Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by lonely1999 »

yang bikin saya penasaran,
apakah si om akan pindah ke merk wuling ?

karena si om yang satu ini sudah melekat banget di merk honda
sehingga kalo pindah ke merk lain apakah akan membawa "tradisi" honda

:mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by Pboyz97 »

Kenapa gak dari dulu dah? Well, i hope honda Indonesia will increase their quality, especially in it's interior and road noise, and won't sell overprice car again. Semoga aja semua mobil honda yg masuk ke Indo dah dikasih honda sensing semua & penjualannya makin naik dibawah pemimpin baru + sukses terus buat Pak Jonfis kemanapun beliau berlabuh nantinya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by KSG88 »

Beliau pa JF ini orang pintar, beliau bawa H tegak sukses luar biasa. pendapat saya mungkin masa kini strategi yg diterapkan sudah kurang relevan karena sudah ada perubahan di pasar, dimana kurang diantisipasi merek H tegak. Apa itu? mobil mobil low MPV dan Low SUV sekarang berlomba lomba model nya tambah keren, kaya fitur dengan harga sama atau lebih rendah.

Tengok Xpander, All new Rush, Cortez turbo, Almaz, ertiga sport, all new livina, ANF, ANF dan ANPS. Trus ada embel2 gratis servis 4 tahun tanpa tambahan biaya OTR.

Konsumen skrg makin cerewet, harus bagus dan harus murah.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by kunaskun »

gobale wrote: Fri Aug 09, 2019 0:56 kalau ternyata om johnpeace ke toyota-daihatsu gmn ?
dekade 2000an akan kembali :mky_04:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by kompresorz »

gak kenal :big_think:


:big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by evanbngdor »

Sebenernya kalo kata temen saya yg kerja di HPM dan kebetulan di departemen under nya beliau itu, beliau termasuk sosok yang sangat disegani, bukan karena hanya smart, tp jg humble.

Kadang-kadang suka tercetus ide dan strategi yg bahkan ngga kepikiran sama direksi lainnya apalagi ekspat Jepang nya. Pembawaannya ke tim nya juga sangat mengayomi katanya dan jauh lebih "manusiawi" dibandingkan direksi-direksi divisi lainnya.

Cuma ya mungkin image di masyarakat terkait issue kualitas produknya ini yg kena sasaran langsung ke beliau, padahal ngga semata-mata itu ide nya beliau karena beliau handle nya cuma marketing, after sales, sama IT, bisa dibilang ya lebih banyak main di hilirnya.

Ya namanya jg netijen negara berflower +62, kadang komentarnya menghibur
:mky_04: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by mr_mytplx »

evanbngdor wrote: Fri Aug 16, 2019 2:28 Sebenernya kalo kata temen saya yg kerja di HPM dan kebetulan di departemen under nya beliau itu, beliau termasuk sosok yang sangat disegani, bukan karena hanya smart, tp jg humble.

Kadang-kadang suka tercetus ide dan strategi yg bahkan ngga kepikiran sama direksi lainnya apalagi ekspat Jepang nya. Pembawaannya ke tim nya juga sangat mengayomi katanya dan jauh lebih "manusiawi" dibandingkan direksi-direksi divisi lainnya.

Cuma ya mungkin image di masyarakat terkait issue kualitas produknya ini yg kena sasaran langsung ke beliau, padahal ngga semata-mata itu ide nya beliau karena beliau handle nya cuma marketing, after sales, sama IT, bisa dibilang ya lebih banyak main di hilirnya.

Ya namanya jg netijen negara berflower +62, kadang komentarnya menghibur
:mky_04: :mky_03:
Ya kebetulan saja divisi yang dia pegang berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi harus siap jadi sasaran tembak.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by IGedeAmat »

evanbngdor wrote: Fri Aug 16, 2019 2:28 Sebenernya kalo kata temen saya yg kerja di HPM dan kebetulan di departemen under nya beliau itu, beliau termasuk sosok yang sangat disegani, bukan karena hanya smart, tp jg humble.

Kadang-kadang suka tercetus ide dan strategi yg bahkan ngga kepikiran sama direksi lainnya apalagi ekspat Jepang nya. Pembawaannya ke tim nya juga sangat mengayomi katanya dan jauh lebih "manusiawi" dibandingkan direksi-direksi divisi lainnya.

Cuma ya mungkin image di masyarakat terkait issue kualitas produknya ini yg kena sasaran langsung ke beliau, padahal ngga semata-mata itu ide nya beliau karena beliau handle nya cuma marketing, after sales, sama IT, bisa dibilang ya lebih banyak main di hilirnya.

Ya namanya jg netijen negara berflower +62, kadang komentarnya menghibur
:mky_04: :mky_03:
Typical pimpinan yang merintis dari bawah,
pernah ngerasain rasanya jadi [cencored] kampret dikantor...
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by evanbngdor »

IGedeAmat wrote: Fri Aug 16, 2019 3:06
Typical pimpinan yang merintis dari bawah,
pernah ngerasain rasanya jadi [cencored] kampret dikantor...
Iya, 20 tahunan lebih ya kalo gak salah berkarir di situ. Wajar sih.

Tp ngga tertutup kemungkinan pimpinan "karbitan" punya sikap yg sama kyk gitu sih, cuma ya jarang.
mr_mytplx wrote: Fri Aug 16, 2019 2:59
Ya kebetulan saja divisi yang dia pegang berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi harus siap jadi sasaran tembak.
Iya, memang beliau dibayar untuk itu sih salah satunya pasti, jd tameng paling depan kalau ada "serangan" dari konsumen
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by satrialiar69 »


Bye Jon
tapatalk_1565949398209.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by kompresorz »

evanbngdor wrote: Fri Aug 16, 2019 2:28
Ya namanya jg netijen negara berflower +62, kadang komentarnya menghibur
:mky_04: :mky_03:
:big_think:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by Michaelktp »

Better choice resign sih apalagi kalau melihat performa Hondacars Indo DM yang semakin menurun. Kejayaan PT. HPM di CR-V dan Jazz era 2000 an hanya tinggal cerita masa lalu karena trend hatchback dan Mid-sized SUV monocoque yang berubah drastis. Sementara performa sales HR-V 1.5L dan LMPV Mobilio juga terus menurun sejak kemunculan Xpander apalagi BR-V. Praktis backbone PT. HPM hanya bergantung pada LCGC Brio sekarang ini. Ngenes tapi nyata.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by mr_mytplx »

Michaelktp wrote: Sun Aug 18, 2019 6:18 Better choice resign sih apalagi kalau melihat performa Hondacars Indo DM yang semakin menurun. Kejayaan PT. HPM di CR-V dan Jazz era 2000 an hanya tinggal cerita masa lalu karena trend hatchback dan Mid-sized SUV monocoque yang berubah drastis. Sementara performa sales HR-V 1.5L dan LMPV Mobilio juga terus menurun sejak kemunculan Xpander apalagi BR-V. Praktis backbone PT. HPM hanya bergantung pada LCGC Brio sekarang ini. Ngenes tapi nyata.
True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by tommylee87 »

Honda jaman 90 an the best.. maestro, estilo, nova, genio, cielo
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by nugroho bagor »

kompresorz wrote: Fri Aug 16, 2019 0:00 gak kenal :big_think:


:big_think:
Tukang sunat terkenal lho padahal,........ :ngacir:
addnice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Mar 04, 2019 0:51
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mux

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by addnice »

Semoga semakin baik kedepannya
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by Astargea »

mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 6:35
Michaelktp wrote: Sun Aug 18, 2019 6:18 Better choice resign sih apalagi kalau melihat performa Hondacars Indo DM yang semakin menurun. Kejayaan PT. HPM di CR-V dan Jazz era 2000 an hanya tinggal cerita masa lalu karena trend hatchback dan Mid-sized SUV monocoque yang berubah drastis. Sementara performa sales HR-V 1.5L dan LMPV Mobilio juga terus menurun sejak kemunculan Xpander apalagi BR-V. Praktis backbone PT. HPM hanya bergantung pada LCGC Brio sekarang ini. Ngenes tapi nyata.
True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
Rasanya sih mereka bakalan kapok. Bisa berkaca dari Honda Amaze yang sekarang jauh beda sama Brio. Nanti Mobilio desainnya bakal berbau SUV (kayak Xpander lah) walau masih pake platform Brio tapi gak akan sharing bodi atau dashboard lagi. Menurut roadmap sih tahun depan. (PF=platform)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by mr_mytplx »

Astargea wrote: Sun Aug 18, 2019 11:47
mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 6:35
Michaelktp wrote: Sun Aug 18, 2019 6:18 Better choice resign sih apalagi kalau melihat performa Hondacars Indo DM yang semakin menurun. Kejayaan PT. HPM di CR-V dan Jazz era 2000 an hanya tinggal cerita masa lalu karena trend hatchback dan Mid-sized SUV monocoque yang berubah drastis. Sementara performa sales HR-V 1.5L dan LMPV Mobilio juga terus menurun sejak kemunculan Xpander apalagi BR-V. Praktis backbone PT. HPM hanya bergantung pada LCGC Brio sekarang ini. Ngenes tapi nyata.
True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
Rasanya sih mereka bakalan kapok. Bisa berkaca dari Honda Amaze yang sekarang jauh beda sama Brio. Nanti Mobilio desainnya bakal berbau SUV (kayak Xpander lah) walau masih pake platform Brio tapi gak akan sharing bodi atau dashboard lagi. Menurut roadmap sih tahun depan. (PF=platform)
Kita lihat saja tahun depan,

tp kl melihat perubahan dari old brio ke AN brio saya pesimis mobilio akan berubah drastis juga.

kl mobilio udah berbau SUV nanti gimana nasib BRV? :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by b0ku »

mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 14:59
Astargea wrote: Sun Aug 18, 2019 11:47
mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 6:35

True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
Rasanya sih mereka bakalan kapok. Bisa berkaca dari Honda Amaze yang sekarang jauh beda sama Brio. Nanti Mobilio desainnya bakal berbau SUV (kayak Xpander lah) walau masih pake platform Brio tapi gak akan sharing bodi atau dashboard lagi. Menurut roadmap sih tahun depan. (PF=platform)
Kita lihat saja tahun depan,

tp kl melihat perubahan dari old brio ke AN brio saya pesimis mobilio akan berubah drastis juga.

kl mobilio udah berbau SUV nanti gimana nasib BRV? :big_think:

dilanjutin tuh di roadmap aja platfomnya baru lagi tapi bukan brio apaan lagi??? :mky_06: denger2x honda emang mau ngembangin ladder frame kelas pajero buat market asean??? :big_think:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by mr_mytplx »

b0ku wrote: Sun Aug 18, 2019 15:01
mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 14:59
Astargea wrote: Sun Aug 18, 2019 11:47

Rasanya sih mereka bakalan kapok. Bisa berkaca dari Honda Amaze yang sekarang jauh beda sama Brio. Nanti Mobilio desainnya bakal berbau SUV (kayak Xpander lah) walau masih pake platform Brio tapi gak akan sharing bodi atau dashboard lagi. Menurut roadmap sih tahun depan. (PF=platform)
Kita lihat saja tahun depan,

tp kl melihat perubahan dari old brio ke AN brio saya pesimis mobilio akan berubah drastis juga.

kl mobilio udah berbau SUV nanti gimana nasib BRV? :big_think:

dilanjutin tuh di roadmap aja platfomnya baru lagi tapi bukan brio apaan lagi??? :mky_06: denger2x honda emang mau ngembangin ladder frame kelas pajero buat market asean??? :big_think:
menarik, smoga ambil basis honda ridgeline. :mky_02:
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by Astargea »

mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 15:08
b0ku wrote: Sun Aug 18, 2019 15:01
mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 14:59

Kita lihat saja tahun depan,

tp kl melihat perubahan dari old brio ke AN brio saya pesimis mobilio akan berubah drastis juga.

kl mobilio udah berbau SUV nanti gimana nasib BRV? :big_think:

dilanjutin tuh di roadmap aja platfomnya baru lagi tapi bukan brio apaan lagi??? :mky_06: denger2x honda emang mau ngembangin ladder frame kelas pajero buat market asean??? :big_think:
menarik, smoga ambil basis honda ridgeline. :mky_02:
Ridgeline aja monocoque bukan ladder frame, unik sih baknya menyatu dengan bodi tapi dikasih lekukan garis supaya keliatannya bak terpisah :mky_07:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by mr_mytplx »

Astargea wrote: Sun Aug 18, 2019 15:16
Ridgeline aja monocoque bukan ladder frame, unik sih baknya menyatu dengan bodi tapi dikasih lekukan garis supaya keliatannya bak terpisah :mky_07:
sekarang Honda ga ada ladder frame ya?
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by Michaelktp »

mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 6:35
Michaelktp wrote: Sun Aug 18, 2019 6:18 Better choice resign sih apalagi kalau melihat performa Hondacars Indo DM yang semakin menurun. Kejayaan PT. HPM di CR-V dan Jazz era 2000 an hanya tinggal cerita masa lalu karena trend hatchback dan Mid-sized SUV monocoque yang berubah drastis. Sementara performa sales HR-V 1.5L dan LMPV Mobilio juga terus menurun sejak kemunculan Xpander apalagi BR-V. Praktis backbone PT. HPM hanya bergantung pada LCGC Brio sekarang ini. Ngenes tapi nyata.
True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
Yup, paling hanya mengubah design language saja. Itu platform juga ditujukan untuk pasar mobil India yang gagal total juga karena tidak bisa bersaing dengan Maruti Suzuki. Menambah beban berat di HQ HMC secara pasar mobil India sangat besar di segi volume daripada Indo DM.
Sementara untuk Indo DM awalnya mereka mengira jika mengikuti cara market leader pasti bisa survive karena yakin brand sudah populer. HMC Japan lupa bahwa market leader masih bisa diback up oleh fleet saat pembeli personal menurun seperti AvXen sekarang ini karena hanya FL melulu.
Walaupun patut dimaklumin secara HMC masih independen dan cost untuk R&D platform total baru sangat mahal. Apalagi jika mass product hanya bisa diserap oleh beberapa negara saja seperti LMPV dan LSUV yang hanya populer di Indo DM.
Suram dan restrukturisasi di HQ yang salah bisa membuatnya jadi Batu Makam yang pertama malahan daripada Nissan yang sudah keenakan diback up Mitsubishi di ASEAN DM.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by dsign1990 »

mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 14:59
Astargea wrote: Sun Aug 18, 2019 11:47
mr_mytplx wrote: Sun Aug 18, 2019 6:35

True.

apalg kl next gen mobilio tetep diambil dari basis brio. tentu makin susah jualnya. :mky_07:
Rasanya sih mereka bakalan kapok. Bisa berkaca dari Honda Amaze yang sekarang jauh beda sama Brio. Nanti Mobilio desainnya bakal berbau SUV (kayak Xpander lah) walau masih pake platform Brio tapi gak akan sharing bodi atau dashboard lagi. Menurut roadmap sih tahun depan. (PF=platform)
Kita lihat saja tahun depan,

tp kl melihat perubahan dari old brio ke AN brio saya pesimis mobilio akan berubah drastis juga.

kl mobilio udah berbau SUV nanti gimana nasib BRV? :big_think:
mungkin nantinya BRV dan mobilio hanya berbeda di overfender , velg dg ketebalan ban dan under bumper guard
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Jonfis Fandy Pamit Dari Honda Indonesia

Post by pcx »

Nubie sebagai fans H tegak hanya bisa mengelus dada ngeliat keadaan H tegak saat ini :e-snooty: :off_no:

Mungkib ini juga yg menyebabkan Modcat menghilang dari SM :shrug: :e-think:

Jadi teringat dulu sering diskusi dengan bro Madcat pada awal2 HPM sebar sketsa Mobilio sebagai line up small MPV pertama mereka.
agak lucu jg saat itu kalo mengingat Ahond akhirna terjun ke LMPV karna ga lazim :mrgreen:

Hasilna aura sporty H tegak yg semakin luntur dan bisa membuat Soichiro honda menangis di alam sana mengingat masa kejayaan honda di dekade 90an

Semoga H tegak segera bangkit lage seperti era 90an :e-pray:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE