Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 06 Jun 2010, 13:49

Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Knalpot » 09 Jul 2019, 08:21

Pagi Guys,
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..

kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis.. :big_okay:

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1125
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by farizfsa » 09 Jul 2019, 08:28

Baca beritanya lg, itu buat kendaraan umum..
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2410
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by martinnn » 09 Jul 2019, 10:43

saya sih setuju2 saja.... terutama di pusat pusat kota mungkin biar gak macet
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

rendr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by rendr » 09 Jul 2019, 11:20

Ini wacana dari jaman dulu.. Lagipun menurut saya,
Jika kendaraan pribadi yg dibatasi, apa yg dikejar?

Kalo alasan kemacetan saya rasa perlu dikaji ulang, assessment ulang, mayoritas penyebab kemacetan kendaraan yg seperti apa paling banyak beredar dijalan dan seberapa banyak mobil tua yg beredar dijalan raya sih? Mobil2 tua pun udh bisa jalan aja syukur..

Alasan emisi? Mobil baru dgn bensin bersulfur tinggi dan ga dirawat pun bisa lebih tinggi emisi dari mobil tua yg dirawat dgn penggunaan bensin sulfur rendah.. menurut saya akan lebih fair penerapan pajak berdasarkan kelas2 emisi.. seperti yg ada di negara eropa.. semakin tinggi emisi gas buang dari kendaraan tsb maka pertambahan nilai pajaknya semakin tinggi pula.. ini akan menjadi domino effect dgn sendirinya.. entah itu untuk EV yg emisi gas buangnya 0 hingga mesin cc gede..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by lonely1999 » 09 Jul 2019, 12:29

aturan ini apabila di terapkan untuk kendaraan umum mungkin baik,
jadi kendaraan umum itu selalu dalam kondisi yang baik . mungkin yach....

tapi kalo diterapkan untuk kendaraan pribadi saya tidak setuju
karena dirumah mobilnya udah tua semua haha...
produksi tahun 2004 dan tahun 2008 [emo-yesno]

dompet belum berani beli mobil baru :mky_01:

User avatar
Dat510
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Dat510 » 09 Jul 2019, 13:58

Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.

kevienwijaya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by kevienwijaya » 09 Jul 2019, 14:50

waduh kalau sampe untuk mobil pribadi dibatasi umurnya untuk penggemar mobil yang udah lama bisa amsiong.

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by MSU » 09 Jul 2019, 15:01

kalo angkutan umum udah bagus...mungkin tanpa disuruh pun banyak orang beralih ke kendaraan umum
problemnya cuma keamanan & kualitas angkutannya aja
kalo untuk kendaraan pribadi..paling adil pajak berdasarkan emisi gas buang aja..jadi ga usah dibatasi umur.
sebetulnya dengan banyaknya taxol sekarang mungkin udah banyak yang beralih koq...ortu ane udah males bawa mobil, banyak promo juga naik taxol

carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by carl » 09 Jul 2019, 15:07

Dat510 wrote:
09 Jul 2019, 13:58
Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Koddy » 09 Jul 2019, 15:54

Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.

Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.

PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10150
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ak4ng » 09 Jul 2019, 15:56

Koddy wrote:
09 Jul 2019, 15:54
Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.

Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.

PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki
Yg mobil pribadi tinggal balik nama plat luar jadi kebal aturan wkwkkw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
Dat510
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Dat510 » 09 Jul 2019, 16:35

carl wrote:
09 Jul 2019, 15:07
Dat510 wrote:
09 Jul 2019, 13:58
Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?
Mobil nya apa om? Harus nya itu karena mobil bermasalah, normally current diesel engines ngga ada visible smoke. Liat aja mobil sejenis yg lain, saya beberapa kali liat ANPS berasap hitam pekat, tapi lebih sering ANPS yg ngga ada visible smoke.

Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Zaxis » 09 Jul 2019, 17:05

Pajak mobil diatas 5 taon dinaekin 2x lipat aja tiap taun
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota

Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan

rendr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by rendr » 09 Jul 2019, 18:06

Zaxis wrote:
09 Jul 2019, 17:05
Pajak mobil diatas 5 taon dinaekin 2x lipat aja tiap taun
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota

Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan
Sempet kepikiran jg, pada akhirnya akan menghasilkan kendaraan2 classic yg punya value tinggi..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Michaelktp » 10 Jul 2019, 15:19

Tidak ada pembatasan pun terlihat yang mengasoal di jalanan kota-kota besar Indo mayoritas mobil usia muda kok terutama LMPV dan LSUV. Dengan catatan mobil personal bukan mobil fleet semacam AvXen. Apalagi di Jakarta yang ibu kota Indo secara penampilan adalah segalanya. Mental konsumtif tetap mendarah daging walaupun kantong aslinya kempes hahaha

Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 06 Jun 2010, 13:49

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Knalpot » 02 Aug 2019, 10:01

Mobil di Atas 10 Tahun Bakal Dilarang Demi Tekan Emisi DKI

Rangga Rahadiansyah - detikOto

Jakarta - DKI Jakarta saat ini memang sedang diterpa masalah polusi udara. Beberapa hari DKI Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mencari cara untuk menekan polusi udara ini.

Melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi. Salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.

Baca juga: Anies Wajibkan Uji Emisi di Bengkel Resmi, Toyota Siap?


Dalam instruksi tersebut, Anies meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.

"... memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.

Baca juga: Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan


Tak cuma kendaraan pribadi, Anies juga meminta untuk memastikan tidak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.

Anies juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara dengan perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.

Untuk mendukung kebijakan ini, Anies mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020. Instruksi lain termasuk mengoptimalisasikan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.



Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"


(rgr/ddn)
anies baswedan mobil tua polusi udara

Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 06 Jun 2010, 13:49

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Knalpot » 02 Aug 2019, 10:03

Kalau ada pembatasan 10 tahun mending beli Wuling atau DFSK aja kali ya.. murah banget.. toh 10 tahun udah gak ada harganya wkwkwkw

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1785
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ilhami » 02 Aug 2019, 10:08

Sementara tanam pohon banyak-banyak aja dulu sambil benahi transportasi. Lihat aja jalan sudah mulai gersang tanpa pohon

blackwarr
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 07 Feb 2018, 21:03

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by blackwarr » 02 Aug 2019, 10:09

Knalpot wrote:
02 Aug 2019, 10:01
Mobil di Atas 10 Tahun Bakal Dilarang Demi Tekan Emisi DKI

Rangga Rahadiansyah - detikOto

Jakarta - DKI Jakarta saat ini memang sedang diterpa masalah polusi udara. Beberapa hari DKI Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mencari cara untuk menekan polusi udara ini.

Melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi. Salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.

Baca juga: Anies Wajibkan Uji Emisi di Bengkel Resmi, Toyota Siap?


Dalam instruksi tersebut, Anies meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.

"... memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.

Baca juga: Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan


Tak cuma kendaraan pribadi, Anies juga meminta untuk memastikan tidak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.

Anies juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara dengan perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.

Untuk mendukung kebijakan ini, Anies mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020. Instruksi lain termasuk mengoptimalisasikan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.



Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"


(rgr/ddn)
anies baswedan mobil tua polusi udara
tapi sepenglihatan saya, mayoritas mobil di jkt itu rata2 ga lebih dari 10 tahun kayanya
mungkin emang udah terlalu banyak aja kendaraan di jakarta

ZEXELGRIFONE
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ZEXELGRIFONE » 02 Aug 2019, 10:24

IMHO
Mungkin coba dulu pembatasan dari pemilikannya terutama parkirnya, coz banyak pula saya liat mobil pribadi bagus2 lebih mahal dari mobil saya, tapi parkirnya pinggir gang/pinggir jalan ditutup cover/terpal. Tak jarang bikin macet, coz yg punya ga punya garasi/carport.
ilhami wrote:
02 Aug 2019, 10:08
Sementara tanam pohon banyak-banyak aja dulu sambil benahi transportasi. Lihat aja jalan sudah mulai gersang tanpa pohon
Setuju.. Kadang sayang jg liat rumah yg tamannya digusur ganti plesteran semen atau ubin. Mo nanam pohon agak repot (kudu di pot) dan ga ada area untuk resapan air jg.

Shonen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 27 Jan 2013, 20:34

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Shonen » 02 Aug 2019, 11:28

Tergantung dari pov mana sih nilainya kalau punya mobil tua ya pasti nolak lah. dulu jg ada wacana mbl mesti di dalem rumah ga bole parkir di jalan. kalo yang ga punya carport ya pasti nolak intinya semua manusia ga mau kepentingannya diganggu. kan ada wacana sekarang suru pindah dan rame2 naek angkutan umum. Sbg pengguna mobil pribadi si males banget ya, angkot ga terawat banyak dikompas juga trus suru naek busway bah tangganya setinggi tinggi gedung uda kaya naek gedung 3 lantai. kalo minta pengguna mobil suru migrasi ya jelas ga mungkin liat aja motor di jalan tambah banyak. kebijakan juga kontradiktif ngeresmiin lcgc saat orang dsuru pindah pake angkutan umum pemerintah melegalkan mobil murah. klo mo disurvey juga berapa banyak pengguna mobil yang beralih ke angkutan umum paling ga sampe 3% itu juga bukan gara2 kesadaran pribadi tapi gara2 ga tahan macet. mungkin dengan adanya mrt bisa menyelesaikan masalah tapi ternyata ga pengaruh banyak jg

User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by skylion » 02 Aug 2019, 11:56

Penyebab utama karena macet. Skrg makin macet akibat si abud lebarin trotoar dimana2. Bahkan di jalan satrio yg trotoarnya sudah lebar juga skrg sedang dilebarin lagi. Pohon ditebangin. Dan skrg abud malah nyalahin mobil.

Or4cle
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Or4cle » 02 Aug 2019, 11:58

Saya sangat tidak setuju kalau pembatasan umur kendaraan pribadi 10 tahun
Sebenarnya mobil yang dirawat secara rutin maka emisi yang dihasilkan tidak tinggi, kecuali catalyst conventer sudah rusak (ada umur pemakaiannya)

Andaikata pembatasan umur kendaraan 10 tahun, sia-sia aja pihak pabrik yang meriset mesin-mesin yang robust & relible
Akan dikemanakan mobil2 Honda seri K,L atau Toyota 1NZ-FE, 2ZR, 2GD/KD, dll ke depannya ? Mesin2 tersebut kalau dirawat secara benar bisa bertahan lebih dari 10 tahun dan kadar emisi bisa rendah juga

Bila benar diterapkan maka tidak ada perbedaan mobil2 mainstream pemegang pasar yang telah teruji reliability-nya dengan mobil katakanlah "kualitas 2" yang belum teruji, toh setelah 10 tahun sudah sama-sama jadi besi tua ? DSFK Glory 560 akan lebih memiliki competitive advantage bila dibandingkan CRV Turbo karena disparitas harga yang jauh

Masalah kualitas udara Jakarta bukan karena mobil tua, tapi jumlah kendaraan bermotor yang terlalu banyak !
Solusi uji emisi kayaknya lebih fair ...

mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 16 Dec 2015, 09:27

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by mobilkutu » 02 Aug 2019, 12:20

Tarif parkir dinaikin wan abud untuk mengurangi polusi, mantab

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1001
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by mike22 » 02 Aug 2019, 12:21

salah sendiri kenapa masih jualan premium.
di negara sebelah malah cuman ron 95 ama 97.
kalo kendaraan umum malah kl bisa 5 tahun aja biar bs dilelang atau mungkin dihibahkan ke provinsi lain .

Post Reply