ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mftlgi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Apr 20, 2019 12:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Volvo S80

ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by mftlgi »

beberapa waktu yg lalu ada yg tanya apakah ATF Dexron III bisa dipakai untuk menggantikan ATF Mobil JWS3309. halmana sduah dijawab dengan benar oleh Seraya. Saya sekedar ingin share informasi mengenai ATF lain yg bisa dipakai sebagai substitusi Mobil JWS3309. Saya hobbyist Volvo dan mobil Eropah. Volvo S80 3.2 dan S60 2.3T seperti halnya dengan Lexus atau Toyota Crown, menggunakan Transmisi AISIN Wagner dan oli ATF selain Mobil3309 sbenarnya adalah AISIN T-IV atau Toyota T-IV. Oli AISIN T-IV sulit diperoleh di Indonesia, yg ada MultiPurpose yang katanya pengganti T-IV, namun belum ada peryataan tertulis. Mobil 3309 memang sudah banyak beredar namun harganya diatas ATF Toyota-IV .

Saya berencana untuk mengganti ATF untuk mobil2 Volvo saya dari Mobil 3309 ke Toyota T-IV. Lumayan, untuk kuras bersih Oli Matic Volvo perlu 12 liter, oleh karena pembuangan harus dengan system dorong sehingga sekitar 3 atau 4 liter oli baru ikut terbuang (bukan drain oil pan dan Conventer seperti Mercedes yg hanya butuh 8 atau 9 liter).

Semoga bermanfaat bagi Volvo lovers yang selama ini harus beli Mobil 3309 atau ATF genuine Volvo yg harganya selangit.
salam
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by exflowly »

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by Turboman »

mftlgi wrote:beberapa waktu yg lalu ada yg tanya apakah ATF Dexron III bisa dipakai untuk menggantikan ATF Mobil JWS3309. halmana sduah dijawab dengan benar oleh Seraya. Saya sekedar ingin share informasi mengenai ATF lain yg bisa dipakai sebagai substitusi Mobil JWS3309. Saya hobbyist Volvo dan mobil Eropah. Volvo S80 3.2 dan S60 2.3T seperti halnya dengan Lexus atau Toyota Crown, menggunakan Transmisi AISIN Wagner dan oli ATF selain Mobil3309 sbenarnya adalah AISIN T-IV atau Toyota T-IV. Oli AISIN T-IV sulit diperoleh di Indonesia, yg ada MultiPurpose yang katanya pengganti T-IV, namun belum ada peryataan tertulis. Mobil 3309 memang sudah banyak beredar namun harganya diatas ATF Toyota-IV .

Saya berencana untuk mengganti ATF untuk mobil2 Volvo saya dari Mobil 3309 ke Toyota T-IV. Lumayan, untuk kuras bersih Oli Matic Volvo perlu 12 liter, oleh karena pembuangan harus dengan system dorong sehingga sekitar 3 atau 4 liter oli baru ikut terbuang (bukan drain oil pan dan Conventer seperti Mercedes yg hanya butuh 8 atau 9 liter).

Semoga bermanfaat bagi Volvo lovers yang selama ini harus beli Mobil 3309 atau ATF genuine Volvo yg harganya selangit.
salam
pake Aisin AFW+ aza

Pan matiknya Volvo sedan buatan Aisin ?
mftlgi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Apr 20, 2019 12:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Volvo S80

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by mftlgi »

Yes, AisinWagner, sama seperti Lexus,Crown
lonelysome
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Feb 16, 2017 4:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SmallScooter

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by lonelysome »

permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by Turboman »

lonelysome wrote:permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?

5W30 kah ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by marmut »

lonelysome wrote: Mon Apr 22, 2019 9:20 permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih

posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?

oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
lonelysome
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Feb 16, 2017 4:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SmallScooter

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by lonelysome »

Turboman wrote: Mon Apr 22, 2019 12:17 di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?

5W30 kah ?
Image

maaf bila kurang jelas gambarnya
marmut wrote: Mon Apr 22, 2019 13:09 posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?

oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
trik itu sudah dicoba om, kalau mesin mati cabut kunci, injak pedal rem, tekan shift lock, dia tidak mau pindah. Kalau, kontak on (tanpa mesin), injak pedal rem, pencet shift lock, dia mau pindah ke N, tp begitu kontak off, sambil injak pedal rem, kunci tidak bs dicabut.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV

Post by marmut »

lonelysome wrote: Tue Apr 23, 2019 0:26
Turboman wrote: Mon Apr 22, 2019 12:17 di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?

5W30 kah ?
Image

maaf bila kurang jelas gambarnya
marmut wrote: Mon Apr 22, 2019 13:09 posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?

oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
trik itu sudah dicoba om, kalau mesin mati cabut kunci, injak pedal rem, tekan shift lock, dia tidak mau pindah. Kalau, kontak on (tanpa mesin), injak pedal rem, pencet shift lock, dia mau pindah ke N, tp begitu kontak off, sambil injak pedal rem, kunci tidak bs dicabut.

oli mesin kasih 5w30 boleh, harga beraneka ragam mulai dari yang murah sampe paling mahal ada karena ini oli sejuta kendaraan.
kalo 5w40 setau saya ngga ada yang murah kecuali lagi diskon.
10w30 musti hati-hati karena saat ini sebagian yang beredar API SM. yang API SN ada mobil super 1000.

masalah shifter, sudah cek buku manual? seharusnya ada cara buat netralin, dan yang umum sih seperti penjelasan diatas.