Bahas soal air wiper

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Bahas soal air wiper

Post by newcity_vtec » 26 Jul 2019, 07:59

Pagi Om2 dan tante.
Sorri nih bikin topik yg kayanya pernah dibahas di beberapa topik.
Biasanya isi tabung wiper pakai apa?
Jika bukan air biasa, umumnya pakai merk apa ya?

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 902
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Bahas soal air wiper

Post by IGedeAmat » 26 Jul 2019, 08:16

air mineral botol...

kalo lagi bersih2 rumah or mobil,
suka nemu air mineral botol yang masih sisa,
mo diminum udah gak jelas asal usulnya,
mo dibuang sayang coz masih jernih,
ya udah saya masukin ke tabung wiper...

Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Bahas soal air wiper

Post by Wistuwis » 26 Jul 2019, 08:29

Pake merk yg ketemu di supermarket aja biasanya.
Pakai air biasa hanya darurat kalau kehabisan di jalan. Sampai rumah ditambah lagi pakai air khusus wiper

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2410
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Bahas soal air wiper

Post by martinnn » 26 Jul 2019, 08:40

air keran campur sunlight [emo-mark-A]
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: Bahas soal air wiper

Post by theansoracing » 26 Jul 2019, 08:44

Saya seh pake cairan khusus wiper yg di jual di gerai otomotif
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 13 Jun 2015, 17:40

Re: Bahas soal air wiper

Post by razorus » 26 Jul 2019, 09:18

Air destilasi + konsentrat semenjak motor wiper bocor karena pake air ledeng

Jagonyaaki
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: Bahas soal air wiper

Post by Jagonyaaki » 26 Jul 2019, 09:25

Air aki.. Ngg bikin kaca + body mbl gampang water spot

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 162
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Bahas soal air wiper

Post by bembenk95 » 26 Jul 2019, 09:28

air PDAM jakarta :big_chicken:
i am, a sleeper

lamatlancah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Bahas soal air wiper

Post by lamatlancah » 26 Jul 2019, 09:50

kaga pernah isi gan. langsung aja sabet pake wiper kalau kaca kotor.

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Bahas soal air wiper

Post by qushay20019 » 26 Jul 2019, 10:41

Di rumah ane kami minum pake air ledeng yg diolah di mesin reverse osmosis (RO).
Air wiper nya juga ane isi pake air RO itu, soalnya sayang duitnya kalo harus beli air wiper khusus. Tapi ane juga gak berani pake air ledeng yg masih banyak mineralnya krn katanya mineral ini yg lama2 bikin pompanya macet, kaca kena waterspot, dll

EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 24 Jan 2018, 10:08

Re: Bahas soal air wiper

Post by EOR24 » 26 Jul 2019, 10:51

martinnn wrote:
26 Jul 2019, 08:40
air keran campur sunlight [emo-mark-A]
ternyata saya tidak sendiri, tinggal colongan dikit dari stok sunlight istri :mrgreen:


alhamdulilah aman bahkan efek daun talas dari glass polish yang saya pake enggak hilang meskipun sering disemprot air campur sunlight ini

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 923
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Bahas soal air wiper

Post by adityabp » 26 Jul 2019, 10:53

Pake konsentrat campur air ac.

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 925
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Bahas soal air wiper

Post by evanbngdor » 26 Jul 2019, 11:25

Air tanpa mineral. Kadang-kadang dicampur sama wiperfluid dapet gratisan kalo inget
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

aw21
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 25 Nov 2018, 00:29
Location: Semarang
Daily Vehicle: Toyota All New Rush

Re: Bahas soal air wiper

Post by aw21 » 26 Jul 2019, 11:33

adityabp wrote:
26 Jul 2019, 10:53
Pake konsentrat campur air ac.
Sama Om, mobil sy pake air ac yg sdh disaring (pake saringan biasa) + wiper konsentrat dr K*t
Selama ini kaca lebih awet dr gangguang jamur kaca

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Bahas soal air wiper

Post by Salvanost » 26 Jul 2019, 11:47

Air aqua yg bekas kejemur di dalam mobil
Bau dan rasa ga enak kalau masih diminum...

Sabunnya?
Yg penting wiper jelek diganti...
Sabun seakan akan kaya efek sugesti doank

pojokban
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 16 Nov 2014, 20:03

Re: Bahas soal air wiper

Post by pojokban » 26 Jul 2019, 12:17

air ledeng campur shampo ( gak sekeras pake sabun cuci piring)

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3579
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Bahas soal air wiper

Post by ginting » 26 Jul 2019, 12:30

saya pakai air sumur + sunlight wkwkwk...

btw, ada yg tau gak ngakali supaya air bisa nyemprot duluan sebelum wiper blade bergerak ?

sy lihat penyebab baret kaca itu adalah kadang saat ada kotor, wiper udah gerak dukuan sebelum kaca basah..jadi keset..

lamatlancah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Bahas soal air wiper

Post by lamatlancah » 26 Jul 2019, 12:53

ginting wrote:
26 Jul 2019, 12:30
saya pakai air sumur + sunlight wkwkwk...

btw, ada yg tau gak ngakali supaya air bisa nyemprot duluan sebelum wiper blade bergerak ?

sy lihat penyebab baret kaca itu adalah kadang saat ada kotor, wiper udah gerak dukuan sebelum kaca basah..jadi keset..
selalu sediakan gayung dimobilnya om. jadi siram dulu pake gayung lalu nyalakan wipernya. dijamin aman.

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Bahas soal air wiper

Post by newcity_vtec » 26 Jul 2019, 13:08

Selama ini saya juga isi dari air PAM / atau bekas air mineral ditambah sama konsetrat..
Kadang kl inget ditambahkan Rxxn X yg bikin efek daun talas.

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3066
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Bahas soal air wiper

Post by marmut » 26 Jul 2019, 13:10

lamatlancah wrote:
26 Jul 2019, 12:53
ginting wrote:
26 Jul 2019, 12:30
saya pakai air sumur + sunlight wkwkwk...

btw, ada yg tau gak ngakali supaya air bisa nyemprot duluan sebelum wiper blade bergerak ?

sy lihat penyebab baret kaca itu adalah kadang saat ada kotor, wiper udah gerak dukuan sebelum kaca basah..jadi keset..
selalu sediakan gayung dimobilnya om. jadi siram dulu pake gayung lalu nyalakan wipernya. dijamin aman.

gayung kegedean lhaaa..... pake gelas bekas air mineral cukup. atau pake botol bekas air mineral yg 600ml, tutup botolnya dilubangin pake jarum 2-3 lubang.
pipes - cigars - coffee

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3579
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Bahas soal air wiper

Post by ginting » 26 Jul 2019, 13:56

Saya biasa sambil jalan nyemprot kaca depan supaya jangan panas pipi kena sinar matahari
marmut wrote:
lamatlancah wrote:
26 Jul 2019, 12:53
ginting wrote:
26 Jul 2019, 12:30
saya pakai air sumur + sunlight wkwkwk...

btw, ada yg tau gak ngakali supaya air bisa nyemprot duluan sebelum wiper blade bergerak ?

sy lihat penyebab baret kaca itu adalah kadang saat ada kotor, wiper udah gerak dukuan sebelum kaca basah..jadi keset..
selalu sediakan gayung dimobilnya om. jadi siram dulu pake gayung lalu nyalakan wipernya. dijamin aman.

gayung kegedean lhaaa..... pake gelas bekas air mineral cukup. atau pake botol bekas air mineral yg 600ml, tutup botolnya dilubangin pake jarum 2-3 lubang.

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: Bahas soal air wiper

Post by Kaleng » 26 Jul 2019, 15:39

pakai air ledeng + kit konsentrat. sama tiap pagi diusahakan dibersihkan dulu kacanya seperti petugas di shell.

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1228
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Bahas soal air wiper

Post by iwing » 26 Jul 2019, 16:20

air kran biasa. selama ini sih aman

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1228
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Bahas soal air wiper

Post by iwing » 26 Jul 2019, 16:23

ginting wrote:
26 Jul 2019, 12:30
saya pakai air sumur + sunlight wkwkwk...

btw, ada yg tau gak ngakali supaya air bisa nyemprot duluan sebelum wiper blade bergerak ?

sy lihat penyebab baret kaca itu adalah kadang saat ada kotor, wiper udah gerak dukuan sebelum kaca basah..jadi keset..
kok aneh..?? ganti bpkb aja om :ngacir:

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Bahas soal air wiper

Post by lonely1999 » 26 Jul 2019, 17:01

ane biasa pake air kran saja

dan tiap pagi kaca dibersihkan secara manual kalo terlihat kotor

Post Reply