Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by newcity_vtec »

Sore suhu2 semua.

Newbie selama ini pelihara mesin diesel semua, untuk bensin cuma roda 2 saja.
Baru2 ini baru meminang mobil bermesin 2az-fe.
Adakah hal2 yg harus dilakukan dalam perawatan selain hanya ganti oli saja? Semisal seperti setel klep atau ada hal2 lain?

Biasanya rawat diesel yg jadul cuma ganti oli, cek radiator dan bersihin saringan udara saja.

Mohon bimibingannya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by qushay20019 »

Kalo boleh tau mobilnya apa om?
Ane bukan ahli sih, cuma emang selama ini lebih banyak miara mobil bensin daripada mobil diesel.
Kalo mesin bensin modern kayaknya gak ada lagi stel klep deh, kecuali mesin2 motuba ya.

Kalo yang rutin/ fast moving part yang paling ganti segala macam oli sama busi.
Kalo mau peremajaan ya mirip2lah dengan mobil diesel, kecuali urusan busi tadi. Kalo baru angkut second, perlu cleaning juga kayak mobil diesel, misalnya carbon cleaning, intake cleaning, throttle cleaning, catalytic cleaning, kuras tangki dll. FIlter bensin gak perlu ganti sesering filter solar, karena di beberapa mobil filter ini intergrated dengan pompanya, jadi bisa2 rada mahal tergantung jenis mobilnya . Pengalaman ane sih baru pernah ganti filter bensin di City VTEC '07 pas di km 80 ribuan, usia 11 taun tuh mobil. Ternyata gak mahal2 amat, total cuma 500 ribuan di Beres H tegak. Kalo filter bensin SX4 lama malah 3 jutaan pas ane tanya2 ke Beres S kotak2 krn katanya nyatu ama pompanya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by marmut »

2az-fe termasuk salah satu mesin yang interval perawatannya cukup panjang. tapi sekalinya dibongkar ya jangan kaget....

bisa dimulai dari cek visual masalah kebocoran ataupun rembesan oli mesin mulai dari bagian atas (seputaran valve cover : tutup pengisian oli, seal selongsong busi, paking tutup klep), sampai bagian bawah (seal kruk as depan-belakang, paking oil pan, dan kawan-kawannya).

setelah itu boleh diperiksa kondisi inlet port mulai dari airbox beserta filternya, sensor-sensor yang berada di inlet port (bersihkan apabila perlu), throttle valve, sampai intake manifold.
perlukah di carbon clean? andai punya borescope, lebih enak lagi vonisnya. kalau nggak salah info, sekarang sudah ada borescope yang bisa PnP ke handphone android dan harganya hanya setara 1 liter oli. setelah periksa visual dengan borescope nanti ketauan musti carbon clean atau cukup italian tune up.

untuk busi, saya tidak tau jenis apa yang dipakai. misal belum iridium, boleh dibelikan jenis iridium dan langsung dipasang supaya interval penggantiannya lebih lama serta percikan bunga api lebih konstan. jangan lupa pilih nilai panas yang disarankan manual book. nggak usah aneh-aneh pake busi resing segala macem kecuali setiap hari anda berpacu di lintasan 402 meter.

masalah klep, musti diperiksa menggunakan feeler gauge kerenggangannya. apabila ada yang tidak sesuai dengan yang direkomendasi pabrik, mau tidak mau lifter diganti dengan yang sesuai ukurannya.
jika penyetelan klep sudah selesai dan tepat, penyetelan klep berikutnya boleh dilakukan lagi paling cepat 5-6 tahun kemudian dengan catatan penggunaan oli asli dan penggantiannya (berikut filter) tidak melewati batas yang ditetapkan.

semoga membantu.




:beer:
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by newcity_vtec »

@qushay20019 : mobilnya toyota estima Om. Mesinnya 2az-fe.

@marmut: pada saat pengecekan, bagian bawah yg buat penampungannya ada basah rembesan oli. Sudah langsung diperbaiki sama saya. Borescope itu apa ya om?
Kalau busi yg standart saja Om kalau baca dr sarannya. Mobil jenis MPV soalnya.
Jd klep ndak harus sering distel ya Om.

Sama saya cari OBD bluetootth uk mobil estima JDM ndak ada yang cocok . Pakai ELM327 mini yg biru (kayanya palsu - circuit boardnya cuma 1) sama konwei kw902 elm327 ndak tembus baca ECU-nya.
Software sdh coba pakai torque, toyosys dll ndak bisa juga.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by marmut »

borescope itu kamera kecil bentuknya seperti selang agak panjang, kalo pernah endoskopi di rumahsakit, naahhh..... itu dia.....

busi standar itu ada 3 macam bahan om, copper (sudah mulai jarang dipakai), platinum, dan iridium.
yang mana standarnya 2az-fe?
saran saya sih kalau masih copper, upgrade saja ke iridium semisal ada dananya. kalau tidak, platinum sudah cukup.
karena kalau standarnya masih copper, serba salah om..... lifespan cuma 1 tahun. misal mobil jarang dipakai, lebih singkat lagi lifespan-nya.

urusan obd (mumpung lagi malam jumuah) silahkan disambat b8099ok. jangan lupa sajen musti komplit supaya beliau segera nongol.
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by newcity_vtec »

Om @b8099ok ada rekomendasi OBD2 bluetooth dan software yg bisa tembus untuk mobil estima JDM ACR50 tahun 2006?
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by devin96 »

Setau saya kalo mobil2 toyota udh ga perlu setel klep lagi om, yg perlu setel klep mobil2 honda baik yg jadul maupun yg baru2. Paling ya rawat standar aja kaya ganti oli mesin, minyak rem, transmisi. Sisanya kayak tune up yg mencakup bersihkan busi, filter udara, throttle body, maf sensor. Filter bensin toyota biasanya di ganti di km 80 rb, diganti lebih cepet lebih baik, sebenernya bsa dibersihkan sih cuma ga semua bengkel mau. Kalopun mau ada biaya tambahan (biasanya ini model filter bensin yg ada di dalem tanki bensin yg nyatu sama filter screen nya/ teh celup). Kayak ge8 saya dulu pas di tune up di bengkel umum filter bensinnya juga dibersihin, sedangkan di bengkel lain klo mau bersihin filter bensin dlm tangki kena biaya tambahan.

sama paling bisa di carbon clean kalo km nya udh cukup tinggi
johntumbol
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Dec 23, 2009 9:17

Re: Merawat mesin bensin khususnya 2az-fe

Post by johntumbol »

https://youtu.be/cdvjVnwE4Ec
Problem utama pada mesin 2az-fe menurut scott kilmer.