B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 15 Aug 2019, 16:37

kompresorz wrote:
theansoracing wrote:
14 Aug 2019, 23:37
Ada duit lebih beli dex, lagi tongpes beli biosol + racun
Udah gitu aja...
biosol murni aja...gak perlu racun

udah gitu aja...
Oh gitu, saran bengkel seh sering ganti filsol di 10rb km atau tenaga udah tersendat
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by kompresorz » 15 Aug 2019, 18:22

theansoracing wrote:
15 Aug 2019, 16:37
kompresorz wrote:
theansoracing wrote:
14 Aug 2019, 23:37
Ada duit lebih beli dex, lagi tongpes beli biosol + racun
Udah gitu aja...
biosol murni aja...gak perlu racun

udah gitu aja...
Oh gitu, saran bengkel seh sering ganti filsol di 10rb km atau tenaga udah tersendat
yah gak ada salahnya jg ganti tiap 10 ribu km...
20 ribu jg msh oke....


mobil di rmh biosolar murni...udah 10 ribu km...

msh ringan jos ...kencang...


skrg murah filsol GD...gak sampe 100 ribu di tokped...udah tes bagus...


:ungg:

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 15 Aug 2019, 21:50

kompresorz wrote:
theansoracing wrote:
15 Aug 2019, 16:37
kompresorz wrote: biosol murni aja...gak perlu racun

udah gitu aja...
Oh gitu, saran bengkel seh sering ganti filsol di 10rb km atau tenaga udah tersendat
yah gak ada salahnya jg ganti tiap 10 ribu km...
20 ribu jg msh oke....


mobil di rmh biosolar murni...udah 10 ribu km...

msh ringan jos ...kencang...


skrg murah filsol GD...gak sampe 100 ribu di tokped...udah tes bagus...


:ungg:
Yap sampe stok neh, bisa di blg nimbun hahahaha
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by tesna » 15 Aug 2019, 23:24


kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by kompresorz » 16 Aug 2019, 06:58

asik bentar lagi b50...


yang penting harga tetap goceng/liter...

yg penting pigibak...

wus wus wuss...kencang irit...

brem brem brem...pesawat take off...

:ngacir:

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 16 Aug 2019, 13:30

Bakalan ada kemasan 1 liter di mini market neh
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by arief225 » 19 Aug 2019, 19:53

Ini ya tes car nya. Bawanya mantap kenceng di tangkuan perahu. Udh dewa dewa skill yg bawanya
IMG-20190819-WA0015.jpeg
IMG-20190819-WA0013.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 29 Aug 2019, 17:47

Mau b30 kek, b2, b3 sikat aja lah...
Tuman...
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

SEKUTREM
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 30 Jun 2015, 05:23

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by SEKUTREM » 29 Aug 2019, 18:04

Kalau pertadex juga b30 kandungan apa saja nanti yg membedakan dg solar subsidi

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18737
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Turboman » 29 Aug 2019, 18:24

DEX is B0

moga2 tetap B0

SEKUTREM
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 30 Jun 2015, 05:23

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by SEKUTREM » 29 Aug 2019, 19:56

Lho katanya semua wajib b30 kecuali supply freeport

SEKUTREM
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 30 Jun 2015, 05:23

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by SEKUTREM » 29 Aug 2019, 19:57

Lho katanya semua wajib b30 kecuali supply freeport

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by pengendiesel » 29 Aug 2019, 20:21

Dukung industri dalam negeri dengan menggunakan solar subsidi sebanyak mungkin.

Yang pake pertadex artinya tidak mencintai floduk floduk indonesia.

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by KielConstantine » 30 Aug 2019, 03:35

Penasaran aja yg diesel 2KD / 2GD udah pada ganti turbo rhf4 + racing nozzle. Pas dikasih solar B30+++ asepnya makin kek apa pas dibejek..
Image

SEKUTREM
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 30 Jun 2015, 05:23

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by SEKUTREM » 30 Aug 2019, 05:13

KielConstantine wrote:
30 Aug 2019, 03:35
Penasaran aja yg diesel 2KD / 2GD udah pada ganti turbo rhf4 + racing nozzle. Pas dikasih solar B30+++ asepnya makin kek apa pas dibejek..
Seharusnya malah asap lebih tipis secara hasil uji lab Pertamina residu karbon B20 lebih kecil dari pertadex. Nemu di youtube: Benerah kah ? :mky_01:

https://www.youtube.com/watch?v=1IZ1lpaWkv4

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by ilhami » 30 Aug 2019, 07:44

Kalau minyak goreng terbukti oksidator kuat ya.
Bio diesel apa tidak membuat tangki berkarat ?

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 30 Aug 2019, 15:03

"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5351
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by nugroho bagor » 30 Aug 2019, 16:35

SEKUTREM wrote:
29 Aug 2019, 19:56
Lho katanya semua wajib b30 kecuali supply freeport
Sudah mahal masak, 30, pie :mrgreen:

alexdonovan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 535
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by alexdonovan » 07 Sep 2019, 13:34

Kamis 5 sept kemarin saya lihat Nissan Terra lagi test run B-30. Sayang ga bisa nanya-nanya ama drivernya.

Lokasi ketemuan di toll Cikampek 😁
Clio A/T 2004 (2012-now)
C24 2009 (2018-now)

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by kompresorz » 07 Sep 2019, 21:26

KielConstantine wrote:
30 Aug 2019, 03:35
Penasaran aja yg diesel 2KD / 2GD udah pada ganti turbo rhf4 + racing nozzle. Pas dikasih solar B30+++ asepnya makin kek apa pas dibejek..
mungkin asapnya jd lebih bersih...

coba liat aja di dapur klo goreng..gak item kan

:e-think:

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by nizamuddinaulia » 29 Sep 2019, 22:13

Pasang water separator aja
B20 aja water content nya mulai 300-1000 ppm menurut research
Auto penuh tuh filter solar kalo jauh dr kota

Gl4cier
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 24 Jun 2011, 22:20

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Gl4cier » 29 Sep 2019, 22:56

Kalau pernah hadir presentation truk niaga, agar bisa tahan B20/B30 itu ada bbrp sektor yang di perkuat: ganti tangki minyak dengan tangki minyak yg innernya ada pelapis baru yang lebih tahan B20/B30, hose2, dll. jadi untuk pembelian sblm B20/B30 bisa minta upgret ke beres dan utk pembelian model baru per 2019 sudah included. tp anehnya atpm mobil umum santai2 saja...krn ntar tinggal blame customer?

SEKUTREM
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 30 Jun 2015, 05:23

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by SEKUTREM » 30 Sep 2019, 05:04

nizamuddinaulia wrote:
29 Sep 2019, 22:13
Pasang water separator aja
B20 aja water content nya mulai 300-1000 ppm menurut research
Auto penuh tuh filter solar kalo jauh dr kota
Kalau content nya kecil gitu dipasang separator percuma, gak bisa dipisahin secara mechanical, harus pake chemical. Ada dijual water remover tinggal tuang di tanki.

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by nizamuddinaulia » 30 Sep 2019, 15:11

SEKUTREM wrote:
30 Sep 2019, 05:04
nizamuddinaulia wrote:
29 Sep 2019, 22:13
Pasang water separator aja
B20 aja water content nya mulai 300-1000 ppm menurut research
Auto penuh tuh filter solar kalo jauh dr kota
Kalau content nya kecil gitu dipasang separator percuma, gak bisa dipisahin secara mechanical, harus pake chemical. Ada dijual water remover tinggal tuang di tanki.
kalo buat mobil perang ya kerasa om
misal sebulan isi solar 200 Liter, kalo ambil sampel Biosolar 1000 ppm ya berarti kasarnya ada minimal 160 ml-200 ml air (setara gelas aqua kecil)
Auto rusak tuh injector kalo ganti 6 bulan sekali
water remover chemical pake apa? setau ane itu cuma mecah molekul air jadi lebih kecil aja biar ga rusak injektor (CMIIW)

Post Reply