Need help: Problem Yaris ‘17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Need help: Problem Yaris ‘17

Post by Rasuano »

Halo om, tante, abang, kaka, dan sepuh2 sm

Mau tanya bbrp hal, mobil udah mulai berasa gak enak dibawanya karena bbrp hal. Mobil sy Yaris beli april ‘17 di A2K, skrg km udah 52973 on going (mobil perang sehari hari)

1. Bunyi aneh2 di pedal.
Injek pedal rem, ada bunyi “tek” pas baru injek dikit, lepas rem gaada apa2.
Pas injek pedal kopling bunyi juga “tek” tapi bunyinya pas udah mau mentok lantai, pas lepasnya agak keset dan geter, ada kaya bunyi engsel pintu “kriyeeet” lumayan kedengeran.
Itu kenapa dan harus diapain biar normal?

2. Bantingan agak keras, tapi lewat poldur masih empuk2 aja.
Setir speleng, lari ke kanan, geter dikit, dan enteng banget ga kaya biasanya. Muter setir 180 drajat kondisi berenti pasang handbrake ga seberat biasanya. FYI mobil sering dipake jkt-jatinangor yang mana kondisi permukaan jalan tol bekasi-karawang yang lagi ancur dan bbrp kali hajar lobang atau beton beda tinggi
Pertama yg harus dilakukan apakah spooring dulu atau langsung bawa ke bengkel kaki2?

3. Pas akselerasi rpm rendah gigi 2,3,4 (rpm 1000-2000), ada bunyi “klek klek klek” kaya ngelitik. Bukan dri mesin tapi dari transmisi. Setelah rpm 2000 suaranya ilang. Tapi suara ini muncul ga setiap saat, tapi sering. Wkwk
Kira2 apanya yg bermasalah? Kampas kah? Drag laher kah? Atau transmisinya?

4. Ketika shifting, rpm turun lebih cepet dari biasanya. Padahal shiftingnya alus gak ala2 balap.
Kira2 apa yang bermasalah?

5. Extra fan lebih sering nyala, padahal air radiator coolant normal2 aja

6. apakah kira2 poin2 diatas bisa diklaim garansi ke A2K? Dan kalo emang bermasalah apakah parts dan jasa masangnya free?

Mohon bantuannyaa, saya blm khatam semua parts2 mobil, masih mahasiswa, hehehee. Terimakasih!
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by P47hos »

Klo ga lihat kondisi aslinya sih belum tentu sesuai, tp kira2 aja menurut saya lho ya

1. Kemungkinan ada 2. per didalam rumah pedal mau kalah jd bunyi tek2, Klo patah nanti pedal nya ga mau balik naek musti dicongkel manual pake kaki. Bisa jg dari master kopling atas mau jebol. Bunyinya jg kriet2

2.dengan kilometer segitu kemungkinan shockbreaker nya sudah bocor, Klo kaki2 Kena ciri2nya bunyi gluduk2/dung2 klo lewat jalan ga rata. Spooring dilakukan setelah komponen yg rusak diperbaiki, klo ngga sia2 aja

3,4,5 klo ga didengar secara langsung agak susah memperkirakan. Masalah garansi, asalkan selama ini rutin servis bisa di klaim.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10997
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by marmut »

coba bantu jawab :

1. untuk rem, bisa 2 kemungkinan sumber bunyinya, dari pedal rem atau dari brake pad.
kalau dari pedal rem, bisa jadi pen / pin penahan tuas pedal rem sudah aus, atau ada hal lain di seputaran pedal yang nyangkut sehingga timbul bunyi.
untuk seputaran brake pad, bisa timbul bunyi saat awal rem diinjak karena brake pad bergeser dari dudukannya sehingga membentur kaliper.

masalah kopling, sudah pernah ganti plat kopling 1 set?
bunyi bisa timbul dari clutch release bearing (drug lager / drek laher / whatever you name it lah...), bisa juga dari fork lever / garpu kopling, atau dari si pedal kopling itu sendiri.
saya nggak ngerti kopling yaris pakai hidrolik atau kabel mekanis, andaikan pakai kabel, semua sistem mekanis yang berhubungan dengan kopling patut diperiksa (kabel penghubung dari pedal ke gearbox dan outer fork lever).
saat lepas kopling bergetar, umumnya dari clutch cover yang sudah waktunya ganti atau clutch cover yang kualitasnya jelek. kemungkinan paling parah adalah permukaan flywheel yang nempel ke clutch plate sudah tidak rata. jika benar, mau tidak mau flywheel musti dilepas dan dibubut sampai rata.
saat penggantian kopling, alangkah baik jika diganti 1 set plus pilot bearing yang berada di tengah-tengah flywheel. ganti juga kabel kopling (jika pakai kabel) apabila sudah terlihat berkarat atau pergerakannya tidak lancar. jangan coba-coba melumasi karena hanya buang waktu percuma.

2. dari KM-nya, sudah saatnya shock absorber ganti baru, plus pemeriksaan menyeluruh seputaran suspensi.
datangi saja bengkel spooring yang terpercaya, minta mereka periksa secara menyeluruh terutama suspensi depan (shock, per, support shock, bushing, tie rod, rack end, ball joint, link stabilizer).
setelah general check-up urusan suspensi, baru ketahuan vonisnya apa saja yang perlu diperbaiki / diganti. karena melakukan wheel alignment dan balancing roda tidak akan maksimal hasilnya (bisa jadi percuma) apabila ada 1 bagian saja yang sudah rusak tetapi tidak / belum diperbaiki.

3. anda yakin 100% sumber bunyi dari transmisi? tahu darimana? sudah periksa langsung?

4. kapan terakhir major tune-up?

5. itu pertanda temperatur pendingin mesin berada di angka yang cukup tinggi.
penyebabnya bisa dari kualitas cairan pendingin, radiator terhalang kisi-kisinya atau ada jalur yang mampet, bisa juga dari bilah kipas water pump sudah aus termakan korosi.
tidak menutup kemungkinan dinamo kipas pendingin sudah lemah putarannya sehingga butuh waktu lebih lama untuk membuat suhu cairan pendingin tetap stabil.

6. silahkan sambangi A2K terdekat dan konsultasi masalah klaim ini dengan pihak berwenang disana.


semoga membantu.

:beer:
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by Rasuano »

marmut wrote: Fri Mar 08, 2019 2:49 coba bantu jawab :

1. untuk rem, bisa 2 kemungkinan sumber bunyinya, dari pedal rem atau dari brake pad.
kalau dari pedal rem, bisa jadi pen / pin penahan tuas pedal rem sudah aus, atau ada hal lain di seputaran pedal yang nyangkut sehingga timbul bunyi.
untuk seputaran brake pad, bisa timbul bunyi saat awal rem diinjak karena brake pad bergeser dari dudukannya sehingga membentur kaliper.

masalah kopling, sudah pernah ganti plat kopling 1 set?
bunyi bisa timbul dari clutch release bearing (drug lager / drek laher / whatever you name it lah...), bisa juga dari fork lever / garpu kopling, atau dari si pedal kopling itu sendiri.
saya nggak ngerti kopling yaris pakai hidrolik atau kabel mekanis, andaikan pakai kabel, semua sistem mekanis yang berhubungan dengan kopling patut diperiksa (kabel penghubung dari pedal ke gearbox dan outer fork lever).
saat lepas kopling bergetar, umumnya dari clutch cover yang sudah waktunya ganti atau clutch cover yang kualitasnya jelek. kemungkinan paling parah adalah permukaan flywheel yang nempel ke clutch plate sudah tidak rata. jika benar, mau tidak mau flywheel musti dilepas dan dibubut sampai rata.
saat penggantian kopling, alangkah baik jika diganti 1 set plus pilot bearing yang berada di tengah-tengah flywheel. ganti juga kabel kopling (jika pakai kabel) apabila sudah terlihat berkarat atau pergerakannya tidak lancar. jangan coba-coba melumasi karena hanya buang waktu percuma.

2. dari KM-nya, sudah saatnya shock absorber ganti baru, plus pemeriksaan menyeluruh seputaran suspensi.
datangi saja bengkel spooring yang terpercaya, minta mereka periksa secara menyeluruh terutama suspensi depan (shock, per, support shock, bushing, tie rod, rack end, ball joint, link stabilizer).
setelah general check-up urusan suspensi, baru ketahuan vonisnya apa saja yang perlu diperbaiki / diganti. karena melakukan wheel alignment dan balancing roda tidak akan maksimal hasilnya (bisa jadi percuma) apabila ada 1 bagian saja yang sudah rusak tetapi tidak / belum diperbaiki.

3. anda yakin 100% sumber bunyi dari transmisi? tahu darimana? sudah periksa langsung?

4. kapan terakhir major tune-up?

5. itu pertanda temperatur pendingin mesin berada di angka yang cukup tinggi.
penyebabnya bisa dari kualitas cairan pendingin, radiator terhalang kisi-kisinya atau ada jalur yang mampet, bisa juga dari bilah kipas water pump sudah aus termakan korosi.
tidak menutup kemungkinan dinamo kipas pendingin sudah lemah putarannya sehingga butuh waktu lebih lama untuk membuat suhu cairan pendingin tetap stabil.

6. silahkan sambangi A2K terdekat dan konsultasi masalah klaim ini dengan pihak berwenang disana.


semoga membantu.

:beer:
1. Terimakasih om, akan saya cek
2. Saya bingung apakah nanti kalo mau klaim, pihak A2K tau bahwa mobil pernah di checkup sama non beres, apakah nanti bakal dipersulit?
3. 99% yakin om, karena saya udah nguping nyari sumber suaranya, ternyata ada di sekitar transmisi dan bagian bawah mobil. Ngupinya dari kabin sih tapiii
4. Belum om, selama ini tune up cuma di bengkel A2K saja seusuai panduan buku servis
5. Terimakasih om , nanti di cek, tapi kalo emang masalah dari air coolant, baiknya kuras radiator sekalian apa tambah aja pake yang baru?
:big_deal:


P47hos wrote: Fri Mar 08, 2019 1:32 Klo ga lihat kondisi aslinya sih belum tentu sesuai, tp kira2 aja menurut saya lho ya

1. Kemungkinan ada 2. per didalam rumah pedal mau kalah jd bunyi tek2, Klo patah nanti pedal nya ga mau balik naek musti dicongkel manual pake kaki. Bisa jg dari master kopling atas mau jebol. Bunyinya jg kriet2

2.dengan kilometer segitu kemungkinan shockbreaker nya sudah bocor, Klo kaki2 Kena ciri2nya bunyi gluduk2/dung2 klo lewat jalan ga rata. Spooring dilakukan setelah komponen yg rusak diperbaiki, klo ngga sia2 aja

3,4,5 klo ga didengar secara langsung agak susah memperkirakan. Masalah garansi, asalkan selama ini rutin servis bisa di klaim.
Terimakasih om, nanti akan saya cek. Btw selama ini saya selalu servis rutin ke beres A2K walaupun kadang telat 1000-1500km dr seharusnya. Saya ke non beres cuma pasang exhaust full system aja kok dan ganti oli + filter oli
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by Jindanjun »

Angkut ke auto2000 aja om mumpung masih garansi, apa yg hrs diganti klaim aja
ap kt nt aj
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by martinnn »

check up ke auto2000 aja dulu om.... masih garansi kan
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by Penikmat_Kopi »

Deleted
Sorry gue salah masukin postingan nih
Tdp89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Bmw

Re: Need help: Problem Yaris ‘17

Post by Tdp89 »

Rasuano wrote: Thu Mar 07, 2019 17:14 Halo om, tante, abang, kaka, dan sepuh2 sm

Mau tanya bbrp hal, mobil udah mulai berasa gak enak dibawanya karena bbrp hal. Mobil sy Yaris beli april ‘17 di A2K, skrg km udah 52973 on going (mobil perang sehari hari)

1. Bunyi aneh2 di pedal.
Injek pedal rem, ada bunyi “tek” pas baru injek dikit, lepas rem gaada apa2.
Pas injek pedal kopling bunyi juga “tek” tapi bunyinya pas udah mau mentok lantai, pas lepasnya agak keset dan geter, ada kaya bunyi engsel pintu “kriyeeet” lumayan kedengeran.
Itu kenapa dan harus diapain biar normal?

2. Bantingan agak keras, tapi lewat poldur masih empuk2 aja.
Setir speleng, lari ke kanan, geter dikit, dan enteng banget ga kaya biasanya. Muter setir 180 drajat kondisi berenti pasang handbrake ga seberat biasanya. FYI mobil sering dipake jkt-jatinangor yang mana kondisi permukaan jalan tol bekasi-karawang yang lagi ancur dan bbrp kali hajar lobang atau beton beda tinggi
Pertama yg harus dilakukan apakah spooring dulu atau langsung bawa ke bengkel kaki2?


3. Pas akselerasi rpm rendah gigi 2,3,4 (rpm 1000-2000), ada bunyi “klek klek klek” kaya ngelitik. Bukan dri mesin tapi dari transmisi. Setelah rpm 2000 suaranya ilang. Tapi suara ini muncul ga setiap saat, tapi sering. Wkwk
Kira2 apanya yg bermasalah? Kampas kah? Drag laher kah? Atau transmisinya?


4. Ketika shifting, rpm turun lebih cepet dari biasanya. Padahal shiftingnya alus gak ala2 balap.
Kira2 apa yang bermasalah?


5. Extra fan lebih sering nyala, padahal air radiator coolant normal2 aja


6. apakah kira2 poin2 diatas bisa diklaim garansi ke A2K? Dan kalo emang bermasalah apakah parts dan jasa masangnya free?


Mohon bantuannyaa, saya blm khatam semua parts2 mobil, masih mahasiswa, hehehee. Terimakasih!
1. Kalau rem biasanya dari kampas rem, plat yg ada d kampas rem uda ga normal... Sy pernah bbrp kali ngalamin... (Ga bisa klaim biasanya)
Kalau kopling kemungkinan dr per pembalik untuk bunyi tek kalau kriet dr shift fork kering, kalau mau hilang turun transmisi, kasih grease yg bagus d shift fork... (Ga bisa klaim biasanya)

2. Coba cek steering rack nya... Penyakit mbl pakai EPS di toyota... (Minta d cek sama TL nya aja, kalau masalah dr steering rack bisa klaim)

3. Problem yaris biasanya ngelitik mesin klo rpm rendah... Transmisi belum pernah denger ada masalah...

4. Cek throttle body nya, minta bersihin tapi jangan cuma d semprot ke a2k. Biasanya cm d semprot pakai engine conditioner foam sm teknisi nya.

5. Yang nyala fan mesin atau AC? Minta cek data list pakai scanner normal atau tidak temperature mesin dan pembacaan sensor suhu udara luar.

6. Selama masih dalam range masa garansi dan perawatan rutin d dealer resmi bisa. Part dan jasa free. Biasanya kena jasa hanya saat periksa aja.