Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by nylekamin »

erwinign wrote:
nylekamin wrote: Mon Feb 04, 2019 12:54 Tol trans jawa udah jadi malah bikin yang cc nya kecil..makin boyo dan meraung2 mesinnya ateuh..

Bikin yg versi 2000cc gitu dong..biar lebih kekar. Bisa nyaingin Innova sm Cortez apalagi Xpander udah ada cruise control jg..
Saya pingin nya pasangin mesin mr18 livina udah seneng om. Cuma kalo di remap sama mbah bebok yg mesin sekarang ini, hp sama torque nya bs nyamain mr18 livina di atas kertas
Iyess harusnya malah ditingkatin mesinnya..minimal 1800 cc..bukan malah downspec..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by kunaskun »

mestinya si gampang ya, si nissan aja enjin sejuta umat: HR series, ada HR12DE yang udah dipake datsun family, dan bisa di pairing dengan CVT jadi irit d. nah soal akselerasi yang akan jadi PR karena xpander standard aja beratnya sudah 1,4 ton = tambah ga bisa lari.

daripada masukin mesin MR18DE yang pasti org indo, akan teriak: 1800cc pasti boros lah, pajak mahal, dsb. karena org indo ga peduli dan emang ga mau peduli soal power to weight ratio.

paling ideal masukin HR12DDR, HR12DE dengan supercharger jadi mirip mesin 1500cc. mesin paling umum nissan di ASEAN, jadi mestinya lebih mudah untuk rakit. nanti sekalian dipasang di nissan micra (march K14) yang sampe sekarang ga di jual di Asia entah kenapa.
atau sekalian HR12DDT, turbo, mesin original qashqai dan juke juga di yurop.

ada juga diesel legendaris nissan, seri K9K. yang sempet di pinjem Merc untuk A class. mesin diesel sejuta umat nissan renault di europe.

cuma semuanya nyaris mustahillah. menurut saya ini kerjaan iseng mitsu saja, biar masyarakat aware kalau eh xpander itu beda kelas dengan avanza, harusnya disamain dengan veloz.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Michaelktp »

Yup, paling hanya iseng saja itu MMC Japan walaupun keluarga mesin Mitsu 4A9 memang ada 3 displacement : 4A90 (1.3L), 4A91 (1.5L) dan 4A92 (1.6L). Tapi sangat tidak make sense jika PT. MMKYSI harus merakit Xpander dengan Mitsu 4A90 hanya demi menyaingi Avanza 1.3L ckckck
pcx wrote: Sat Feb 09, 2019 6:08 -Cut-
Mitsubishi adalah keiretsu tertua Jepun yang menguasai semua lini bisnis semacam perbankan & financial, heavy industries bahkan alutsista militer Jepun sejak dulu sampe sekarang :frm_salut:
Yang sayangna ini malah membuat divisi otomotif Mitsu menjadi anak tiri Mitsu grup Jepun :e-doh:

-Cut-
Exactly, karena itu saya mau ketawa saja jika ada yang bilang bahwa Mitsubishi Group (MG) Japan kesulitan finansial tahun 2004-2005 sehingga Mitsucars Indo DM vakum sejak 2004-2009. Mitsubishi UFJF Group adalah perbankan dan industri finansial yang terbesar di Japan dan salah satu dari 10 terbesar di dunia. Ya sudah lha hahaha
Yang benar memang MMC Japan tahun 2004 dihukum MG Japan karena ketahuan nakal sejak tahun 1977 sehingga divisi commercial: Fuso jatuh ke tangan Daimler AG.