kantor. Nerobos banjir yang airnya sama sekali ga tinggi, eh hasilnya begini (seperti di foto). Habis 18 jt di Nissan Simatupang. Kata SA nya belalai intake memang di atas, tapi yang mengarah ke bawah ada lagi.

Lagian mau nerobos banjir setinggi apa sih? Udah ikhlas bongkar karpet bersihin interior dan sebagainya?

Jaman saya masih pake Taft udah kenyang "berenang". Jadi kenyang pula bongkar karpet dasar. Kalo sekarang jika udah ga memungkinkan ya mending putar balik.
20150331_131453.jpg
Nah ada faktor selain wading depth, tinggi lantai kabin, mobil ladder frame dan unibody kan lantainya tinggi tinggi, less worries air masuk kabin [emoji28]

Btw kalau saya sih persis depan rumah aja banjir kalau hujan besar terus menerus >1 jam pasti menggenang se betis org dewasa, makin lama makin tinggi, bisa masuk rumah. Disini bukan berbenah saluran air tp berlomba lomba ninggiin jalan dan ninggiin lantai rumah masing masing. Rumah saya aja posisi udah lebih rendah dari jalan ckck. Jadi mobil punya kapabilitas nerjang banjir jadi nilai plus plus buat saya. Apalagi bandung beberapa tahun ke belakang terkenal dengan banjirnya. Dimana mana banjir. Tol aja suka banjir, harus nunggu surut dulu baru bisa lewat.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Xpander versi crossover?

Post by black2345 »

erwinign wrote: Mon Nov 18, 2019 5:28 Kemarin baru cari shock absorber belakang buat yaris bakpao aja di beres harus pesen dl om, cuma 3 hari dah dateng. Anehnya, harga di beres lebih murah dibanding diluaran, selisihnya 200rb belum tentu kualitasnya oke (kayaba nggak tau asli apa palsu). Sebelumnya udah ganti shock absorber 4 biji kayaba, cuma bs tahan 4th yang belakang (jalan 50rb km), apes kayanya saya
evanbngdor wrote: Mon Nov 18, 2019 6:43
erwinign wrote: Mon Nov 18, 2019 5:28
Kemarin baru cari shock absorber belakang buat yaris bakpao aja di beres harus pesen dl om, cuma 3 hari dah dateng. Anehnya, harga di beres lebih murah dibanding diluaran, selisihnya 200rb belum tentu kualitasnya oke (kayaba nggak tau asli apa palsu). Sebelumnya udah ganti shock absorber 4 biji kayaba, cuma bs tahan 4th yang belakang (jalan 50rb km), apes kayanya saya
Wah baru denger nih saya, selama ini part2 yg saya cari selalu lebih mahal di bengkel resmi dibanding toko spare part luaran.

Nice sharing Om, bisa saya ksh tau ke temen saya yg pake yaris bapao jg nih
:big_okay:
Ane sempet punya mantan yang bapaknya jual onderdil di daerah kedungdoro..

Dia cerita memang untuk parts ori, ambilnya ke toyota juga kok. Jadi kalau ambil dalam jumlah tertentu bakal dapet potongan dari toyota, semacam beli grosiran..
Nah ada momen tertentu yang memang beres sepi pelanggan/parts tertentu yang ga laku dijual & stoknya melimpah di gudang. Akhirnya oleh beres sparepart itu didiskon sampe di bawah harga grosir yang dijual ke pedagang spareparts.

Mangkanya ga banyak pedagang yg stok spareparts ori dalam jumlah banyak, karena beres bisa mainin harga seenaknya sendiri sesuka mereka
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander versi crossover?

Post by ChZ »

piraku wrote: Mon Nov 18, 2019 8:22
classicrock wrote: Jadi inget tragedi Serena C24 punya kantor. Nerobos banjir yang airnya sama sekali ga tinggi, eh hasilnya begini (seperti di foto). Habis 18 jt di Nissan Simatupang. Kata SA nya belalai intake memang di atas, tapi yang mengarah ke bawah ada lagi.

Lagian mau nerobos banjir setinggi apa sih? Udah ikhlas bongkar karpet bersihin interior dan sebagainya?

Jaman saya masih pake Taft udah kenyang "berenang". Jadi kenyang pula bongkar karpet dasar. Kalo sekarang jika udah ga memungkinkan ya mending putar balik.20150331_131453.jpg
Nah ada faktor selain wading depth, tinggi lantai kabin, mobil ladder frame dan unibody kan lantainya tinggi tinggi, less worries air masuk kabin [emoji28]

Btw kalau saya sih persis depan rumah aja banjir kalau hujan besar terus menerus >1 jam pasti menggenang se betis org dewasa, makin lama makin tinggi, bisa masuk rumah. Disini bukan berbenah saluran air tp berlomba lomba ninggiin jalan dan ninggiin lantai rumah masing masing. Rumah saya aja posisi udah lebih rendah dari jalan ckck. Jadi mobil punya kapabilitas nerjang banjir jadi nilai plus plus buat saya. Apalagi bandung beberapa tahun ke belakang terkenal dengan banjirnya. Dimana mana banjir. Tol aja suka banjir, harus nunggu surut dulu baru bisa lewat.
emang punya mobil ladder bikin lebih secure sih di daerah banjir, lantainya tinggi. tapi ground clearance mobil ladder sebenernya tidak tinggi-tinggi amat, beberapa malah ga sampe 200mm. cuma saya yakin dibanding SUV jadi-jadian si mobil ladder ini lebih aman nerabas banjir. Innova saja setau saya 175mm. lebih pendek dari BRV.

dan mobil ladder rata-rata mesin diesel yang relatif lebih robust untuk nerabas banjir.

ane pengalaman nerabas banjir pake sedan untungnya gak pernah kemasukan. Dulu pake FD pernah, daerah SMA ane sering banget banjir. Pake Accord CP test drive nerabas banjir aman. terakhir paling parah civic turbo udah hampir masuk tuh air tapi selamet ampe rumah korban plat nomer depan keseret arus :mky_05: gara-gara pompa air deket rumah rusak jadi banjir tinggi.

pengalaman banjir kemasukan air seumur hidup itu waktu masih kecil banget dulu sama bokap pake E36, dan terakhir Grand Vitara sempet kemasukan.

cuma disuru ngulangin? Gak gak d, sayang :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Xpander versi crossover?

Post by piraku »

ChZ wrote: Mon Nov 18, 2019 8:44
emang punya mobil ladder bikin lebih secure sih di daerah banjir, lantainya tinggi. tapi ground clearance mobil ladder sebenernya tidak tinggi-tinggi amat, beberapa malah ga sampe 200mm. cuma saya yakin dibanding SUV jadi-jadian si mobil ladder ini lebih aman nerabas banjir. Innova saja setau saya 175mm. lebih pendek dari BRV.

dan mobil ladder rata-rata mesin diesel yang relatif lebih robust untuk nerabas banjir.

ane pengalaman nerabas banjir pake sedan untungnya gak pernah kemasukan. Dulu pake FD pernah, daerah SMA ane sering banget banjir. Pake Accord CP test drive nerabas banjir aman. terakhir paling parah civic turbo udah hampir masuk tuh air tapi selamet ampe rumah korban plat nomer depan keseret arus :mky_05: gara-gara pompa air deket rumah rusak jadi banjir tinggi.

pengalaman banjir kemasukan air seumur hidup itu waktu masih kecil banget dulu sama bokap pake E36, dan terakhir Grand Vitara sempet kemasukan.

cuma disuru ngulangin? Gak gak d, sayang :mky_01:
Walah, saya bawa sedan mah liat banjir di depan mending sen kiri cari warkop terdekat sembari nunggu surut klo emg ga ada alternatif rute. :big_biglaugh:

Kalau GC saya jg bingung perhitungannya gimana. Krna esblender keros aja lebih tinggi dari pahero semprot. Saya pikir mungkin karena gardan jg dihitung. Mungkin emg GC itu patokan mentok objek dibawah bukan patokan untuk kapabilitas tinggi banjir. Masyarakat aja salah persepsi. Kalau banjir mah dari wading depth dan tinggi lantai.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Xpander versi crossover?

Post by evanbngdor »

black2345 wrote: Mon Nov 18, 2019 8:29
Ane sempet punya mantan yang bapaknya jual onderdil di daerah kedungdoro..

Dia cerita memang untuk parts ori, ambilnya ke toyota juga kok. Jadi kalau ambil dalam jumlah tertentu bakal dapet potongan dari toyota, semacam beli grosiran..
Nah ada momen tertentu yang memang beres sepi pelanggan/parts tertentu yang ga laku dijual & stoknya melimpah di gudang. Akhirnya oleh beres sparepart itu didiskon sampe di bawah harga grosir yang dijual ke pedagang spareparts.

Mangkanya ga banyak pedagang yg stok spareparts ori dalam jumlah banyak, karena beres bisa mainin harga seenaknya sendiri sesuka mereka
Iya om, saya kalo ke toko sparepart jg dia punya katalog yg sama kayak di bengkel resmi. itu katalog yg juga ada di sistem mereka buat order.

Jd ada 'permainan' juga ya dalam menjual spare part
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Xpander versi crossover?

Post by pilotgaruda »

Ana bingung ukuran ground clearence itu sbenernya dari mana itungnya?

Ana pernah bandingin bemper xpander sama bemper avanza e masih tinggian avanza e (di flat floor yg sama, sebelah2an)

Tapi on paper gc xpander lebih tinggi dr avanza
(Mungkin krn avanza ada gardan)

Kl ana ga salah ukur, jarak bemper depan xpander ke aspal ga sampe 190mm (masih lebih tinggi avanza)

black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Xpander versi crossover?

Post by black2345 »

evanbngdor wrote: Mon Nov 18, 2019 9:49
black2345 wrote: Mon Nov 18, 2019 8:29
Ane sempet punya mantan yang bapaknya jual onderdil di daerah kedungdoro..

Dia cerita memang untuk parts ori, ambilnya ke toyota juga kok. Jadi kalau ambil dalam jumlah tertentu bakal dapet potongan dari toyota, semacam beli grosiran..
Nah ada momen tertentu yang memang beres sepi pelanggan/parts tertentu yang ga laku dijual & stoknya melimpah di gudang. Akhirnya oleh beres sparepart itu didiskon sampe di bawah harga grosir yang dijual ke pedagang spareparts.

Mangkanya ga banyak pedagang yg stok spareparts ori dalam jumlah banyak, karena beres bisa mainin harga seenaknya sendiri sesuka mereka
Iya om, saya kalo ke toko sparepart jg dia punya katalog yg sama kayak di bengkel resmi. itu katalog yg juga ada di sistem mereka buat order.

Jd ada 'permainan' juga ya dalam menjual spare part
:mky_03:
Mangkanya banyak toko yg jual parts subtitusi model tertentu dari merk lain, alias KW
Resiko harga diancurin pabrikan minim, margin cuan lebih gede
:mky_08:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Xpander versi crossover?

Post by Winz »

Barusan lihat di Pameran rilis’nya

Koq jahitan kulit parah plentat plentot?

Kualitas kulit juga kurang bagus kaya mobcin
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Xpander versi crossover?

Post by Pboyz97 »

Sebagai user xpander biasa, mobil ini kok overprice ya? nambah 20 juta cuma buat xpander biasa yg dikasih aksesoris popok biar keliatan tinggi. Big no buat saya, udah gitu perbedaannya banyakin dong dari xpander biasa, biar konsumen merasa worth milih ini daripada xpander biasa. Nambah 20 juta cuma buat jok kulit, cruise control, LED, sama aksesoriss mobil variasi yg dibikin kek crossover mah ga worth banget. Mending DFSK Glory 560 kalo saya mah, harga lebih murah jauh tapi dapet fitur yg 11 12 sama xpander ini. atau gak AN Rushter, safety menang banyak daripada XP Cross ini + nama besar toyodai udh membuktikan kalo dia durable. Harusnya ya mobil seharga 280 juta ini, jangan cuma beda di printilan doang. Airbag banyakin dong, kenapa masih 2 coba, tambahin kek , minimal 4 airbag aja dah cukup, malu sm AN Rush yg airbagnya udah 7. Ini juga ACnya kenapa masih pake kenop kompor coba? Tambahin dong AC digital, biar ada pembedanya dibanding xpander biasa sekaligus biar bisa nyaingin AN Rushter sm BRV yg AC nya udah digital semua. Terus lampunya juga, kasih projektor LED kek, biar ada nilai plusnya dibanding xpander biasa dan AN Rushter serta BRV yg blm projie. Mungkin gara - gara XP biasa yg harganya dah 265 juta itu blm LED ya makanya di xp cross itu dikasihnya cuma LED biasa bukan projie. Gak ada salahnya buat mitsu nambahin printilan yg saya sebutin diatas tadi, biar konsumen merasa worth nambah 20 jt dari xpander biasa dan bisa jadi nilai plusnya XP Cross juga dibanding rivalnya kek AN Rushter dan BRV. Itu aja kritik dan saran saya as XP Ultimate user buat XP Cross ini . Kalau spek dan harga segitu sih, fix gak bakal laku, org masih lebih lirik XP biasa, terus tinggal tambah jok kulit deh sama lampu LED + ganti HU hehehe. Ngapain upgrade 20 jt cuma buat xpander dipopokin sama interiornya persis plek sama xpander biasa, cuma beda jok kulit sama lampu LED doang sama HU+ beda warna interior doank, xpander biasa beige sm hitam, xp cross ini hitam - coklat tua
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Kusumo

Re: Xpander 2020 versi xpander biasa?

Post by Kusumo »

Mitsubishi Xpander Cross 2020 bedanya apa dengan xpander biasa?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Xpander versi crossover?

Post by maastricht889 »

Winz wrote: Sun Nov 24, 2019 12:06 Barusan lihat di Pameran rilis’nya

Koq jahitan kulit parah plentat plentot?

Kualitas kulit juga kurang bagus kaya mobcin
Mendadak sy keinget stitching jok nya 560 om, kayanya msh lbh oke 560 scr stitching jok ya. Cm kalo bahan nya 560 sepintas kok feelnya sama kaya mbtech carrera ya hahahaa