Kia Indonesia Bubar?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by mangujo »

Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 9:02
mangujo wrote:
Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 5:26 Semua tergantung prinsipal.......it's all about money

Katanya si Hyunde mau buka pabrik di sini, kita lihat lah....asal jangan PhP aja
Wow itu juga menarik sih Hyundai berani jg akhirnya. Kia bisa nebeng gak?
Bosen aku liat mobil terlalu mainstream di jalan om
Liat KIA rio baru aja sedikit sumringah meski harganya mahal udh 250jt (menang sunroof)

nunggu Kona rakitan lokal di harga 350jt full spek
Coba om Fax / e mail aja ke pihak Hyundai Motor Korea

tanya ke mereka gimana rencana utk Indonesia

kalo ane liat selama hampir 10 tahun belakangan, ane liat grup Hyundai lebih fokus jualan mobil di pasar yang City Car / Hatchback / Cross Over / SUV monocoque / Big sedan / Luxury sedan laku keras

Lha pasar ASEAN kan demennya
- SUV ladder frame (Thai / Phil / Indo)
- MPV ladder frame (Indo / Phil / Malay / Thai)
- LMPV (Indo)
- D Cab (Thai / Malay / Indo)

si H miring kayaknya gak pernah fokus utk garap ASEAN market, mungkin :
- Kalo mau cetak volume, mrk harus develop model2 khusus utk ASEAN market
- Model2 yg mereka udah miliki sejauh ini bila dijual di ASEAN market yaaa sulit utk cetak sales volume sebesar di negara maju
- Cengkeraman Dai Nippon sudah teramat sgt kuat di ASEAN, mereka malas utk lawan Frontal

di sisi lain, si POSCO udah menjadi bagian ekosistem manufaktur mobil di ASEAN........mungkinkah POSCO bilang ke si H miring :
"Eh elu jangan ganggu2 area sini ya, ini kue gw.......dah kue elo di zona lain, gw gak ganggu juga"

sambil diketahui Kementrian Perindustrian KorSel misal.........

who knows

akakakkakaka
Waduh om kayanya gakan deh sampe ngemail ngefax mah :e-dance:

Bener banget om selera org asean yg saya sebut mobil mainstream itu ada di kategori itu semua

Ladder frame... Ini kan peruntukkan buat offroad yah, apa jalanan kita ini seburuk itu sampe org2 lebih prefer mobil offroad yah.
Aku gak tau kalo cuma sekedar di jalanan kota itu kapabilitas CRV / CX-5 / X-Trail apa masih kalah mumpuni misal ada jalan berlubang / menggenang..
Yg aku liat banyak org salah kaprah sama mobil T dan M itu dianggap mobil mewah :e-naughty:
Mungkin karena banyak pejabat yg pake? Jd kebentuk stigma itu.
Kia / Hyundai harusnya coba main ini juga dengan bikin face yg gak kalah keren

Sementaraa LMPV
Makiiiin mahallllllllllllll aja. Sekarang udh mau masuk 300jt. Perkiraan 2 taun lagi tembus lah.
Salut sama Wuling berani main harga, mudah2an KIA Hyundai bikin lmpv yg murah dan banyak fitur juga hehe

Jadi kesimpulannya setuju pake cara Wuling, ikutin aja segmen yg paling rame tp kasih fitur lebih dan harga murah. Meski Wuling gak mengedepankan fun to drive atau tenaga gede, rasanya beda fokus sama Kia Hyundai yg diluar sana banyak ngasih mesin dan transmisi yg oke
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Jindanjun »

Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
ap kt nt aj
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Turboman »

Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Jindanjun »

Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31
Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Dana besar + pdkt G2G....resep sukses di indo :big_okay: :big_exellent:
ap kt nt aj
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Senargitar »

Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31
Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Wah ada dibantu G2G jg ya... kalau yg japanese jg ada “back up” G2G jg gak om?
atmos01
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat Oct 22, 2016 3:13

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by atmos01 »

Senargitar wrote: Tue Mar 05, 2019 12:46
Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31
Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Wah ada dibantu G2G jg ya... kalau yg japanese jg ada “back up” G2G jg gak om?
Japanese di sini sih pastinya banyak fasilitas spesial dari goverment. Impor bahan baku saja ada scheme USDFS IJ EPA di mana bahan mentah dari jepang bebas bea masuk. Setiap kali ada policy yang menghambat industri otomotif jepang juga mereka tinggal protes ke pemerintah hehe, maklum kan otomotif jepang sudah invest begitu besar di sini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Turboman »

Senargitar wrote:
Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31
Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Wah ada dibantu G2G jg ya... kalau yg japanese jg ada “back up” G2G jg gak om?
Jepun mah paling jagoan dalam hal ini

emangnya segala pinjaman / bantuan JICA itu semua cuma2 begitu aja ?

hoahoahohaoa
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Tampanman »

Bulgogi wrote: Thu Jan 31, 2019 15:08 Ngga cuma KIA, atpm yg cm mengandalkan CBU pada terancam.. ini pemerintah lagi galak sm yg impor barang2 tersier..

Ignis & baleno juga denger2 kena semprot pemerintah..
Kalo mazda gimana om?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by alvin23 »

Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 16:09
Senargitar wrote:
Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31 yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Wah ada dibantu G2G jg ya... kalau yg japanese jg ada “back up” G2G jg gak om?
Jepun mah paling jagoan dalam hal ini

emangnya segala pinjaman / bantuan JICA itu semua cuma2 begitu aja ?

hoahoahohaoa
Wah kalo jepun jagoan, Tiongkok apa tu. Lebih sakti lagi wkwk. Tanpa FS jg duit keluar
Rocky R ADS CVT 2021
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by iwansiagian »

mangujo wrote:
Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 9:02
mangujo wrote: Wow itu juga menarik sih Hyundai berani jg akhirnya. Kia bisa nebeng gak?
Bosen aku liat mobil terlalu mainstream di jalan om
Liat KIA rio baru aja sedikit sumringah meski harganya mahal udh 250jt (menang sunroof)

nunggu Kona rakitan lokal di harga 350jt full spek
Coba om Fax / e mail aja ke pihak Hyundai Motor Korea

tanya ke mereka gimana rencana utk Indonesia

kalo ane liat selama hampir 10 tahun belakangan, ane liat grup Hyundai lebih fokus jualan mobil di pasar yang City Car / Hatchback / Cross Over / SUV monocoque / Big sedan / Luxury sedan laku keras

Lha pasar ASEAN kan demennya
- SUV ladder frame (Thai / Phil / Indo)
- MPV ladder frame (Indo / Phil / Malay / Thai)
- LMPV (Indo)
- D Cab (Thai / Malay / Indo)

si H miring kayaknya gak pernah fokus utk garap ASEAN market, mungkin :
- Kalo mau cetak volume, mrk harus develop model2 khusus utk ASEAN market
- Model2 yg mereka udah miliki sejauh ini bila dijual di ASEAN market yaaa sulit utk cetak sales volume sebesar di negara maju
- Cengkeraman Dai Nippon sudah teramat sgt kuat di ASEAN, mereka malas utk lawan Frontal

di sisi lain, si POSCO udah menjadi bagian ekosistem manufaktur mobil di ASEAN........mungkinkah POSCO bilang ke si H miring :
"Eh elu jangan ganggu2 area sini ya, ini kue gw.......dah kue elo di zona lain, gw gak ganggu juga"

sambil diketahui Kementrian Perindustrian KorSel misal.........

who knows

akakakkakaka
Waduh om kayanya gakan deh sampe ngemail ngefax mah :e-dance:

Bener banget om selera org asean yg saya sebut mobil mainstream itu ada di kategori itu semua

Ladder frame... Ini kan peruntukkan buat offroad yah, apa jalanan kita ini seburuk itu sampe org2 lebih prefer mobil offroad yah.
Aku gak tau kalo cuma sekedar di jalanan kota itu kapabilitas CRV / CX-5 / X-Trail apa masih kalah mumpuni misal ada jalan berlubang / menggenang..
Yg aku liat banyak org salah kaprah sama mobil T dan M itu dianggap mobil mewah :e-naughty:
Mungkin karena banyak pejabat yg pake? Jd kebentuk stigma itu.
Kia / Hyundai harusnya coba main ini juga dengan bikin face yg gak kalah keren

Sementaraa LMPV
Makiiiin mahallllllllllllll aja. Sekarang udh mau masuk 300jt. Perkiraan 2 taun lagi tembus lah.
Salut sama Wuling berani main harga, mudah2an KIA Hyundai bikin lmpv yg murah dan banyak fitur juga hehe

Jadi kesimpulannya setuju pake cara Wuling, ikutin aja segmen yg paling rame tp kasih fitur lebih dan harga murah. Meski Wuling gak mengedepankan fun to drive atau tenaga gede, rasanya beda fokus sama Kia Hyundai yg diluar sana banyak ngasih mesin dan transmisi yg oke
Ini om jawaban kualitas jalan nya [emoji4]
Screenshot_20190306-073609_Twitter.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by diesel »

Udah sebulan ini liat plang merek KIA di showroom bekas Renaut di Indomobil Pantai Indah Kapuk. Apakah KIA susah di hand over ke Indomobil Group ?
Ryukent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Ryukent »

Turboman wrote: Tue Mar 05, 2019 12:31
Jindanjun wrote:Pasar indo sepertinya too big to be ignored...tapi too risky to be entered.

Perlu keluar banyak modal: R&D spesifik khusus indo, bangun pabrik, bangun jaringan dealer dan bengkel, mesti sabar bangun image utk long-term, ditambah mesti pinter2 nego sama local authority...intinya butuh komitmen jangka panjang dan keberanian luar biasa.
yes yes yes.....betul tu istilahnya

buat pemain baru mau masuk ke Indo ibarat masuk ke sarang penyamun......akakakaka

kalo Wuling qq SAIC itu BUMN RRC......dana mereka gak berseri + dibantu PDKT G2G

CMIIW
Pingin beli confero S, soalnya lmpv lainnya uda di luar budget. Kira Kira dengan kondisi sekarang, jaringan dealer yang sudah Ada, penjualan sekitar 600unit perbulan, itu uda termasuk kategori Aman gak ya after sales and service untuk pemakaian 10 tahun ke depan? Atau mending wait and see dulu untuk sementara? Mohon p ndapatnya...
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by diesel »

diesel wrote: Wed Mar 27, 2019 11:28 Udah sebulan ini liat plang merek KIA di showroom bekas Renaut di Indomobil Pantai Indah Kapuk. Apakah KIA susah di hand over ke Indomobil Group ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Pboyz97 »

diesel wrote: Sat Mar 30, 2019 7:57
diesel wrote: Wed Mar 27, 2019 11:28 Udah sebulan ini liat plang merek KIA di showroom bekas Renaut di Indomobil Pantai Indah Kapuk. Apakah KIA susah di hand over ke Indomobil Group ?
Sudah di pegang indomobil bagian purnajualnya saat ini om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Pboyz97 »

casabalancas wrote: Sun Feb 10, 2019 9:46 Tapi kalau dibilang pemerintah memperketat impor, Mazda kok keliatannya masih lancar2 aja ya ?

Ya mungkin KIA juga makin kesini makin dikit yang beli, secara disaat pabrikan jepang sudah mulai insyaf jor2an spek, KIA ttp pelit spek, selain itu volume maker mereka all new Picanto juga tidak kunjung launching. Sampai tahun 2017 kan penjualannya KIA masih lumayan karena Picantonya, waktu itu sekitar tahun 2010an Sportage juga sempat booming, tapi setelah itu harga Sportage naik terus dan setelah keluar all new sportage malah tidak ada yang beli.

Kebetulan di sekitar tahun 2014 saya pernah beli Ford & salesnya ex. sales KIA, dia curhat kenapa pindah katanya sistem komisi di KIA gak umum dan cairnya lebih lama dari merk mobil lain (kalau tidak salah sekitar 3 bulan) entah benar apa tidak curhatannya beliau, tapi kalau benar ya mungkin karena sistemnya agak gak umum bikin sales gak niat jualan dan milih pindah ke brand mobil lain.
Mazda walaupun CBU semua tapi fiturnya lengkap & kebanyakan full spec. Sedangakan kalau KIA, terkendala di Fiturnya yg banyak disunat dibanding versi LN nya, serta citra image mobil korea yg gak sekuat mobil jepang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Thu Jul 04, 2019 13:15 Mazda walaupun CBU semua tapi fiturnya lengkap & kebanyakan full spec. Sedangakan kalau KIA, terkendala di Fiturnya yg banyak disunat dibanding versi LN nya, serta citra image mobil korea yg gak sekuat mobil jepang
karena mazda main "aman", ga usah kejer volume, masuk niche market = sengaja jual mahal. masuk ke org yg mau beli european tapi ragu2 durability/service/non jepang/ga ada part kw.

dan didukung tampilan luar dalem yang emang bagus + banjir fitur karena memang bisa jual mahal :mky_08:

korean di Indo udah sekian tahun masih gitu2 aja, ya ga aneh, kalau akhirnya mundur sendiri. karena serba tanggung, maunya import doang, bangun pabrik kaya ga berani. padahal di india, malaysia, thailand bisa bagus karena ada pabrik/assembly.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Astargea »

^^haha sejak kapan merek koreya di thailand bagus? Kagak punya pabrik disana, mau CBU dari Korea harganya ga masuk akal sama sekali (beda kebijakan disana, kalo impor mobil dari luar ASEAN harganya plus plus) ya akhirnya kondisi mereka (Hyundai-Kia) sebetulnya lebih parah daripada di Indonesia. Yang rada 'laku' cuma Hyundai H-1, itu aja impor dari Indonesia dari pabrik Hyundai di Bekasi.

Itulah mengapa Hyundai ngebet bikin pabrik baru di sini. Bisa 'unlock' seluruh ASEAN.

Tadi ada yang bilang Mazda aman-aman aja? Hahaha, kalo aman kenapa pindah distributor 2017 kemaren? Jaringan aftersales juga menyusut parah semenjak dibawah Eurokars, pelayanan makin oke sih tapi dealer/servicenya dikit banget, kalo mau servis mesti booking baru dapet 1-2 minggu. Kalo aman mah aftersales nambah.

Intinya, selama gak punya pabrik di Indonesia, hidup sebuah ATPM tidak akan bisa tenang :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Pboyz97 »

Astargea wrote: Thu Jul 04, 2019 14:42 ^^haha sejak kapan merek koreya di thailand bagus? Kagak punya pabrik disana, mau CBU dari Korea harganya ga masuk akal sama sekali (beda kebijakan disana, kalo impor mobil dari luar ASEAN harganya plus plus) ya akhirnya kondisi mereka (Hyundai-Kia) sebetulnya lebih parah daripada di Indonesia. Yang rada 'laku' cuma Hyundai H-1, itu aja impor dari Indonesia dari pabrik Hyundai di Bekasi.

Itulah mengapa Hyundai ngebet bikin pabrik baru di sini. Bisa 'unlock' seluruh ASEAN.

Tadi ada yang bilang Mazda aman-aman aja? Hahaha, kalo aman kenapa pindah distributor 2017 kemaren? Jaringan aftersales juga menyusut parah semenjak dibawah Eurokars, pelayanan makin oke sih tapi dealer/servicenya dikit banget, kalo mau servis mesti booking baru dapet 1-2 minggu. Kalo aman mah aftersales nambah.

Intinya, selama gak punya pabrik di Indonesia, hidup sebuah ATPM tidak akan bisa tenang :ngacir:
Iya sih, saya sebagai owner 2 gen CX5 (2013 dan 2018) merasakan kok, kalau akhir2 ini jumlah dealer mazda makin lama makin turun entah kenapa. Walaupun pelayanannya makin bagus sih semenjak diambil alih sm EMI. Iya nih, dulu pas mau servis 10K CX5 Elite 2018 saya, mesti inden 2 minggu dimuka, kalau gak bakal gak kebagian terus karena dealer tempat saya biasa service kewalahan buat nanganin servis mobil customernya :big_cry: .


Yg pasti, kalau volume penjualan stabil dan konsisten (gak naik turun drastis tiap bulan) menurut saya bakal aman2 saja, sama secara konsisten ngasih produk yang punya nilai plus di banding lawan2 nya (misalkan mazda, dengan konsisten menghadirkan produk fullspek dan full fitur, penjualannya masih stabil (walaupun harus dibayar dengan harga yang lebih mahal di banding lawan sekelasnya). Semoga aja mazda mau buat pabrik disini kaya Hyundai
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by Pboyz97 »

ginting wrote: Mon Feb 25, 2019 6:18
casabalancas wrote: Mon Feb 25, 2019 1:57
kunaskun wrote: Sun Feb 24, 2019 13:03
ah maksud saya, Indomobil jadi lepas Nissan? karena tahun lalu Indomobil lepas saham di NMI banyak untuk nutup rugi.
https://www.cnbcindonesia.com/market/20 ... epemilikan

eh ternyata hanya 5%.. :mky_01: https://www.motoris.id/industri/industr ... am-nissan/



nah malah baru tahu Indomobil di Suzuki lebih sedikit.

soal SP Concept malah baru ngeh ini akan jadi global: https://www.autocarindia.com/car-news/p ... ded-411069

modelnya si ala2 crossover zaman now ya, agak ingetin dengan hyundai creta. tapi ga terlalu laku banget sebenernya di India, karena ya market india itu doyannya brg suzuki.
Yang penting Indomobil gak khilaf harga aja seperti dulu jualan Ssangyong.

Jadi OOT nihh, kira2 ada yang minat jualin Ssangyong lagi gak yaa, secara millennials Indonesia kan hidupnya sudah terpengaruh K-pop.

Sebenarnya pabrikan korea bisa ajak artis K-pop jadi brand ambassador dan undang mereka tiap launching produk, abg2 itu juga langsung ngerengek ke orang tuanya minta dibelikan mobil seperti sang idola,
baru kemudian sang Ayah mematahkan impian anaknya, sudahlah dek, dari dulu kan kita selalu pakai triple elips, H tegak atau S, buat apa kita ganti mobil yang bengkelnya jauh dari rumah.


wkwkwk maaf jadi bikin cerpen :mky_01:
Yang ane Bold di atas....
Akhirnya anaknya buka trit di SM berjudul "Impianku akan mobil idola dari Korea dipatahkan Papa, what should I do ?

Lalu jawaban oom oom disini sudah bisa ditebak seperti apa. :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Menurut saya, wajar sih kalau pakai artis K-pop sebagai brand ambassadornya ,mobil korea, pake brand ambassadornya juga artis korea, apalagi artis K-pop yang lagi naik daun dan tembus pasar internasional. Kemungkinan besar produk mereka bakal naik penjualannya, karena itu salah 1 teknik marketing juga sih, dengan memakai artis yang lagi naik daun, pasti konsumen bakal berpikir, kalau mobil tersebut ok, karena idola mereka yg make , jadi konsumen tertarik buat beli hehehe :mky_01:

Kalau yang terakhir, saya cuma bisa ketawa aja deh :wkkk:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
bravely88
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Nov 27, 2017 22:06

Re: Kia Indonesia Bubar?

Post by bravely88 »

dikampung saya mobil mewah itu yang bensinnya boros, sparepartnya gak ada KW dan bengkel resminya mesti ke ibukota provinsi atau ladderframe yang kinclong dan pake strobo. vnt bekas aja gengsinya bagaikan langit dan bumi dibanding mobil keluaran terbaru yang harganya mirip2. kia hyundai termasuk mobil mewah dikampung saya soalnya jarang berkeliaran :mky_01: