B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by iwidiyanto » 05 May 2019, 11:54

yakin ev itu zero emission? bnyk itu pembangkit listrik yg pake diesel

jeepTruck
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 26 Oct 2017, 19:08

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by jeepTruck » 05 May 2019, 12:18

Lebih inteleq mana ..

Emisi rendah tapi pake unrenewable energy..

Emisi agak tinggi tapi pake renewable energy..

Emmission vs renewable energy..

:big_biggest_think:

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2626
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by b8099ok » 06 May 2019, 07:50

FRD itu renewable and low emissions energy loh,...
Tune and drive! :big_love:

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5351
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by nugroho bagor » 06 May 2019, 07:57

b8099ok wrote:
06 May 2019, 07:50
FRD itu renewable and low emissions energy loh,...
Ini yang hemat siapa, yang menikmati siapa, yang pusing siapa :frm_bang_head:

User avatar
udeste
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 12 Dec 2018, 10:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by udeste » 19 Jun 2019, 08:22

bukannya kemungkinan mau pake B100 ya malahan? jadi bakalan saingan sama permintaan sawit untuk minyak goreng deh

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5351
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by nugroho bagor » 19 Jun 2019, 10:12

udeste wrote:
19 Jun 2019, 08:22
bukannya kemungkinan mau pake B100 ya malahan? jadi bakalan saingan sama permintaan sawit untuk minyak goreng deh
Nanti kalau sawit harganya meroket ,ada lagi peraturan baru :upss:

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2248
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Winz » 19 Jun 2019, 10:18

nugroho bagor wrote:
19 Jun 2019, 10:12
udeste wrote:
19 Jun 2019, 08:22
bukannya kemungkinan mau pake B100 ya malahan? jadi bakalan saingan sama permintaan sawit untuk minyak goreng deh
Nanti kalau sawit harganya meroket ,ada lagi peraturan baru :upss:
Ya harus'nya Pengusaha Sawit kasih subsidi balik ke Pemerintah

Ini juga upaya penyelamatan mereka, padahal merusak lingkungan

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Kaleng » 19 Jun 2019, 10:26

udeste wrote:
19 Jun 2019, 08:22
bukannya kemungkinan mau pake B100 ya malahan? jadi bakalan saingan sama permintaan sawit untuk minyak goreng deh
Kalau sdh saingan sama minyak goreng tar harga minyak goreng ikutan naik alasan harga sawit naik.

balik lagi makannya yg kukus dan rebus saja lebih sehat buat rakyat.

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Kaleng » 19 Jun 2019, 12:58

barusan baca beritanya di salah satu website berita testnya pakai pickup DFSK ya.

Osc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 04 Mar 2016, 22:57

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Osc » 19 Jun 2019, 13:31

Koddy wrote:
04 May 2019, 09:58
Yakin amat Pertadex B0?

Pertadex juga ikutan B20, sebab program Biofuel itu program mandatory pemerintah yang kena ke semua minyak diesel tanpa ada pengecualian kok.

Logika aja, kalau minyak diesel non subsidi kelas atas seperti Pertadex bisa bebas mandatory B20, maka seperti Shell Diesel juga seharusnya bisa bebas B20. Namun realitanya, Shell Diesel aja dipaksa B20, padahal non subsidi dan juga harganya udah mahal.

Jadi .... Bisa coba disimpulkan sendiri Image
Yakin sekali om hahaha karena vrz saya dex dari baru sampe hampir 30 rb ga ganti filsol , tarikan jg enak.. mobil commonrail diesel harusnya ga perlu mikirin solar b20 karena itu bukan minumannya, minumannya ya dex ga ada yg lain..

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2248
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Winz » 19 Jun 2019, 14:19

Osc wrote:
19 Jun 2019, 13:31
Koddy wrote:
04 May 2019, 09:58
Yakin amat Pertadex B0?

Pertadex juga ikutan B20, sebab program Biofuel itu program mandatory pemerintah yang kena ke semua minyak diesel tanpa ada pengecualian kok.

Logika aja, kalau minyak diesel non subsidi kelas atas seperti Pertadex bisa bebas mandatory B20, maka seperti Shell Diesel juga seharusnya bisa bebas B20. Namun realitanya, Shell Diesel aja dipaksa B20, padahal non subsidi dan juga harganya udah mahal.

Jadi .... Bisa coba disimpulkan sendiri Image
Yakin sekali om hahaha karena vrz saya dex dari baru sampe hampir 30 rb ga ganti filsol , tarikan jg enak.. mobil commonrail diesel harusnya ga perlu mikirin solar b20 karena itu bukan minumannya, minumannya ya dex ga ada yg lain..
Memang diesel2 modern minuman asli'nya ya macam Dex

Bahkan klo bisa lebih bagus lagi agar diesel yurop mau masuk

Klo Shell diesel dipaksa B20, buat ngasih celah pertamini jualan

Nama'nya BUMN yg punya pemerintah, jadi aturan ya berat sebelah

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Rakean » 19 Jun 2019, 15:23

Osc wrote:
19 Jun 2019, 13:31
Koddy wrote:
04 May 2019, 09:58
Yakin amat Pertadex B0?

Pertadex juga ikutan B20, sebab program Biofuel itu program mandatory pemerintah yang kena ke semua minyak diesel tanpa ada pengecualian kok.

Logika aja, kalau minyak diesel non subsidi kelas atas seperti Pertadex bisa bebas mandatory B20, maka seperti Shell Diesel juga seharusnya bisa bebas B20. Namun realitanya, Shell Diesel aja dipaksa B20, padahal non subsidi dan juga harganya udah mahal.

Jadi .... Bisa coba disimpulkan sendiri Image
Yakin sekali om hahaha karena vrz saya dex dari baru sampe hampir 30 rb ga ganti filsol , tarikan jg enak.. mobil commonrail diesel harusnya ga perlu mikirin solar b20 karena itu bukan minumannya, minumannya ya dex ga ada yg lain..
Masalahnya Dex gak semua SPBU ada... kemarin ane ke sumbawa g ada dex disana, mana kualitas solar nya menghawatirkan :mky_03:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by kompresorz » 23 Jun 2019, 22:02

Koddy wrote:
04 May 2019, 09:58
Yakin amat Pertadex B0?

Pertadex juga ikutan B20, sebab program Biofuel itu program mandatory pemerintah yang kena ke semua minyak diesel tanpa ada pengecualian kok.

Logika aja, kalau minyak diesel non subsidi kelas atas seperti Pertadex bisa bebas mandatory B20, maka seperti Shell Diesel juga seharusnya bisa bebas B20. Namun realitanya, Shell Diesel aja dipaksa B20, padahal non subsidi dan juga harganya udah mahal.

Jadi .... Bisa coba disimpulkan sendiri Image
om ini pengamat solar ya... :e-think:

ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 26 Feb 2017, 05:01

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by ndro » 13 Aug 2019, 10:06

pak presiden minta B30 mulai januari & B50 akhir 2020 -> siapkah rekan2 semua?
JAKARTA - Setelah B20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginkan penggunaan bahan bakar biodiesel lebih banyak lagi, yaitu B50 pada akhir tahun 2020. B50 merupakan kebijakan mencampur biodiesel ke dalam BBM sebesar 50%.

Presiden Jokowi meminta agar kebijakan tersebut dimulai perlahan mulai tahun depan. Dimana awal tahun mendatang, ditingkatkan dari B20 menjadi B30 atau campuran 30% biodiesel dengan 70% bahan bakar minyak jenis solar.

"Saya juga ingin agar B20 ini nanti pada Januari 2020 itu sudah pindah ke B30. Selanjutnya nanti di akhir 2020, sudah meloncat lagi ke B50," katanya saat membuka rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Senin (12/8/2019).
link berita
https://ekbis.sindonews.com/read/142923 ... 1565620086

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by Rakean » 13 Aug 2019, 10:28

pengendiesel wrote:
05 May 2019, 09:30
Barusan isi biosolar ke 2kd. Di depan saya ada 4n15 isi bbm yang sama, padahal ada pilihan dex di pom tersebut. Tanya ke petugas pom, diesel baru2pun mayoritas masih pake biosolar.

IMHO, mayoritas pengguna mobil di indo sukanya bbm yang paling murah, terlepas dari kemampuan beli mobilnya.

Saya ada kenalan punya ANF, isinya full biosolar. Pas saya tanyain kenapa gak pake dex, simple...ini mobil tempurnya dia yang jalan +/- 30rb km/tahun. Kaliin aja selisihnya kalo harus pake dex. Fyi, penghasilannya di level sekitar 500jt/bulan.
Jadi bukannya gak mampu, tapi memang gak mau :big_slap:
buset 500jt/bulan?? :big_love: :big_love:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by pengendiesel » 13 Aug 2019, 10:46

Rakean wrote:
13 Aug 2019, 10:28

buset 500jt/bulan?? :big_love: :big_love:
Hail biosolar :mky_02:

Btw, kalo gak salah targetnya tahun 2020 B50 ya? Hmmmm :big_dunno:

sapifr22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by sapifr22 » 13 Aug 2019, 11:36

Osc wrote:
19 Jun 2019, 13:31
Koddy wrote:
04 May 2019, 09:58
Yakin amat Pertadex B0?

Pertadex juga ikutan B20, sebab program Biofuel itu program mandatory pemerintah yang kena ke semua minyak diesel tanpa ada pengecualian kok.

Logika aja, kalau minyak diesel non subsidi kelas atas seperti Pertadex bisa bebas mandatory B20, maka seperti Shell Diesel juga seharusnya bisa bebas B20. Namun realitanya, Shell Diesel aja dipaksa B20, padahal non subsidi dan juga harganya udah mahal.

Jadi .... Bisa coba disimpulkan sendiri Image
Yakin sekali om hahaha karena vrz saya dex dari baru sampe hampir 30 rb ga ganti filsol , tarikan jg enak.. mobil commonrail diesel harusnya ga perlu mikirin solar b20 karena itu bukan minumannya, minumannya ya dex ga ada yg lain..
2GD saya full biosolar plus aditif, 40 ribu km tidak ganti filter solar, kelupaan dan tidak ada indikasi suruh ganti.
Waktu ganti, filter solar masih bersih
:big_smile]

k1493nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by k1493nk » 13 Aug 2019, 12:53

2GD emang mintanya CN 48 di manual booknya.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1863
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by coklatMetalik » 13 Aug 2019, 12:56

k1493nk wrote:
13 Aug 2019, 12:53
2GD emang mintanya CN 48 di manual booknya.
Tp klo gk salah manual book bilang maksimal 5% biodiesel
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

k1493nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by k1493nk » 13 Aug 2019, 15:51

coklatMetalik wrote:
k1493nk wrote:
13 Aug 2019, 12:53
2GD emang mintanya CN 48 di manual booknya.
Tp klo gk salah manual book bilang maksimal 5% biodiesel
Ga ada keterangannya
20190813_155104.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1863
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by coklatMetalik » 13 Aug 2019, 16:24

k1493nk wrote:
13 Aug 2019, 15:51
coklatMetalik wrote:
k1493nk wrote:
13 Aug 2019, 12:53
2GD emang mintanya CN 48 di manual booknya.
Tp klo gk salah manual book bilang maksimal 5% biodiesel
Ga ada keterangannya

20190813_155104.jpg

Kalo diataa 5% ganti filter hrs lbh sering

Screenshot_20190813-162334.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

k1493nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by k1493nk » 13 Aug 2019, 16:32

coklatMetalik wrote:
k1493nk wrote:
13 Aug 2019, 15:51
coklatMetalik wrote: Tp klo gk salah manual book bilang maksimal 5% biodiesel
Ga ada keterangannya

20190813_155104.jpg

Kalo diataa 5% ganti filter hrs lbh sering

Screenshot_20190813-162334.png
Thanks tambahan infonya. Sy kurang teliti baca manual.

bensinsolar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by bensinsolar » 13 Aug 2019, 16:38

Emang normalnya 2GD berapa sering ganti Fisol? mobil saya dari baru akhir 2016 sampai skrg belum ganti Fisol (33 rb KM). Selalu isi Dex.
Kalau ud B50, berarti mobil2 common rail ud unusable donk? masa tiap 1000km ganti Fisol :mky_01:

Sama utk bensin premium kenapa gak dicampur ethanol 5-10% juga? biar adil kan..

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by theansoracing » 14 Aug 2019, 23:37

Ada duit lebih beli dex, lagi tongpes beli biosol + racun
Udah gitu aja...
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: B30 Mulai Uji Coba, RI Bisa Hemat BBM hingga 55 Juta Barel

Post by kompresorz » 15 Aug 2019, 16:05

theansoracing wrote:
14 Aug 2019, 23:37
Ada duit lebih beli dex, lagi tongpes beli biosol + racun
Udah gitu aja...
biosol murni aja...gak perlu racun

udah gitu aja...

Post Reply