Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Posted: Fri Jul 26, 2019 13:24
tak pikir dulu apa yg mau saya tanyakan...
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Siaaap om.kompresorz wrote:tak pikir dulu apa yg mau saya tanyakan...
BMW apa nih om? Tahun brp? BMW kebanyakan pake Compressor Calsonic Kansei dan Denso. Kalo dinginnya kurang, saya rasa harus dicek dari tekanan freonnya dan performa partsnya seperti apa masih bagus kompresinya? Saat AC nyala, selang AC yg besar (ukuran 5/8) apa dingin?kompresorz wrote:halo om...
ac bmw itukan dinginnya sepoi sepoi....tidak sedingin tajam toyota ...
evaporator pake bahan kuningan yg kisi2nya lebar...
apakah ada n bisa ganti evaporator alumunium yg kisi2 rapat biar cepat dingin terutama siang hari setelah parkir...
apakah bisa blower ac diganti yg lebih kencang kipasnya....
saya sudah ganti blower dengan bmw yg lebih muda tapi sama aja...
apa ada solusinya...
Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engagekemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:13Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.
Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
Oke siap. Berarti dari sistem bagus semua mustinya dengan asumsi udah diganti baru.kompresorz wrote:bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...
blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...
maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...
apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.DOHC wrote:Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engagekemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:13Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.
Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
Mustinya ngga. Dingin atau ngganya AC mobil tergantung parts2nya pake apa, CC mobilnya.kompresorz wrote:saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...
merci jg bgtu sejak baru...
mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...
mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...
rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j
saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaankemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:13Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.
Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
kompresorz wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...
blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...
maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...
apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
Makasi ilmu nya om..kemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 3:01Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.DOHC wrote:Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engagekemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:13 Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.
Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.
Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....marmut wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 7:42kompresorz wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...
blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...
maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...
apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
part standar semua om....kompresor aja baru asli denso cap bmw...biar garansi bmw gitu....kemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 6:50Mustinya ngga. Dingin atau ngganya AC mobil tergantung parts2nya pake apa, CC mobilnya.kompresorz wrote:saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...
merci jg bgtu sejak baru...
mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...
mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...
rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j
Kalo yang normal, bagus semua pasti.
Seiko Seiki imitasi. Kalo mau pake APV Arena Single Compressornya, Magnet Clutch pake Terios, atau pake Escudo 2.0. Plug and Play.iwing wrote:saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaankemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:13Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.DOHC wrote:Om kemuning mo nanya, kl ac lancer ck itu evap nya masi pake bahan apa ? Masi ad heater nya jg, ntuh jd satu evap ac atau misah, dan rentan bocor ga ?
Baca d kompresor nya malah merek seiko seiki.. kuat ga tuh mrek om..
Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.
Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
marmut wrote:kompresorz wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...
blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...
maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...
apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
Kalo emang permasalahan di Compressornya yg ngorok, saran saya ganti Compressor. Karena perawatan berkala dan penambahan maupun penggantian Oli Compressor itu di saat masih sehat atau normal si Compressornya.AGSA wrote:Om kemuning mau nanya ini mobil saya toyota harrier 3.0 tahun 2005. Kalau posisi kompresor On bunyi nya qsq ngorok nya. Sudah dikuras freon dan ditambah oli kompresor merk denso hanya berkurang sedikit ngorok nya. Apa ada solusi lain ya Om supaya bunyi nya hilang?
Coba dicopot beltnya, puter pulley2nya dari Comp, Water Pump, Alternator, Power Steering, pasti kedengeran kalo bearing udah kurang bagus. Kedua pas mesin running, diperhatiin gerakan pulleynya ada yg oblak ngga, sedikit aja kisaran 2mm oblak pasti udah kena bearingnya.DOHC wrote:Makasi ilmu nya om..kemuningauto wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 3:01Siap. Aman berarti. Kalo bunyi ngesrek pas clutch engage, kurang ring aja. Kalo bunyi cetak cetek pas clutch engage berarti normal, besi ketemu besi.DOHC wrote: Ck2 om, ac sehhh masi dingin.. kompresor jg pas baru nyala ga af brisik... plg stelah dipake jalan baru rada bunyi pas clutch nya engage
Bunyi nya bukan kaya besi nempel besi, tp kaya nguuungg gt kaya bearing aus dan bunyi nya kedengeran makin ketara kl di gas.. tp aneh nya kl ac baru dinyalain, mau di gas jg ntuh bunyi ngguuungg ga kedengeran..
Buset sampe 6? Kenceng amat. Saya rasa ada yg gabener itu, Evaporatornya kotor bisa jadi ketahan angin2nya, atau ada selang hawa (saluran angin blower) yang robek / bolong. Mustinya di 2-3 juga udah mantep.kompresorz wrote:ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....marmut wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 7:42kompresorz wrote: ↑Sat Jul 27, 2019 2:23 bmw seri 3 taun 94...ac pake denso ukuran 17...semuanya baguslah ganti baru semua di bengkel bmw...
blm lama saya bawa ke bengkel khusus ac ktnya normal dingin 5 derajat dengan tes alat...
maunya saya tuh seperti toyota....angin kencang n cepat dingin menggigil walo siang hari bermacet ria...
apalg bmw kan ruangannya kecil...masa sepoi sepoi..
jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
emang pait eropa...kodrat
krn ribut aja kalo setel 7....tetap aja gerah...