Page 3 of 106

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 1:26
by iwing
nimbrung, info yang saya tangkap, oli diesel punya kadar detergen/pembersih lebih tinggi dari oli mesin bensin. cmiiw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 2:20
by marmut
arfs wrote: Tue Jan 08, 2019 0:27
Turboman wrote: Mon Jan 07, 2019 7:30 Kalo oli bagus dipake long drain gak akan bikin sludge spt itu

Kondisi mesin juga diperhatikan spt :
- Kondisi busi
- Celah busi harus sesuai spek
- Purging Injector per 30 - 40 rb km
Oil capacity pengaruh jg gk om?
Karena kalau secara logika oil capacity mesin kalau dikit semakin cepat jg perputaran oli nya d mesin itu, jd lebih riskan untuk dipakai long drain... CMIIW

Soalnya di rumah pelihara HR15DE yg oil capacity hanya 3 liter dan M15A yg oil capacity ny 3.9 liter kalau diperhatikan cpt babak belur oli yg d HR15DE padahal sama2 mesin 1500cc :big_childish:

longdrain apa enggak kan tergantung dari kandungan olinya, bukan dari kapasitas.
kalo HR15 yaaaaa............ gitu deh........

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 2:21
by marmut
iwing wrote: Tue Jan 08, 2019 1:26 nimbrung, info yang saya tangkap, oli diesel punya kadar detergen/pembersih lebih tinggi dari oli mesin bensin. cmiiw

oli mesin bensin juga ada kok yang kadar deterjennya banyak.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 4:07
by exflowly
azu wrote: Mon Jan 07, 2019 5:18

rencananya kedepan sih mau stok oli bagusan om, misalnya PTT ataupun kendall.. kemarin pakai SnD karena cari yang praktis juga, kebetulan dekat rumah ada SnD juga soalnya..

MMO udah saya cari dan ga nemu :mky_01: kayanya bakal pakai alternatif flush pakai amsoil punya deh
Ada kok itu MMO di toped...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 7:42
by azu
exflowly wrote: Tue Jan 08, 2019 4:07
azu wrote: Mon Jan 07, 2019 5:18

rencananya kedepan sih mau stok oli bagusan om, misalnya PTT ataupun kendall.. kemarin pakai SnD karena cari yang praktis juga, kebetulan dekat rumah ada SnD juga soalnya..

MMO udah saya cari dan ga nemu :mky_01: kayanya bakal pakai alternatif flush pakai amsoil punya deh
Ada kok itu MMO di toped...
iya om, barusan cek ternyata ada tapi harganya lumayan juga ya :mky_01:

kalau boleh tahu itu pemakaiannya pakai 1 botol full atau gimana ya? kalau satu botol bisa dipakai beberapa kali, rencananya sekalian aja dipakai juga di Ertiga ibu saya yang sering telat ganti olinya :ungg:

edit: ternyata ada yang 16oz juga di tokped.. nah untuk takaran penggunaan MMO untuk soft flush ini seberapa banyak ya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 14:07
by roadmap
Om2 tanya dong. Untuk CRV turbo bagusnya pake oli apa ya? Kalau menggunakan oli epro gold nya honda sudah bagus belum ya

Thanks

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 2:30
by yogisuryawan
Om turbo mau tanya, klo AMSOIL OEF 5w-30 Synthetic Motor Oil apa bisa dipake 1 tahun ya?
Thanks

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 5:40
by arfs
marmut wrote: Tue Jan 08, 2019 2:20
arfs wrote: Tue Jan 08, 2019 0:27
Turboman wrote: Mon Jan 07, 2019 7:30 Kalo oli bagus dipake long drain gak akan bikin sludge spt itu

Kondisi mesin juga diperhatikan spt :
- Kondisi busi
- Celah busi harus sesuai spek
- Purging Injector per 30 - 40 rb km
Oil capacity pengaruh jg gk om?
Karena kalau secara logika oil capacity mesin kalau dikit semakin cepat jg perputaran oli nya d mesin itu, jd lebih riskan untuk dipakai long drain... CMIIW

Soalnya di rumah pelihara HR15DE yg oil capacity hanya 3 liter dan M15A yg oil capacity ny 3.9 liter kalau diperhatikan cpt babak belur oli yg d HR15DE padahal sama2 mesin 1500cc :big_childish:

longdrain apa enggak kan tergantung dari kandungan olinya, bukan dari kapasitas.
kalo HR15 yaaaaa............ gitu deh........
Kalo menurut om buat long drain tergantung dari kandungan oli bukan kapasitasnya,
Knp di dua mobil itu pakai merk dan tipe oli yang sama tp di HR15DE lebih cepet babak belur oli dan nguap?
Kan oli yg dipake jg sama kandungan nya :big_think: :big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 6:28
by dimasapri
arfs wrote: Wed Jan 09, 2019 5:40
marmut wrote: Tue Jan 08, 2019 2:20
arfs wrote: Tue Jan 08, 2019 0:27

Oil capacity pengaruh jg gk om?
Karena kalau secara logika oil capacity mesin kalau dikit semakin cepat jg perputaran oli nya d mesin itu, jd lebih riskan untuk dipakai long drain... CMIIW

Soalnya di rumah pelihara HR15DE yg oil capacity hanya 3 liter dan M15A yg oil capacity ny 3.9 liter kalau diperhatikan cpt babak belur oli yg d HR15DE padahal sama2 mesin 1500cc :big_childish:

longdrain apa enggak kan tergantung dari kandungan olinya, bukan dari kapasitas.
kalo HR15 yaaaaa............ gitu deh........
Kalo menurut om buat long drain tergantung dari kandungan oli bukan kapasitasnya,
Knp di dua mobil itu pakai merk dan tipe oli yang sama tp di HR15DE lebih cepet babak belur oli dan nguap?
Kan oli yg dipake jg sama kandungan nya :big_think: :big_peace:
Kalau menurut saya sih, kapasitas oli pengaruh besar ke long drain.
Logikanya sangat sederhana.
Jika kita meneteskan zat pewarna merah 1 cc tiap menit ke wadah berisi air, maka wadah 3 liter air akan lebih cepat berwarna merah pekat dibandingkan wadah berisi 4 liter air.

Karena laju kontaminan dari hasil pembakaran ruang bakar & degradasi dari panas mesin adalah variable tetap, semakin besar kapasitas oli berarti semakin lama kepekatan / persentasi /ppm kontaminan mencapai titik kritisnya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 6:37
by b8099ok
dimasapri wrote: Wed Jan 09, 2019 6:28
arfs wrote: Wed Jan 09, 2019 5:40
marmut wrote: Tue Jan 08, 2019 2:20


longdrain apa enggak kan tergantung dari kandungan olinya, bukan dari kapasitas.
kalo HR15 yaaaaa............ gitu deh........
Kalo menurut om buat long drain tergantung dari kandungan oli bukan kapasitasnya,
Knp di dua mobil itu pakai merk dan tipe oli yang sama tp di HR15DE lebih cepet babak belur oli dan nguap?
Kan oli yg dipake jg sama kandungan nya :big_think: :big_peace:
Kalau menurut saya sih, kapasitas oli pengaruh besar ke long drain.
Logikanya sangat sederhana.
Jika kita meneteskan zat pewarna merah 1 cc tiap menit ke wadah berisi air, maka wadah 3 liter air akan lebih cepat berwarna merah pekat dibandingkan wadah berisi 4 liter air.

Karena laju kontaminan dari hasil pembakaran ruang bakar & degradasi dari panas mesin adalah variable tetap, semakin besar kapasitas oli berarti semakin lama kepekatan / persentasi /ppm kontaminan mencapai titik kritisnya
Ini baru pake logika :big_deal: :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 6:48
by exflowly
azu wrote: Mon Jan 07, 2019 5:18
iya om, barusan cek ternyata ada tapi harganya lumayan juga ya :mky_01:

kalau boleh tahu itu pemakaiannya pakai 1 botol full atau gimana ya? kalau satu botol bisa dipakai beberapa kali, rencananya sekalian aja dipakai juga di Ertiga ibu saya yang sering telat ganti olinya :ungg:

edit: ternyata ada yang 16oz juga di tokped.. nah untuk takaran penggunaan MMO untuk soft flush ini seberapa banyak ya?
Ya kalo saya sih yang pasti jangan banyak-banyak...hahaha.

Sebenarnya tergantung kapasitas oli mesin dan juga seberapa kotor ya di dalem situ. Kalo yang cover klep vios si lumayan kotor tu pasti. Ya paling tuang sedikit dulu dan monitor oli seberapa kotor. Kalo oli barunya dah item coklat gitu dalam jarak tempuh sebentar ya ganti oli lagi dan pake dosis sama. Kalo oli barunya gak cepat kotor ya berarti dosisnya kedikitan.

MMO bilangnya kan maximumnya sampai 20% kapasitas oli, jadi kalo kapasitas oli 5 liter ya 4 liternya oli dan 1 liternya MMO.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 11:13
by marmut
dimasapri wrote: Wed Jan 09, 2019 6:28
arfs wrote: Wed Jan 09, 2019 5:40
marmut wrote: Tue Jan 08, 2019 2:20


longdrain apa enggak kan tergantung dari kandungan olinya, bukan dari kapasitas.
kalo HR15 yaaaaa............ gitu deh........
Kalo menurut om buat long drain tergantung dari kandungan oli bukan kapasitasnya,
Knp di dua mobil itu pakai merk dan tipe oli yang sama tp di HR15DE lebih cepet babak belur oli dan nguap?
Kan oli yg dipake jg sama kandungan nya :big_think: :big_peace:
Kalau menurut saya sih, kapasitas oli pengaruh besar ke long drain.
Logikanya sangat sederhana.
Jika kita meneteskan zat pewarna merah 1 cc tiap menit ke wadah berisi air, maka wadah 3 liter air akan lebih cepat berwarna merah pekat dibandingkan wadah berisi 4 liter air.

Karena laju kontaminan dari hasil pembakaran ruang bakar & degradasi dari panas mesin adalah variable tetap, semakin besar kapasitas oli berarti semakin lama kepekatan / persentasi /ppm kontaminan mencapai titik kritisnya

terimakasih buat analoginya.
saya juga masih menunggu jawaban dari suhu Turboman dan suhu lainnya buat penjelasan pasti. karena kalau diambil kesimpulan kasar dan pukul rata, berarti semua mesin yang kapasitas oli dan kapasitas mesinnya sama dengan HR15, bakal rawan sludge.
sementara sepengamatan saya selama ini, nemu sludge parah hanya di mobil yang kena oli acdc dan di mobil yang jarang jalan plus tidak pernah RPM tinggi.
buat kasus seperti om azu, kalo sludge seperti itu (imo) masuk kategori ringan-menengah, belum masuk kategori yang bikin stroke atau jantungan.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 12:01
by rudyzanetti
Mungkin livina rawan sludge, gara2 oli bawaan dealernya kurang tahan. Jaman dl (taun 2008)oli mesin bwt livina, di beresnya cm satu macem, 10w30 api sl(dan ini memang lmyn murah dl). Dan dl kalo di lampung, beresnya bener strict nyaranin nya di 10rb br ganti oli.
Beda ama beres merk lain, yg sering suruh balik di 5rb(kalo pake oli beres yg murah).
Dan kebanyakan orang , ganti oli berdasarkan kilometernya bulan ga diitung. Kl cuma buat muter2 dalkot, nempuh 10rb mau brp taun? Uda keburu remuk olinya 😂.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 13:39
by Turboman
arfs wrote:
Turboman wrote:sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :
Om turboman, saya penasaran nih kenapa oli mesin diesel kalau di mesin bensin gk bisa dipakai lama lama (misalkan 5000 km) ?
biasa kan cuman utk cuci jeroan mesin aja

mau dipake long drain tentu bisa, di Gasoline NA

kalo GDI Turbo nahh......itu butuhnya Low Calcium.......sedangkan oli Diesel rata2 High to medium Ca

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 13:41
by Turboman
roadmap wrote:Om2 tanya dong. Untuk CRV turbo bagusnya pake oli apa ya? Kalau menggunakan oli epro gold nya honda sudah bagus belum ya

Thanks
GDI Turbo idealnya yg Low Calcium

To prevent LSPI qq Low Spark Pre Ignition

Q8 - 0W20 tuh udah tergolong Low Calcium

or oli2 yg meet Dexos 1 Gen 2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 13:42
by Turboman
yogisuryawan wrote:Om turbo mau tanya, klo AMSOIL OEF 5w-30 Synthetic Motor Oil apa bisa dipake 1 tahun ya?
Thanks
OE sebetulnya didisain utk pake 7 - 8 bulan

tapi kalo jalannya dikit banget bisa lah 12 bulan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 13:44
by Turboman
Kapasitas karter jelas dong pengaruh ke usia pakai oli

makanya kalo di US kan ada yg jual Deep Pan (larger volume) utk mesin2 yg udah modip

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 13:57
by exflowly
Kebetulan saya barusan nanganin Juke yg overheat lumayan, tp setelah clamp selang radiator dibenerin dan diisi air lagi jadi sembuh.

Nah, pas saya cek olinya, ternyata hampir batas bawah...saya ambil kesimpulan mungkin oli banyak nguap karena overheat... jadinya kita ke Nissan buat cek service record pake oli apa. Ternyata sama Beres Nissan selalu dipakein oli Total 5w30 Future, dan kondisi lubang pengisian oli dan dalamnya bersih... jadi kita tambah 1 liter buat sampai batas max.

Pas saya tanya brp kapasitas oli mesin Juke, jawaban mekaniknya membuat saya kaget... karena dia bilang hanya 3 liter.

Saya lgsg bilang sama yg punya untung ni mobil pake oli bagus kena overheat lumayan tp mesin masih alus dan gak masalah setelah direparasi. Coba kalo olinya gak bagus, efek pendinginan mesin dari oli pas air radiatornya habis sdh pasti berkurang dan bisa timbul sludge lumayan (karena overheat beberapa kali.... panas terus berhenti, jalan lagi sampai panas naik, trs berhenti lagi).

Kalau saya punya Juke, saya bakal isi oli bagus grade 5w30 pake maximum 7500km karena kapasitas olinya sikit bener... mobil bakal saya pakai tiap hari juga. Mobil2x taon jebot yg saya punya minimal 4 liter kapasitasnya... ni Juke 3 liter mah gak bisa pake Mesran Prima XP lama2x hehehe...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 15:11
by racho
masi parah Grandis ane.... mesinnya 2,4l olinya cuma 4,0l (+0,3l di filter).
alhasil ane ganti tiap 5000km gegara udah item; jadi ga pernah berani sampe 10000km...
belum pernah UOA sih, tapi kalo udah item gitu teorinya TBN drop ya?

makanya ane kepikiran pake oli motor metik; toh pake oli bagus2 ujung2nya kagak berani longdrain juga.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 16:47
by Turboman
racho wrote:masi parah Grandis ane.... mesinnya 2,4l olinya cuma 4,0l (+0,3l di filter).
alhasil ane ganti tiap 5000km gegara udah item; jadi ga pernah berani sampe 10000km...
belum pernah UOA sih, tapi kalo udah item gitu teorinya TBN drop ya?

makanya ane kepikiran pake oli motor metik; toh pake oli bagus2 ujung2nya kagak berani longdrain juga.
lumrah

K24 - 2400 cc VTEC juga olinya cuman 4 L an

1TR FE sih yg gede......2000 cc - 5,6 L

wkwkwkkwkw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 17:14
by marr
exflowly wrote: Wed Jan 09, 2019 13:57 Kebetulan saya barusan nanganin Juke yg overheat lumayan, tp setelah clamp selang radiator dibenerin dan diisi air lagi jadi sembuh.

Nah, pas saya cek olinya, ternyata hampir batas bawah...saya ambil kesimpulan mungkin oli banyak nguap karena overheat... jadinya kita ke Nissan buat cek service record pake oli apa. Ternyata sama Beres Nissan selalu dipakein oli Total 5w30 Future, dan kondisi lubang pengisian oli dan dalamnya bersih... jadi kita tambah 1 liter buat sampai batas max.

Pas saya tanya brp kapasitas oli mesin Juke, jawaban mekaniknya membuat saya kaget... karena dia bilang hanya 3 liter.

Saya lgsg bilang sama yg punya untung ni mobil pake oli bagus kena overheat lumayan tp mesin masih alus dan gak masalah setelah direparasi. Coba kalo olinya gak bagus, efek pendinginan mesin dari oli pas air radiatornya habis sdh pasti berkurang dan bisa timbul sludge lumayan (karena overheat beberapa kali.... panas terus berhenti, jalan lagi sampai panas naik, trs berhenti lagi).

Kalau saya punya Juke, saya bakal isi oli bagus grade 5w30 pake maximum 7500km karena kapasitas olinya sikit bener... mobil bakal saya pakai tiap hari juga. Mobil2x taon jebot yg saya punya minimal 4 liter kapasitasnya... ni Juke 3 liter mah gak bisa pake Mesran Prima XP lama2x hehehe...
masih gedean L12 brio 3,2 L :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 17:23
by exflowly
racho wrote:masi parah Grandis ane.... mesinnya 2,4l olinya cuma 4,0l (+0,3l di filter).
alhasil ane ganti tiap 5000km gegara udah item; jadi ga pernah berani sampe 10000km...
belum pernah UOA sih, tapi kalo udah item gitu teorinya TBN drop ya?

makanya ane kepikiran pake oli motor metik; toh pake oli bagus2 ujung2nya kagak berani longdrain juga.
Dulu pake VQ30DE juga kapasitas hanya 4 liter, biasanya ganti pas olinya dah turun hampir level bawah, ya sekitar 8-10 ribu km, spec 5w30 jaman jadul.

Oli skrg asal asli sebenernya dah pada bagus2x, termasuk Pertamina.Temen ada yg selalu pake Fastron 10w40 di BMW tuir juga pas dibuka valve covernya lbh kinclong drpd yg pake Castrol, tapi gantinya gak lama si..5000 km dah ganti oli.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 23:17
by DOHC
Btw hr15de sebenernya kl mau ngikutin level dipstick, ga ampe 3 liter pas loh.. 2.8 aj ud kena level atas, kl ga ganti filter, 2.5 lebi dikit jg ud kena level atas..

Btw dl slama pliara lipina ane ga perna kasi oli bawaan nya.. slalu oli branded dan ganti di odo 7-8000 an km max, soalnya suara nya ud garing bgt kya panty 4ja1 ane.. ganti seal head ama busi di odo 120 rebu, masi kinclong dalemannya


Yg aneh tuh ipah bensin ane, mesin cuman 2000 cc, ganti oli ud ampe 5.5 liter, panther aj cuman 4.5 pdahal 2500cc.. kl 2KD lebi gokil lg, ud kaya lg ganti oli enjin2 V8 HEMi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 23:44
by Jambangan
exflowly wrote: Wed Jan 09, 2019 17:23
racho wrote:masi parah Grandis ane.... mesinnya 2,4l olinya cuma 4,0l (+0,3l di filter).
alhasil ane ganti tiap 5000km gegara udah item; jadi ga pernah berani sampe 10000km...
belum pernah UOA sih, tapi kalo udah item gitu teorinya TBN drop ya?

makanya ane kepikiran pake oli motor metik; toh pake oli bagus2 ujung2nya kagak berani longdrain juga.
Dulu pake VQ30DE juga kapasitas hanya 4 liter, biasanya ganti pas olinya dah turun hampir level bawah, ya sekitar 8-10 ribu km, spec 5w30 jaman jadul.

Oli skrg asal asli sebenernya dah pada bagus2x, termasuk Pertamina.Temen ada yg selalu pake Fastron 10w40 di BMW tuir juga pas dibuka valve covernya lbh kinclong drpd yg pake Castrol, tapi gantinya gak lama si..5000 km dah ganti oli.
Castrol baca2 di forum luar katanya suka bikin endapan om
Mobil ane dari baru pake castrol magnatec professional a5 5w30 bawaan beres toyota
Pas odo 19rb buka tutup pengisian oli liat camshaft n timing chain jadi coklat2 gelap
Padahal ganti ga pernah lewat 5rb KM/6 bulan
Sejak itu ga pernah pake castrol lagi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 09, 2019 23:52
by Jambangan
Btw denger dari sodara ada beres nissan yg nakal
Minta ganti oli n filter tapi ternyata ga diganti
Ketauan pas sampe rumah oli masih hitam kecoklatan kyk sebelum ke beres
Sejak itu dia ga mau ke beres lagi
Ngeri jg ya ada beres kyk gitu
Ane pernah ngalamin di mitsubishi minta ganti oli n filter pas sampe rumah ngecek filter ternyata ga diganti filternya masih yg lama
Sejak itu blacklist beres mitsubishi itu