Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Birong
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 04 Aug 2013, 22:41

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Birong » 07 Aug 2013, 14:18

1. Utk menyaring partikel2 kotoran dan sludge, water separator utk memisahkan air. Sulphur hanya bisa dihilangkan di kilang, tapi sebetulnya sulphur bukanlah musuh mesin, sulphur hanya musuh emission device spt EGR dan Cat Conv. So tutup aja EGR nya dan cabut CC nya, Beresss....


Om.. Kl tutup EGR CC nya ngk di copot ada efeknya ngk..?

tq newbi nanyak nih :big_peace:

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4956
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by nugroho bagor » 29 Jun 2014, 21:06

........................ :ngacir:

User avatar
AUTOCAREMANIA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 09 Sep 2014, 15:59

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by AUTOCAREMANIA » 09 Sep 2014, 18:28

Ikutan nimbrung yah.

Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6

Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)

Semoga turut membantu

Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]

jayjungha
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 05 Jun 2014, 14:00

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by jayjungha » 12 Sep 2014, 22:51

Kalo gw sih masih milih purging saja injektornya secara berkala pakai Liquimoly atau Primo, kadang kalo ga ada baru pilihan ke wurth. yang lain merk belum begirtu percaya. sesekali gw nambahin aditif dieselnya, kalo aditif solarnya skrg gw milih merk Primo diesel nitro itu.

Prinsipnya yang kalo gw denger dari banyak seminar2 tentang oli dan aditif, untuk khususnya mesin diesel, sepanjang solar ditingkatkan cetane, keep clean saluran dan sistem bahan bakar, dan rutine detergen aditif ditambahkan, maka pembakaran akan lebih sempurna, irit karena jumlah solar terbakar jadi energi lebih banyak volumenya, otomatis tarikan mesin juga mantap.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15363
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 08 Oct 2014, 09:46

PERINGATAN

Trit ini adalah trit diskusi dan bukan kolom iklan baris

sekali lagi beriklan di trit diskusi maka akan cuti Posting !!

- Moderator -

AUTOCAREMANIA wrote:Ikutan nimbrung yah.

Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6

Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)

Semoga turut membantu

Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Unta_item » 08 Oct 2014, 09:53

Turboman wrote:PERINGATAN

Trit ini adalah trit diskusi dan bukan kolom iklan baris

sekali lagi beriklan di trit diskusi maka akan cuti Posting !!

- Moderator -

AUTOCAREMANIA wrote:Ikutan nimbrung yah.

Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6

Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)

Semoga turut membantu

Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]
wuikksss anjuran purging tiap 5000-10000km :big_chicken:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15363
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 08 Oct 2014, 10:16

Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by montirangin » 08 Oct 2014, 10:27

hmmm..kalo gitu hmmm..jgn di purging juga mampet ya om..

gerokio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 03 Jul 2014, 10:23

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by gerokio » 23 Dec 2014, 18:00

Turboman wrote:Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system
Captiva diesel gw emang gw purging setiap 5000 km krn pernah dengar dari orang chevrolet common rail hrs lbh rajin bersihin injektor minimum 2x atau lebih sering dari diesel biasa, dan sdh berjalan 3 tahun gpp tuh, mungkin krn gw jarang pake, jadi bisa 5 bulan baru nyampe 5000 km, trus pake solar biasa bukan dex jadi cepet kotor. Berasa tarikannya jauh lbh enteng daripada ga dituneup obat sih

hmulyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 16 Jan 2015, 15:54
Location: bandung
Contact:

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by hmulyo » 21 Jan 2015, 15:23

metanol wrote:Setelah harga BBM naik hampir 100% dari harga sebelumnya, maka mau tidak mau saya sebagai pengguna kendaraan bermotor berfikir untuk meningkatkan efisiensi (penghematan) mesin.

Selain dengan menerapkan cara mengemudi yang baik dan efisien, cara lain adalah menambah alat tambahan untuk menghemat dan menambah efisiensi mesin.

Pada mesin diesel, salah satunya adalah pemanas solar. Alat tambahan ini cara kerjanya adalah memanaskan solar sebelum masuk ke injektor.

Alatnya berupa tabung logam dimana di dalamnya ada pipa aliran solar dan pipa aliran air radiator. Prinsip kerjanya, solar yang masuk ke tabung pemanas ini akan dipanaskan suhunya oleh aliran air panas radiator. Sehingga katanya si penjual/produsen dengan solar yang suhunya tinggi itu akan membantu proses pembakaran dan meningkatkan efisiensi dan juga performance mesin diesel.

Dengan cara kerja seperti itu alat ini tidak membutuhkan energi listrik untuk pemanasannya, dengan memanfaatkan panas air radiator, sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan atau fungsi mesin lainnya.

Nah yang menjadi pertanyaan saya,

1. Apakah dengan alat pemanas ini efisiensi dan akselerasi mesin diesel meningkat signifikan?
Mungkin ada dari forumers SM ini yang pakar-pakar di bidangnya otomotif bisa memberikan pendapat dan analisanya?
Bagi yang pernah menggunakan alat ini kira-kira berapa penghematan konsumsi solar dibanding sebelum memakai alat ini?

2. Harga dari pemanas solar ini berkisar antara 500rb-1jt rupiah, mahal memang jika dilihat dari konstruksi alat ini yang sederhana. Mungkin ada netters yang tahu berapa harga alat ini di pasaran atau ada yang sudah membeli dan memakainya?

3. Apakah ada cara atau alat tambahan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan performance mesin diesel ?

Terimakasih atas masukan, saran, informasi, dan pengalamannya.
cara paling ampuh yah cara nyetir.
setelah itu kesehatan mesin, tekanan angin ban dll.
kalo mau nambah biaya yah oil additive dan fuel additive.
IMHO.

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 403
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by sucahyo » 30 Jan 2015, 13:07

Kalau mau disel lebih irit dan nambah tenaga, beli saja subwoofer rusak di pasar loak. ambil magnetnya, lalu carikan tempat yang cocok dimana selang solar lewat didekatnya.

setelah itu, kalau menurut saudara ipar, tarikan disel serasa mesin bensin. waktu dijual, harga juga jadi sangat tinggi.

biaya tergantung kemampuan nawar....

staniakrusnov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 18 Jun 2014, 09:41

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by staniakrusnov » 06 Feb 2015, 11:55

kalo ane skrg rajin purging injektor diesel sendiri setiap 10 ribu km, terakhir terasa lebih bagus pake obat Primo Diesel Purge, belinya online di lazada. Mudal ga pake ribet hehe....

staniakrusnov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 18 Jun 2014, 09:41

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by staniakrusnov » 06 Feb 2015, 12:11

gerokio wrote:
Turboman wrote:Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system
Captiva diesel gw emang gw purging setiap 5000 km krn pernah dengar dari orang chevrolet common rail hrs lbh rajin bersihin injektor minimum 2x atau lebih sering dari diesel biasa, dan sdh berjalan 3 tahun gpp tuh, mungkin krn gw jarang pake, jadi bisa 5 bulan baru nyampe 5000 km, trus pake solar biasa bukan dex jadi cepet kotor. Berasa tarikannya jauh lbh enteng daripada ga dituneup obat sih
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
:big_think:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15363
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 06 Feb 2015, 13:08

staniakrusnov wrote:
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
:big_think:
Purging 6000 Km keluarnya udah kotor ? Biasa isi solar dimana om ?

Saya purging selang 20.000 Km sisa cairannya masih bening. BBM juga mostly Biosolar full + racun.

kalo purging interval cepet better pilih obat purging yg ada daya lumasnya,

saya pernah test purging dgn obat di bawah :
Image

Krn ngeliat dari MSDS nya isinya 70 - 80% Diesel Fuel high grade, ane coba en mesin idup & idle bagus spt halnya purging pake Liq Moly DP

si Cyclo ini kalo dipegang cairannya licin, kalo LMDP keset

cuman daya pembersihannya sedikit di bawah LMDP, tapi harga lebih murah

*bukan seles siklo*

staniakrusnov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 18 Jun 2014, 09:41

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by staniakrusnov » 06 Feb 2015, 14:35

Turboman wrote:
staniakrusnov wrote:
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
:big_think:
Purging 6000 Km keluarnya udah kotor ? Biasa isi solar dimana om ?

Saya purging selang 20.000 Km sisa cairannya masih bening. BBM juga mostly Biosolar full + racun.
---------------------------
Sepertinya bukan masalah solar yang saya isi lebih kotor ya....Tapi obat pembersihnya itu kali yang benar2 bersihinnya mantap om, jadi selang keluarnya keliatan kotorannya bener dilarutkan sehingga warnanya kotor gelap.

Kalo obat yg dipake ga mampu bersihin, keluarnya pasti bening trus karena kotoran ga keangkat dan sebaliknya.

Ane dulu pake liquimoly tapi skrg pake Primo diesel purging, ikutin anjuran org bengkel aja, emang lebih bersih yg Primo om (bukan promosi ya), ane beli di toda racing, tapi minta org bengkel upah bersihin, skrg sdh bisa bersihin sendiri jd beli di lazada online.

Itu cyclo bukan obat purging om, tapi campuran bbm kyknya kalo saya baca....jadi dipakenya tuang ke tangki bbm. Nanti mau coba juga...di toda racing ada kali ya. Thx
:big_okay:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15363
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 06 Feb 2015, 14:40

staniakrusnov wrote: Sepertinya bukan masalah solar yang saya isi lebih kotor ya....Tapi obat pembersihnya itu kali yang benar2 bersihinnya mantap om, jadi selang keluarnya keliatan kotorannya bener dilarutkan sehingga warnanya kotor gelap.

Kalo obat yg dipake ga mampu bersihin, keluarnya pasti bening trus karena kotoran ga keangkat dan sebaliknya.

Ane dulu pake liquimoly tapi skrg pake Primo diesel purging, ikutin anjuran org bengkel aja, emang lebih bersih yg Primo om (bukan promosi ya), ane beli di toda racing, tapi minta org bengkel upah bersihin, skrg sdh bisa bersihin sendiri jd beli di lazada online.

Itu cyclo bukan obat purging om, tapi campuran bbm kyknya kalo saya baca....jadi dipakenya tuang ke tangki bbm. Nanti mau coba juga...di toda racing ada kali ya. Thx
:big_okay:
Wah kalo obat purgingnya keras sih berarti interval purgingnya bisa dipanjangin, kalau kelewat sering berisiko thd jeroan pompa injeksi

Saya juga ada nyimpen Purging-nya Primo, belum saya pakai, nanti tunggu 4000 Km lagi rencana mau dicoba

Cyclo iya itu sebetulnya campuran ke solar, tapi dari penerawangan MSDS nya yg spt itu ya ane berani test buat purging en just fine

amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 03 Jun 2010, 10:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by amd » 06 Feb 2015, 17:49

gnki d4d ane kalo purging antara 20-30rb km pake LMDP 500cc, fuel return nya masih bersih.
bbm selalu pake bio solar+additive/olie 2t
LMDP ane beli di tempat cuci mobil d' auto jl. ks tubun tangerang idr 140rb (des/14)

staniakrusnov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 18 Jun 2014, 09:41

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by staniakrusnov » 17 Mar 2015, 12:22

Jika sesudah 20.000 s/d 30.000 km , fuel returnnya masih bersih? Menurut diskusi dgn Technical Manager Astra ketauan produk pembersihnya ga bekerja bagus om. Apalagi jika pakai solar "busuk" harusnya kotor sekali.

Nih buktinya sesuai saran Om Turboman, gw coba tuh pake Cycle Diesel Injector Cleaner (sebenarnya untuk campuran ke tangki solar) tapi untuk percobaan gw pake ini untuk gantikan Diesel Purge, eh......emang fuel returnnya bersih, seperti Oom Turboman sampaikan.....lalu langsung gw ganti ke pembersih yang bener2 untuk PURGING....yaitu yg gw pake terakhir ini Primo Diesel Purge (sorri bukan sales primo ini yah) ....nah sekarang fuel returnnya langsung keluar kotor sekali padahal baru 8.500 an KM....nah baru ketauan bahwa emang Diesel Purge yang benar bekerja bagus baru fuel returnnya bisa kotor, jika bersih, jelas ga bagus atau ga cocok pembersihnya....dan kotoran masih lekat di sistem ruang bakarnya.

Nurut technisi bengkelnya emang Diesel Purge yang benar (pas waktu itu dia pakai Primo Diesel Purge) punya zat khusus konsentrat yang bisa membersihkan instant, beda dengan campuran fuel aditif yg bekerjanya bercampur dengan solar harusnya.

Nah makanya gw yakin sekali jika pake solar "busuk" sdh diatas 5.000 km pasti kotor...dan jangan kelamaan bersihinnya (maximum sih u common rail 10.000 km deh sesuai bisikan tehnisi) karena boros bbm dan bisa rusak injector systemnya khususnya Common Rail yang emang untungnya di Indonesia sdh diperbesar lubang semburannya, jika tidak bakalan ga bisa pake solar "busuk"....langsung cepat rusak.

*Bukan orang bengkel atau penjual aditif ya, hanya pemakai yg sharing....dan lagi pas dgn aditif tertentu saja ...lagian gw beli di Toda Racing juga dan kadang di Lazada!!!

User avatar
bestautocare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 21 Mar 2015, 22:59
Location: Jakarta Barat
Contact:

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by bestautocare » 22 Mar 2015, 14:29

Merk PRIMO Nitro campuran bbm bagus yah....., emang mulai sering lihat temen2 pada bilang bagus produknya.
Kalo diesel, papa gw skrg lagi rajin2nya purging sendiri....bagus nih info2 ini berguna buat gw beritahu dia.
Thx...ane new bi....
Desi
:off_ladies: :ngacir:

maxwelpark
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 30 Jun 2014, 20:35

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by maxwelpark » 09 Apr 2015, 12:04

Kalo saran tehnisi toyota sih emang harus sering dipurging diesel commonrail ya....bahaya mapet, rusak krn katanya walau commonrail di indonesia, setelan nya walau sudah digedein lubang semburnya untuk dapat adopsi solar biasa, tetep kecil sehingga harus rajin purging.

Waktu dipurging, kalo ga salah pake primo diesel purge gitu, emang beda tarikannya jadi ringan gitu.....

jadi bener2 percaya deh gw emang harus dipurging supaya efisiensi dan unjuk kerja mesin diesel jadi prima kembali.

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4956
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by nugroho bagor » 26 Jul 2015, 13:44

Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16423
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by Hansen » 26 Jul 2015, 13:54

nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
ya gapapa.......... :ngacir:

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4956
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by nugroho bagor » 26 Jul 2015, 14:07

Hansen wrote:
nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
ya gapapa.......... :ngacir:
:frm_bang_head: :big_cry:

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16423
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by Hansen » 26 Jul 2015, 14:30

nugroho bagor wrote:
Hansen wrote:
nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
ya gapapa.......... :ngacir:
:frm_bang_head: :big_cry:
:cupss: :big_comfort:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3412
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Post by kompresorz » 18 Mar 2016, 21:36

sbelumnya isi solar terpaksa habis yg dex...bbrp x pakai waktu di hidupkan mau jalan ada asap dr knalpot...sejak pake bio solar tarikan kurang respon..penasaran seperti apa cairannya waktu kembali isi dex..parah bio solar...

lupa tar mau saya beli aditif redline saya tetesin atau tuang 1 botol jd bening gak..

Image

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: dimasapri, JeffryWidjaja, michaelgiri93, Winz, Yahoo [Bot] and 13 guests