Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kompresorz wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 6:50
kompresorz wrote:saya udah tutup semua saluran ac ke kaca dpan n sirkulasi udara luar...tapi benar gak ya mobil eropa kurang dingin tajam dibanding toyota...

merci jg bgtu sejak baru...

mknya saya kesal kalo ac mobil sepoi sepoi...

mana harga mobil eropa baru mahal bingit...ac aja kurang dingin...

rasanya mau digerinda pake sinso n dikiloin tuh mobil...j :wkkk:
Mustinya ngga. Dingin atau ngganya AC mobil tergantung parts2nya pake apa, CC mobilnya.
Kalo yang normal, bagus semua pasti.
part standar semua om....kompresor aja baru asli denso cap bmw...biar garansi bmw gitu.... :upss:

ini aja lagi saya titipin bengkel bmw....suruh cek semua...filter ktnya masih lumayan...kan blm lama ganti..saya bilang ganti aja....
malah saya beliin filter solar innova reborn buat masukin akalin tnyata gak bisa ktnya...
kalo bmw terbaru bisa diakalin ktnya... :frm_bang_head:


wah mesinnya lumayan gede om...gak ada rasa tarikan berat idupin ac... :ungg:

kalahnya kalo siang ...apalg kalo baru kejemur parkir...sepoi sepoi...


kalo malam sih dingin gurih gurih nyoi....sampe keluar hawa asap ky es dr kisi tengah..kalo bicara bisa keluar asap dr mulut kena hawa ac...ky orang bule kena salju gitu deh....
- AC ON. Siang / Malam bebas. Semua pintu dan jendela udah di tutup. Kalo keluar asap putih dari grill tengah artinya ada problem di Expansion Valvenya. Kalo keadaan dibuka pintu atau jendela dan keluar asap putih dari grill tengah, itu normal karena reaksi perbedaan suhu luar dan kabin (sama kaya kita hembusin nafas dari mulut ke grill tengah, reaksi perbedaan suhu dr tubuh dan grill ac jadi berasap)
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kompresorz wrote:saya pikir apa bisa ganti blower yg kencang n evap yang alumunium krn kisi2nya rapat....

kalo tembaga jauh jarak kisi2nya...


btw...

trims om...

jangan bosan ye jawab pertanyaan...walo gak ganti kebengkel om...

karena jauhhh dr rumah..... :big_biglaugh:
Kalo ditanya bisa atau ngga, pasti bisa. Saran saya, dicek ulang kekencangan motor blowernya. Evaporator pasti bersih ya udah dicek?

Tenang, dengan senang hati saya bantu jawab. Ngga masalah ke bengkel manapun, yang penting tujuannya supaya ngga dibohongin bengkel2 yg bandel.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kompresorz »

kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:52
kompresorz wrote:
marmut wrote: Sat Jul 27, 2019 7:42


jangan samain kecepatan blower toyota dengan bmw merkedes volvo audi.
kecepatan #1 di mobil jepang = #2 atau #3 di mobil eropa.
jadi kalo mau hembusan kuat ya pasang di #2 atau #3.
ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....

emang pait eropa...kodrat

krn ribut aja kalo setel 7....tetap aja gerah...
Buset sampe 6? Kenceng amat. Saya rasa ada yg gabener itu, Evaporatornya kotor bisa jadi ketahan angin2nya, atau ada selang hawa (saluran angin blower) yang robek / bolong. Mustinya di 2-3 juga udah mantep.
:big_biglaugh: ...

saya naik mobil kuat ac om....

naik kijang minimal blower 4..naik 5...kalo dr parkir siang panteng 6...nanti kecilin ke 4 krn ribut suara bukan krn kedinginan... :upss:


hujan deras aja bisa 4...ampe embun kaca sekeliling....


mknya di mobil eropa brasa sepoi sepoi....


evap semua n sekutunya udah ganti om...

mknya kawan owner bengkel bmw geleng2... :big_dunno:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kompresorz wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:52
kompresorz wrote: ah saya mah nyetir mobil mobil eropa 6 blowernya....

emang pait eropa...kodrat

krn ribut aja kalo setel 7....tetap aja gerah...
Buset sampe 6? Kenceng amat. Saya rasa ada yg gabener itu, Evaporatornya kotor bisa jadi ketahan angin2nya, atau ada selang hawa (saluran angin blower) yang robek / bolong. Mustinya di 2-3 juga udah mantep.
:big_biglaugh: ...

saya naik mobil kuat ac om....

naik kijang minimal blower 4..naik 5...kalo dr parkir siang panteng 6...nanti kecilin ke 4 krn ribut suara bukan krn kedinginan... :upss:


hujan deras aja bisa 4...ampe embun kaca sekeliling....


mknya di mobil eropa brasa sepoi sepoi....


evap semua n sekutunya udah ganti om...

mknya kawan owner bengkel bmw geleng2... :big_dunno:
Buset. Hahahaha. Coba bilang ke bengkelnya, diubah settingan Resistor Blower (Werstan). Supaya blower 1 kencengnya kaya blower 2, dst. Bisa kok.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by AGSA »

@om kemuning : thank you info nya Om
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

AGSA wrote:@om kemuning : thank you info nya Om
Siap. Sama2. Kalo ada problem AC mobil, kita coba bantu. Silahkan post di thread ini.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kompresorz »

kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:59
kompresorz wrote:saya pikir apa bisa ganti blower yg kencang n evap yang alumunium krn kisi2nya rapat....

kalo tembaga jauh jarak kisi2nya...


btw...

trims om...

jangan bosan ye jawab pertanyaan...walo gak ganti kebengkel om...

karena jauhhh dr rumah..... :big_biglaugh:
Kalo ditanya bisa atau ngga, pasti bisa. Saran saya, dicek ulang kekencangan motor blowernya. Evaporator pasti bersih ya udah dicek?

Tenang, dengan senang hati saya bantu jawab. Ngga masalah ke bengkel manapun, yang penting tujuannya supaya ngga dibohongin bengkel2 yg bandel.

:big_exellent: ...


iyahhh betul....

mlh ada bengkel udah banyak dibantu customer...masih berani nipu...

padahal uang kecil...pernah di traktir makan sama customernya aja uangnya segitu juga...

minta aja masih dikasih sama tuh customer....

kasian...golongan orang kere mental kismin... :big_weee:


btw....

trims...

makin jaya bengkelnya om... :big_smile]
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kompresorz wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:59
kompresorz wrote:saya pikir apa bisa ganti blower yg kencang n evap yang alumunium krn kisi2nya rapat....

kalo tembaga jauh jarak kisi2nya...


btw...

trims om...

jangan bosan ye jawab pertanyaan...walo gak ganti kebengkel om...

karena jauhhh dr rumah..... :big_biglaugh:
Kalo ditanya bisa atau ngga, pasti bisa. Saran saya, dicek ulang kekencangan motor blowernya. Evaporator pasti bersih ya udah dicek?

Tenang, dengan senang hati saya bantu jawab. Ngga masalah ke bengkel manapun, yang penting tujuannya supaya ngga dibohongin bengkel2 yg bandel.

:big_exellent: ...


iyahhh betul....

mlh ada bengkel udah banyak dibantu customer...masih berani nipu...

padahal uang kecil...pernah di traktir makan sama customernya aja uangnya segitu juga...

minta aja masih dikasih sama tuh customer....

kasian...golongan orang kere mental kismin... :big_weee:


btw....

trims...

makin jaya bengkelnya om... :big_smile]
Amin. Siap. Terima kasih.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kompresorz wrote: Sun Jul 28, 2019 13:58
:big_exellent: ...


iyahhh betul....

mlh ada bengkel udah banyak dibantu customer...masih berani nipu...

padahal uang kecil...pernah di traktir makan sama customernya aja uangnya segitu juga...

minta aja masih dikasih sama tuh customer....

kasian...golongan orang kere mental kismin... :big_weee:


btw....

trims...

makin jaya bengkelnya om... :big_smile]
Om kompre, yg lg dititip di anugrah, merc warna putih ya? :ungg:
Image
SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Jul 19, 2019 16:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by SG58 »

Suhu2 skalian. Mhn advice utk perawatan HRv ane tahun 2017. Km 30rb.

Perawatan terkait ac, kompresor etc blm prnah dilakukan. Cman br gnti filter ac kabin aja. Mhn advice apa yg hrs mgkn mlai di cek, dibersihkan atau dignti? Thank.you
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

SG58 wrote:Suhu2 skalian. Mhn advice utk perawatan HRv ane tahun 2017. Km 30rb.

Perawatan terkait ac, kompresor etc blm prnah dilakukan. Cman br gnti filter ac kabin aja. Mhn advice apa yg hrs mgkn mlai di cek, dibersihkan atau dignti? Thank.you
Untuk HR-V penempatan filter cabinnya sangat bagus dan pas. 90% debu tidak akan melewati filter cabin ke Evaporator. Rutin aja ganti filter cabin kalo udah kotor.

Cek pake alat Endoscopy untuk melihat apakah keadaan Evaporator bersih atau kotor. Untuk 30.000 KM udah boleh ganti Oli Compressor. Cari bengkel dengan mesin LAX. Cuma LAX soalnya yang bs flushing total, dan ganti Oli Compressor tanpa pembongkaran sedikitpun. Olinya harus ND-8 135ml.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Boeds »

om, kalo ga diganti oli kompresor kenapa ya? sy punya sdh 100rb km lebih aman² saja, normal.
hanya pernah copot bemper depan buat nyemprot kondensor dan ini kerasa nambah dingin ac di setting yg sama dgn sebelumnya.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Boeds wrote:om, kalo ga diganti oli kompresor kenapa ya? sy punya sdh 100rb km lebih aman² saja, normal.
hanya pernah copot bemper depan buat nyemprot kondensor dan ini kerasa nambah dingin ac di setting yg sama dgn sebelumnya.
Oli Compressor tentu gunanya buat melumasi parts2 di dalam Compressor saat bekerja.
Layaknya pelumas biasa, pasti ada namanya degredasi Oli dan bisa dicek dari warna Oli Compressornya. Nah Oli Compressor yang kurang kualitasnya ini atau bahkan kurang dari kapasitas karena penguapan bisa jadi masalah buat sistem AC (Compressor Jammed / Locked / Macet, Ngorok / Kasar bunyinya, Bocornya Selang2 karena kepanasan atau ketinggian High Pressure yang disebabkan kurangnya Oli Compressor)

Pemakaian mobil dari baru? Sebelumnya udah pernah Service AC? Biasanya teknisi menambahkan Oli Compressor saat Service AC. Kalo ditambah2 terus gapapa, cuma pasti beda sama penggantian total. Dari entengnya Compressor, performanya, dan keawetannya.
IMG_20190721_113905.jpeg
IMG_20190725_122156.jpeg
IMG_20190629_141239.jpeg
IMG_20190629_142534.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

Om kemuning,

Mengenai oli kompresor, kl misalnya kta copot selang hi atau low pressure yg d kompresor, trus kompresor nya kita copotin gt, kira2 bsa kebuang ga oli nya (kompresor d copotin trus dimiring2in biar oli nya kluar dr lobang selang nya) ? Soalnya kaya yg om blg, bengkel rata2 cuman nambahin doank oli nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:Om kemuning,

Mengenai oli kompresor, kl misalnya kta copot selang hi atau low pressure yg d kompresor, trus kompresor nya kita copotin gt, kira2 bsa kebuang ga oli nya (kompresor d copotin trus dimiring2in biar oli nya kluar dr lobang selang nya) ? Soalnya kaya yg om blg, bengkel rata2 cuman nambahin doank oli nya
Oke. Berarti kita bicara manual ya tanpa mesin. Bisa aja, tapi harus semua komponen dari Compressor, Condenser, Evaporator, Selang Low, Selang High semua turun diflushing semua pake R11 atau bensin bisa juga. Setelah diflushing, dibersihin pake Nitrogen. Khusus untuk Compressor dituang semua Olinya, dimasukin Oli baru lalu tuang lagi (untuk mengangkat sisa2 Oli lama), baru deh di isi sesuai kapasitas.

Harus semua komponen, karena pasti ada Oli yang terbawa di Condender, Evaporator, Selang2, dll. Soalnya ini juga yang dilakukan kalo misalnya berhadapan dengan mobil yang Compressornya jebol dan sudah banyak gram2nya. Ngga berani pake mesin, sayang mesinnya narik gram2.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Jul 19, 2019 16:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by SG58 »

Makasi Om infonya.. ad info bengkel yg bs lakukan ini di.daerah jakut atau jakbar? Klo dkt2 pluit even better hehehe
kemuningauto wrote:
SG58 wrote:Suhu2 skalian. Mhn advice utk perawatan HRv ane tahun 2017. Km 30rb.

Perawatan terkait ac, kompresor etc blm prnah dilakukan. Cman br gnti filter ac kabin aja. Mhn advice apa yg hrs mgkn mlai di cek, dibersihkan atau dignti? Thank.you
Untuk HR-V penempatan filter cabinnya sangat bagus dan pas. 90% debu tidak akan melewati filter cabin ke Evaporator. Rutin aja ganti filter cabin kalo udah kotor.

Cek pake alat Endoscopy untuk melihat apakah keadaan Evaporator bersih atau kotor. Untuk 30.000 KM udah boleh ganti Oli Compressor. Cari bengkel dengan mesin LAX. Cuma LAX soalnya yang bs flushing total, dan ganti Oli Compressor tanpa pembongkaran sedikitpun. Olinya harus ND-8 135ml.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

SG58 wrote:Makasi Om infonya.. ad info bengkel yg bs lakukan ini di.daerah jakut atau jakbar? Klo dkt2 pluit even better hehehe
kemuningauto wrote:
SG58 wrote:Suhu2 skalian. Mhn advice utk perawatan HRv ane tahun 2017. Km 30rb.

Perawatan terkait ac, kompresor etc blm prnah dilakukan. Cman br gnti filter ac kabin aja. Mhn advice apa yg hrs mgkn mlai di cek, dibersihkan atau dignti? Thank.you
Untuk HR-V penempatan filter cabinnya sangat bagus dan pas. 90% debu tidak akan melewati filter cabin ke Evaporator. Rutin aja ganti filter cabin kalo udah kotor.

Cek pake alat Endoscopy untuk melihat apakah keadaan Evaporator bersih atau kotor. Untuk 30.000 KM udah boleh ganti Oli Compressor. Cari bengkel dengan mesin LAX. Cuma LAX soalnya yang bs flushing total, dan ganti Oli Compressor tanpa pembongkaran sedikitpun. Olinya harus ND-8 135ml.
Coba dicek di sini, saya kasih list bengkel2 yang memiliki mesin LAX.
IMG_20190729_090304.jpeg
IMG_20190729_090351.jpeg
IMG_20190729_090338.jpeg
IMG_20190729_090321.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:34
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 2:13 Lancer CK, CK2 udah pake bahan alumunium. Tapi tebel dan kuat juga, beda sama evap Avanza. Evap sama Heater beda parts, cuma dalam 1 box cooling unit di dalem dashboard dan ventilasi separator yg mengatur panas heater atau dinginnya evap keluar dari grill.

Kalo heater agak jarang juga bocor tp ngga menutup kemungkinan. Biasanya kalo bocor, lebih baik di bypass aja heaternya, kecuali ada parts heaternya, mahal soalnya.

Seiko Seiki lumayan kuat, perawatan aja seperti penggantian Oli Compressor setiap 30.000 KM aman kok. Kalo sampe bermasalah di Comp, diganti merk Denso nanti daripada beli Seiko Seikinya muahaal.
saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaan
Seiko Seiki imitasi. Kalo mau pake APV Arena Single Compressornya, Magnet Clutch pake Terios, atau pake Escudo 2.0. Plug and Play.
waktu kapan hari service di sitondi yang ganti evaporator, kata mereka kompresor gpp. cuma dulu sempat ngalamin kompresor ngorok dan ditambahin oli kompresor sama tukang service ac (bukan sitondi), suaranya hilang
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jul 27, 2019 12:34
iwing wrote: saya lihat di toko ijo, kompresor seiko seiki kok murah ya..?? saya kepikiran mau ganti itu soalnya karena katanya yang cocok dengan dudukan x-over hanya seiko seiki. klo matsusita (bawaan) waktu lihat di katalog harga nya sekarang 8 jutaan
Seiko Seiki imitasi. Kalo mau pake APV Arena Single Compressornya, Magnet Clutch pake Terios, atau pake Escudo 2.0. Plug and Play.
waktu kapan hari service di sitondi yang ganti evaporator, kata mereka kompresor gpp. cuma dulu sempat ngalamin kompresor ngorok dan ditambahin oli kompresor sama tukang service ac (bukan sitondi), suaranya hilang
Bisa. Tergantung ngoroknya gimana. Kalo belum parah, dan kompresi masih ada, bisa karena kekurangan Olinya. Nah kalo kurang Oli kelamaan bisa bikin jebol. Untung udah ditambah.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by marmut »

kemuningauto wrote: Mon Jul 29, 2019 3:13
iwing wrote:
waktu kapan hari service di sitondi yang ganti evaporator, kata mereka kompresor gpp. cuma dulu sempat ngalamin kompresor ngorok dan ditambahin oli kompresor sama tukang service ac (bukan sitondi), suaranya hilang
Bisa. Tergantung ngoroknya gimana. Kalo belum parah, dan kompresi masih ada, bisa karena kekurangan Olinya. Nah kalo kurang Oli kelamaan bisa bikin jebol. Untung udah ditambah.

untuk kompresor piston, sumber bunyi ngorok itu apakah dari bantalan (yang dari tembaga) bola besinya? atau ada penyebab lain?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 13:10
:big_biglaugh: ...

saya naik mobil kuat ac om....

naik kijang minimal blower 4..naik 5...kalo dr parkir siang panteng 6...nanti kecilin ke 4 krn ribut suara bukan krn kedinginan... :upss:


hujan deras aja bisa 4...ampe embun kaca sekeliling....


mknya di mobil eropa brasa sepoi sepoi....


evap semua n sekutunya udah ganti om...

mknya kawan owner bengkel bmw geleng2... :big_dunno:
Mirip saya nih, Mau AC mobil atau AC rumah selalu setelannya diatas normal, emang ngga pernah kedinginan sih, kalaupun kedinginan kayaknya mendingan kedinginan daripada kepanasan
:mky_01: :mky_01:

Di mobil saya innova diesel, itu temperatur selalu di posisi paling dingin, ngga pernah diubah2 sama sekali, blower juga hampir selalu posisi 2.

Kalo AC rumah kamar ukuran 3x3,5 pake ukuran 1 PK, suhu yg disetel selalu 18.

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


marmut wrote:
kemuningauto wrote: Mon Jul 29, 2019 3:13
iwing wrote:
waktu kapan hari service di sitondi yang ganti evaporator, kata mereka kompresor gpp. cuma dulu sempat ngalamin kompresor ngorok dan ditambahin oli kompresor sama tukang service ac (bukan sitondi), suaranya hilang
Bisa. Tergantung ngoroknya gimana. Kalo belum parah, dan kompresi masih ada, bisa karena kekurangan Olinya. Nah kalo kurang Oli kelamaan bisa bikin jebol. Untung udah ditambah.

untuk kompresor piston, sumber bunyi ngorok itu apakah dari bantalan (yang dari tembaga) bola besinya? atau ada penyebab lain?
Compressor jenis Piston biasa bunyi awalnya karena kurang Oli Compressor, piston kurang pelumas, gesekan antara piston dan rumah piston terjadi.

Karena gesekan yang kurang Oli pelumas antara Piston dan Housing Pistonnya, akan membuat Teflon Seal di piston2 baret dan lama2 Piston atau rumahnya termakan dan menghasilkan gram. Ini yg biasa membuat suara ngorok.

Ada juga yg Compressor macet (stuck), ngga bisa gerak sama sekali. Biasanya gram2nya menghambat gerakan si bola2 Piston, bukan bola yg di klepnya ya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

evanbngdor wrote:
kompresorz wrote: Sat Jul 27, 2019 13:10
:big_biglaugh: ...

saya naik mobil kuat ac om....

naik kijang minimal blower 4..naik 5...kalo dr parkir siang panteng 6...nanti kecilin ke 4 krn ribut suara bukan krn kedinginan... :upss:


hujan deras aja bisa 4...ampe embun kaca sekeliling....


mknya di mobil eropa brasa sepoi sepoi....


evap semua n sekutunya udah ganti om...

mknya kawan owner bengkel bmw geleng2... :big_dunno:
Mirip saya nih, Mau AC mobil atau AC rumah selalu setelannya diatas normal, emang ngga pernah kedinginan sih, kalaupun kedinginan kayaknya mendingan kedinginan daripada kepanasan
:mky_01: :mky_01:

Di mobil saya innova diesel, itu temperatur selalu di posisi paling dingin, ngga pernah diubah2 sama sekali, blower juga hampir selalu posisi 2.

Kalo AC rumah kamar ukuran 3x3,5 pake ukuran 1 PK, suhu yg disetel selalu 18.

:mky_01: :mky_01:
Setuju, lebih baik kedinginan daripada kepanasan. Tinggal kecilin blower atau temp, kalo kepanasan bawaannya pengen belah dashboard. Lol!
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

kemuningauto wrote: Mon Jul 29, 2019 9:04
evanbngdor wrote:
Mirip saya nih, Mau AC mobil atau AC rumah selalu setelannya diatas normal, emang ngga pernah kedinginan sih, kalaupun kedinginan kayaknya mendingan kedinginan daripada kepanasan
:mky_01: :mky_01:

Di mobil saya innova diesel, itu temperatur selalu di posisi paling dingin, ngga pernah diubah2 sama sekali, blower juga hampir selalu posisi 2.

Kalo AC rumah kamar ukuran 3x3,5 pake ukuran 1 PK, suhu yg disetel selalu 18.

:mky_01: :mky_01:
Setuju, lebih baik kedinginan daripada kepanasan. Tinggal kecilin blower atau temp, kalo kepanasan bawaannya pengen belah dashboard. Lol!
Seumur2 saya kedinginan itu cuma waktu ke bromo pertama kalinya pake tanktop&celana pendek, tp itu jg karena angin pagi jam 3an sih kayaknya yg bikin dingin, dan baru bangun tidur jg.

Repotnya kalo naik mobil rame2, pasti semua ngeluh kedinginan, sedangkan saya ngeluh kurang dingin

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

evanbngdor wrote:
kemuningauto wrote: Mon Jul 29, 2019 9:04
evanbngdor wrote:
Mirip saya nih, Mau AC mobil atau AC rumah selalu setelannya diatas normal, emang ngga pernah kedinginan sih, kalaupun kedinginan kayaknya mendingan kedinginan daripada kepanasan
:mky_01: :mky_01:

Di mobil saya innova diesel, itu temperatur selalu di posisi paling dingin, ngga pernah diubah2 sama sekali, blower juga hampir selalu posisi 2.

Kalo AC rumah kamar ukuran 3x3,5 pake ukuran 1 PK, suhu yg disetel selalu 18.

:mky_01: :mky_01:
Setuju, lebih baik kedinginan daripada kepanasan. Tinggal kecilin blower atau temp, kalo kepanasan bawaannya pengen belah dashboard. Lol!
Seumur2 saya kedinginan itu cuma waktu ke bromo pertama kalinya pake tanktop&celana pendek, tp itu jg karena angin pagi jam 3an sih kayaknya yg bikin dingin, dan baru bangun tidur jg.

Repotnya kalo naik mobil rame2, pasti semua ngeluh kedinginan, sedangkan saya ngeluh kurang dingin

:mky_01: :mky_01:
Nah sama. Saya juga termasuk paling suka dingin. Cocok tinggal di dataran tinggi. Lol.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id