Page 1 of 8

Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Posted: Tue Oct 04, 2005 3:21
by metanol
Setelah harga BBM naik hampir 100% dari harga sebelumnya, maka mau tidak mau saya sebagai pengguna kendaraan bermotor berfikir untuk meningkatkan efisiensi (penghematan) mesin.

Selain dengan menerapkan cara mengemudi yang baik dan efisien, cara lain adalah menambah alat tambahan untuk menghemat dan menambah efisiensi mesin.

Pada mesin diesel, salah satunya adalah pemanas solar. Alat tambahan ini cara kerjanya adalah memanaskan solar sebelum masuk ke injektor.

Alatnya berupa tabung logam dimana di dalamnya ada pipa aliran solar dan pipa aliran air radiator. Prinsip kerjanya, solar yang masuk ke tabung pemanas ini akan dipanaskan suhunya oleh aliran air panas radiator. Sehingga katanya si penjual/produsen dengan solar yang suhunya tinggi itu akan membantu proses pembakaran dan meningkatkan efisiensi dan juga performance mesin diesel.

Dengan cara kerja seperti itu alat ini tidak membutuhkan energi listrik untuk pemanasannya, dengan memanfaatkan panas air radiator, sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan atau fungsi mesin lainnya.

Nah yang menjadi pertanyaan saya,

1. Apakah dengan alat pemanas ini efisiensi dan akselerasi mesin diesel meningkat signifikan?
Mungkin ada dari forumers SM ini yang pakar-pakar di bidangnya otomotif bisa memberikan pendapat dan analisanya?
Bagi yang pernah menggunakan alat ini kira-kira berapa penghematan konsumsi solar dibanding sebelum memakai alat ini?

2. Harga dari pemanas solar ini berkisar antara 500rb-1jt rupiah, mahal memang jika dilihat dari konstruksi alat ini yang sederhana. Mungkin ada netters yang tahu berapa harga alat ini di pasaran atau ada yang sudah membeli dan memakainya?

3. Apakah ada cara atau alat tambahan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan performance mesin diesel ?

Terimakasih atas masukan, saran, informasi, dan pengalamannya.

Posted: Tue Oct 04, 2005 10:48
by beg0g
Setahu saya alat ini untuk menaikkan suhu solar untuk menurunkan density solar itu sendiri, sehingga walaupun volume solar yang disemprotkan kedalam bahan bakar sama tapi secara quantitas lebih sedikit, sehingga lebih irit.
Tapi bagaimana dengan tenaganya?, logicnya tenaganya lebih rendah.
Trus bagaimana dengan durabilty dari injection pumpnya, masalahnya makin tinggi suhu solar, makin menurun daya pelumasannya, ingat bahwa injection pump plunger pulmasannya oleh solar itu sendiri.

Sebetulnya kunci dari keiritan mesin diesel, disamping driving style dari driver, juga dipengaruhi oleh engine effeciency yang berkorelasi positive dengan kebersihan ruang bakar dan mutu bahan bakar.
Sebetulnya ada beberapa hal yang simple perlu dijaga sehubungan dengan itu :
-Yakinkan selalu anda mendapat pasokan soalr yang baik, tidak tercampur dengan minyak tanah ataupun air.
-Jaga agar water separator dalam keadaan bersih, airnya selalu dibuang dengan teratur (tidak menunggu penuh)
-Jangan operasikan mesin dengan beban berlebihan (luging operation) jalan pelan dengan gigi tinggi misalnya.
-Jaga kebersihan filter udara, bersihkan dengan teratur.
-Jangan memberi beban mesin jika mesin dalam keadaan masih dingin, start langsung jalan (kecuali mesin sudah panas).
-Tunggulah beberapa saat untuk turun temperaturnya untuk mematikan mesin, jika mesin habis bekerja keras (terlebih lagi kalau dilengkapi dengan turbo charger)
-gantilah oli dengan teratur dan pakailah oli yang sesuai dengan clasifikasinya.
-Pakailah selalu pendingin dengan campuran coolant conditioner, karena penyerapan panas akan menjadi lebih effective, disamping untuk mencegah karat didalam cooling system component.

Sementara ini dulu, semoga ada manfaatnya
Begog

Posted: Mon Dec 12, 2005 6:15
by Turboman
Betul dengan apa yang dikatakan pak begog

Sehubungan dengan kualitas solar kita yg "spt ini" ada baiknya anda jaga kebersihan nozzle & injector dng cara purging dengan Liqui Moly Diesel Purge.


Solusi lain yang sudah terbukti sgt efektif adalah tuning ulang Pressure Control Valve & Overflow Restriction pada pompa injeksi.

Sebagaimana kita tahu bahwa pompa injeksi pada mesin diesel menyerap energy mesin yg cukup signifikan, dengan tuning ulang kedua komponen di atas maka beban kerja pompa injeksi menjadi berkurang, energy mesin yg terserap utk memutar pompa injeksi menjadi berkurang, suplai solar ke mesin menjadi lebih presisi. Maka mesin akan mengkonsumsi solar sebagaimana yg dibutuhkan secara tepat & stress yg diderita mesin juga akan berkurang.

Hasilnya performa meningkat signifikan, suara mesin turun 2 - 3 dB, konsumsi BBM akan lebih hemat.


Utk discuss lebih lanjut pak metanol bisa japri / PM langsung.


salam

Posted: Sat Jun 03, 2006 1:51
by jihad koplo
Liqui Moly Diesel Purge. ini apa??
mengenai tuning itu apa bisa dilakukan sendiri?

Posted: Sat Jun 03, 2006 1:52
by jihad koplo
Liqui Moly Diesel Purge. ini apa??
mengenai tuning itu apa bisa dilakukan sendiri?

Posted: Sun Jun 04, 2006 18:04
by DigitALL
Wah banyak pakarnya nih. Mr. beg0g dan Turboman. :)

Thread ini akan gw sticky mengingat hampir sebagian besar mesin diesel di tanah air digunakan pada kendaraan Minibus, Station dan MPV. Disamping itu, banyak konsumen yg menggunakan kendaraan diesel untuk tujuan agar lebih efisiensi dan hemat BBM.

Mudah2an info dan penjelasan dari para pakar mesin Diesel (spt Turboman dan Beg0g) bermanfaat bagi yang lainnya, khususnya bagi pemilik kendaraan bermesin diesel.

Posted: Sun Jun 04, 2006 18:26
by Turboman
Ini ada penjelasan lengkap mengenai Liqui Moly Diesel Purge

Posted: Fri Jun 16, 2006 4:58
by metanol
Dipasaran beredar juga alat pengirim BBM berupa tabung silinder magnet yang tengahnya dilewati pipa bbm atau klem magnet yang dijepitkan ke selang bbm, dengan gaya magnet (Gauss) besar. Dengan merek yang bermacam, ada fuelmax, fuelsave, dll.

Konstruksi magnet ada yang menggunakan kutub yang berlawanan ada juga yang sama. Pihak produsen mengklaim BBM Bensin atau Solar bisa dihemat sekitar 10-15 % dengan penggunaan alat ini.

Harga alat ini berkisar antara 500rb-1jt rupiah.

Disebutkan cara kerjanya alat ini adalah dengan menggunakan medan magnet, partikel ion BBM menjadi teratur searah sesuai dengan kutub magnet yang dilewati dan pada akhirnya meningkatkan efisiensi pembakaran BBM katanya.

Apakah ada dari rekan-rekan netters yang sudah punya pengalaman dengan menggunakan magnet tersebut?
Apakah ada efek peningkatan efisiensi, pengiritan konsumsi BBM dan akselerasi kendaraan setelah digunakan alat tersebut?

Posted: Wed Jun 21, 2006 19:24
by DigitALL
Gw pake Ring Bensin yang tipe Electric, efek peningkatan efisiensi dan pengiritan BBM lebih terasa dibandingkan akselerasi. Kalau ditanjakan biasa harus gigi 1, setelah pasang ini gigi 2 juga masih kuat.

Cara kerjanya sama spt Mr.metanol jabarkan diatas.

Posted: Wed Jun 21, 2006 20:59
by PenyuTurbo
metanol wrote:Dipasaran beredar juga alat pengirim BBM berupa tabung silinder magnet yang tengahnya dilewati pipa bbm atau klem magnet yang dijepitkan ke selang bbm, dengan gaya magnet (Gauss) besar. Dengan merek yang bermacam, ada fuelmax, fuelsave, dll.

Konstruksi magnet ada yang menggunakan kutub yang berlawanan ada juga yang sama. Pihak produsen mengklaim BBM Bensin atau Solar bisa dihemat sekitar 10-15 % dengan penggunaan alat ini.

Harga alat ini berkisar antara 500rb-1jt rupiah.

Disebutkan cara kerjanya alat ini adalah dengan menggunakan medan magnet, partikel ion BBM menjadi teratur searah sesuai dengan kutub magnet yang dilewati dan pada akhirnya meningkatkan efisiensi pembakaran BBM katanya.

Apakah ada dari rekan-rekan netters yang sudah punya pengalaman dengan menggunakan magnet tersebut?
Apakah ada efek peningkatan efisiensi, pengiritan konsumsi BBM dan akselerasi kendaraan setelah digunakan alat tersebut?
Yang menjadi kunci adalah "Evaporation". Tujuan digunakan magnet adalah untuk mengubah konfigurasi PARA menjadi ORTHO. Konfigurasi yang terakhir inilah yang menyebabkan BBM mudah menguap (dalam ruang bakar tentunya). Uap BBM ini yang akan terbakar, karena jika masih dalam bentuk liquid (cairan - alias nggak sempat menguap) tidak akan terbakar (terbuang sia-sia).

Untuk First Full Tank setelah pemasangan Magnet memang ada pengiritan BBM (10%), tapi untuk full tank selanjutnya anjlok lagi. Rasa-rasanya Magnet ini nggak cocok untuk mobil generasi baru yang udah menggunakan EMS atau ECU (banyak perangkat electronic dan sensors ber-arus lemah), karena Magnet ini akan memberikan effects pada electric current disekitar engine bay, berakibat signal dari sensors yang diterima oleh EMS jadi nggak precise lagi, sehinga feedback pengaturan BBM jadi terganggu. ..... Terpaksa copot lagi.

Sekarang makai ramuan sendiri, masuk kedalam tanki BBM ... Power nambah ... Idle smooth ... tarikan ringan ... dapat extra travel distance 30%. Merz E240 pun makai ramuan ini ... dapat extra 150km/tank untuk highway, sedang dalam kota hanya dapat extra 100km/tank.

Posted: Sat Jun 24, 2006 5:38
by frontier
Pak PenyuTurbo, kapan ramuan Anda dijual di tanah air ? kasitau ya kalo sudah tersedia di Surabaya.... Sementara gue masih pake Acetone aja... mungkin kalo udah pindah ke Sby/Mlg, nambah dengan campuran Toluene....

Posted: Sat Jun 24, 2006 5:42
by frontier
Gimana kalo ditawarkan kepada para SMers, mungkin dedengkot forum ini ada yang mau ikut taruh saham untuk bisnis ini : produksi, pengemasan dan pemasaran formula fuel saver / optimizer ramuan Pak PenyuTurbo di Indonesia.. tentunya setelah ada hasil test yang benar2 meyakinkan.... Kalo perlu dikasih merk "SM FUEL OPTIMIZER atau ENHANCER" atau apa lah...

Posted: Sat Jun 24, 2006 9:30
by PenyuTurbo
frontier wrote:Pak PenyuTurbo, kapan ramuan Anda dijual di tanah air ? kasitau ya kalo sudah tersedia di Surabaya.... Sementara gue masih pake Acetone aja... mungkin kalo udah pindah ke Sby/Mlg, nambah dengan campuran Toluene....

Wah ... nggak tahu lagi sampai tanah air ... saya test dulu di Malaysia ini sampai proven. Ngetesnya dengan cara menjual ramuan juga ... hanya dari mouth to mouth. Feedback-nya sih bagus-bagus ... sedang dikumpulin hasil feedbacknya dan hasil jualannya ... hehehehehe ...

Posted: Sat Jun 24, 2006 11:20
by frontier
Please doong, feedback-nya itu disebarluaskan di forum ini... lebih bagus lagi kalo ada test perbandingan antara ramuan Anda, dengan merk2 yang sudah beredar di pasaran.... Pasti jadi topik menarik di antara para SMers, apalagi ada produk ramuan salah 1 moderator SM !!!

Posted: Sat Jun 24, 2006 15:24
by PenyuTurbo
frontier wrote:Please doong, feedback-nya itu disebarluaskan di forum ini... lebih bagus lagi kalo ada test perbandingan antara ramuan Anda, dengan merk2 yang sudah beredar di pasaran.... Pasti jadi topik menarik di antara para SMers, apalagi ada produk ramuan salah 1 moderator SM !!!
Kalau ngebandingin dengan merek lain yang sudah dipasaran, secara umum agak sulit, karena ada yang sudah pernah make dan banyak juga yang belum make.

Yang sudah pake merek lain ini yang bisa ngebandingin mana yang memberikan hasil yang lebih antara satu dengan yang lainnya. Sedang yang belum pernah make, akan susah ngebandinginnya.

Yang jelas, dari feedback yang saya dapat (1 paket ada 3 botol). Botol pertama sudah ada instant result walau belum optimum. Biasanya pada botol ke tiga hasil optimum baru diperoleh.

Contohnya :

A. Suzuki Vitara 4x4 Automatic : Benchmark Full Tank 40 liters BBM hanya dapat 360 km.

1. Botol pertama : tarikan udah jadi ringan, dan dapat ekstra 60 km.
2. Botol kedua : dapat ekstra 110 km
3. Botol Ketiga : dapat ekstra 135 km

B. Volvo V40 - T4 turbocharge : Benchmark Full Tank 60 liters BBM, hanya dapat 460 km. Driving dengan ECONOMY MODE.

1. Botol pertama : dapat kenaikan power, engine smooth, tarikan ringan, hanya nggak dapat extra mileage.
2. Botol kedua : sama seperti diatas, masih nggak dapat extra mileage
3. Botol ketiga : masih juga nggak dapat extra mileage.

Pusing juga, kenapa nggak dapat extra mileage. Pikir punya pikir ... mesti ada yang nggak beres .... kemudian saya saranin ganti Driving mode dari Economy ke SPORT MODE dan sebelumnya RESET ECU (cabut terminal negatif aki kemudian pasang kembali) plus botol keempat ..... hasilnya langsung melonjak ... dapat extra 120 km. Setelah itu mesti dicampur ramuan untuk setiap isi BBM (kayak ketagihan narkoba), karena kalau nggak dicampur, tarikan jadi berat dan nggak dapat extra mileage.

C. Volvo 740 TIC tahun 1989 (mobil tua)

1. Botol pertama : engine banyak bergetar, power drop, nggak dapat ekstra mileage.
2. Botol kedua : Engine dah smooth, tapi saat highrev engine cut off, nggak dapat mileage.
3. Botol ketiga : masih macam botol yang kedua.

Pusing lagi. Pikir punya pikir ... karena ramuan sifatnya juga membersihkan kotoran dalam fuel line system ... kemudian check fuel filter .... waaahhh fuel filternya dah hampir mampet, kotorannya numpuk di situ. Setelah ganti fuel filter .... baru dapat apa yang diharapkan ... disamping ada tambahan power dapat extra mileage juga sekitar 100 km/tank full, cut off pada hirev lenyap.

Itu sekedar contoh-contoh feedback yang bermacam-macam, dan masih banyak lagi .... dikumpulin dulu ...

Posted: Sat Jun 24, 2006 16:32
by frontier
Mengagumkan pak... ramuan itu hanya untuk mesin bensin kah ?

Posted: Sat Jun 24, 2006 17:16
by PenyuTurbo
frontier wrote:Mengagumkan pak... ramuan itu hanya untuk mesin bensin kah ?
Universal ... untuk solar juga bisa ... udah di test pada FORD Ranger dan Toyota Hilux, Suara Dieselnya jadi halus dan getarannya berkurang.

Posted: Sun Jun 25, 2006 7:13
by DigitALL
frontier wrote:Gimana kalo ditawarkan kepada para SMers, mungkin dedengkot forum ini ada yang mau ikut taruh saham untuk bisnis ini : produksi, pengemasan dan pemasaran formula fuel saver / optimizer ramuan Pak PenyuTurbo di Indonesia.. tentunya setelah ada hasil test yang benar2 meyakinkan.... Kalo perlu dikasih merk "SM FUEL OPTIMIZER atau ENHANCER" atau apa lah...
Gud idea ! Kalo mau coba ramuan itu gimana ya ? Apa Mr.frontier udah pernah coba ?

@PenyuTurbo :

Kenapa ngga diproduksi massal terus dijual kepasaran luas aja ? Bukan itu lebih cepet profitnya ? Atau ada kendala lain ?

Posted: Sun Jun 25, 2006 18:11
by frontier
Aku blum pernah nyoba karena blum tersedia di Indo, kata Pak Penyu... BTW, Pak Penyu, ini dia Bung David tertarik juga untuk nyobain ramuannya, dan bisa dipasarkan di Cihampelas Motor mestinya ya...

Posted: Sun Jun 25, 2006 18:30
by PenyuTurbo
Insyaa Allah, kalau nggak ada halangan sekitar bulan Agustus atau nanti hari raya mo balik dulu ke Indon ... aku buat di sana kecil-kecilan dulu dan ditest pada SMers ... boleh juga dipajang di Cihampelas Motor. Yang disini mouth to mouth dalam sebulan ini dah terjual 3000 botol ... itupun bikinnya masih dibelakang rumah. Mudah2an aja bisa ada kesempatan balik kampung, hanya Allah yang tahu apa yang terjadi esok. Ada beberapa member yang mau dyno test minggu depan ... dah pesan racing formula ... custom made.

Posted: Sun Jul 02, 2006 7:11
by frontier
Agustus ke Indon ya pak... Insya Allah kutemui Anda di Jkt atau Sby... sebulan 3000 botol, padahal cuma mouth to mouth marketing style.... ada racing formula juga... bisa dipesan untuk karakter mesin spesifik ya pak...

Posted: Sun Jul 02, 2006 8:08
by PenyuTurbo
frontier wrote:Agustus ke Indon ya pak... Insya Allah kutemui Anda di Jkt atau Sby... sebulan 3000 botol, padahal cuma mouth to mouth marketing style.... ada racing formula juga... bisa dipesan untuk karakter mesin spesifik ya pak...
Kadang-kadang anak2 muda yang seneng nge-DRAG ... biasa lah lomba 1/4 mile (400 meteran) ... pesen formula ... ya lumayan sih bisa ngurangin "Elapse Time" ... paling nggak 1 detik ... kalau dibarengi dengan pasang turbo ... ok juga ... dari 12.5 detik ke 11 detik ... ada yang hanya 10.5 detik. Tapi sayang kadang-kadang ada unsur judi juga ... jadi nggak sreg kalau bikin formula buat mereka.

Posted: Sun Jul 02, 2006 17:20
by frontier
Oh.. Formula Pak PenyuTurbo untuk modal taruhan di drag strip ya... mungkin di labelnya perlu ditulis "RACING FORMULA - NOT INTENDED FOR GAMBLING PURPOSES"... Hehehehe....

Posted: Sun Jul 02, 2006 18:34
by PenyuTurbo
frontier wrote:Oh.. Formula Pak PenyuTurbo untuk modal taruhan di drag strip ya... mungkin di labelnya perlu ditulis "RACING FORMULA - NOT INTENDED FOR GAMBLING PURPOSES"... Hehehehe....
3 hari yang lalu racing formula masuk kedalam tanki SatriaVolution ... proton satria yang dah diganti enginnya EVO-III (turbo MHI TD04-16G). Race (400 m) dengan Honda estilo yang dah pasang engine ITR ... Integra Type Racing ... SatriaVolution kalah 2.5 meter ... dikarenakan SatriaVolution sempat SPIN ... hehemmm drivernya yang mesti belajar lagi ... coba kalau nggak SPIN ... bisa jadi SatriaVolution yang menang. Next time ... masih ada lagi. Sekurang-kurangnya efek dari racing formula udah ketara karena sebelumnya ... kalah satu tiang (25 meter).

Posted: Sun Jul 02, 2006 19:02
by DigitALL
frontier wrote:Aku blum pernah nyoba karena blum tersedia di Indo, kata Pak Penyu... BTW, Pak Penyu, ini dia Bung David tertarik juga untuk nyobain ramuannya, dan bisa dipasarkan di Cihampelas Motor mestinya ya...
Iya nih gw tertarik untuk coba juga formulanya, harga per botol kira2 berapa ?