Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by newcity_vtec »

Jambangan wrote: Fri Jan 04, 2019 6:27
newcity_vtec wrote: Thu Jan 03, 2019 14:22 Malam para suhu,
apakah mesin kendaraan mobil setelah berjalan semisal 150 rb km wajib dioverhaul atau tidak ya?
Sama kalau mesin camry 2.4 yg 2az-fe dibagian bawah bunyi agak kasar kenapa ya?
Suara kasarnya kyk gmn om?
Ini lagi mau saya minta orng untuk cek lagi Om
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by newcity_vtec »

@lonely1999: rem mobilnya kalau injekan pertama kali dalam ndak Om?
Ini injekan pertama kali dalam tetapi berikutnya normal.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by lemonadelovers »

SilentReader wrote: Fri Jan 04, 2019 6:29 Info saja truck Hino type 235 JW tahun 2010 saya beli dari baru km sekarang sudah 780.000 ++ asap masi minim, tenaga masi ok,,, perawatan hanya ganti oli rutin... [emo-mark-A]
Olinya pakai apa om?
Kadang saya mikir mobil diesel turbo commonrail jepangan cukup meditran sx aja, tp ganti oli di 5000km drpd pakai oli mahal2 toh sertifikat kualitasnya sama aja
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by W42d »

coklatMetalik wrote: Fri Jan 04, 2019 6:08
W42d wrote: Fri Jan 04, 2019 5:48 Sekalian numpang tanya ya om. Tokisul 1.8 EFI taun 2004 KM cuma 54.000 kondisi jarang jalan. Ganti oli biasa setahun sekali karena kelupaan tp blm melebihi 3.000 KM. Sekarang oli rembes sampe netes sedikit2. Kata bengkel harua ganti packing. Cuma saya merasa ada suara tektektek yg lebih keras dari biasanya. Apakah harus turun mesin total?
Ganti packing karternya om, dulu sy ganti di beres 210rb

Klo suara tektektek gk normal itu setau sy masalah di Hydraulic Lifter di klepnya om, coba aja diperiksa bagian itu di bengkel. Bisa jg dr aliran oli ke klep itu kurang lancar, bisa krn jalur olinya mampet atau pompa olinya loyo...

CMIIW
Ga trlalu mahal juga ya om harganya. Coba besok2 saya bawa ke beres buat cek up. Mmg kalo abis starter ga lgsg mati tanda oli nya. Butuh 1.5 detikan.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Pugman »

newcity_vtec wrote: Thu Jan 03, 2019 14:22 Malam para suhu,
apakah mesin kendaraan mobil setelah berjalan semisal 150 rb km wajib dioverhaul atau tidak ya?
Sama kalau mesin camry 2.4 yg 2az-fe dibagian bawah bunyi agak kasar kenapa ya?
Ga ada yang pasti kapan harus di overhauled, selama perawatan berkala berjalan dengan baik maka bisa menempuh jarak yang lebih jauh sebelum overhauled

Contohnya Grup operator Bus Mercedes Benz Indonesia yang anggotanya banyak yang bisa mencapai 1juta km tanpa overhauled

https://news.okezone.com/amp/2016/08/26 ... -indonesia

JAKARTA - Mengapresiasi konsumen armada bus di Indonesia, Mercedes Benz Indonesia mengadakan Mercedes Benz Bus Club of Millionaires 2016.

Perusahaan-perusahaan tersebut telah memenuhi kriteria yang ditentukan, yakni menggunakan bus Mercedes Benz dengan vehicle identification number (VIN) sejak 2005, memiliki 50 unit bus, dan mencapai angka jarak tempuh 1 juta kilometer.

Managing Director for Commercial Vehicle Mercedes Benz Distribution Indonesia Ralf Kraemer mengatakan, Mercedes Benz Bus Club of Millionaires didedikasikan atas kepercayaan konsumen pada bus merek Mercedes Benz.

"Kami secara spesifik mendedikasikan ini kepada seluruh perusahaan otobus yang telah menggunakan produk kami dalam bisnis mereka untuk mencapai jarak tempuh yang luar biasa ini,” ujar Ralf di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Dengan tercapainya angka jarak tempuh 1 juta km, Ralf menilai bahwa Mercedes Benz telah memberikan kualitas bagi para penggunanya.

“Hal ini membuktikan Mercedes Benz menawarkan kualitas di kelas kendaraan komersial, didukung oleh performa mesin yang khas, serta keamanan dan kenyamanan sebuah kendaraan Mercedes Benz," pungkasnya.

Senada dengan Ralf, Adri Budiman selaku Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT Mercedes Benz Distribution Indonesia mengatakan, "Ini menjadi pendidikan bagi konsumen, karena untuk mencapai jarak tempuh 1 juta kilometer tanpa overhaul adalah hal mudah. Dengan menggunakan parts asli kami, maka usia pakai dan jarak tempuh tersebut menjadi mudah didapat," ujarnya.

Tercatat 17 perusahaan otobus ikut serta di dalamnya, seperti PO Lorena, Safari Dharma Raya, Antar Lintas Sumatra, Harapan Jaya, dan New Santika.
Rdxs
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri May 05, 2017 22:53
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Rdxs »

Jan07 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:14
DOHC wrote: Fri Jan 04, 2019 5:04 Kl metal duduk ama jalan ud kena yah itungannya overhaul total om.. biasa kl telat ganti oli, oli busuk atau oli tekor mulu yg rawa n ampe kena metal duduk atau jalan..
Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.
Klo mnurut saya bermasalah. Aditif oli yg standard biasa nya hanya tahan di 5000km (semi syn) atau 10.000km (full syn). Di kilometer2 tersebut oli wajib ganti total plus 10rb km sekalian ganti filter oli
Rdxs
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri May 05, 2017 22:53
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Rdxs »

Pugman wrote: Fri Jan 04, 2019 12:34
newcity_vtec wrote: Thu Jan 03, 2019 14:22 Malam para suhu,
apakah mesin kendaraan mobil setelah berjalan semisal 150 rb km wajib dioverhaul atau tidak ya?
Sama kalau mesin camry 2.4 yg 2az-fe dibagian bawah bunyi agak kasar kenapa ya?
Ga ada yang pasti kapan harus di overhauled, selama perawatan berkala berjalan dengan baik maka bisa menempuh jarak yang lebih jauh sebelum overhauled

Contohnya Grup operator Bus Mercedes Benz Indonesia yang anggotanya banyak yang bisa mencapai 1juta km tanpa overhauled

https://news.okezone.com/amp/2016/08/26 ... -indonesia

JAKARTA - Mengapresiasi konsumen armada bus di Indonesia, Mercedes Benz Indonesia mengadakan Mercedes Benz Bus Club of Millionaires 2016.

Perusahaan-perusahaan tersebut telah memenuhi kriteria yang ditentukan, yakni menggunakan bus Mercedes Benz dengan vehicle identification number (VIN) sejak 2005, memiliki 50 unit bus, dan mencapai angka jarak tempuh 1 juta kilometer.

Managing Director for Commercial Vehicle Mercedes Benz Distribution Indonesia Ralf Kraemer mengatakan, Mercedes Benz Bus Club of Millionaires didedikasikan atas kepercayaan konsumen pada bus merek Mercedes Benz.

"Kami secara spesifik mendedikasikan ini kepada seluruh perusahaan otobus yang telah menggunakan produk kami dalam bisnis mereka untuk mencapai jarak tempuh yang luar biasa ini,” ujar Ralf di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Dengan tercapainya angka jarak tempuh 1 juta km, Ralf menilai bahwa Mercedes Benz telah memberikan kualitas bagi para penggunanya.

“Hal ini membuktikan Mercedes Benz menawarkan kualitas di kelas kendaraan komersial, didukung oleh performa mesin yang khas, serta keamanan dan kenyamanan sebuah kendaraan Mercedes Benz," pungkasnya.

Senada dengan Ralf, Adri Budiman selaku Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT Mercedes Benz Distribution Indonesia mengatakan, "Ini menjadi pendidikan bagi konsumen, karena untuk mencapai jarak tempuh 1 juta kilometer tanpa overhaul adalah hal mudah. Dengan menggunakan parts asli kami, maka usia pakai dan jarak tempuh tersebut menjadi mudah didapat," ujarnya.

Tercatat 17 perusahaan otobus ikut serta di dalamnya, seperti PO Lorena, Safari Dharma Raya, Antar Lintas Sumatra, Harapan Jaya, dan New Santika.
Wow ada jg bus mercy yg bisa sampai 1 jt km. Klo kata rekan yg di PO utk overhaul mesin bis masih lebih lama yg Hino, utk yg mercy jarang yg sampai 1 jt km
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by marmut »

W42d wrote: Fri Jan 04, 2019 5:48 Sekalian numpang tanya ya om. Tokisul 1.8 EFI taun 2004 KM cuma 54.000 kondisi jarang jalan. Ganti oli biasa setahun sekali karena kelupaan tp blm melebihi 3.000 KM. Sekarang oli rembes sampe netes sedikit2. Kata bengkel harua ganti packing. Cuma saya merasa ada suara tektektek yg lebih keras dari biasanya. Apakah harus turun mesin total?

suara tektektek berkelanjutan atau saat start pertama saja?
kalau berkelanjutan sudah dipastikan HLA.
misal bunyi hanya pada saat start, ganti saja tensioner timing chain, sekalian ganti seal kruk as depan saat bongkar.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by marmut »

Jan07 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:14
Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.

bisa iya, bisa tidak.
bergantung berapa banyak jumlah oli yang ditambahkan dan dalam jangka waktu berapa lama.
yang pasti, dijamin ada kebocoran. kenapa tidak diperbaiki kebocorannya?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by coklatMetalik »

W42d wrote: Fri Jan 04, 2019 11:33
coklatMetalik wrote: Fri Jan 04, 2019 6:08
W42d wrote: Fri Jan 04, 2019 5:48 Sekalian numpang tanya ya om. Tokisul 1.8 EFI taun 2004 KM cuma 54.000 kondisi jarang jalan. Ganti oli biasa setahun sekali karena kelupaan tp blm melebihi 3.000 KM. Sekarang oli rembes sampe netes sedikit2. Kata bengkel harua ganti packing. Cuma saya merasa ada suara tektektek yg lebih keras dari biasanya. Apakah harus turun mesin total?
Ganti packing karternya om, dulu sy ganti di beres 210rb

Klo suara tektektek gk normal itu setau sy masalah di Hydraulic Lifter di klepnya om, coba aja diperiksa bagian itu di bengkel. Bisa jg dr aliran oli ke klep itu kurang lancar, bisa krn jalur olinya mampet atau pompa olinya loyo...

CMIIW
Ga trlalu mahal juga ya om harganya. Coba besok2 saya bawa ke beres buat cek up. Mmg kalo abis starter ga lgsg mati tanda oli nya. Butuh 1.5 detikan.
Emg gk mahal sparepartnya. Tp klo sy dulu ongkos jasanya juga 200ribuan :mky_03:
Mungkin diluar beres lbh murah
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Fri Jan 04, 2019 14:57
W42d wrote: Fri Jan 04, 2019 5:48 Sekalian numpang tanya ya om. Tokisul 1.8 EFI taun 2004 KM cuma 54.000 kondisi jarang jalan. Ganti oli biasa setahun sekali karena kelupaan tp blm melebihi 3.000 KM. Sekarang oli rembes sampe netes sedikit2. Kata bengkel harua ganti packing. Cuma saya merasa ada suara tektektek yg lebih keras dari biasanya. Apakah harus turun mesin total?

suara tektektek berkelanjutan atau saat start pertama saja?
kalau berkelanjutan sudah dipastikan HLA.
misal bunyi hanya pada saat start, ganti saja tensioner timing chain, sekalian ganti seal kruk as depan saat bongkar.
Timing chainnya kudu skalian ganti gk om?
Apa ada umurnya jg kyk timing belt?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by coklatMetalik »

kapsul 97 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:56 Ganti filter oli nya dengan ukuran yg lebih kecil Oom, jadi sirkulasi oli lebih cepat... Suara tek tek hanya sebentar akan terdengar, itu normal sih, saya punya dulu gitu
Klo di forum sebelah si ada yg ganti pk punya starlet atau yg afermarket warna orange itu ya....

Tp dulu waktu msh muda kan gk ada tektektek walaupun pk filter oli standar. Berarti sebetulnya ada sesuatu yg berubah toh....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Sat Jan 05, 2019 12:56
Timing chainnya kudu skalian ganti gk om?
Apa ada umurnya jg kyk timing belt?

nanti setelah cover timing chain terbuka baru bisa divonis.
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Jan07 »

marmut wrote: Fri Jan 04, 2019 15:05
Jan07 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:14
Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.

bisa iya, bisa tidak.
bergantung berapa banyak jumlah oli yang ditambahkan dan dalam jangka waktu berapa lama.
yang pasti, dijamin ada kebocoran. kenapa tidak diperbaiki kebocorannya?
Rdxs wrote: Fri Jan 04, 2019 14:13
Jan07 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:14
DOHC wrote: Fri Jan 04, 2019 5:04 Kl metal duduk ama jalan ud kena yah itungannya overhaul total om.. biasa kl telat ganti oli, oli busuk atau oli tekor mulu yg rawa n ampe kena metal duduk atau jalan..
Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.
Klo mnurut saya bermasalah. Aditif oli yg standard biasa nya hanya tahan di 5000km (semi syn) atau 10.000km (full syn). Di kilometer2 tersebut oli wajib ganti total plus 10rb km sekalian ganti filter oli
Iya nih om rencananya mobil mau dijual dalam waktu deket..Jadi udh biarin dipake asal,Sebelomnya sih tiap 5000km ganti pake 10w-40 (1NZFE).Cuma skrg bocor jadi sudah sekalian mau dijual.Cuma takutnya malah skrg" ini rusaknya om..Kira" apanya ya yang bocor om?
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Jan07 »

private0809 wrote: Fri Jan 04, 2019 8:13
kapsul 97 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:58
Jan07 wrote: Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.
Acuan ganti oli itu bisa dari hitungan jalan KM nya, atau periode.. Mobil walau KM ganti oli nya blm tercapai, tapi kalo dah lewat 6 bulan sebaik nya di ganti, cmiiw..
kalau saya, asal udah mau 1 tahun dari terakhir ganti oli (bukan oli atpm) dan km ganti oli belum tercapai, olinya langsung saya ganti baru, biar mesinnya tetep enak buat seruntulan
kapsul 97 wrote: Fri Jan 04, 2019 7:58
Jan07 wrote:
DOHC wrote: Fri Jan 04, 2019 5:04 Kl metal duduk ama jalan ud kena yah itungannya overhaul total om.. biasa kl telat ganti oli, oli busuk atau oli tekor mulu yg rawa n ampe kena metal duduk atau jalan..
Maap oot om,Ngomong" soal oli kalo mobil olinya gadiganti sampe 15k km tapi oli ditambah terus om,Apakah bermasalah?Makasih sebelumnya.
Acuan ganti oli itu bisa dari hitungan jalan KM nya, atau periode.. Mobil walau KM ganti oli nya blm tercapai, tapi kalo dah lewat 6 bulan sebaik nya di ganti, cmiiw..
Ok om trimakasih infonya..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by marmut »

Jan07 wrote: Sat Jan 05, 2019 14:29
Iya nih om rencananya mobil mau dijual dalam waktu deket..Jadi udh biarin dipake asal,Sebelomnya sih tiap 5000km ganti pake 10w-40 (1NZFE).Cuma skrg bocor jadi sudah sekalian mau dijual.Cuma takutnya malah skrg" ini rusaknya om..Kira" apanya ya yang bocor om?

kalo apanya yang bocor ya musti diperiksa visual, dilihat mata langsung. nggak bisa anda cerita "mobil saya oli mesinnya bocor" lalu ada jawaban langsung tanpa diperiksa.
bisa dari gasket atau seal. nah, gasket dan seal di mesin tidak cuma 1.
bisa dari gasket valve cover, oil pan, cover timing chain (apabila pakai timing chain).
seal pun beragam, bisa dari seal selongsong busi, seal camshaft, seal crankshaft depan/belakang/keduanya, seal distributor (apabila ada), seal klep.
atau bisa jadi dari ring piston/valve guide/liner sudah ngantong sehingga oli mesin ikut terbakar.
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Jan07 »

marmut wrote: Sat Jan 05, 2019 15:02
Jan07 wrote: Sat Jan 05, 2019 14:29
Iya nih om rencananya mobil mau dijual dalam waktu deket..Jadi udh biarin dipake asal,Sebelomnya sih tiap 5000km ganti pake 10w-40 (1NZFE).Cuma skrg bocor jadi sudah sekalian mau dijual.Cuma takutnya malah skrg" ini rusaknya om..Kira" apanya ya yang bocor om?

kalo apanya yang bocor ya musti diperiksa visual, dilihat mata langsung. nggak bisa anda cerita "mobil saya oli mesinnya bocor" lalu ada jawaban langsung tanpa diperiksa.
bisa dari gasket atau seal. nah, gasket dan seal di mesin tidak cuma 1.
bisa dari gasket valve cover, oil pan, cover timing chain (apabila pakai timing chain).
seal pun beragam, bisa dari seal selongsong busi, seal camshaft, seal crankshaft depan/belakang/keduanya, seal distributor (apabila ada), seal klep.
atau bisa jadi dari ring piston/valve guide/liner sudah ngantong sehingga oli mesin ikut terbakar.
Ok,om terimakasih :big_smile]
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by lonely1999 »

newcity_vtec wrote:Sama om lonely.
Biasa beli sparepart dimana nih?
Belum banyak beli spare part mesin om
Paling cari di sawah besar kalo shock. Tie rod dan long tie rod
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by lonely1999 »

newcity_vtec wrote:@lonely1999: rem mobilnya kalau injekan pertama kali dalam ndak Om?
Ini injekan pertama kali dalam tetapi berikutnya normal.
Sepertinya om jadi beli estima ya?
Injekan pertama maksudnya gimana?
Kalo dalam kondisi mesin mati ya dalam [emoji16]
Kalo mesin hidup kagak dalam

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by newcity_vtec »

lonely1999 wrote: Sun Jan 13, 2019 7:41
newcity_vtec wrote:@lonely1999: rem mobilnya kalau injekan pertama kali dalam ndak Om?
Ini injekan pertama kali dalam tetapi berikutnya normal.
Sepertinya om jadi beli estima ya?
Injekan pertama maksudnya gimana?
Kalo dalam kondisi mesin mati ya dalam [emoji16]
Kalo mesin hidup kagak dalam
Saya jadi om ambil estimanya.
Mungkin kita bisa share2 nih soal estimanya.
Kita buat topic sendiri disini.
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by lonely1999 »

wuiiih selamat om.

tahun berapa estimanya ?
boleh lach om buat topicnya

semoga nanti saya bisa share he he...
lokasi kita sama juga nich om ha ha...
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by newcity_vtec »

lonely1999 wrote: Wed Jan 16, 2019 7:03 wuiiih selamat om.

tahun berapa estimanya ?
boleh lach om buat topicnya

semoga nanti saya bisa share he he...
lokasi kita sama juga nich om ha ha...
Dapat yg perakitan jan 2008 Om lonely1999.
Kita buat thread topic sendiri ya.
Siapa tau nanti para pemakai Estima atau Previa pada bermunculan.
Termasuk mobil langka nih.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by Jambangan »

newcity_vtec wrote: Thu Jan 17, 2019 9:45
lonely1999 wrote: Wed Jan 16, 2019 7:03 wuiiih selamat om.

tahun berapa estimanya ?
boleh lach om buat topicnya

semoga nanti saya bisa share he he...
lokasi kita sama juga nich om ha ha...
Dapat yg perakitan jan 2008 Om lonely1999.
Kita buat thread topic sendiri ya.
Siapa tau nanti para pemakai Estima atau Previa pada bermunculan.
Termasuk mobil langka nih.
Om jadinya gmn yg katanya mesin bagian bawah bunyi kasar??
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by newcity_vtec »

Ternyata suaranya tidak kasar sekali, bawa ke montir bilang ndak ada masalah Om.
Cuma ganti belt apa suara sudah hilang.
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Apakah wajib mesin di overhaul setelah sekian ratus ribu kilo?

Post by matra »

mesin isuzu dmax 3000,cc 4jj1 aman 600.000 km ,diesel is good