Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by coipan » 10 May 2019, 15:48

Sore suhu, ane mw tnya berapa lama ya proses pembuatan stnk hingga plat nomor jdi dari semenjak pembelian mobil? Mobil nya ckd dan pembelian secara cash

Ane dijanjiin salesnya soalnya bs smpe 1 bulan gan semaksimalnya, padahal bknnya harusnya 14 hari kerja maksimal ya? Ad yg berpengalaman?

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by supriyadi » 10 May 2019, 17:18

Saya dulu STNK 1 minggu dah siap, tapi plat nomor lama. Dari April baru selesai Desember. Memang waktu itu lagi ada masalah tentang pengadaan plat nomor. Kalo sekarang mah cepat keluar. 2 bulan lewat kaean ambil brio nggak sampai 1 bulan dah siap STNK & Plat nomornya. Langsung roadtrip dari Pekanbaru ke Solo

coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by coipan » 10 May 2019, 17:41

supriyadi wrote:
10 May 2019, 17:18
Saya dulu STNK 1 minggu dah siap, tapi plat nomor lama. Dari April baru selesai Desember. Memang waktu itu lagi ada masalah tentang pengadaan plat nomor. Kalo sekarang mah cepat keluar. 2 bulan lewat kaean ambil brio nggak sampai 1 bulan dah siap STNK & Plat nomornya. Langsung roadtrip dari Pekanbaru ke Solo

Buset ga salah itu bos dri april smpe desember?

Dlu ambil nissan kok cpet ya paling 2 minggu dah kelar, apa karena plat no pilihan jdi lama ya? Rencana dipake seblum lebaran soalnya

Cooper82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 05 Feb 2017, 15:23

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by Cooper82 » 10 May 2019, 18:47

1 bulan bang. Klo ada libur panjang, tambah lg. Itu mobil CKD yah.... CBU kyk2nya bs lebih lama lg dikit. Request plat bantuan aja bang(klo belum dpt)....

ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 28 Dec 2013, 21:26

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by ddyta27 » 10 May 2019, 18:49

saya dulu mobil ckd pembelian cash kotamadya bogor dijanjikan 1 minggu ternyata 5 hari kerja sudah selesai stnk pajak dan plat nomor.. salesnya teman saya sendiri.

coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by coipan » 10 May 2019, 19:09

Cooper82 wrote:
10 May 2019, 18:47
1 bulan bang. Klo ada libur panjang, tambah lg. Itu mobil CKD yah.... CBU kyk2nya bs lebih lama lg dikit. Request plat bantuan aja bang(klo belum dpt)....
1 bulan memang ya? Klo mempercepat jalur dngn tambahan 350rb worth it ga ya? Tpi jg ga bs janji bs kelar sebelum lebaran

siirobodh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 25 Nov 2013, 23:44

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by siirobodh » 10 May 2019, 20:55

Saya dulu ambil cbu sekitar 14 hari kerja baru jadi

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by supriyadi » 10 May 2019, 21:38

coipan wrote:
10 May 2019, 17:41
supriyadi wrote:
10 May 2019, 17:18
Saya dulu STNK 1 minggu dah siap, tapi plat nomor lama. Dari April baru selesai Desember. Memang waktu itu lagi ada masalah tentang pengadaan plat nomor. Kalo sekarang mah cepat keluar. 2 bulan lewat kaean ambil brio nggak sampai 1 bulan dah siap STNK & Plat nomornya. Langsung roadtrip dari Pekanbaru ke Solo

Buset ga salah itu bos dri april smpe desember?

Dlu ambil nissan kok cpet ya paling 2 minggu dah kelar, apa karena plat no pilihan jdi lama ya? Rencana dipake seblum lebaran soalnya
Beneran Om. Saya beli 24 April 2014, bulan Desember 2014 plat nomor baru keluar, gak pula dikasih plat profit/putih sementara. Begitu STNK keluar & tau nomor platnya bikin ditukang plat pinggir jalan. Pernah kena stop polisi ditanya kok platnya gak ada logo polri, ditunjukkan surat jalan kalo plat belum jadi. Kalo nggak salah waktu itu memang lagi ada masalah pengadaan plat nomor.

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10118
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by ak4ng » 10 May 2019, 22:09

Rata2 mobil CKD yg saya beli skitar 1-2mgg aja ga lama, bbrp x mmg STNK dulu plat blakangan, solusinya tinggal ke tukang plat pinggir jalan cuma 50rb sepasang sangat rapih ga blepotan and ada cap polisinya hahaha, yg CBU sekitar sebulan tapi dikasi plat sementara sampe STNK keluar
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 15 Apr 2018, 22:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by supriyanto98 » 11 May 2019, 00:34

punya saya an pribadi 7 hari kerja (9-10 hari real)
an pt 14 hari kerja ( kurleb 20 hari)
seinget saya ya

User avatar
maviacrazy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Sep 2016, 19:20

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by maviacrazy » 11 May 2019, 00:37

Hmm, mercy w205 ckd kmaren jadi plat sekitar 2 minggu. Pesen nomor lewat biro jasa (biar gak ribet). Anggep aja duit lebih sedekah. 😂😂
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
:emo-big_love: :mky_02: :big_love:

gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by gaspol » 11 May 2019, 07:02

Kia grand sedona saya dari april 2018 sampai mei 2019 belom jadi jadi juga..halo KIA? :off_good_job:

utrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by utrid » 11 May 2019, 07:55

supriyadi wrote:
10 May 2019, 21:38
coipan wrote:
10 May 2019, 17:41
supriyadi wrote:
10 May 2019, 17:18
Saya dulu STNK 1 minggu dah siap, tapi plat nomor lama. Dari April baru selesai Desember. Memang waktu itu lagi ada masalah tentang pengadaan plat nomor. Kalo sekarang mah cepat keluar. 2 bulan lewat kaean ambil brio nggak sampai 1 bulan dah siap STNK & Plat nomornya. Langsung roadtrip dari Pekanbaru ke Solo

Buset ga salah itu bos dri april smpe desember?

Dlu ambil nissan kok cpet ya paling 2 minggu dah kelar, apa karena plat no pilihan jdi lama ya? Rencana dipake seblum lebaran soalnya
Beneran Om. Saya beli 24 April 2014, bulan Desember 2014 plat nomor baru keluar, gak pula dikasih plat profit/putih sementara. Begitu STNK keluar & tau nomor platnya bikin ditukang plat pinggir jalan. Pernah kena stop polisi ditanya kok platnya gak ada logo polri, ditunjukkan surat jalan kalo plat belum jadi. Kalo nggak salah waktu itu memang lagi ada masalah pengadaan plat nomor.
Benar, kalau tdk salah setelah komandan korlantas ditangkap KPK.

Tdk hanya kendaraan baru, plat nomor untuk perpanjangan 5 tahunan juga menunggu lama.

Jadinya tetap pakai plat lama, dan di lembar pajak stnk baru di beri cap.

Dan banyak motor baru wira wiri tanpa plat no, tapi aman2x saja

ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: 03 Apr 2009, 19:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by ninodiablo » 11 May 2019, 09:19

CKD biasanya 14 hari kerja, CBU kebetulan stnk baru aja jadi total 1 bulan, ambil Serena baru..
Krn dealer kan pk biro jasa, jd di pool di hari tertentu biar sekalian, enggak bolak balik

User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1360
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by geofreyap » 11 May 2019, 10:36

Kalau di tempat kami, dengan catatan tidak ada kendala di lapangan ;
- Unit CKD (plat random) : ±10 hari kerja terhitung dari pelunasan.
- Unit CBU (plat random) : ±21 hari kerja terhitung dari pelunasan.

:big_smile]
PLAZATOYOTA
GADING SERPONG

Geofrey Adrian
+62852-10000-990
[email protected]

Image
LET'S GO BEYOND !

masbensin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 04 Sep 2016, 09:24

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by masbensin » 11 May 2019, 11:13

Mini Cooper 6 bulan, BMW M2 5 bulan. Tapi itu sdh di info dr sebelum SPK, Jadi sudah siap mental dan plat bantuan alhamdulillah ga pernah telat.

coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by coipan » 11 May 2019, 12:36

geofreyap wrote:
11 May 2019, 10:36
Kalau di tempat kami, dengan catatan tidak ada kendala di lapangan ;
- Unit CKD (plat random) : ±10 hari kerja terhitung dari pelunasan.
- Unit CBU (plat random) : ±21 hari kerja terhitung dari pelunasan.

:big_smile]

Memang klo plat no pilihan ad pengaruh ya ? Bknnya harusnya lebih cepat klo plat no pilihan kan ad duit tambahan masuk kantong polisi klo lewat biro jasa ?

User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1360
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by geofreyap » 14 May 2019, 09:11

coipan wrote:
11 May 2019, 12:36
geofreyap wrote:
11 May 2019, 10:36
Kalau di tempat kami, dengan catatan tidak ada kendala di lapangan ;
- Unit CKD (plat random) : ±10 hari kerja terhitung dari pelunasan.
- Unit CBU (plat random) : ±21 hari kerja terhitung dari pelunasan.

:big_smile]

Memang klo plat no pilihan ad pengaruh ya ? Bknnya harusnya lebih cepat klo plat no pilihan kan ad duit tambahan masuk kantong polisi klo lewat biro jasa ?
Nah soal teknis di lapangan oe kurang paham deh Om.
Tapi kalo pilih nomor jadinya lebih lama pasti.
:mky_01:
PLAZATOYOTA
GADING SERPONG

Geofrey Adrian
+62852-10000-990
[email protected]

Image
LET'S GO BEYOND !

User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 30 Dec 2014, 12:48

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by jarijarir » 14 May 2019, 09:33

dulu sih mobil bikinin india saya sebulan kurang dikit baru jadi, om :)
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:

dhanuindra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 20 Nov 2017, 10:47
Location: semarang
Daily Vehicle: bhb2017

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by dhanuindra » 14 May 2019, 10:48

tahun 2017 lalu plat + stnk jadi sebulan lebih seminggu, cbu acha acha :mky_04: :mky_04:

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 893
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by IGedeAmat » 14 May 2019, 10:58

March CBU Thailand dulu sekitar 1 bulan,
tp waktu dianter dari dealer udah dikasih plat + STNK sementara,
jadi langsung dipake wara wiri tol Jakarta Tangerang..

sebelum STNK sementara jatuh tempo, STNK dan plat asli udah jadi...

sefkaz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 14 Feb 2018, 11:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by sefkaz » 05 Jul 2019, 13:55

saya 2 bulanan, bukan nopol cantik, cuma emang milih ganjil genapnya

laoshizaoan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 29 Aug 2016, 23:23

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by laoshizaoan » 25 Aug 2019, 22:38

Terakhir beli innova venturer 2019, kurang lebih sekitar 1 bulan baru dapet plat nomor nya. Cuma dikasih plat sementara dan surat yang di ttd polsek, bukan surat keterangan sementara yang dari polda. Sales nya juga ada bilang kalo mobil jangan dipake jauh2 dulu karena surat nya bukan dari polda.

yaseinotulip
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by yaseinotulip » 26 Aug 2019, 08:39

Honda beli di imora sentul kmrn cm 10 hari atau 7 hari kerja dari TDP masuk.. jd tanpa ada plat sementara..

akur79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: 21 Jan 2014, 09:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Berapa lama STNK dan plat nomor jadi semenjak pembelian mobil?

Post by akur79 » 29 Sep 2019, 18:57

pas mobil diantar, tau2 udah dapat nopol plat hitam sementara dari dealer. (3 hari setelah TDP)
7 hari setelah itu, milih nomor cantik (hari jumat) bersamaan faktur dimasukkan ke bagian stnk, Senin sorenya nya udah keluar STNK dengan nomor cantik pesanan dan plat nomor baru september ini, yg dimana plat nomor ini agak berbeda modelnya dari plat biasa, lebih terang jika terkena sinar.
mgkn model baru ya?

ya total skitar 10 hari kerja dr payment DP dan acc leasing.
klo anggapan saya malah cm 3 hari, karena dari 10 hari itu, 7 hari anggapan utk dealer nyiapin berkas dan faktur.

Ini di area Semarang Jateng, sy juga kaget ternyata cepet juga.
oia, pesan nomor cantik biaya sesuai peraturan, jd tidak ada tmbhan2 biaya lain.

Post Reply