Page 1 of 2

mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 7:18
by jivos
siang njelang wiken um" semua.

iseng" pingin tau mbl" (all type) yg sdh dilengkapi Lock DIff atopun LSD apa saja y beredar d sini? di luar mbl" berbasis off road orientasi atopun performance car.

sekalian...definisi & benefit system tsb. sec ane sendiri msh ngawang" nangkapnya. sekedar buat diskus ringan saja.....,sec semakin jarang dtemukan d mbl jmn skrg.

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 8:28
by sukerdan02
Kalo ga salah L200 generasi awal ada yg LSD di trim tertentu.. Dcab yang rata2 harusnya udah LSD, tapi entah juga kalo pas masuk pasar terus dikurang2in fiturnya.. Selain itu di SUV dan jip, juga sportcar.. Untuk yg locker, misal Gclasse, LC tipe tertentu..

Difflock & LSD pada dasarnya sih traction aid, fungsi utamanya memang buat di offroad atau medan licin.. Waktu salah satu roda (kanan atau kiri) di satu poros ga dapet grip / selip, sebagian tenaga bakal dibuang ke ujung satunya, yang (harapannya) ga selip.. Bedanya LSD dia ga mengunci 50-50, hanya membagi daya sebagian aja.. Kalau difflock mengunci 50-50 jadi putaran roda kanan dan kiri jadi sama (menghilangkan fungsi diferential)

LSD macemnya ada yg viscous (seperti kopling), ada yg torsen (pakai worm gear).. Umumnya yg ada di mobil kebanayakan sih sistem kopling karena murah, walaupun ada juga yg pakai torsen (kalo ga salah salah satunya LSD di grand cherokee)

Difflock juga ada 2 macam, autolock (mengunci otomatis), contoh detroit locker, dan selectable lock (bisa di on off), misal ARB airlock, electronic locker

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 8:36
by lamatlancah
OPS dakar pake LSD.
ANPS justru di sunat feature tsb.

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 8:52
by sukerdan02
IMHO, memang sih kalo mobil ga pernah dipake ke jalan berlumpur, opsi LSD bakal sia2, bahkan nambah biaya perawatan karena musti pakai oli khusus LSD.. Salah pake oli bisa2 rontok itu LSD (yg model kopling)..
Juga untuk penggunaan jalan raya, LSD itu pedang bermata dua.. Itu kenapa setting LSD yang di mobil2 di pasaran umumnya sangat ga agresif.. Kemampuan bagi tenaganya mungkin hanya sekitar 15-25% aja.. Ga agresif seperti di sportcar atau mobil2 yg emg tujuannya buat offroad

Di satu sisi LSD bisa nambah traksi untuk kondisi extrim, di sisi lain, berbahaya buat yang ga tau cara pakainya.. Kalau LSD yang setting agresif dan autolocker, bejek gas saat di tikungan malah bisa bikin mobil melintir.. Selain itu biasanya ban belakang juga lebih cepat habis dan habisnya ga rata, biasanya bagian luar ban seperti keparut

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 9:00
by sukerdan02
Kalau di mobil2 modern, sebagian udah meniggalkan LSD dan locker mekanis.. Ganti dengan traction control yang pakai rem (brake-lsd)..
Jadi dari software traction controlnya mendeteksi kalo salah satu roda berputar lebih cepet dari roda lainnya, diasumsikan roda tsb kehilangan traksi, maka otomatis komputer mengerem roda itu.. Efek dari roda yg spin di rem secara ga langsung menyebabkan tahanan, jadi sebagian tenaga pindah ke roda yang ga spin..

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 23:16
by ak4ng
All imv jaman now pake difloc tengah dan belakang, triton pake LSD hybrid, anps pake e-brake LSD alias gardan polosan, Mitsubishi yg aneh cmiiw

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Fri May 17, 2019 23:37
by Knalpot
Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 3:11
by tokezz
sukerdan02 wrote:Kalau di mobil2 modern, sebagian udah meniggalkan LSD dan locker mekanis.. Ganti dengan traction control yang pakai rem (brake-lsd)..
Jadi dari software traction controlnya mendeteksi kalo salah satu roda berputar lebih cepet dari roda lainnya, diasumsikan roda tsb kehilangan traksi, maka otomatis komputer mengerem roda itu.. Efek dari roda yg spin di rem secara ga langsung menyebabkan tahanan, jadi sebagian tenaga pindah ke roda yang ga spin..
Berarti anps gk pke lsd lg karena dia pke traction control. Klo menurut agan mending apakah fungsinya sama baiknya?

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 5:06
by jivos
ak4ng wrote: Fri May 17, 2019 23:16 All imv jaman now pake difloc tengah dan belakang, triton pake LSD hybrid, anps pake e-brake LSD alias gardan polosan, Mitsubishi yg aneh cmiiw
tokezz wrote: Sat May 18, 2019 3:11
sukerdan02 wrote:Kalau di mobil2 modern, sebagian udah meniggalkan LSD dan locker mekanis.. Ganti dengan traction control yang pakai rem (brake-lsd)..
Jadi dari software traction controlnya mendeteksi kalo salah satu roda berputar lebih cepet dari roda lainnya, diasumsikan roda tsb kehilangan traksi, maka otomatis komputer mengerem roda itu.. Efek dari roda yg spin di rem secara ga langsung menyebabkan tahanan, jadi sebagian tenaga pindah ke roda yang ga spin..
Berarti anps gk pke lsd lg karena dia pke traction control. Klo menurut agan mending apakah fungsinya sama baiknya?
pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
kurang tau banyak um, golf GTI ato biem series yg output gede setau ane pake, mzd miata, ft86, mini cooper kira" pake ngga tuh...

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 5:55
by marmut
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?

peugeot 505 GTi.

baru itu yang saya tau, karena pernah satu hari saya dongkrak roda sebelah kiri kemudian mau diputar kok keras sekali seperti ada yang nyangkut padahal transmisi netral dan parking brake sudah release. saya paksakan putar lagi malah mobilnya bergerak. mendadak curiga dan kepikiran ini pasti ada yang nggak umum dengan differential-nya, saya dongkrak juga roda sebelahnya dan ..... voila, lancar jaya berputar searah semua roda penggeraknya.

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 6:10
by sukerdan02
jivos wrote:
ak4ng wrote: Fri May 17, 2019 23:16 All imv jaman now pake difloc tengah dan belakang, triton pake LSD hybrid, anps pake e-brake LSD alias gardan polosan, Mitsubishi yg aneh cmiiw
sukerdan02 wrote:Kalau di mobil2 modern, sebagian udah meniggalkan LSD dan locker mekanis.. Ganti dengan traction control yang pakai rem (brake-lsd)..
Jadi dari software traction controlnya mendeteksi kalo salah satu roda berputar lebih cepet dari roda lainnya, diasumsikan roda tsb kehilangan traksi, maka otomatis komputer mengerem roda itu.. Efek dari roda yg spin di rem secara ga langsung menyebabkan tahanan, jadi sebagian tenaga pindah ke roda yang ga spin..
Berarti anps gk pke lsd lg karena dia pke traction control. Klo menurut agan mending apakah fungsinya sama baiknya?
pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
kurang tau banyak um, golf GTI ato biem series yg output gede setau ane pake, mzd miata, ft86, mini cooper kira" pake ngga tuh...[/quote]Nah itu dia, namanya brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu..

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 6:40
by krakozi
Ops & Anps GLX series om....

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Sat May 18, 2019 23:08
by technoholic
ANF VRZ Tetradrive : A-TRC (Brake traction controlnya toyota), rear diff lock
ANF G Tetradrive : rear diff lock

ANPS Dakar 4x4 : Off road traction contorl (brake traction controlnya mitsu)
ANPS GLX 4x4 : LSD

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 2:37
by 964
Kalo mau tau mobil apa saja yg pake LSD bisa ribuan listnya om. Bagi saya tau mobil yg pake/tidak LSD ga penting2 amat la, lebih bermanfaat kalo kita tau/belajar cara kerjanya.

Cara memahami LSD/locking differential paling simple dimulai dari mobil RWD/FWD, selanjutnya mobil 4WD, dan yg paling rumit untuk dipahami menurut saya LSD di mobil AWD.

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 3:09
by ak4ng
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
Old Dakar mau yg 2wd or 4wd default udh LSD :big_smoking:

Re: mobil

Posted: Tue May 21, 2019 3:20
by marmut
964 wrote: Tue May 21, 2019 2:37
-

, dan yg paling rumit untuk dipahami menurut saya LSD di mobil AWD.

nggak ada yang rumit kalau sudah paham.














tapi masalahnya, saya pun belum paham.....
:ngacir:

Re: mobil

Posted: Tue May 21, 2019 3:30
by 964
marmut wrote:
964 wrote: Tue May 21, 2019 2:37
-

, dan yg paling rumit untuk dipahami menurut saya LSD di mobil AWD.

nggak ada yang rumit kalau sudah paham.














tapi masalahnya, saya pun belum paham.....
:ngacir:
Sama saya juga, karna belom pernah punya mobilnya.



Depan, tengah, belakang, masing2 make differential. Di masing2 diff nya di bagi2 lagi porsi tenaganya. Dan settingannya sangat2 tergantung gaya nyetir dan medan yg dilalui. Ada yg punya pengalaman, sharing dong?

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 4:20
by Boeds
Saya pernah di tanjakan yg sambil belok u-turn, tapi aspal di belokan seperti ada beda ketinggian.
Saat itu ban belakang sebelah jadinya gantung dan tenaga hilang, di gas hanya suara saja. Aspal ga licin, traksi ok.
Harusnya kondisi begini, vsc harus on atau off ?
Akhirnya pakai cara nanjak mundur supaya dapat kondisi datar di ban belakang

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 4:23
by Gl4cier
kalau diluar mob oprut n perfomance then:
LEXUS RX350 Third generation (AL10; 2008–2015) baik yang F sport maupun non F sport ada

Re: mobil

Posted: Tue May 21, 2019 4:44
by jivos
964 wrote: Tue May 21, 2019 2:37 Kalo mau tau mobil apa saja yg pake LSD bisa ribuan listnya om. Bagi saya tau mobil yg pake/tidak LSD ga penting2 amat la, lebih bermanfaat kalo kita tau/belajar cara kerjanya.

Cara memahami LSD/locking differential paling simple dimulai dari mobil RWD/FWD, selanjutnya mobil 4WD, dan yg paling rumit untuk dipahami menurut saya LSD di mobil AWD.
1.khan d luar mbl sport, heavy ofrut (mahal pisan hrg unitnya), n d pasarkan d indo dm. segelintir doang rasanya.

2. menu difflock/lsd...d cost struktur hrg unit prosentasinya lumayan. prefer pilih fitur ini..d bandingkan puluhan fitur gimmick lain yg skrg cb d tawarkan principle dlm rangka cost down, dg m'niadakan fitur difflock/lsd. cmiiw.

3. mekanisme kerja...hbs baca" pemahamanny d sini khan ntar bs liat simulasi gbr nya d utub :big_peace:

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 9:41
by sukerdan02
Boeds wrote: Tue May 21, 2019 4:20 Saya pernah di tanjakan yg sambil belok u-turn, tapi aspal di belokan seperti ada beda ketinggian.
Saat itu ban belakang sebelah jadinya gantung dan tenaga hilang, di gas hanya suara saja. Aspal ga licin, traksi ok.
Harusnya kondisi begini, vsc harus on atau off ?
Akhirnya pakai cara nanjak mundur supaya dapat kondisi datar di ban belakang
Belom tentu semua VSC punya kemampuan untuk brake-lsd.. Dan biasanya itu dua sistem logic yang beda antara brake lsd dan vsc..
Kalo vsc lebih ke kontrol kestabilan mobil, kalo dirasa understeer atau selip, komputer akan ngecut tenaga berlebih dan apply rem ke roda lain supaya laju terkendali.. Kalo VSCnya ga punya kapabilitas untuk atur porsi tenaga, malah kalau salah satu ban gantung dia akan menganggap terjadi selip, yang ada malah power mesin di cut.. Kalo kasus salah satu ban gantung, kalo brake lsd, komputer akan ngerem ban yang gantung dengan harapan tenaga bisa tersalur ke ban yang masih napak tanah..

Re: mobil

Posted: Tue May 21, 2019 9:50
by sukerdan02
sukerdan02 wrote: Sat May 18, 2019 6:10
jivos wrote:
ak4ng wrote: Fri May 17, 2019 23:16 All imv jaman now pake difloc tengah dan belakang, triton pake LSD hybrid, anps pake e-brake LSD alias gardan polosan, Mitsubishi yg aneh cmiiw
sukerdan02 wrote:Kalau di mobil2 modern, sebagian udah meniggalkan LSD dan locker mekanis.. Ganti dengan traction control yang pakai rem (brake-lsd)..
Jadi dari software traction controlnya mendeteksi kalo salah satu roda berputar lebih cepet dari roda lainnya, diasumsikan roda tsb kehilangan traksi, maka otomatis komputer mengerem roda itu.. Efek dari roda yg spin di rem secara ga langsung menyebabkan tahanan, jadi sebagian tenaga pindah ke roda yang ga spin..
Berarti anps gk pke lsd lg karena dia pke traction control. Klo menurut agan mending apakah fungsinya sama baiknya?
pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..

LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release

Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..

Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 10:28
by jivos
@um sukerdan :thanks:

bc nya sy pelan" nih um biar paham, maklum otak jadul dah rada" ngesot punya :drinking:

Re: mobil

Posted: Tue May 21, 2019 10:58
by 964
sukerdan02 wrote:
sukerdan02 wrote: Sat May 18, 2019 6:10
jivos wrote:Berarti anps gk pke lsd lg karena dia pke traction control. Klo menurut agan mending apakah fungsinya sama baiknya?
pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..

LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release

Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..

Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..
Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:

-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst

Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Posted: Tue May 21, 2019 10:59
by ak4ng
86 manual ada LSD nya om, dalam kondisi std aja udh bisa ngepot2 belajar drift, gatau yg metik blm pernah liat and nyoba