Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by dsign1990 »

hal2 seperti itu seingat saya pernah diujikan di soal perpanjangan sim waktu akhir tahun kemarin
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by MSU »

nyetirlah tiap hari di tol cikampek...tar tergambar bagaimana etika orang Indonesia dalam hal nyetir
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by adhika »

Tapi akhir2 ini menjelang pemilu banyak kawalan. Pemilu 2014 juga banyak banget kawalan pake sirine2 di jalan tol. Apa menjelang pemilu banyak kegiatan yang butuh banyak pengawalan? (Tidak termasuk pengawalan RI1 RI2)
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Rasuano »

silentIm2 wrote: Tue Apr 09, 2019 17:01 Ternyata di UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga memuat hak prioritas jalan, 'etika' siapa yang berhak jalan duluan. Dan ternyata, UU tersebut juga mirip dengan aturan dan etika mengemudi di negara lain. Kalo mau sewa mobil pas jalan2 di Eropa & Amerika, atau mau turing lintas negara, mudah2an bisa berguna.

1. Di perempatan tanpa lampu merah antara kelas jalan yang setara, dahulukan yang dari kiri (pasal 113 ayat 1 huruf c UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas). Di negara yang setir kiri, sebaliknya yang berlaku, dahulukan yang dari kanan.

2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

4. Daftar prioritas hak utama jalan, urut dari yang paling utama(pasal 134) :
1. pemadam kebakaran
2. Ambulans
3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas (polisi, ambulans, damkar, PJR tol)
4. Konvoi pimpinan lembaga negara RI (polisi, TNI)
5. Kendaraan asing yang jadi tamu negara (pengawalan polisi/ TNI)
6. Iring2an pengantar jenazah (hayo yang suka ga beri jalan ke ambulans jenazah?)
7. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara
Republik Indonesia.

Prioritas 1-3 setau saya juga berlaku di negara lain, kalo pengawalan polisi ga pernah liat, seringan di sini.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
1, 2, 3, Saya sudah lakukan

Untuk no 4 saya sudah lakukan, tapi khusus no 4, saya sering banget nemu di tol terutama jkt-cikampek. Konvoi tuituit yang awalnya cuma 2 mobil berplat tni/polri/RFx nambah banyak gara2 pengendara lain ngikutin. Setiap saya liat spion di konvoi itu ada avanza, calya, dan mobil sejenis 100% saya potong jalannya. Ga peduli dia mau kalkson2, dim2, atau mepet2 ke mobil saya. Tinggal saya pepet balik, amit2 kalo di mau ribut pun saya ladenin. Hahahaha

Intinya dijalan harus sabar... jangan ngotot kalo gak punya skill yang mumpuni....

Hati2 dijalan guys... ingat pacar menunggu di kostan

:big_exellent:
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by soerya0711 »

silentIm2 wrote: Tue Apr 09, 2019 17:01
2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Biasanya klo di negara2 yg teratur, di tiap bundaran / pertigaan, mereka akan pasang marka jalan agar jelas siapa yang harus didahulukan dengan marka "Give Way" dalam arti kita harus mendahulukan kendaraan dari arah satu lagi.
Image

Pengalaman nyetir di NZ, disana tata krama dijalan benar2 dijalanin, awal nya agak kagok dan suka salah sampe malu sendiri, tp sesudah 1-2 hari, uda bisa menyesuaikan. Sampe sekarang masih kagum sama perilaku orang2 sana serta NZTA (DLLAJ disana) dalam mengatur rambu di jalan (bahkan jalan di daerah pedalaman juga).
User avatar
SilentReader
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Jul 15, 2013 7:03

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by SilentReader »

Dan akhirnya semua peraturan diatas akan sirna oleh rombongan bikers pembawa bendera kuning yang ketakutan jenazah bisa hidup kembali kalau tidak segera dikubur di dalam liang lahat.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 »

Melengkapi pasal 113 di atas, kan ayat 1 baru huruf c dan e. Berikut huruf sisanya:
a. Kendaraan dari arah simpang yang diutamakan oleh rambu lalu lintas. Kalo di luar negeri ditandai gambar segitiga putih bertepi merah, trus ada tulisannya 'give way', ato 'yield'. Kalo di sini tanda itu sebenarnya berlaku, tapi jarang dipakai.
b. Di persimpangan, kendaraan dari kelas jalan lebih kecil memberi jalan ke kendaraan dari kelas jalan yang lebih besar. Ini sih jelas ya.
c. sudah di page one.
d. Pertigaan non T, misalnya pertigaan Y, kendaraan memberi jalan kepada kendaraan dari sebelah kiri/
e. sudah di page one.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by arfs »

soerya0711 wrote: Wed Apr 10, 2019 6:49
silentIm2 wrote: Tue Apr 09, 2019 17:01
2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Biasanya klo di negara2 yg teratur, di tiap bundaran / pertigaan, mereka akan pasang marka jalan agar jelas siapa yang harus didahulukan dengan marka "Give Way" dalam arti kita harus mendahulukan kendaraan dari arah satu lagi.
Image

Pengalaman nyetir di NZ, disana tata krama dijalan benar2 dijalanin, awal nya agak kagok dan suka salah sampe malu sendiri, tp sesudah 1-2 hari, uda bisa menyesuaikan. Sampe sekarang masih kagum sama perilaku orang2 sana serta NZTA (DLLAJ disana) dalam mengatur rambu di jalan (bahkan jalan di daerah pedalaman juga).
Enak nya lg di countryside NZ, jalanan berkelok2 nya dikasi tanda recommendation speed nya berapa buat ambil tikungan itu jadi bisa nyetir smooth gk bikin penumpang mual padahal dulu nyewa nya Hyundie H1 :big_love:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Tuktuk
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Feb 07, 2017 13:16

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Tuktuk »

silentIm2 wrote: Wed Apr 10, 2019 1:58
Shonen wrote:skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Kalo sudah ada Undang Undang ya berarti aturan tersebut berlaku. Suka ga suka ya demikian aturannya. Kalo sampe arogan ya gimana lagi, punya hak jalan tapi ga dikasih jalan, gimana enaknya kasih taunya. Sama kayak kita sudah nunggu lampu hijau tapi tetep dilanggar kendaran dari arah perempatan lain, khan ya dongkol juga.
Sharing perilaku buruk di jalan tol....minggu lalu jalan jakarta solo pp. via trans jawa, kondisinya 95 pct "terpaksa" menggunakan lajur kiri untuk mendahului kendaraan di depan yg lebih lambat....padahal rambu-rambu telah terpapang "Lajur kanan hanya untuk mendahului" ..... :big_dunno:
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by kramatbatu »

wktu itu pernah nemu kejadian di jalan ada rombongan iring2an jenasah contra flow krn di jalur yg di lewatin macet. masalah nya , gara2 dia contra flow beserta iring2an nya jd macet 2 arah. kalo kejadian spti itu apa bisa di salahkan si iring2an jenasahnya? :big_childish:

krn melawan arus scr ilegal tnp ada pengawalan dr polisi
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by TUFF Stough »

aturan sini sih aku yakin sudah bagus. penerapan dan penegakan hukumnya yg acak-kadut.

kenapa orang kita bisa tertib kalau bertandang ke negeri orang? karena penegakan hukumnya jalan.
kenapa orang luar yg biasa tertib di negara kita malah berani nyampah? ya... you know lah. :big_dunno:
Osc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Fri Mar 04, 2016 15:57

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Osc »

Yang paling parah aturan di perempatan yang sampai sekarang banyak yg belum paham yaitu dimana saat lampu sudah berubah menjadi merah tetapi kendaraan tersendat di tengah seharusnya kendaran tersebut yg harus didahulukan, tapi yang sering terjadi banyak kendaraan yang sudah lampu hijau justru maju dan ga sedikit yang malah marah atau klakson2.. seharusnya aturan Yellow Box Junction bener2 di lakukan sosialisasi oleh pihak Kepolisian kita.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by maskopat »

gimana mau ikutin etika lalu lintas internasional, jalan raya kita gak standar internasional... :big_bored:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyanto98 »

SilentReader wrote: Wed Apr 10, 2019 6:57 Dan akhirnya semua peraturan diatas akan sirna oleh rombongan bikers pembawa bendera kuning yang ketakutan jenazah bisa hidup kembali kalau tidak segera dikubur di dalam liang lahat.
setuju banget. kadang saya bingung motornya bisa ampe ratusan kenapa ga sewa bus aja gitu biar ga makan jalan
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by patrickstar »

Satu lagi yg suka nyalain lampu keclap-keclap hazard seenaknya.
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Dat510 »

patrickstar wrote: Wed Apr 10, 2019 10:08 Satu lagi yg suka nyalain lampu keclap-keclap hazard seenaknya.
Saya pernah hampir nabrak gara2 ada mobil yg nyalain hazard pas mau lurus di perempatan, bayangkan arah mata angin, saya mau bergerak dari selatan ke utara, terus mobil itu dari timur ke barat, di saya kelihatannya mobil itu nyalain sein kiri, yauda saya ngga ngerem, eh ternyata dia lurus motong jalur saya dan ternyata dia nyalain hazard.
Saya harap ngga ada lagi orang bodoh yg ngelakuin ini.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyadi »

Dat510 wrote: Wed Apr 10, 2019 10:41
patrickstar wrote: Wed Apr 10, 2019 10:08 Satu lagi yg suka nyalain lampu keclap-keclap hazard seenaknya.
Saya pernah hampir nabrak gara2 ada mobil yg nyalain hazard pas mau lurus di perempatan, bayangkan arah mata angin, saya mau bergerak dari selatan ke utara, terus mobil itu dari timur ke barat, di saya kelihatannya mobil itu nyalain sein kiri, yauda saya ngga ngerem, eh ternyata dia lurus motong jalur saya dan ternyata dia nyalain hazard.
Saya harap ngga ada lagi orang bodoh yg ngelakuin ini.
Lha kalo di Riau macam ini dah umum Om. Tiap disimpang kalo mau lurus pasti lampu hazardnya dinyalain :big_dunno: :big_dunno:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Omnibus »

perlu banyak sabar dan banyak say sorry kl mau berkendara tenang di "harmonized chaos". semoga aku jg bisa
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by artoodetoo »

No 2 sepertinya sulit.
Kalau ujung gang sempit, yang dari dalam mau keluar susah dong kasih jalan yang dari jalan utama duluan, masa mau mundur?
Ya kalau terus melebar jalannya, lha kalau mundurnya sampai 100m? Kan gak lucu
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 »

artoodetoo wrote:No 2 sepertinya sulit.
Kalau ujung gang sempit, yang dari dalam mau keluar susah dong kasih jalan yang dari jalan utama duluan, masa mau mundur?
Ya kalau terus melebar jalannya, lha kalau mundurnya sampai 100m? Kan gak lucu
bener sih.. memang beda luas jalan di Indonesia sama negara laen.. kalo di Australia logikanya yang dari jalan utama harus diutamakan untuk cegah antrian macet. Tapi di sana ga ada gang tikus.

Tapi di Indonesia juga gitu sih saya liat di tempat kayak daerah pelabuhan ato pergudangan, selama luas jalan normal 2 jalur.
Last edited by silentIm2 on Wed Apr 10, 2019 13:37, edited 1 time in total.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by pradit_d »

PRBS wrote: Wed Apr 10, 2019 3:47
Pugman wrote: Wed Apr 10, 2019 0:20 Kalau Ambulan atau Damkar pasti langsung saya minggir atau berhenti untuk beri jalan.
Kalau ada rombongan mobil pejabat juga saya mengalah,

Tapi kalau ada mobil pakai strobo, saya lihat-lihat dulu dari spion, kalau mobil pejabat atau TNI Polri saya mengalah.
tapi kalau mobil pribadi pakai strobo, maaf-maaf aja saya kadang kesal malah saya halang-halangi..
Sama om.. setuju..

Apalagi yg saya bold, kalau pure mobil sipil pakai strobo, saya ga usah effort minggir deh biar dia cari jalan sendiri.. paling sering toll JORR arah soekarno htta nih.. mobil sipil pakai wiuu wiuu
Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunya
:big_peace:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Ivano »

pradit_d wrote:
PRBS wrote: Wed Apr 10, 2019 3:47
Pugman wrote: Wed Apr 10, 2019 0:20 Kalau Ambulan atau Damkar pasti langsung saya minggir atau berhenti untuk beri jalan.
Kalau ada rombongan mobil pejabat juga saya mengalah,

Tapi kalau ada mobil pakai strobo, saya lihat-lihat dulu dari spion, kalau mobil pejabat atau TNI Polri saya mengalah.
tapi kalau mobil pribadi pakai strobo, maaf-maaf aja saya kadang kesal malah saya halang-halangi..
Sama om.. setuju..

Apalagi yg saya bold, kalau pure mobil sipil pakai strobo, saya ga usah effort minggir deh biar dia cari jalan sendiri.. paling sering toll JORR arah soekarno htta nih.. mobil sipil pakai wiuu wiuu
Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunya
Jirrr...

Kalau ada act of crime, motive pasti didahulukan.

Dari cerita tersebut, si fortie paling punya motive.
Cuma coward aja, kalah speeding, beraninya pas ndak ada orang.

Semoga kita semua dijauhkan dari mahluk yg belum genap ber evolusi seperti itu.

Dan susahnya, makin banyak bibitnya:
paling mudah ditemukan stop lamp kedip, headlamp super silau etc.

Hadeuh...
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyadi »

Lampu rem model kedip-kedip, bikin bingung orang dibelakangnya. Lampu sein warna biru, siang nggak nampak. Headlamp pake LED abal2, ujung2nya bikin silau lawan. Kalo motor mika lampu rem bening, begitu direm mampus yang dibelakang. Motor2 sekarang udah pake lampu LED kalo malam lake lampu jauh, udah dikode nggak juga paham, giliran dipisuhi ngamuk dia
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Koddy »

Banyak realisasi aturan salah kaprah kok di Indonesia.
Kalau ngomong bundaran, harusnya pas keluar bundaran pasang sein kiri untuk tanda mau keluar ke arah sana. Realisasi? Hampir ga ada.

Kendaraan harusnya berkendara sesuai marka lajur, jadi pas lajur ada belok dikit, kendaraan harusnya nya ikut belok. Prakteknya? Pada ga peduli itu lajur marka. Belok dikit aja kadang dihajar lurus aja, akhirnya melenceng dari marka, bikin kacau balau.

Aturan dasar aja dulu lah.... Bus/truk berjalanlah di lajur kiri. Prakteknya, pada ambil lajur kanan, kalau perlu malah mereka zig zag.
Ga usah sampai ke arah luar kota, bus dalam kota aja, susah untuk mau berjalan khusus di lajur kiri. Maunya di kanan, dan tiba² ke kiri mendadak kalau dibutuhkan.

Problem nya sebenarnya cuma 1, yang bikin aturan dan yang seharusnya menegakkan aturan tidak mau menaati itu aturan. Sekolah mengemudi tidak menjalankan aturan dengan baik. Sopir² bus/truk rata² yang penting bisa bawa kendaraan, tanpa mau menaati aturan, sebab tidak ada hukuman berat di Indonesia. Mau teratur? Gampang sebenarnya, melanggar aturan basic misal ga mau berjalan full di lajur kiri sampai 3x, cabut SIM setahun. Ketahuan masih melanggar, dilarang lagi punya SIM 10 tahun, kalau perlu seumur hidup. Tapi ... Ntar dibilang ga pro rakyat.....

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by pernahmiskin »

Osc wrote: Wed Apr 10, 2019 9:10 Yang paling parah aturan di perempatan yang sampai sekarang banyak yg belum paham yaitu dimana saat lampu sudah berubah menjadi merah tetapi kendaraan tersendat di tengah seharusnya kendaran tersebut yg harus didahulukan, tapi yang sering terjadi banyak kendaraan yang sudah lampu hijau justru maju dan ga sedikit yang malah marah atau klakson2.. seharusnya aturan Yellow Box Junction bener2 di lakukan sosialisasi oleh pihak Kepolisian kita.
Lampu berubah merah ketika sudah melewati lampu yg awalnya hijau, masih bisa di maklumi.
(Yg dr arah lampu hijau sisi lain kudu sabar nunggu)

Tp kalau ngerti lampu sdh berubah merah tp tetap keukeuh ngeyel mentang2 didepan rapat blm terurai itu yg bikin keki (Dan ini yg sering terjadi di jalanan)

Sy setuju penerapan Yellow Box Junction benar2 di jalankan...

Biar habis itu penghasilan bulanan kalau sering melanggar...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent: