mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: mobil

Post by sukerdan02 »

964 wrote:
sukerdan02 wrote:
sukerdan02 wrote: Sat May 18, 2019 6:10 pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..

LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release

Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..

Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..
Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:

-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst

Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil

Post by 964 »

sukerdan02 wrote:
964 wrote:
sukerdan02 wrote: brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..

LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release

Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..

Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..
Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:

-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst

Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..
Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.

1,5 di depan apa ga susah nge remnya.

Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by Gasoline24 »

Lumayan udah dapet Rear Difflock......#bironxJr
PicsArt_05-22-02.32.46.jpg
20190518_111053.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: mobil

Post by sukerdan02 »

964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50
sukerdan02 wrote:
964 wrote:Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:

-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst

Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..
Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.

1,5 di depan apa ga susah nge remnya.

Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover

1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by POS VETT »

Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
Ada. Biasanya merk2 Amrik seperti full-size GM SUV-pickup dengan kode RPO G80 (Silverado-Tahoe-Suburban-Sierra-Yukon) dan mobil sport (Camaro, Corvette, Mustang, Charger-Challenger, Cadillac V, BMW M, MB AMG, Fairlady Z, GTR, Miata, RX7-8, Supra, dll), bahkan KIA Stinger ada opsi untuk LSD hanya untuk yang RWD.

Jaman sekarang, LSD atau locking differential itu mutlak buat gw. Tanpa LSD, RWD jadi sama bengeknya seperti FWD (Failed Wheel Drive).
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil

Post by 964 »


sukerdan02 wrote:
964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50
sukerdan02 wrote:Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..
Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.

1,5 di depan apa ga susah nge remnya.

Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover

1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
Makasih sharingnya.

Kalo bisa saya simpulkan, yg mekanikal cenderung gitu2 aja settingannya, yg komputer bisa dpt banyak driving mode.

Jd 1,5 dan 2.0 ga cocok buat aspal ya?



964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by 964 »

POS VETT wrote:
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
Ada. Biasanya merk2 Amrik seperti full-size GM SUV-pickup dengan kode RPO G80 (Silverado-Tahoe-Suburban-Sierra-Yukon) dan mobil sport (Camaro, Corvette, Mustang, Charger-Challenger, Cadillac V, BMW M, MB AMG, Fairlady Z, GTR, Miata, RX7-8, Supra, dll), bahkan KIA Stinger ada opsi untuk LSD hanya untuk yang RWD.

Jaman sekarang, LSD atau locking differential itu mutlak buat gw. Tanpa LSD, RWD jadi sama bengeknya seperti FWD (Failed Wheel Drive).
Esensi banget sih LSD, sportcar ke atas udah pasti pake.
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: mobil

Post by sukerdan02 »

964 wrote:
sukerdan02 wrote:
964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50 Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.

1,5 di depan apa ga susah nge remnya.

Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover

1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
Makasih sharingnya.

Kalo bisa saya simpulkan, yg mekanikal cenderung gitu2 aja settingannya, yg komputer bisa dpt banyak driving mode.

Jd 1,5 dan 2.0 ga cocok buat aspal ya?
Yang komputer pun tergantung ke softwarenya.. Kalo yg jamna dulu2 kayanya juga ga ada driving mode..

1,5 & 2 way sih jarang ada aplikasinya buat nobil harian.. Biasanya buat motorsport
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by jivos »

konon katanya...mbl jadul d rmh ane dr pabrikan dah pk difflock sekaligus lsd um yg basisnya sm persis dg yg d oake celica gt4, system awd diff n dll...jd barang inceran buat d copotin n pasang d celica 1.8 mesin az penggerak FWd.

ngga ada mode" an sih d tombol cockpit, ssmpe skrg blm ngerti jg perbedaan rasanya :ungg:

*miata, ft86, gti perfomance packed, peugot 3008 dah pk lsd ternyata dr penelusuran ane sementara
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by 964 »

jivos wrote:konon katanya...mbl jadul d rmh ane dr pabrikan dah pk difflock sekaligus lsd um yg basisnya sm persis dg yg d oake celica gt4, system awd diff n dll...jd barang inceran buat d copotin n pasang d celica 1.8 mesin az penggerak FWd.

ngga ada mode" an sih d tombol cockpit, ssmpe skrg blm ngerti jg perbedaan rasanya :ungg:

*miata, ft86, gti perfomance packed, peugot 3008 dah pk lsd ternyata dr penelusuran ane sementara
Mobilnya apa om?

Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: mobil

Post by jivos »

964 wrote: Wed May 22, 2019 17:29 Mobilnya apa om?

Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
rav4 gen1
permanen awd, central difflock, torsen rear lsd
yg ane AT, jd kpn start active/tdknya difflock diatur system. klo yg MT ada tombol active on/off difflocknya.

klo rav4 gen2...lsd ganti model viscou, katanya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by Knalpot »

ak4ng wrote: Tue May 21, 2019 3:09
Knalpot wrote: Fri May 17, 2019 23:37 Kalau LSD di mobil 4x2 atau RWD biasa ada gak ya ?
Old Dakar mau yg 2wd or 4wd default udh LSD :big_smoking:
Oo ya ?? kalau yang Exceed gimana Om ?
Kalau VNT belum pake ya ?
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil

Post by 964 »

jivos wrote:
964 wrote: Wed May 22, 2019 17:29 Mobilnya apa om?

Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
rav4 gen1
permanen awd, central difflock, torsen rear lsd
yg ane AT, jd kpn start active/tdknya difflock diatur system. klo yg MT ada tombol active on/off difflocknya.

klo rav4 gen2...lsd ganti model viscou, katanya.
Review dong, hahhaaa
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: mobil

Post by jivos »

964 wrote: Thu May 23, 2019 5:05 Review dong, hahhaaa
nanti sy cb" repiu :mrgreen:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by glendotan »

Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by sukerdan02 »

glendotan wrote: Thu May 23, 2019 9:04 Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
Kalo LSD di FWD baru ada kerasa di setir, umunya kalo di tikungan disentak gas nya setir akan ngelawan lebih kuat maksa lurus.. Tapi kalo LSD gardan depan tp 4x4 yang defaultnya 4x2 RWD ya ga ada efeknya..

Kalo LSD di gardan belakang, umumnya ga kerasa..

beda kalo locker, saat belok disentak gas nya bisa melintir kalo jalan licin.. juga lebih sering decit kalau waktu belok sambil digas, dan umumnya ban belakang habisnya lebih cepet dan ga rata, terutama tepi ban nya chipping..
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by 964 »

glendotan wrote:Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
Saya tambahin, LSD akan berasa kalo gaya nyetirnya sporty. Ketika ngerem, akselerasi, atau di tikungan. LSD 1.0 tidak berefek ketika ngerem, 1.0 hanya untuk berakselerasi, biasa dipake di mobil FWD. 1.5 atau 2.0 way bedanya pada braking, yg 2.0 lebih ngelock drpd yg 1.5. Ketika akselerasi baik 1.0, 1.5 atau 2.0 sama rasanya, akan memberikan tenaga ke roda kiri kanan secara imbang (persentase tertentu) . Jd perbedaan ketiganya pd braking.

Gampangnya, LSD bikin mobil bisa ngepot, atau muter2 bikin donat, hahahaa.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?

Post by ak4ng »

Triton 2019 spek indonesia kecewa electric diff lock nya kena sunat zzzz, spertinya ttp hybrid LSD
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR