Page 6 of 50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jul 26, 2019 13:24
by kompresorz
tak pikir dulu apa yg mau saya tanyakan... :big_deal:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jul 26, 2019 23:59
by kemuningauto
kompresorz wrote:tak pikir dulu apa yg mau saya tanyakan... :big_deal:
Siaaap om.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 1:26
by kompresorz
halo om...

ac bmw itukan dinginnya sepoi sepoi....tidak sedingin tajam toyota ...

evaporator pake bahan kuningan yg kisi2nya lebar...

apakah ada n bisa ganti evaporator alumunium yg kisi2 rapat biar cepat dingin terutama siang hari setelah parkir...

apakah bisa blower ac diganti yg lebih kencang kipasnya....

saya sudah ganti blower dengan bmw yg lebih muda tapi sama aja...

apa ada solusinya...

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 1:37
by kemuningauto
kompresorz wrote:halo om...

ac bmw itukan dinginnya sepoi sepoi....tidak sedingin tajam toyota ...

evaporator pake bahan kuningan yg kisi2nya lebar...

apakah ada n bisa ganti evaporator alumunium yg kisi2 rapat biar cepat dingin terutama siang hari setelah parkir...

apakah bisa blower ac diganti yg lebih kencang kipasnya....

saya sudah ganti blower dengan bmw yg lebih muda tapi sama aja...

apa ada solusinya...
BMW apa nih om? Tahun brp? BMW kebanyakan pake Compressor Calsonic Kansei dan Denso. Kalo dinginnya kurang, saya rasa harus dicek dari tekanan freonnya dan performa partsnya seperti apa masih bagus kompresinya? Saat AC nyala, selang AC yg besar (ukuran 5/8) apa dingin?

- Evaporator bahan lama itu tembaga, sangat kuat dan jarang bocor, performa bagus kok. Kalo diganti yg alumunium bisa, tp beda durabilitasnya sama yg tembaga.
- Blower agak pelan anginnya soalnya mobil Eropa banyak setelan kekencangan fan nya ngga sama kaya mobil Jepang yg cuma 1-2-3-4. Kalo bermasalah bisa di resistornya diubah.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 1:50
by DOHC
Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 2:13
by kemuningauto
DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 2:23
by kompresorz
bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 2:36
by DOHC
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13
DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engage

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 3:00
by kemuningauto
kompresorz wrote:bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
Oke siap. Berarti dari sistem bagus semua mustinya dengan asumsi udah diganti baru.

- Coba dicek ventilasi2 blowernya sesuai settingan dan apakah ada bocor? Contoh kita setting angin ke depan, tapi di area kaki keluar angin kecil dll. Biasanya mobil udah berumur problem di ventilasinya, udah kurang bagus karet2, busa2 jadi berasa kurang kenceng anginnya.
- Filter Cabin dicek kotor atau ngga.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 3:01
by kemuningauto
DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13
DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engage
Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 3:48
by kompresorz
saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...

merci jg bgtu sejak baru...

mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...

mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...

rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j :wkkk:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 6:50
by kemuningauto
kompresorz wrote:saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...

merci jg bgtu sejak baru...

mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...

mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...

rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j :wkkk:
Mustinya ngga. Dingin atau ngganya AC mobil tergantung parts2nya pake apa, CC mobilnya.
Kalo yang normal, bagus semua pasti.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 7:10
by iwing
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13
DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaan

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 7:42
by marmut
kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..

jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 8:38
by bembenk95
paling simpel, pingin rasain angin kencang, ya pasang extra fan lagi di dlam kabin, Cigarete Lighter Power gitu :big_okay:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 9:09
by AGSA
Om kemuning mau nanya ini mobil saya toyota harrier 3.0 tahun 2005. Kalau posisi kompresor On bunyi nya qsq ngorok nya. Sudah dikuras freon dan ditambah oli kompresor merk denso hanya berkurang sedikit ngorok nya. Apa ada solusi lain ya Om supaya bunyi nya hilang?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 9:27
by DOHC
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 3:01
DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13 Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engage
Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.
Makasi ilmu nya om..

Bunyi nya bukan kaya besi nempel besi, tp kaya nguuungg gt kaya bearing aus dan bunyi nya kedengeran makin ketara kl di gas.. tp aneh nya kl ac baru dinyalain, mau di gas jg ntuh bunyi ngguuungg ga kedengeran..

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 11:25
by kompresorz
marmut wrote: Sat Jul 27, 2019 7:42
kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..

jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....

emang pait eropa...kodrat

krn ribut aja kalo setel 7....tetap aja gerah...

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 11:33
by kompresorz
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 6:50
kompresorz wrote:saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...

merci jg bgtu sejak baru...

mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...

mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...

rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j :wkkk:
Mustinya ngga. Dingin atau ngganya AC mobil tergantung parts2nya pake apa, CC mobilnya.
Kalo yang normal, bagus semua pasti.
part standar semua om....kompresor aja baru asli denso cap bmw...biar garansi bmw gitu.... :upss:

ini aja lagi saya titipin bengkel bmw....suruh cek semua...filter ktnya masih lumayan...kan blm lama ganti..saya bilang ganti aja....
malah saya beliin filter solar innova reborn buat masukin akalin tnyata gak bisa ktnya...
kalo bmw terbaru bisa diakalin ktnya... :frm_bang_head:


wah mesinnya lumayan gede om...gak ada rasa tarikan berat idupin ac... :ungg:

kalahnya kalo siang ...apalg kalo baru kejemur parkir...sepoi sepoi...


kalo malam sih dingin gurih gurih nyoi....sampe keluar hawa asap ky es dr kisi tengah..kalo bicara bisa keluar asap dr mulut kena hawa ac...ky orang bule kena salju gitu deh....

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 11:42
by kompresorz
saya pikir apa bisa ganti blower yg kencang n evap yang alumunium krn kisi2nya rapat....

kalo tembaga jauh jarak kisi2nya...


btw...

trims om...

jangan bosan ye jawab pertanyaan...walo gak ganti kebengkel om...

karena jauhhh dr rumah..... :big_biglaugh:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 12:34
by kemuningauto
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13
DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaan
Seiko Seiki imitasi. Kalo mau pake APV Arena Single Compressornya, Magnet Clutch pake Terios, atau pake Escudo 2.0. Plug and Play.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 12:34
by kemuningauto
Betul sekali
marmut wrote:
kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..

jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 12:47
by kemuningauto
AGSA wrote:Om kemuning mau nanya ini mobil saya toyota harrier 3.0 tahun 2005. Kalau posisi kompresor On bunyi nya qsq ngorok nya. Sudah dikuras freon dan ditambah oli kompresor merk denso hanya berkurang sedikit ngorok nya. Apa ada solusi lain ya Om supaya bunyi nya hilang?
Kalo emang permasalahan di Compressornya yg ngorok, saran saya ganti Compressor. Karena perawatan berkala dan penambahan maupun penggantian Oli Compressor itu di saat masih sehat atau normal si Compressornya.
Its too late. Sekarang, sebelum jebol dan Oli Compressor jadi hitam dan penuh gram yang nanti harus ganti Condenser juga jadinya.

Compressor ngorok 80% penyebabnya kita ngga pernah ganti Oli Compressor, atau saat diservice di bengkel salah jenis Oli Compressornya. Karena tiap Compressor memakai jenis Oli yg berbeda kekentalannya dan takarannya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 12:50
by kemuningauto
DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 3:01
DOHC wrote: Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engage
Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.
Makasi ilmu nya om..

Bunyi nya bukan kaya besi nempel besi, tp kaya nguuungg gt kaya bearing aus dan bunyi nya kedengeran makin ketara kl di gas.. tp aneh nya kl ac baru dinyalain, mau di gas jg ntuh bunyi ngguuungg ga kedengeran..
Coba dicopot beltnya, puter pulley2nya dari Comp, Water Pump, Alternator, Power Steering, pasti kedengeran kalo bearing udah kurang bagus. Kedua pas mesin running, diperhatiin gerakan pulleynya ada yg oblak ngga, sedikit aja kisaran 2mm oblak pasti udah kena bearingnya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Jul 27, 2019 12:52
by kemuningauto
kompresorz wrote:
marmut wrote: Sat Jul 27, 2019 7:42
kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...

blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...

maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...

apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..

jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....

emang pait eropa...kodrat

krn ribut aja kalo setel 7....tetap aja gerah...
Buset sampe 6? Kenceng amat. Saya rasa ada yg gabener itu, Evaporatornya kotor bisa jadi ketahan angin2nya, atau ada selang hawa (saluran angin blower) yang robek / bolong. Mustinya di 2-3 juga udah mantep.