Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2588
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by roadtrain99 » 04 Mar 2011, 23:39

flame wrote:Kalo cetane booster dari TOTAL gimana? ada yg pernah make? Kalo ga salah harganya Rp56.000 /kemasan 100ml.
Tolong disharing...TQ
belinya dimana? di total nya?
mtony wrote:Tidak Salah memang beli additive, ato alat apapun untuk effisiensi BBM
Kualitas BBM dari Depo selalu terjaga, persoalannya apakan kualitas dari Depo sama sampai di SPBU ? Hanya Allah dan Sopir yang Tahu
Memang ketentuan dari Pemerintah kita masih pake yang 0.35 % Sulphur max, jadi ya gitu deh...biar gak kemahalan dan memenuhi segala segmen. jika kurang puas boleh pake DEX
Effisiensi (CMIIW) :
1. Yang paling penting Cara Mengendarai Kita
2. Gerah dikit gpp, kalo ngetem nungguin istri belanja ato di kapal Merak Bakauheni ya matiin tuh mesin
3. Service Rutin jangan ditinggalin.....
6. Tekanan Ban Juga Perlu Perhatian
5. Jangan Pelit Oli, Klo mungkin pakai yang Energy Conserving, pake oli paling encer yang dapat diterima mesin---Multi Grade Lebih Irit BBM (walo kadang oli jadi kurang sebelum waktu ganti). Nambah Oli sebelum waktunya gpp
Nomor 5 nggak berlaku jika kita kurang atau gak rajin periksa oli......dari pada mesin jebol kurang oli.

Ingat hanya 6% tenaga mesin yang didistribusikan ke roda

JUST SHARING BUKAN NGGURUIN LHO....
1,2,3,5,6 sepaham.
kalo bole tambah rajin purging?
dex agak suli dapetnya jg, skrgpun sudah 120ribuan/10liter kalo ga salah, nanya sama tukang pom.

maksudnya yg cuma 6% tenaga mesin ke roda gimana tuh pak, mohon pencerahannya...

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by imsus2c » 25 Jan 2012, 20:30

sekedar cerita...

minggu lalu habis servis pug806, cek sana-sini, ternyata ada ring tembaga yg di injektor nr.2 aus... akhirnya ganti dan sekalian servis
sebenarnya saat itu mau sekalian purging dan cek injektor, berhubung bengkel tdk punya alat untuk test/kalibrasi diesel common rail, akhirnya ngga jadi
sialnya, purgingnya juga kelupaan..

sama bengkel, dibawaain racun solar keluaran HKS, bilangnya sih dicampur langsung ke tanki bbm, sekali setiap 5000km, jad mirip dengan injector/fuel line cleaner buat mesin bensin macam redline dkk, hanya saja ini didesain khusus mesin diesel
isi racun 250ml, untuk mobil dengan kapasitas 40-60L, bisa 2 kali pemakaian alias bisa dipakai untuk 10.000km atau 2x ganti oli
berhubung tanki pug806 termasuk unta (kapasitas 90-95L), untuk pemakaian pertama ini bisa langsung 1 kaleng sekaligus
berikutnya (setelah 5000km), bisa 1/2 kaleng saja dan bbm musti penuh

konon, sesuai namanya, fungsi cairan ini untuk bersihin injektor dan mengikis kerak
berhubung setelah diisi HKS DDR ini mobil baru jalan 300an km, belum bisa kasih banyak review

mungkin yg lain ada yg pernah pakai barang ini dan bisa kasih review :ungg:

harga, kalau ngga salah ingat, rp. 350k/kaleng, beli di bengkel tersebut di surabaya (bengkel tersebut juga agen resmi barang2 HKS)

ini speknya dari web: http://www.hks-power.co.jp/en/products/ ... index.html

dikalengnya tertulis 100% HIPER SUCCINIMIDE, saya cari2 di mbak wiki, ini artikelnya: http://en.wikipedia.org/wiki/Succinimide dan saya juga masih ngga paham betul apa itu succinimide :mky_01:

ini gambarnya:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 25 Jan 2012, 20:40

HKS DDR di Jkt nggak sampe 200 rb / botol (180 an sekian)

well, kalo abis pake zat semacam HKS DDR nti misalnya filter solar jadi mampet jangan kaget yah, ganti aja filter solarnya.....heheheheheh

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by imsus2c » 25 Jan 2012, 20:47

Turboman wrote:HKS DDR di Jkt nggak sampe 200 rb / botol (180 an sekian)

well, kalo abis pake zat semacam HKS DDR nti misalnya filter solar jadi mampet jangan kaget yah, ganti aja filter solarnya.....heheheheheh
iya pak turbo, harga diatas tadi juga ragu2..alias lupa-lupa ingat, 250 atau 350, yg jelas, belakangnya ada x50-nya :mky_01: dan artinya tetep masih lebih mahalan disini dibanding jakarta :mky_05:

betul, bengkel sudah bilang siap2 ganti filter... :mky_08:


*omong2...kenapa filternya beresiko mampet setelah pakai DDR? :thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 25 Jan 2012, 21:34

imsus2c wrote: *omong2...kenapa filternya beresiko mampet setelah pakai DDR? :thanks:
karena DDR = Detergent kuat, bisa mengangkat kotoran2 yg menempel / mengendap di tangki juga.

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by imsus2c » 26 Jan 2012, 21:09

Turboman wrote:
imsus2c wrote: *omong2...kenapa filternya beresiko mampet setelah pakai DDR? :thanks:
karena DDR = Detergent kuat, bisa mengangkat kotoran2 yg menempel / mengendap di tangki juga.
:thanks: pak turbo...

nanya lagi yah..., secara lagi belajar otak-atik diesel :mky_01:
apakah detergent ini bisa "menggantikan" fungsi purging?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 07 May 2012, 10:14

Tahun lalu ane pernah baca salah satu solusi yang ditawarkan beres mitsubishi untuk pajero dan stradanya dalam menghadapi solar jelek adalah double filter solar. Nah menurut mereka terapi itu tidak menghilangkan garansi mobil asal dilakukannya di beres.

1. Apa terapi itu cukup bisa menyaring gum dan overdosis sulfur ?
2. Kalo double filter solar, apa nggak berat kerja injector pumpnya ?
3. Ada masalah dengan debit solarnya ?
4. Gimana kalo filter solar kedua itu digantikan dengan filter bensin entah itu buat yang karburator maupun injeksi. Soalnya saya lihat kertas filter untuk solar lebih rapat (berlapis) dari pada bensin. Yah paling nggak kerja injecor pump dan debit solarnya nggak terlalu terganggu.
5. Apa ada yang punya pengalaman terapi ini (double filter solar) dimobil produk toyota ? apa garansi resmi hilang ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 07 May 2012, 11:18

basah wrote: 1. Apa terapi itu cukup bisa menyaring gum dan overdosis sulfur ?
2. Kalo double filter solar, apa nggak berat kerja injector pumpnya ?
3. Ada masalah dengan debit solarnya ?
4. Gimana kalo filter solar kedua itu digantikan dengan filter bensin entah itu buat yang karburator maupun injeksi. Soalnya saya lihat kertas filter untuk solar lebih rapat (berlapis) dari pada bensin. Yah paling nggak kerja injecor pump dan debit solarnya nggak terlalu terganggu.
5. Apa ada yang punya pengalaman terapi ini (double filter solar) dimobil produk toyota ? apa garansi resmi hilang ?
1. Utk menyaring partikel2 kotoran dan sludge, water separator utk memisahkan air. Sulphur hanya bisa dihilangkan di kilang, tapi sebetulnya sulphur bukanlah musuh mesin, sulphur hanya musuh emission device spt EGR dan Cat Conv. So tutup aja EGR nya dan cabut CC nya, Beresss....

2. Cari yang GPH nya besar. GPH = Horsepower X 0,2
Cari GPH yang di atas spec akan lebih baik, filter menjadi reservoir kecil buat pompa injeksi.

3. see number 2

4. see number 2

Utk Pre filter bisa pakai filter yg element-nya 10 - 30 micron, akan lebih baik jika pre filter juga dilengkapi water separator

Coba cari Griffin filter, modelnya sgt mirip racor, harga lebih bersahabat, baik filter assy maupun cartridge-nya.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 07 May 2012, 11:56

^^

om turbo bukannya sulfur itu bikin masalah di nozzle injector ?

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by JESKONENG » 09 May 2012, 03:39

skedar share info : hari2 ini seorang anggota SM lagi ngetes penggunaan aditif solar Norival pada Captiva Diesel nya, utk meliat :
- apakah mampu mengurangi kepekatan asap dan aroma menyengat dari knalpot atau tidak
- apakah mempu mengurangi getaran mesin akibat solar jelek, atau tidak
- apakah mampu menambah performa mesin atau tidak
- apakah mampu menambah irit jumlah penggunaan solar atau tidak
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2645
Joined: 19 Jul 2009, 20:23

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by zweifellos » 09 May 2012, 09:02

ini cerita di awal tentang ramuan khusus om penyu endingnya di tak memakai ramuan itu lagi kah? boleh tau alasannya kok sampe ga make lagi padahal dari cerita2 di awal sepertinya seru bgt cerita tentang ramuan tersebut. ramuannya itu benar2 ramuan, alias mencampurkan banyak macam2 zat?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 09 May 2012, 15:55

Turboman wrote: Utk Pre filter bisa pakai filter yg element-nya 10 - 30 micron, akan lebih baik jika pre filter juga dilengkapi water separator

Coba cari Griffin filter, modelnya sgt mirip racor, harga lebih bersahabat, baik filter assy maupun cartridge-nya.
Om turbo itu griffin filter belinya dimana ya ? apa dipasar lindeteves glodok ?

Ane sih selama ini pake 2ndnya filter bensin punya escudo murah cuma Rp. 20.000 dan tiap 10.000 km ganti baru. Sejauh ini sih kalo diliat filter solar utamanya tidak ditemukan sludge itu walaupun keliatan bejibun waktu kuras tanki. Kayaknya inherent risk dari mobil solar ya sludge itu ya.

Hanya ane penasaran sama promosi beres mitsubishi yang katanya baik buat CRD diesel untuk antispasi solar didaerah yang buruk kandungan sulfurnya alias nggak sebaik di daerah bandung & jakarta yang distribusi bio solarnya merata.

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by JESKONENG » 10 May 2012, 02:22

naaah.. ini dia copy paste testi bro esh mengenai Norival pada Captiva Diesel-nya :

Lapor om JESKONENG :frm_salut:
malam itu juga saya langsung teteskan norival diesel + isi biosolar sampai full tank. Hari berikutnya efek yang saya notice:
- getaran mesin berkurang
- tarikan berasa lebih ringan terutama saat lewat tanjakan keluar dari parkir basement.
- asap tidak lagi ngebul saat akselerasi full throttle, biasanya asap terlihat jelas di spion namun kali ini tidak.
- bau asap yang menyengat khas captiva diesel berkurang drastis, hal ini belum pernah saya dapatkan dari beberapa merk diesel additive yang sudah saya coba selama ini.
- untuk fuel consumption report menunggu sampai pengisian berikutnya.

padahal itu baru semalam sejak aplikasi pertama pake Norival Diesel...

ini info lengkapnya : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 55#p528255
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

mecho off
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 15 May 2012, 12:35

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by mecho off » 16 May 2012, 10:49

JESKONENG wrote:naaah.. ini dia copy paste testi bro esh mengenai Norival pada Captiva Diesel-nya :

Lapor om JESKONENG :frm_salut:
malam itu juga saya langsung teteskan norival diesel + isi biosolar sampai full tank. Hari berikutnya efek yang saya notice:
- getaran mesin berkurang
- tarikan berasa lebih ringan terutama saat lewat tanjakan keluar dari parkir basement.
- asap tidak lagi ngebul saat akselerasi full throttle, biasanya asap terlihat jelas di spion namun kali ini tidak.
- bau asap yang menyengat khas captiva diesel berkurang drastis, hal ini belum pernah saya dapatkan dari beberapa merk diesel additive yang sudah saya coba selama ini.
- untuk fuel consumption report menunggu sampai pengisian berikutnya.

padahal itu baru semalam sejak aplikasi pertama pake Norival Diesel...

ini info lengkapnya : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 55#p528255
Penggunaan Norival Diesel pada kendaraan.
Saat uji Coba di Workshop T*M Sunter.
Solar biasa yang bukan P*rt*m*n* D*X ditambah Norival Diesel.
Kesan pertama penguji adalah membuat tercengang.
1. Tenaga yang dihasilkan jauh lebih bertenaga dan setara dengan tenaga yang dihasilkan bila menggunakan P*rt*m*n* D*X.
2. Malakukan Tes Smoke, hasilnya kadar NOx dan SOx turun.
Emisi NOx, SOx dan Partikulat merupakan emisi utama dari mesin diesel.
Senyawa Nox merupakan emisi dari motor diesel yang dapat menyebabkan
terjadinya ”ACID RAIN’ yang berbahaya dan beracun dan Nox dapat menambah kadar
timbal (lead) dan aliminium dalam air yang diminum oleh manusia sehari-hari. Efek dari hal-hal tersebut sangat berhubungan dengan berbagai macam penyakit yang
menyerang sistem kontrol syaraf manusia.
3. Untuk Fuel Consumsion, pertama kali menggunakan Norival Diesel lebih irit sekitar 10 - 15 %.

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by JESKONENG » 16 May 2012, 11:40

mecho off wrote:
JESKONENG wrote:naaah.. ini dia copy paste testi bro esh mengenai Norival pada Captiva Diesel-nya :

Lapor om JESKONENG :frm_salut:
malam itu juga saya langsung teteskan norival diesel + isi biosolar sampai full tank. Hari berikutnya efek yang saya notice:
- getaran mesin berkurang
- tarikan berasa lebih ringan terutama saat lewat tanjakan keluar dari parkir basement.
- asap tidak lagi ngebul saat akselerasi full throttle, biasanya asap terlihat jelas di spion namun kali ini tidak.
- bau asap yang menyengat khas captiva diesel berkurang drastis, hal ini belum pernah saya dapatkan dari beberapa merk diesel additive yang sudah saya coba selama ini.
- untuk fuel consumption report menunggu sampai pengisian berikutnya.

padahal itu baru semalam sejak aplikasi pertama pake Norival Diesel...

ini info lengkapnya : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 55#p528255
Penggunaan Norival Diesel pada kendaraan.
Saat uji Coba di Workshop T*M Sunter.
Solar biasa yang bukan P*rt*m*n* D*X ditambah Norival Diesel.
Kesan pertama penguji adalah membuat tercengang.
1. Tenaga yang dihasilkan jauh lebih bertenaga dan setara dengan tenaga yang dihasilkan bila menggunakan P*rt*m*n* D*X.
2. Malakukan Tes Smoke, hasilnya kadar NOx dan SOx turun.
Emisi NOx, SOx dan Partikulat merupakan emisi utama dari mesin diesel.
Senyawa Nox merupakan emisi dari motor diesel yang dapat menyebabkan
terjadinya ”ACID RAIN’ yang berbahaya dan beracun dan Nox dapat menambah kadar
timbal (lead) dan aliminium dalam air yang diminum oleh manusia sehari-hari. Efek dari hal-hal tersebut sangat berhubungan dengan berbagai macam penyakit yang
menyerang sistem kontrol syaraf manusia.
3. Untuk Fuel Consumsion, pertama kali menggunakan Norival Diesel lebih irit sekitar 10 - 15 %.
makasih input dari mas Eko yg adalah seorang staff technical warranty T*M Sunter... kita skarang lagi nungguin hasil test Norival oleh om esh yg sedang dilakukan pada Innova Diesel dan Pajero Sport .....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Deasegara » 16 May 2012, 14:30

:frm_tumbright:
Turboman wrote:
basah wrote: 1. Apa terapi itu cukup bisa menyaring gum dan overdosis sulfur ?
2. Kalo double filter solar, apa nggak berat kerja injector pumpnya ?
3. Ada masalah dengan debit solarnya ?
4. Gimana kalo filter solar kedua itu digantikan dengan filter bensin entah itu buat yang karburator maupun injeksi. Soalnya saya lihat kertas filter untuk solar lebih rapat (berlapis) dari pada bensin. Yah paling nggak kerja injecor pump dan debit solarnya nggak terlalu terganggu.
5. Apa ada yang punya pengalaman terapi ini (double filter solar) dimobil produk toyota ? apa garansi resmi hilang ?
1. Utk menyaring partikel2 kotoran dan sludge, water separator utk memisahkan air. Sulphur hanya bisa dihilangkan di kilang, tapi sebetulnya sulphur bukanlah musuh mesin, sulphur hanya musuh emission device spt EGR dan Cat Conv. So tutup aja EGR nya dan cabut CC nya, Beresss....

2. Cari yang GPH nya besar. GPH = Horsepower X 0,2
Cari GPH yang di atas spec akan lebih baik, filter menjadi reservoir kecil buat pompa injeksi.

3. see number 2

4. see number 2

Utk Pre filter bisa pakai filter yg element-nya 10 - 30 micron, akan lebih baik jika pre filter juga dilengkapi water separator

Coba cari Griffin filter, modelnya sgt mirip racor, harga lebih bersahabat, baik filter assy maupun cartridge-nya.
Pak Turboman, kalau pake full biosolar+additive di KM berapa harus tutup EGR dan copot CC, saya punya baru 6 bulan 11000 KM, apakah nunggu CCnya jenuh dulu atau langsung dicopot.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 29 Dec 2012, 12:14

om turboman, apa gejala pompa difilter solar lemah ?

Pompa saya masih bisa narik solar dari tanki, tapi setelah mesin hidup dan berenti lama pompa terasa enteng. Emang terasa diesel masuk angin, mbrebet walaupun gak sering-sering amat.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 29 Dec 2012, 12:23

basah wrote:om turboman, apa gejala pompa difilter solar lemah ?

Pompa saya masih bisa narik solar dari tanki, tapi setelah mesin hidup dan berenti lama pompa terasa enteng. Emang terasa diesel masuk angin, mbrebet walaupun gak sering-sering amat.
Mobil apa ?

kalo masih pake sistem sedimenter coba sedimenter dicuci sampe bersih total.

Braket filter yg ada pompa coba dibersihkan semua saluran2 dikasih degreaser + ditiup semua

kalo masih gak nolong ya kepaksa ganti bracket pompa

Kalo misal sistem cartrdige coba di cek rumah filter kondisinya masih bagus semua / ada retak / enggak.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 29 Dec 2012, 21:13

Turboman wrote:
basah wrote:om turboman, apa gejala pompa difilter solar lemah ?

Pompa saya masih bisa narik solar dari tanki, tapi setelah mesin hidup dan berenti lama pompa terasa enteng. Emang terasa diesel masuk angin, mbrebet walaupun gak sering-sering amat.
Mobil apa ?

kalo masih pake sistem sedimenter coba sedimenter dicuci sampe bersih total.

Braket filter yg ada pompa coba dibersihkan semua saluran2 dikasih degreaser + ditiup semua

kalo masih gak nolong ya kepaksa ganti bracket pompa

Kalo misal sistem cartrdige coba di cek rumah filter kondisinya masih bagus semua / ada retak / enggak.
Mobilnya LC HDJ 80 om, sedimennya khan jadi satu sama filter om alias cartridge.

Sebelumnya ane pake 2nd filter sebelum filter solar utama, pake filter bensin escudo. Tujuannya biar endapan solar gak langsung masuk filter utama, pake filter bensin krn hambatannya menurut saya rendaah jadi gak bikin injector pump kerja keras. Nah setelah dibawa kejawa pas balik emang kerasa mesin gak enak, setelah dicoba buang sedimen lewat pembuangan di bagian bawah filter yang terjadi malah masuk angin parah............kayaknya sih karena lupa dibuang anginnya waktu pembersihan. Setelah dibuang anginnya agak baikan alias gak ilang sama sekali.

Akhirnya ane ganti pelaan-pelan mulai dari ganti filter utama sama bersiin pompa, ganti selang dan krn masih ada gejala masuk angin ane lepas 2nd filter itu. Memang kerasa agak enak karena ternyata supply solar dengan dan tanpa 2nd filter beda banget. Injector pump gak teriak-teriak seperti kalo pake 2nd filter, padahal udah pake filter bensin yang cuma 1 lapis kertas filter.

Setelah ane lepas 2nd filter ternyata masih juga ada gejala masuk angin walaupun sangat jarang.

Tapi yang jelas waktu pake 2nd filter, khan punya escudo agak transparan shg aliran solarnya keeliatan. Nah waktu mesin dimatikan ane liatin terus tuh 2nd filter dan keliatan pelan-pelan memang ada aliran balik ke tangki walaupun gak deras. Nah kadang ada gejala gini om, injector pump juga bunyi ketukan keras waktu mesin nyala tapi kalo dibantu sama dipompa manual ilang tuh ketukannya.

Nah dari observasi diatas sih ane masuk ke kesimpulan memang pompa di bracket filter valvenya sdh lemah,.............benar gak om turbo ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 29 Dec 2012, 22:12

Mobil tahun 96 - 97 yah ?

ya kalau udah 15 tahun sih pompa filter solar mulai lemah ya wajar, coba aja diganti.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 30 Dec 2012, 10:23

Turboman wrote:Mobil tahun 96 - 97 yah ?

ya kalau udah 15 tahun sih pompa filter solar mulai lemah ya wajar, coba aja diganti.
Gitu ya om..........wadun jangan-jangan dengan alasan yang sama pompa oli juga harus ganti om............ :e-doh:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15373
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by Turboman » 30 Dec 2012, 14:15

basah wrote:
Turboman wrote:Mobil tahun 96 - 97 yah ?

ya kalau udah 15 tahun sih pompa filter solar mulai lemah ya wajar, coba aja diganti.
Gitu ya om..........wadun jangan-jangan dengan alasan yang sama pompa oli juga harus ganti om............ :e-doh:
Pompa oli apa hubungannya yah ??

Kasus pompa oli rusak amat sangat jarang sekali terjadi, kalo pompa air / waterpump rusak setelah sekian lama sih wajar.

basah
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by basah » 01 Jan 2013, 22:40

Turboman wrote:
basah wrote:
Turboman wrote:Mobil tahun 96 - 97 yah ?

ya kalau udah 15 tahun sih pompa filter solar mulai lemah ya wajar, coba aja diganti.
Gitu ya om..........wadun jangan-jangan dengan alasan yang sama pompa oli juga harus ganti om............ :e-doh:
Pompa oli apa hubungannya yah ??

Kasus pompa oli rusak amat sangat jarang sekali terjadi, kalo pompa air / waterpump rusak setelah sekian lama sih wajar.
Memang gak hubungannya sama pompa solar.......hhhehehhe

Maksudnya gini, khan si om bilang wajarlah ganti khan sdh berumur. Nah alasan itu pan juga bisa dialamatkan ke pompa oli............

Walaupun si om gak bahas pompa oli cuman ane menganalogikan dengan problematik pompa solar......gitu lho om.

dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 30 Nov 2012, 14:10

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by dtx_100 » 19 Jan 2013, 21:30

setahu saya pompa solar, hanya alat bantu utk menaikkan solar/ membuang udara pada sistim mesin disel, dan tidak bekerja pada waktu mesin bekerja/hidup, tidak bekerja utk mensuply bahan bakar spt pd mesin bensin. CMIIW.

ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: 25 Jan 2013, 16:54

Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a

Post by ferryset » 04 Feb 2013, 14:22

ooo pemanas solar tuh saya denger-denger emang bisa meningkatkan performa mesin diesel karena dengan kondisi solar yang panas pada waktu mau masuk mesin menyebabkan solar dapat lebih cepat terbakar sehingga performance meningkat dan konsumsi bbm menjadi irit karena sewaktu mau berakselerasi tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam karena pada waktu menekan pedal gas sedikit juga mobil langsung bergerak. begitu pendapat saya. bagaimana tentang pendapat saya, betul ngga sih? heehhehehe
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: carl, efact, masbensin, razorus, semutant, Volk and 13 guests