Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 08:50
DOHC wrote:
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 08:42


Kalo saya perhatiin, mobil yg dilengkapi heater biasanya dinginnya jd ngga gitu nonjok.

Ada temen pake GE8, sejak selang heater nya di-by pass gara2 ada kebocoran, malah AC nya jauh lebih dingin. Ya memang jdnya fitur heaternya gak bisa dipake. Di Great Corolla saya juga gitu sih, sejak by pass selang heater, dinginnya bisa dibilang 2x lipat sampe berasep kalo lg digeber RPM tinggi
Hrv dah ga ad heater om

Tp dl waktu ane make ge8 jg dingin nya mirip2 ama hrv ane sehh

Kl dbandingin ama ipah mah jauh banget dingin nya
Seharusnya dinginan GE8 jauh daripada HR-V. Karena harga Compressor aja beda hampir 2x lipat. Kecuali dengan GK5 karena Compressornya sama dengan HR-V, BR-V, Mobilio.
Ohh berarti ge8 ane waktu itu ac nya dah ga bagus ya om

Untunglah ud kburu kejual, kompresor nya belom ngorok sehh waktu dijual
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

DOHC wrote:
20 May 2020, 08:48
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 08:42
DOHC wrote:
20 May 2020, 08:34
Kl gt knapa si hrv ane ac nya kurang nonjok yah

Pdahal ud denso
Kalo saya perhatiin, mobil yg dilengkapi heater biasanya dinginnya jd ngga gitu nonjok.

Ada temen pake GE8, sejak selang heater nya di-by pass gara2 ada kebocoran, malah AC nya jauh lebih dingin. Ya memang jdnya fitur heaternya gak bisa dipake. Di Great Corolla saya juga gitu sih, sejak by pass selang heater, dinginnya bisa dibilang 2x lipat sampe berasep kalo lg digeber RPM tinggi
Hrv dah ga ad heater om

Tp dl waktu ane make ge8 jg dingin nya mirip2 ama hrv ane sehh

Kl dbandingin ama ipah mah jauh banget dingin nya
Masa gak ada heater nya Om? Saya pernah naik HRV temen sih ada heater nya, bisa disetel sampe 28 derajat
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:01
DOHC wrote:
20 May 2020, 08:48
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 08:42


Kalo saya perhatiin, mobil yg dilengkapi heater biasanya dinginnya jd ngga gitu nonjok.

Ada temen pake GE8, sejak selang heater nya di-by pass gara2 ada kebocoran, malah AC nya jauh lebih dingin. Ya memang jdnya fitur heaternya gak bisa dipake. Di Great Corolla saya juga gitu sih, sejak by pass selang heater, dinginnya bisa dibilang 2x lipat sampe berasep kalo lg digeber RPM tinggi
Hrv dah ga ad heater om

Tp dl waktu ane make ge8 jg dingin nya mirip2 ama hrv ane sehh

Kl dbandingin ama ipah mah jauh banget dingin nya
Masa gak ada heater nya Om? Saya pernah naik HRV temen sih ada heater nya, bisa disetel sampe 28 derajat
Ane punya type S CVT om, ac nya model kenop kompor puter2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 08:50
DOHC wrote: Hrv dah ga ad heater om

Tp dl waktu ane make ge8 jg dingin nya mirip2 ama hrv ane sehh

Kl dbandingin ama ipah mah jauh banget dingin nya
Seharusnya dinginan GE8 jauh daripada HR-V. Karena harga Compressor aja beda hampir 2x lipat. Kecuali dengan GK5 karena Compressornya sama dengan HR-V, BR-V, Mobilio.
Ohh berarti ge8 ane waktu itu ac nya dah ga bagus ya om

Untunglah ud kburu kejual, kompresor nya belom ngorok sehh waktu dijual
Betul. Udah agak sedikit ber problem berarti.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 08:48
evanbngdor wrote:
DOHC wrote:
20 May 2020, 08:34
Kl gt knapa si hrv ane ac nya kurang nonjok yah

Pdahal ud denso
Kalo saya perhatiin, mobil yg dilengkapi heater biasanya dinginnya jd ngga gitu nonjok.

Ada temen pake GE8, sejak selang heater nya di-by pass gara2 ada kebocoran, malah AC nya jauh lebih dingin. Ya memang jdnya fitur heaternya gak bisa dipake. Di Great Corolla saya juga gitu sih, sejak by pass selang heater, dinginnya bisa dibilang 2x lipat sampe berasep kalo lg digeber RPM tinggi
Kalo mobil2 tua dengan Heater biasanya karena separator2 antara Heater dan AC udah pada renggang bisa, atau busa2nya udah kurang bagus. Cuma kalo sampe digas dan keluar asap dari grill AC, berarti ada sedikit problem di Expansion Valve. Kecuali dengan keadaan jendela dibuka ya, bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu yang jauh.
Kebetulan di great corolla saya kondisi sebelumnya prima2 aja, heater juga masih berfungsi normal. Tp begitu ganti selang radiator full set dan by pass selang heater nya, langsung berasep gitu deh kalo digeber RPM tinggi >5000. Dan memang secara pengukuran itu suhu nya lebih dingin, bahkan kalo malem hari itu hampir selalu semua kaca nya berembun.

Separator/sekat pembatas kondisinya masih bagus karena baru diganti sekitar 5 tahun lalu. Komponen-komponen AC juga hampir semua baru kecuali selang&pipa2 karena ya memang gak ada yg bocor.

Apa kira-kira ada faktor lain Om? Secara kondisi sih AC nya baik2 aja, ngga panas atau gimana, cenderung lebih dingin drpd CRV saya waktu idle/macet2an.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

DOHC wrote:
20 May 2020, 09:04
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:01
DOHC wrote:
20 May 2020, 08:48


Hrv dah ga ad heater om

Tp dl waktu ane make ge8 jg dingin nya mirip2 ama hrv ane sehh

Kl dbandingin ama ipah mah jauh banget dingin nya
Masa gak ada heater nya Om? Saya pernah naik HRV temen sih ada heater nya, bisa disetel sampe 28 derajat
Ane punya type S CVT om, ac nya model kenop kompor puter2
Ooooh ya mungkin yg tipe S belom ada heater nya. Fasilitas sunatan biasa lah itu
:mky_03:

Kayak di ANKI tipe G sama V kan juga sama, tipe G ngga ada heaternya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 641
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by FU27 »

Yang berasa di kompressor Denso sih selain dinginnya, suaranya juga lebih halus. Dulu pake brio awal2, suara kompressor AC bikin kaget. Berisik sekali. Ganti HRV, suara kompressor AC normal2 aja, ga terlalu berisik. Beli Karimun Wagon R, suara kompressor ACnya juga ga berisik. Dinginnya manteb banget. Klo malam posisi switch AC di arah jam 9 aja udah dingin. Apalagi klo hujan, switch thermostat 2 klik aja, fan di 1

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

evanbngdor wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 08:48
evanbngdor wrote: Kalo saya perhatiin, mobil yg dilengkapi heater biasanya dinginnya jd ngga gitu nonjok.

Ada temen pake GE8, sejak selang heater nya di-by pass gara2 ada kebocoran, malah AC nya jauh lebih dingin. Ya memang jdnya fitur heaternya gak bisa dipake. Di Great Corolla saya juga gitu sih, sejak by pass selang heater, dinginnya bisa dibilang 2x lipat sampe berasep kalo lg digeber RPM tinggi
Kalo mobil2 tua dengan Heater biasanya karena separator2 antara Heater dan AC udah pada renggang bisa, atau busa2nya udah kurang bagus. Cuma kalo sampe digas dan keluar asap dari grill AC, berarti ada sedikit problem di Expansion Valve. Kecuali dengan keadaan jendela dibuka ya, bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu yang jauh.
Kebetulan di great corolla saya kondisi sebelumnya prima2 aja, heater juga masih berfungsi normal. Tp begitu ganti selang radiator full set dan by pass selang heater nya, langsung berasep gitu deh kalo digeber RPM tinggi >5000. Dan memang secara pengukuran itu suhu nya lebih dingin, bahkan kalo malem hari itu hampir selalu semua kaca nya berembun.

Separator/sekat pembatas kondisinya masih bagus karena baru diganti sekitar 5 tahun lalu. Komponen-komponen AC juga hampir semua baru kecuali selang&pipa2 karena ya memang gak ada yg bocor.

Apa kira-kira ada faktor lain Om? Secara kondisi sih AC nya baik2 aja, ngga panas atau gimana, cenderung lebih dingin drpd CRV saya waktu idle/macet2an.
Kebetulan aja berarti timingnya pas abis ganti2 parts, soalnya kalo berasep gitu cuma dari Expansion Valve aja.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

FU27 wrote:Yang berasa di kompressor Denso sih selain dinginnya, suaranya juga lebih halus. Dulu pake brio awal2, suara kompressor AC bikin kaget. Berisik sekali. Ganti HRV, suara kompressor AC normal2 aja, ga terlalu berisik. Beli Karimun Wagon R, suara kompressor ACnya juga ga berisik. Dinginnya manteb banget. Klo malam posisi switch AC di arah jam 9 aja udah dingin. Apalagi klo hujan, switch thermostat 2 klik aja, fan di 1
Coba deh pake CR-V, City, Jazz dibawah GK5, Freed dibawah tahun 2015, itu juga alus suaranya, Sanden dia pakenya. Cuma kalo parts enakan Denso, karena Magnet Clutch nya dijual di pasaran. Kalo Sanden pasti Magnet Clutch imitasi, karena jualnya cuma 1 set Compressor.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 641
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by FU27 »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:50
FU27 wrote:Yang berasa di kompressor Denso sih selain dinginnya, suaranya juga lebih halus. Dulu pake brio awal2, suara kompressor AC bikin kaget. Berisik sekali. Ganti HRV, suara kompressor AC normal2 aja, ga terlalu berisik. Beli Karimun Wagon R, suara kompressor ACnya juga ga berisik. Dinginnya manteb banget. Klo malam posisi switch AC di arah jam 9 aja udah dingin. Apalagi klo hujan, switch thermostat 2 klik aja, fan di 1
Coba deh pake CR-V, City, Jazz dibawah GK5, Freed dibawah tahun 2015, itu juga alus suaranya, Sanden dia pakenya. Cuma kalo parts enakan Denso, karena Magnet Clutch nya dijual di pasaran. Kalo Sanden pasti Magnet Clutch imitasi, karena jualnya cuma 1 set Compressor.
Brio juga pake Sanden oom.

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

FU27 wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:50
FU27 wrote:Yang berasa di kompressor Denso sih selain dinginnya, suaranya juga lebih halus. Dulu pake brio awal2, suara kompressor AC bikin kaget. Berisik sekali. Ganti HRV, suara kompressor AC normal2 aja, ga terlalu berisik. Beli Karimun Wagon R, suara kompressor ACnya juga ga berisik. Dinginnya manteb banget. Klo malam posisi switch AC di arah jam 9 aja udah dingin. Apalagi klo hujan, switch thermostat 2 klik aja, fan di 1
Coba deh pake CR-V, City, Jazz dibawah GK5, Freed dibawah tahun 2015, itu juga alus suaranya, Sanden dia pakenya. Cuma kalo parts enakan Denso, karena Magnet Clutch nya dijual di pasaran. Kalo Sanden pasti Magnet Clutch imitasi, karena jualnya cuma 1 set Compressor.
Brio juga pake Sanden oom.
Iya Brio juga pake Sanden, makanya saya saranin cobain mobil2 di atas yg pake Sanden jg. Bisa aja Brionya yg dipake ada problem di Compressornya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 641
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by FU27 »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:59
FU27 wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:50
Coba deh pake CR-V, City, Jazz dibawah GK5, Freed dibawah tahun 2015, itu juga alus suaranya, Sanden dia pakenya. Cuma kalo parts enakan Denso, karena Magnet Clutch nya dijual di pasaran. Kalo Sanden pasti Magnet Clutch imitasi, karena jualnya cuma 1 set Compressor.
Brio juga pake Sanden oom.
Iya Brio juga pake Sanden, makanya saya saranin cobain mobil2 di atas yg pake Sanden jg. Bisa aja Brionya yg dipake ada problem di Compressornya.
Dari baru dia berisik, brio2 lain sama aja. Sampe kejual ga masalah si ACnya. Makanya pas beli HRV, lihat2 kompressornya, ternyata Denso. Pas beli KWR, pertama ngira kompressornya Sanden macam punya brio, tapi pas lihat, ternyata Denso juga

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

FU27 wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:59
FU27 wrote: Brio juga pake Sanden oom.
Iya Brio juga pake Sanden, makanya saya saranin cobain mobil2 di atas yg pake Sanden jg. Bisa aja Brionya yg dipake ada problem di Compressornya.
Dari baru dia berisik, brio2 lain sama aja. Sampe kejual ga masalah si ACnya. Makanya pas beli HRV, lihat2 kompressornya, ternyata Denso. Pas beli KWR, pertama ngira kompressornya Sanden macam punya brio, tapi pas lihat, ternyata Denso juga
Murahan HR-V lg Compressornya daripada Brio. Lebih aman ke kantong.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:09
DOHC wrote:
20 May 2020, 09:04
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:01


Masa gak ada heater nya Om? Saya pernah naik HRV temen sih ada heater nya, bisa disetel sampe 28 derajat
Ane punya type S CVT om, ac nya model kenop kompor puter2
Ooooh ya mungkin yg tipe S belom ada heater nya. Fasilitas sunatan biasa lah itu
:mky_03:

Kayak di ANKI tipe G sama V kan juga sama, tipe G ngga ada heaternya
Trakir punya mobil berheater waktu jaman civic ferio om

Itu ga tau knapa perna bocor dr heater core nya, ampe banjir dek kaki, untung ketauan cepet

Abis d servis d beres, mesin mala sempet melejit suhu nya

Btw, anki mmg ad yg pake heater om? Ane pake ipah tuir yg V, temperatur jg bsa d set tinggi tp ga ad heater core nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:09
DOHC wrote:
20 May 2020, 09:04
Ane punya type S CVT om, ac nya model kenop kompor puter2
Ooooh ya mungkin yg tipe S belom ada heater nya. Fasilitas sunatan biasa lah itu
:mky_03:

Kayak di ANKI tipe G sama V kan juga sama, tipe G ngga ada heaternya
Trakir punya mobil berheater waktu jaman civic ferio om

Itu ga tau knapa perna bocor dr heater core nya, ampe banjir dek kaki, untung ketauan cepet

Abis d servis d beres, mesin mala sempet melejit suhu nya

Btw, anki mmg ad yg pake heater om? Ane pake ipah tuir yg V, temperatur jg bsa d set tinggi tp ga ad heater core nya
Kalo bocor di Heater Core, mending dibypass aja. Ganti Heater Core juga mahal dan ga kepake. Kalo Innova selain Reborn belom ada Heater. Yang tipe V pun cuma settingan temperatur aja Digital, tetep blm ada Heater, dan kalo suhu di atas 25° Celcius jadi lebih hambar aja dinginnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 10:22
DOHC wrote:
evanbngdor wrote:
20 May 2020, 09:09


Ooooh ya mungkin yg tipe S belom ada heater nya. Fasilitas sunatan biasa lah itu
:mky_03:

Kayak di ANKI tipe G sama V kan juga sama, tipe G ngga ada heaternya
Trakir punya mobil berheater waktu jaman civic ferio om

Itu ga tau knapa perna bocor dr heater core nya, ampe banjir dek kaki, untung ketauan cepet

Abis d servis d beres, mesin mala sempet melejit suhu nya

Btw, anki mmg ad yg pake heater om? Ane pake ipah tuir yg V, temperatur jg bsa d set tinggi tp ga ad heater core nya
Kalo bocor di Heater Core, mending dibypass aja. Ganti Heater Core juga mahal dan ga kepake. Kalo Innova selain Reborn belom ada Heater. Yang tipe V pun cuma settingan temperatur aja Digital, tetep blm ada Heater, dan kalo suhu di atas 25° Celcius jadi lebih hambar aja dinginnya.
Ahh ternyata bgt

Tp bagusla, heater jg ga perna kepake d sini

D indo, ac sdingin kulkas yg d perluin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 09:47
evanbngdor wrote:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 08:48
Kalo mobil2 tua dengan Heater biasanya karena separator2 antara Heater dan AC udah pada renggang bisa, atau busa2nya udah kurang bagus. Cuma kalo sampe digas dan keluar asap dari grill AC, berarti ada sedikit problem di Expansion Valve. Kecuali dengan keadaan jendela dibuka ya, bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu yang jauh.
Kebetulan di great corolla saya kondisi sebelumnya prima2 aja, heater juga masih berfungsi normal. Tp begitu ganti selang radiator full set dan by pass selang heater nya, langsung berasep gitu deh kalo digeber RPM tinggi >5000. Dan memang secara pengukuran itu suhu nya lebih dingin, bahkan kalo malem hari itu hampir selalu semua kaca nya berembun.

Separator/sekat pembatas kondisinya masih bagus karena baru diganti sekitar 5 tahun lalu. Komponen-komponen AC juga hampir semua baru kecuali selang&pipa2 karena ya memang gak ada yg bocor.

Apa kira-kira ada faktor lain Om? Secara kondisi sih AC nya baik2 aja, ngga panas atau gimana, cenderung lebih dingin drpd CRV saya waktu idle/macet2an.
Kebetulan aja berarti timingnya pas abis ganti2 parts, soalnya kalo berasep gitu cuma dari Expansion Valve aja.
Ganti parts nya sih gak persis barengan sama by pass selang Om.

By pass selang dulu baru ganti parts2 itu. Makanya saya bisa bilang kalo itu penyebab berasep dari by pass heaternya bukan karena kerusakan parts. Karena setelah diganti parts baru original semua ya ngga ada bedanya
:mky_01:

Kalo menurut beberapa di komunitas sih memang lumrah kondisi begitu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

DOHC wrote:
20 May 2020, 11:12
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 10:22
DOHC wrote:
Trakir punya mobil berheater waktu jaman civic ferio om

Itu ga tau knapa perna bocor dr heater core nya, ampe banjir dek kaki, untung ketauan cepet

Abis d servis d beres, mesin mala sempet melejit suhu nya

Btw, anki mmg ad yg pake heater om? Ane pake ipah tuir yg V, temperatur jg bsa d set tinggi tp ga ad heater core nya
Kalo bocor di Heater Core, mending dibypass aja. Ganti Heater Core juga mahal dan ga kepake. Kalo Innova selain Reborn belom ada Heater. Yang tipe V pun cuma settingan temperatur aja Digital, tetep blm ada Heater, dan kalo suhu di atas 25° Celcius jadi lebih hambar aja dinginnya.
Ahh ternyata bgt

Tp bagusla, heater jg ga perna kepake d sini

D indo, ac sdingin kulkas yg d perluin
Malah awal2 ANKI itu kan ada silent recall di selang heater nya yg bikin bunyi getaran atau apa ya waktu itu saya jg lupa
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

FU27 wrote:
20 May 2020, 08:13
HRV bukannya pake Denso juga kompresornya oom?
kurang yakin juga, tapi ya ahond seingat saya biasanya keihin, sanden, denso. :big_grin:

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kunaskun wrote:
FU27 wrote:
20 May 2020, 08:13
HRV bukannya pake Denso juga kompresornya oom?
kurang yakin juga, tapi ya ahond seingat saya biasanya keihin, sanden, denso. :big_grin:
HR-V pake Denso.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 13:30
HR-V pake Denso.
siap om :big_exellent:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kunaskun wrote:
20 May 2020, 15:12
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 13:30
HR-V pake Denso.
siap om :big_exellent:
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
kunaskun wrote:
20 May 2020, 15:12
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 13:30
HR-V pake Denso.
siap om :big_exellent:
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
Betul. Harganya jauh sama Compressor Denso buat mobil jadul kaya Mazda Interplay, Starlet, Panther.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

kemuningauto wrote:
20 May 2020, 17:05
DOHC wrote:
kunaskun wrote:
20 May 2020, 15:12


siap om :big_exellent:
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
Betul. Harganya jauh sama Compressor Denso buat mobil jadul kaya Mazda Interplay, Starlet, Panther.
oh gitu toh ..... emang kecil sih fisiknya. pdhl sy udah seneng aja pas pertama liat itu merknya denso di GK wkwkwkwk. ternyata ndeso bukan denso

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

DOHC wrote:
20 May 2020, 17:02
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
jangan2 kalau stiker denso dilepas, dibawahnya ada tulisan: COOL GEAR. :upss:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 17:05
Betul. Harganya jauh sama Compressor Denso buat mobil jadul kaya Mazda Interplay, Starlet, Panther.
dingin, tapi memberatkan kantong karena mesin jadi berat karena pendinginan berlebihan :big_biglaugh:

Post Reply