Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nono221
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun May 26, 2019 5:21
Location: Indonesia

Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by nono221 »

Mobil ane ertiga th 2014, brusan ganti aki baru tp kok setelah jam ama AVGx berubah yaa? Apa ECUx setelanx jg berubah? Mohon info dri agan2 sekalian, apa yg perlu ane lakukan. Makasih
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by ardhrizk »

Iya om, begitu aki dilepas ECU kan mati. Jadi ke reset semua.
Nanti begitu dipakai setau saya ECU nya bakal learning lagi.

Kalau jam sih tinggal atur ulang lagi aja.
:ngacir:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by michaelgiri93 »

Iya emang gitu om kalau ganti aki
Boro boro ganti aki
Lepas kabel negatif aki aja nanti jam sama mid nya bakal kereset semua.
Jadi kaya saran atas saya
Setting ulang aja jamnya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by supriyadi »

Nggak cuma jam, setelan equalizer hu juga balik ke setelan awal. Tinggal setting ulang lagi, gak nyampe 5 menit pun. Kecuali mobil eropa mungkin bisa error kalo sembarangan ganti aki
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by outlaw »

Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by qushay20019 »

outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
yang sering ane liat di toko aki yg bonafid sih mesin mobil dimatiin dulu. Trus aki lama dijumper dulu ke aki kecil punya toko biar tetap ada suplai listrik ke mobil, baru deh aki baru dipasang. Setelah aki baru dicolok terminal2nya, baru deh jumper dilepas.

Katanya dengan cara begini lebih aman untuk mobil2 yang rewel kalo main langsung lepas aki
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by outlaw »

qushay20019 wrote: Tue May 28, 2019 14:36
outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
yang sering ane liat di toko aki yg bonafid sih mesin mobil dimatiin dulu. Trus aki lama dijumper dulu ke aki kecil punya toko biar tetap ada suplai listrik ke mobil, baru deh aki baru dipasang. Setelah aki baru dicolok terminal2nya, baru deh jumper dilepas.

Katanya dengan cara begini lebih aman untuk mobil2 yang rewel kalo main langsung lepas aki
Bisa dan boleh juga cara seperti itu... backup power mungkin istilahnya...cmiiw.

Mungkin tambahan jg, khususnya utk mobil yg sudah cukup tua, cara ganti aki dg kondisi mesin hidup bisa sekalian tes unjuk kerja dari Alternator/dinamo Amper mobil itu sendiri, masih bagus apa malah ikutan dan menjadi penyebab aki soak...yg normalnya jika mesin sdh hidup aki dilepas pun akan tetap hidup normal itu mesin dan sebaliknya.
yang penting mungkin amankan kabel positif aki yg sdh dilepas dr kemungkinan korslet / short , saya kira aman jg cara diatas.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by Pugman »

supriyadi wrote: Sun May 26, 2019 11:26 Nggak cuma jam, setelan equalizer hu juga balik ke setelan awal. Tinggal setting ulang lagi, gak nyampe 5 menit pun. Kecuali mobil eropa mungkin bisa error kalo sembarangan ganti aki
Error seh ga paling cuma mesin ga bisa nyala
:big_smile] :big_slap:

Nanti harus di unlock pakai pin, udah gitu aja. Tar baru bisa nyala lagi.
:big_grin:
qushay20019 wrote: Tue May 28, 2019 14:36
outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
yang sering ane liat di toko aki yg bonafid sih mesin mobil dimatiin dulu. Trus aki lama dijumper dulu ke aki kecil punya toko biar tetap ada suplai listrik ke mobil, baru deh aki baru dipasang. Setelah aki baru dicolok terminal2nya, baru deh jumper dilepas.

Katanya dengan cara begini lebih aman untuk mobil2 yang rewel kalo main langsung lepas aki
Bagusnya memang seperti itu terutama untuk mobil yang CC besar atau mobil mewah yang banyak pakai fitur elektronik atau yang menggunakan immobilizer biasanya dengan kapasitas AKI di atas 60AH.
Karena mobil CC besar biasanya motor starter juga sedikit lebih besar makanya perlu AKI lebih besar yang umumnya kalau charging perlu waktu lebih lama.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by Pugman »

FYI buat suhu-suhu, kalau kebetulan Aki sudah benar-benar habis dan di rumah tidak punya charger aki serta cuma ada 1 mobil matic (kalau manual bisa didorong). Bisa pakai motor untuk charging aki untuk sekedar hidupkan mesin. Motor yang dipakai sebaiknya motor matic yang kondisi sehat, karena motor matic umumnya punya engine idle/stationer dengan rpm lebih tinggi daripada bebek atau sport.
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by Jagonyaaki »

outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
Kl sy pribadi menghindari cr seperti ini... Pada saat mesin nyala, aki kita lepas tegangan listrik d mobil tdk stabil. Kl utk mbl2 karburator mungkin aman. Tp mbl2 yg banyak sensor2 elektrik ini mungkin bs meruksak. Lbh baik dg cara d backup dg aki yg lain saja. Back up dg aki motor sj sdh cukup...

Cmiiw
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by outlaw »

Jagonyaaki wrote: Wed May 29, 2019 3:02
outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
Kl sy pribadi menghindari cr seperti ini... Pada saat mesin nyala, aki kita lepas tegangan listrik d mobil tdk stabil. Kl utk mbl2 karburator mungkin aman. Tp mbl2 yg banyak sensor2 elektrik ini mungkin bs meruksak. Lbh baik dg cara d backup dg aki yg lain saja. Back up dg aki motor sj sdh cukup...

Cmiiw
Ya monggo silahkan saja om...hidup itu pilihan :big_peace: ...semakin banyak cara alternatif yg praktis dan aman tentunya akan semakin menarik...spt post om pugman diatas ttg cara cas aki bagi yg nda punya charger aki itu mantap jg idenya :big_exellent: dan cara2 yg lainya....tinggal kita pilih mana semampu dan sebisa nya ...khususnya yg biasa by DIY pasti akan paham.

Sedikit menanggapi soal tegangan/voltase lebih stabil saat térpasang aki...disini apakah aki bs berfungsi sbg stabilizer aka regulator power om? Sepaham nubie fungsi aki selain simpan power dia bs jg filter ripple power DC seperti halnya capacitor pd rangkaian power supply DC ...cmiiw
Saya kira fungsi stabilisernya tetap ada di Alternatornya sendiri yg umumnya rata" alternator skrg sdh pakai IC regulator, output akan stabil walau tanpa aki dg catatan rpm mesin normal, tdk kurang.

Dari pengalaman rekan yg pernah over voltage , output alternator nya yg error krn modifan >16V kondisi aki terpasang...ya bablas aja itu tegangan masuk ke sistem, korbanya tachometer aftermarket yg terpasang jd error .... ECU dn yg lain aman...pastinya dirangkaian ECU sendiri jg terdapat regulator power internal.

Sekedar share saja...IMHO ...CMIIW
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ganti aki baru kok setelan jam berubah

Post by kunaskun »

Jagonyaaki wrote: Wed May 29, 2019 3:02
outlaw wrote: Sun May 26, 2019 12:27 Kalo pengin tdk ke reset semua , saat ganti aki mesin kondisi nyala sekalian ngecas aki baru sebelum dipakai
Kl sy pribadi menghindari cr seperti ini... Pada saat mesin nyala, aki kita lepas tegangan listrik d mobil tdk stabil. Kl utk mbl2 karburator mungkin aman. Tp mbl2 yg banyak sensor2 elektrik ini mungkin bs meruksak. Lbh baik dg cara d backup dg aki yg lain saja. Back up dg aki motor sj sdh cukup...

Cmiiw
cara diatas kalau saya pikir si lebih ke arah safety, karena salah2 itu kabel positif kena body = korslet, atau pas pasang aki lagi, ada bunga api besar loncat bisa nyambar kemana2. untuk urusan ngerusak elektrikal kendaran menurut saya ngga lah, karena proteksi elektrikal mobil itu berlapis2 kok. kalaupun ada kenapa2 paling error yang bisa direset.
Pugman wrote: Tue May 28, 2019 17:30 FYI buat suhu-suhu, kalau kebetulan Aki sudah benar-benar habis dan di rumah tidak punya charger aki serta cuma ada 1 mobil matic (kalau manual bisa didorong). Bisa pakai motor untuk charging aki untuk sekedar hidupkan mesin. Motor yang dipakai sebaiknya motor matic yang kondisi sehat, karena motor matic umumnya punya engine idle/stationer dengan rpm lebih tinggi daripada bebek atau sport.
saya tahu cara ini dari mekanik SnD Home Delivery, untuk tahu ini mobil ga bisa start karena aki soak atau motor starter memang sudah ga kuat. tapi ga jamin juga, ada beberapa kendaraan yang ga bisa dibantu jumper dari aki motor karena butuh aki CCA besar.