Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Boeds »

Om, sebenarnya lebih awet mana antara ac yg thermostatnya di set di jam 9 sp 12 dengan yg di set mentok full di paling dingin (jam 4)
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Boeds wrote:Om, sebenarnya lebih awet mana antara ac yg thermostatnya di set di jam 9 sp 12 dengan yg di set mentok full di paling dingin (jam 4)
Tergantung. Kalo sistem AC normal, artinya bisa mencapai cut off (otomatisasi on dan off compressor) dengan baik, lebih bagus di full paling dingin. Kalo ngga bisa cut off dan harus diset ke suhu tertentu baru bisa cut off, yaa kits set di situ aja daripada nanti cepet kena magnet clutch dan compressornya karena jalan terus.

- Opsi lainnya kalo cut off kurang bagus, dicek ke bengkel, banyak faktor yg mempengaruhi.
- Ada beberapa tipe compressor yg memang tidak ada cut off, karena Solenoid yg bekerja mengatur aliran freon.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:22
iwing wrote:om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
Sama kok. Cuma kalo Compressornya Denso dan tipe Compressor yg memakai ND-8, lebih baik pake ND-8 daripada Oli lain dengan PAG46 juga tapi dengan keaslian dan kualitas yg diragukan.

Banyak sih brand2 ada Emkarate, Doowoon, Protech, Sanden (SP 10, SP 20), Denso (ND8, ND9, ND11, ND12), dll.
om tanya lagi, klo oli kompresor ditambah/top up dengan tipe yg lain (campur) ada efek negatif..?? misal oli bawaan pag 46, di top up/tambah dengan pag 100
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:22
iwing wrote:om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
Sama kok. Cuma kalo Compressornya Denso dan tipe Compressor yg memakai ND-8, lebih baik pake ND-8 daripada Oli lain dengan PAG46 juga tapi dengan keaslian dan kualitas yg diragukan.

Banyak sih brand2 ada Emkarate, Doowoon, Protech, Sanden (SP 10, SP 20), Denso (ND8, ND9, ND11, ND12), dll.
om tanya lagi, klo oli kompresor ditambah/top up dengan tipe yg lain (campur) ada efek negatif..?? misal oli bawaan pag 46, di top up/tambah dengan pag 100
Ada dampak negatifnya, bisa nge jam Compressor, mampet di Expansion Valve, Dryer. Tapi jangka waktu lama. Kalo bisa yg sesuai tipe oli nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Asfur »

Om, kok kalo ane pas kebengkel waktu itu mau minta bengkel nya flush oli compressor, ditanyain emang ac nya kenapa, ngk dingin, sy bil msh dingin.
Cuman kan baca2 katanya mesti diganti olinya, dia bilang boong itu, oli komp ngk mungkin rusak atau habis dan isinya cuman sikit sekali, terkecuali ada kerusakan maka olinya akan habis.
Nanti kalo dibongkar malah bisa2 jadi rusak tuh kompressor, siapa sih yg ngk mau duit, cuman sy ngk mau kalo yg emang ngk perlu sy bil perlu, nanti si koko kecewa, pdhl udah sy bilangin dr awal. Terkecuali udah ada indikasi ngk dingin, ada terdeteksi kebocoran, atau komp ngorok yah sy baru minta si koko service total. Makanya jadi bingung jg yah....
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Asfur wrote:Om, kok kalo ane pas kebengkel waktu itu mau minta bengkel nya flush oli compressor, ditanyain emang ac nya kenapa, ngk dingin, sy bil msh dingin.
Cuman kan baca2 katanya mesti diganti olinya, dia bilang boong itu, oli komp ngk mungkin rusak atau habis dan isinya cuman sikit sekali, terkecuali ada kerusakan maka olinya akan habis.
Nanti kalo dibongkar malah bisa2 jadi rusak tuh kompressor, siapa sih yg ngk mau duit, cuman sy ngk mau kalo yg emang ngk perlu sy bil perlu, nanti si koko kecewa, pdhl udah sy bilangin dr awal. Terkecuali udah ada indikasi ngk dingin, ada terdeteksi kebocoran, atau komp ngorok yah sy baru minta si koko service total. Makanya jadi bingung jg yah....
Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Asfur »

kemuningauto wrote: Mon Nov 25, 2019 8:19 Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).
Bukan gt om, maksud sy inti dr contoh diatas itu, sy ngebengkel sama boss bengkelnya ngk disaranin bongkar2 kompressor, terkecuali emang udah ada kendala spt ngk dingin, kompr ngorok atau bocor, dll, tp selama ac dingin, komp normal tp malah dibongkar utk disvc malah nanti bisa jadi rusak. Jadi ganti oli komp yah kalo ada mslh, ngk ada mslh yah ngk usah diganti.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Asfur wrote:
kemuningauto wrote: Mon Nov 25, 2019 8:19 Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).
Bukan gt om, maksud sy inti dr contoh diatas itu, sy ngebengkel sama boss bengkelnya ngk disaranin bongkar2 kompressor, terkecuali emang udah ada kendala spt ngk dingin, kompr ngorok atau bocor, dll, tp selama ac dingin, komp normal tp malah dibongkar utk disvc malah nanti bisa jadi rusak. Jadi ganti oli komp yah kalo ada mslh, ngk ada mslh yah ngk usah diganti.
Betul. Kalo Compressor ngga ada masalah jangan dibongkar2. Yang dimaksud ganti Oli Compressor itu dengan sistem flushing menggunakan mesin, tanpa pembongkaran apapun.
IMG_20190904_153358.jpeg
IMG_20190904_153403.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Asfur »

Ohhh gitu toh, nah ini baru clear penjelasannya. Thanks om, scr ane baru tau kompr bisa diganti oli tanpa bongkar2.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Asfur wrote:Ohhh gitu toh, nah ini baru clear penjelasannya. Thanks om, scr ane baru tau kompr bisa diganti oli tanpa bongkar2.
Betul bos. Jangan dibongkar. Pake mesin LAX biar bisa tanpa bongkar. Banyak kok udah di Indo ada 100+ bengkel.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Asfur »

Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Idealnya setiap 30.000 KM.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adri31 »

Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kemuningauto wrote:
Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Idealnya setiap 30.000 KM.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kemuningauto wrote:
Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Idealnya setiap 30.000 KM.
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Turboman »

kemuningauto wrote:
adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?

kalo ada saya mau coba
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Turboman wrote:
kemuningauto wrote:
adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?

kalo ada saya mau coba
PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Turboman »

Yg kasta nya lebih tinggi dari ND-8 oil dan dijual di sini apa aja ?

bisa lampirkan PDS nya juga ?
kemuningauto wrote:
Turboman wrote:
kemuningauto wrote:Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?

kalo ada saya mau coba
PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Turboman wrote:Yg kasta nya lebih tinggi dari ND-8 oil dan dijual di sini apa aja ?

bisa lampirkan PDS nya juga ?
kemuningauto wrote:
Turboman wrote:ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?

kalo ada saya mau coba
PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).
Jenis2 Oli Compressor recommended yang dijual di Indo, diusahakan sesuai dengan spec Compressor masing2 (biasa tertera di label bagian belakang Comp)

Denso ND-8 (PAG46)
Sanden SP-10 (PAG46)
Sanden SP-20 (PAG100)
Doowoon PAG46
Doowoon PAG100

Untuk merk2 lain seperti Suniso, Emkarate kurang bagus.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by omnyanaira »

kemuningauto wrote: Fri Nov 29, 2019 16:49
Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Idealnya setiap 30.000 KM.
Om ikut nimbrung yaa, klo ganti oli kompresor tanpa bongkar2 menggunakan mesin LAX apakah wajib diganti freon juga sama expansion valve juga??
Trus idealnya ganti oli kompresor apakah diikuti dgn ritual bersih2 evaporator juga?? Terima kasih
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

omnyanaira wrote:
kemuningauto wrote: Fri Nov 29, 2019 16:49
Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Idealnya setiap 30.000 KM.
Om ikut nimbrung yaa, klo ganti oli kompresor tanpa bongkar2 menggunakan mesin LAX apakah wajib diganti freon juga sama expansion valve juga??
Trus idealnya ganti oli kompresor apakah diikuti dgn ritual bersih2 evaporator juga?? Terima kasih
Freon pasti dibuang sebelum flushing. Kalo Expansion Valve dan Silica Dryer / Receiver Dryer tergantung apa ada gejala penyumbatan atau ngga keliatan dari tekanan freon di awal pengecekan, kalo bagus ngga perlu diganti. Kalo mengikuti standar setiap 30.000 KM dilakukan penggantian Expansion Valve dan Silica Dryer. Bersih2 Evaporator juga kalo kotor aja, karena sekarang udah pasti punya alat Endoscopy buat ngecek kebersihan Evaporator.
IMG_20190826_103728.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adri31 »

ada rekomendasi bengkel ac di bintaro, bsd, atau radio dalam yg bisa ganti oli kompresor?
kemuningauto wrote: Sat Nov 30, 2019 9:38
adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

adri31 wrote:ada rekomendasi bengkel ac di bintaro, bsd, atau radio dalam yg bisa ganti oli kompresor?
kemuningauto wrote: Sat Nov 30, 2019 9:38
adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
Coba googling Setia Karya AC yang di BSD.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by devin96 »

Maaf om, apa punya rekomendasi bengkel AC yang punya alat flushing dan endoscopy di daerah sekitaran Jakarta? Pengen juga flushing oli kompresor sama bersihin evaporator tanpa bongkar.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Rencana mau ke bengkel ac buat cari penyebab siulan di kisi2 ac pas nyala pertama kali, sama ac kadang dingin, kadang kurang.. sama kemarin pas di pantai bali sempet ane full in temperatur ac nya, kompresor gak auto cut off sama ada bunyi tek tek tek pas kompresor nyala,

kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by MSU »

kemuningauto wrote: Thu Nov 14, 2019 9:54
piraku wrote:
kemuningauto wrote:Blower - Evaporator - Grill (Kisi Kisi AC)

Kalo AC nya bau, berarti dari Evaporatornya kotor atau filter cabin nya udah harus diganti.
Berhubung ini Blower Belakang jadi ngga ada filter cabin, coba dibawa ke bengkel spesialis AC, minta diservice yg belakang. Nanti diturunin, dibersihin Evaporatornya.

Kalo blower belakang biasanya bau karena Evaporator kotor, atau bisa juga dari Insulation (pembungkus) Expansion Valve yang seiring waktu kena terik matahari (posisi di dalem plafon).
Baunya pas pertama dinyalain aja sih, kalau udh lama ilang sendiri. Selain bawa ke bengkel, ada cara paling mudah ga ya? Kaya ac cleaner gitu yg semprot? Aman kah?
Ngga aman pake cleaner. Hmm solusinya dibongkar sih blower atasnya, kalo bisa sendiri mungkin bisa juga DIY.
Kalo pake ac cleaner ga amannya knp om..