Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by greyrevolver »

Hi rekan2

Sebagai orang awam, saya mau tanya mengenai subject diatas. Selama ini yang saya lakukan, saat mobil matic diam di lampu merah :
- Apabila lampu merah tidak terlalu lama (dibawah 50s), posisi matic saya letakan di D dengan tetap menekan rem.
- Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic saya pindahkan di N dengan posisi handbrake on

Ternyata cara yang saya lakukan tersebut kurang sesuai kalau menurut link youtube berikut ini :
https://youtu.be/nTJ0Fp-yWQ8.

Menurut link youtube tsb , cara yg benar adalah :
-Apabila lampu merah tidak terlalu lama, posisi matic tetap di D dengan menginjak rem.
-Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic dipindahkan ke P dengan menarik handbrake.

Jadi tidak disarankan untuk memindahkan transmisi matic ke N

Mohon info dan penjelasan suhu-suhu disini, supaya transmisi matic dapat lebih awet.

Sebagai informasi, transmisi matic yg saya gunakan adalah non cvt.

Thanks
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Jambangan »

Kalo ane pas di lampu merah selalu pindah ke N
Udah kebiasaan
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by yudhisuwandono »

greyrevolver wrote: Wed May 08, 2019 22:37
- Apabila lampu merah tidak terlalu lama (dibawah 50s), posisi matic saya letakan di D dengan tetap menekan rem.
- Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic saya pindahkan di N dengan posisi handbrake
Kl sy sih sama ..
Diem sebentar D
Diem lama dikit N
Diem banget trus parkir P
Irwans
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Dec 04, 2018 0:29
Location: Depok
Daily Vehicle: GNA

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Irwans »

444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by 444 »

Kalau saya begitu liat 50meter didepan nyala lampu merah langsung pindah N, mobil nggelinding. Matic 4 jadul torque converter geared
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by the-mantal »

Bokap dlu th 95 punya corolla matic. Parkir selalu N plus rem tangan. Kecuali parkir miring baru ke P. Mobil awet2 sampai dijual th 98.
Trus corona matic th 98... jg sama parkir selalu N kecuali miring. Transmisi awet sampe dijual lg di 2010.
Skrg avanza th 2010 matic jg sama perlakuannya... n no problem di transmisi sejauh ini.
Intinya pake N itu ok2 aja n ga membahayakan transmisi
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by epinjose »

Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Pugman »

Saya kalau jeda sedikit selalu ke N, bukan cuma lampu merah. Kalau macet juga, saat gerak dikit2 dan banyak berhenti pindah ke N. Kalau Netral kan posisi TC lepas, jadi ga ada slip kopling. Kecuali antri di tanjakan, nah itu selalu D saya.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Pugman »

epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
Mobil apa itu? Baru tahu ini, ada mobil yang kalau posisi P, central lock kebuka.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by epinjose »

Pugman wrote:
epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
Mobil apa itu? Baru tahu ini, ada mobil yang kalau posisi P, central lock kebuka.
Honda, yg sudah dapat speedlock dr paberik kayane punya fitur ini. Cmiiw
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Volk »

Klo menurut pemikiran sy,seharusnya pindah ke N ketika lagi diem malah bgs y?transmisi manual pun klo lg diem kan kebanyakan di netral juga.sy pakai matic pun kalo lagi lampu merah lama langsung di N.kalo P justru setau saya gaboleh.karna mau ke R aja kalo dr D harus melalui N.sy biasa 10 detikan diem,tetep di D.kalo lebih dr 10 detik biasanya pindah ke N.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by maastricht889 »

Kalo saya dulu pernah diajarin sama orang bmw, lampu merah di N biar beban transmisi kecil (thd mesin) tapi pelumasan atf di internal transmisi tetep jalan. Sdg kalo berhenti traffic light masuk P (apalagi nggak aktifin handbrake) pertama pelumasan internal transmisi nggak jalan, kedua parking pawl di gearbox terlalu ngunci, jadi begitu mau masuk ke R/D mesti alot dan ada suara "jedak" krn parking pawl nya terlalu ngunci buat nanggung beban body mobil/ban yg besar om.

Saya tiap kali berhenti traffic light sll masuk N terus, kl mau parkir biar transmisi awet biasa saya dr D/R masuk ke N dulu terus handbrake aktif (biar beban body mobil ditanggung handbrake) baru masuk P.

Sementara ini yg saya pahamin dan dapet info soal penggunaan trans matic, sebenernya saya masih penasaran penjelasan clear nya gimana (banyak yg kasi info beda2 jd agak bias). Kl ada tambahan info dr om2 disini sangat boleh dr opini saya, sapa tau bisa dapet penjelasan yg clear
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Fertille »

erwinign wrote: Thu May 09, 2019 0:24 Kalo saya dulu pernah diajarin sama orang bmw, lampu merah di N biar beban transmisi kecil (thd mesin) tapi pelumasan atf di internal transmisi tetep jalan. Sdg kalo berhenti traffic light masuk P (apalagi nggak aktifin handbrake) pertama pelumasan internal transmisi nggak jalan, kedua parking pawl di gearbox terlalu ngunci, jadi begitu mau masuk ke R/D mesti alot dan ada suara "jedak" krn parking pawl nya terlalu ngunci buat nanggung beban body mobil/ban yg besar om.

Saya tiap kali berhenti traffic light sll masuk N terus, kl mau parkir biar transmisi awet biasa saya dr D/R masuk ke N dulu terus handbrake aktif (biar beban body mobil ditanggung handbrake) baru masuk P.

Sementara ini yg saya pahamin dan dapet info soal penggunaan trans matic, sebenernya saya masih penasaran penjelasan clear nya gimana (banyak yg kasi info beda2 jd agak bias). Kl ada tambahan info dr om2 disini sangat boleh dr opini saya, sapa tau bisa dapet penjelasan yg clear
Permisi om, nyumbang informasi dari awam. Ini salah satu trick (sebetul nya entah trick atau penggunaan matic yg selama ini salah pada umum nya) pada ANKI atau ANF pada batch awal. Dimana jika posisi tidak ke N dulu sebelum P. Maka akan ada suara jedug yang sangat parah.
mj2005
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by mj2005 »

Sepertinya yang TS lakukan sudah benar, saya juga mempraktekan hal sama di old pajero sport yang saat ini masuk tahun kesepuluh sampai saya jual transmisi masih dalam keadaan bagus dengan perawatan mengikuti panduan servis (40K km kuras dan ganti oli).
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by DOHC »

Utk beberapa matic geared setau ane malah kl di P, itu oli atf ga muter, contoh nya di jazz GE, mitsu2 yg invecs II and below.. jd kl ane sehh tetep di N, lmayan nurunin suhu atf sembari ngelumasin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by newcity_vtec »

epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
Sama om , kalau berhenti ckp lama, saya masuk ke N dan foot brake.
Kl ke P central lock kebuka dan ini mobil matic pertama yg saya pakai seperti itu.
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by Koddy »

Jangan pernah masukin P ketika berhenti di traffic light/stopan lampu merah hijau, karena dari P ke D melewati R. Bahayanya ketika pas panik, bisa salah masuk gigi R.

Paling aman ketika berhenti di traffic light, masukan ke gigi N (Neutral) dan tarik hand brake. Seperti naik mobil manual, ketika di traffic light, otomatis kita netralkan gigi kan?

P hanya digunakan ketika parkir atau berhenti benar² di tempat yang semestinya.
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by pojokban »

Aneh juga kalau berhenti sebentar gak ke N, terus fungsi N nya kapan digunakan.
Selama ini, mau lampu merah, macet selalu N.
antekakio
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
Location: Di atas genteng
Daily Vehicle: CX-5

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by antekakio »

Saya macet, lampu merah atau berhenti dg mesin nyala, selalu di N plus handbrake. Di P kalau bener2 mau parkir atau matiin mesin. So far aman...
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by pengendiesel »

444 wrote: Wed May 08, 2019 23:14 Kalau saya begitu liat 50meter didepan nyala lampu merah langsung pindah N, mobil nggelinding. Matic 4 jadul torque converter geared
Nggak pa2 ya om mobil belum berhenti tapi transmisi sudah dipindah ke N?

Anyway, kalo saya selama ini rajin banget ke N. Jangankan lampu merah, stop n go aja sering ke N. Lampu merah kadang ke P. Semua hampir pasti dibarengi dengan parking brake.

Paling gak enak kalo berhenti nahan di D, pegel di kaki mesti ngerem terus. Dan ngerem mobil yang harusnya jalan itu kayak melawan kodrat...kayak sia2 banget, ngapain juga dikasih tenaga buat maju kalo ditahan terus pake rem.
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by aipiesblue »

yup setuju sama pendapat para om di atas, kalo cuma sekedar tunggu antrian di traffic light sih gak usah sampe pake P, cukup N lalu tarik handbrake.

saya pake P hanya jika parkir dan memang mau turun dari mobil. tapi jika parkir dan gak turun dari mobil ( misal mampir di minimarket) dan mesin mobil menyala biasanya saya tetap di N.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2590
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by farizfsa »

Kalo saya

berhenti traffic light dibawah diatas semenit pindah ke N
berhenti traffic light dibawah semenit stay di D

stop and go jakarta pusat, selatan stay di D, jarang pindah N kecuali stuck total

selama masih mobil jalan ga pernah pindah ke P
kalau mobil emg ga akan jalan diatas 5 menit, dr berhenti sudah sy pindahin P

kalau parkir, dr D pindah ke N, tarik rem tangan, baru pindah ke P. anti jedug
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by martinnn »

sesuai namanya , P hanya untuk Parkir..... bukan berhenti sebentar karena traffic light
:big_biglaugh:
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by ders »

klo di cvt sya .. antri maksimal s/d 30 detik tuas tetep di D sambil injek rem.. lewat 30detik tuas di N + handbrake..

klo parkir .. tuas di N trus handbrake.. baru P

bener ga ya..
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?

Post by thestoneroses »

Kalau saya lampu merah biasanya D (rute saya jarang ketemu lampu merah lama), kalau agak lama banget baru N tahan rem.
Matic jadul 20 tahun, yg 25 tahun juga bgitu. Diterapkan juga di workhorse toyota bensin 2.4
Ron Asheton Forever