Page 2 of 106

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 5:23
by Turboman
Ak01382 wrote:@hadztracker. Ga pernah kurang om sejak pakai prestone. Yg bawaan toyota ( merah) ga pernah ku pake lagi om. Terlalu encer dan kinerjanya ga bagus bds pemakaian sendiri. Jd setia ama prestone aja.

Shell helix astra ama shell helix sama aja om cm beda branding aja.
Yang penting jgn dpt oli acdc ajah.
Coolant Prestone pilih yang Silicate free yg botol silver

Kalo Prestone lokal masih ada Silicate, dalam 18 - 20 bulan sebaiknya kuras sebelum endapan coklat terbentuk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 5:37
by hadztracker
Ak01382 wrote: Sun Jan 06, 2019 1:23 @hadztracker. Ga pernah kurang om sejak pakai prestone. Yg bawaan toyota ( merah) ga pernah ku pake lagi om. Terlalu encer dan kinerjanya ga bagus bds pemakaian sendiri. Jd setia ama prestone aja.

Shell helix astra ama shell helix sama aja om cm beda branding aja.
Yang penting jgn dpt oli acdc ajah.
shell astra 5w-30 sama kaya apa? hx7 atau hx8 om?
ful sintetic?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 5:43
by azu
Om turbo, om marmut, dan kawan-kawan semua.. Saya mau minta saran ya..

Kemarin saya baru ganti seal paking cover klep Vios 2007 saya, dan ternyata kondisinya menurut saya lumayan parah dan tampaknya sudah ada sludge juga [emoji22]

Dengan kondisi seperti ini apakah harus pakai engine flush, atau bisa pakai metode flushing dengan oli diesel seperti yg biasa direkomendasikan om turbo? Karena kemarin saya agak buru2 jadi belum ganti oli lagi dan baru ganti oli 2 bulan yg lalu juga..

Saya tidak tahu dulu waktu masih dipakai om saya dari baru pakai oli apaan, tapi sejak saya ambil alih mobilnya sih saya pakaikan Shell Astra 5W-30 promo di SnD dan sebelumnya sempat sevis di A2000 pakai TMO 10W-40.ImageImage

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 5:49
by Rdxs
Turboman wrote: Sun Jan 06, 2019 5:23
Ak01382 wrote:@hadztracker. Ga pernah kurang om sejak pakai prestone. Yg bawaan toyota ( merah) ga pernah ku pake lagi om. Terlalu encer dan kinerjanya ga bagus bds pemakaian sendiri. Jd setia ama prestone aja.

Shell helix astra ama shell helix sama aja om cm beda branding aja.
Yang penting jgn dpt oli acdc ajah.
Coolant Prestone pilih yang Silicate free yg botol silver

Kalo Prestone lokal masih ada Silicate, dalam 18 - 20 bulan sebaiknya kuras sebelum endapan coklat terbentuk
Waduh. Ini kmarin kejadian di Mobil TokiSul diesel Saya. Kayak ada endapan lumpur di penampungannya. Plus kbetulan pake minyak rem prestone jg, dan timbul endpaan coklat di jg penampungannya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 6:13
by marmut
azu wrote: Sun Jan 06, 2019 5:43 Om turbo, om marmut, dan kawan-kawan semua.. Saya mau minta saran ya..

Kemarin saya baru ganti seal paking cover klep Vios 2007 saya, dan ternyata kondisinya menurut saya lumayan parah dan tampaknya sudah ada sludge juga [emoji22]

Dengan kondisi seperti ini apakah harus pakai engine flush, atau bisa pakai metode flushing dengan oli diesel seperti yg biasa direkomendasikan om turbo? Karena kemarin saya agak buru2 jadi belum ganti oli lagi dan baru ganti oli 2 bulan yg lalu juga..

Saya tidak tahu dulu waktu masih dipakai om saya dari baru pakai oli apaan, tapi sejak saya ambil alih mobilnya sih saya pakaikan Shell Astra 5W-30 promo di SnD dan sebelumnya sempat sevis di A2000 pakai TMO 10W-40.ImageImage

mesin jarang RPM tinggi ya?
kalo fanatik shell dan mau buntut 40 boleh pake rimula. atau kalo mau merk lain boleh aja cari oli diesel. kalo ngga salah vios minta oli buntut 40.

geser mic ke om Turbo untuk petuah lebih lanjut.....

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 7:01
by Ak01382
@turboman. Siap om. Dicatet supaya nanti dekat bulan ke 18 segera kuras.

@hadztracker. Kalo yg 10w-30 itu semi synth om. Label di botol n mekanik si gt cm saya ikutin petunjuk senior disini 5.000km or 6bulan mana yg lebih dulu.
Kali yg 5w-30 (mnrt label dan mekanik snd ) full synt bs smpe 10.000km.
Klo ada promo si saya suka nyetok oli untuk 1-2x ganti. Jadi kalo uda lewat bulan k6 (mbl jrg jalan jauh) langsung ke snd buat ganti oli skalian ama filternya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 7:07
by veyvez
Turboman wrote: Sat Jan 05, 2019 14:22
veyvez wrote:Sorry kl oot, saya pny CRV 2.4 2013 (gen 4) sepertiny di beres belum pernah ganti atf. Berhubung sy sekarang servis keluar, mau ganti atf sekalian, kira2 atf apa ya yang cocok?

Thanks
Matic nya Gear atau CVT ?

Kalo Gear kasi ajq Aisin AFW+

Kalo CVT bisa pake Aisin CFEx
Gear om, dextron vi yah? Merek lain ada alternatif kah om

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 7:32
by Auanz
Colan nya yg mana sih gan??? Ane cari2 dic tokoped kuning semua Botolnya.

Turboman wrote: Sun Jan 06, 2019 5:23
Ak01382 wrote:@hadztracker. Ga pernah kurang om sejak pakai prestone. Yg bawaan toyota ( merah) ga pernah ku pake lagi om. Terlalu encer dan kinerjanya ga bagus bds pemakaian sendiri. Jd setia ama prestone aja.

Shell helix astra ama shell helix sama aja om cm beda branding aja.
Yang penting jgn dpt oli acdc ajah.
Coolant Prestone pilih yang Silicate free yg botol silver

Kalo Prestone lokal masih ada Silicate, dalam 18 - 20 bulan sebaiknya kuras sebelum endapan coklat terbentuk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 8:12
by Turboman
azu wrote:Om turbo, om marmut, dan kawan-kawan semua.. Saya mau minta saran ya..

Kemarin saya baru ganti seal paking cover klep Vios 2007 saya, dan ternyata kondisinya menurut saya lumayan parah dan tampaknya sudah ada sludge juga [emoji22]

Dengan kondisi seperti ini apakah harus pakai engine flush, atau bisa pakai metode flushing dengan oli diesel seperti yg biasa direkomendasikan om turbo? Karena kemarin saya agak buru2 jadi belum ganti oli lagi dan baru ganti oli 2 bulan yg lalu juga..

Saya tidak tahu dulu waktu masih dipakai om saya dari baru pakai oli apaan, tapi sejak saya ambil alih mobilnya sih saya pakaikan Shell Astra 5W-30 promo di SnD dan sebelumnya sempat sevis di A2000 pakai TMO 10W-40.ImageImage
sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :

Tuang Marvel Mystery Oil ke oli sekitar 500 km menjelang ganti oli

MMO is Soft Flush

coba aja cari2 di ACE Hardw siapa tahu masih ada stok

Kalo mmg mau sistem cepat ya pake Engine flush yg bahan mineral oil + deterrgent spt Amsoil punya (kata MSDS nya)

Kalo Eng flush lain2 saya liat isinya kalo gak kerosene ya solar, tapi di MSDS nya mrk tulis pake sebutan macam2.....padahal kalo diteliti gak jauh2 ya Kerosene / solar juga......ekekeke

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 14:08
by maastricht889
Om Turbo, saya ada avanza K3-VE 1.3 2008, terakhir pake oli primaxp 10-40 sekarang km 200rb lebih. Kl kondisi gitu oli nya enakan ganti yg SAE-buntut berapa ya om? Kl primaxp interval brp km/bulan?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 14:46
by Turboman
erwinign wrote:Om Turbo, saya ada avanza K3-VE 1.3 2008, terakhir pake oli primaxp 10-40 sekarang km 200rb lebih. Kl kondisi gitu oli nya enakan ganti yg SAE-buntut berapa ya om? Kl primaxp interval brp km/bulan?
Kalo mau BBM lebih efisien sih mestinya pake 5W30 yah

atau setidaknya 10W30

en jika penguapan udah gede masukkin Nano Energizer 1 sachet

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 15:05
by maastricht889
Turboman wrote: Sun Jan 06, 2019 14:46
erwinign wrote:Om Turbo, saya ada avanza K3-VE 1.3 2008, terakhir pake oli primaxp 10-40 sekarang km 200rb lebih. Kl kondisi gitu oli nya enakan ganti yg SAE-buntut berapa ya om? Kl primaxp interval brp km/bulan?
Kalo mau BBM lebih efisien sih mestinya pake 5W30 yah

atau setidaknya 10W30

en jika penguapan udah gede masukkin Nano Energizer 1 sachet
Di manual book saran nya sih 5-30 ato 10-30 om. Cuma kalo liat record sebelum2nya pake oli 10-40 terus ganti ke 5-30 takutnya mesin kenapa2 om

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 16:10
by marmut
erwinign wrote: Sun Jan 06, 2019 15:05
Di manual book saran nya sih 5-30 ato 10-30 om. Cuma kalo liat record sebelum2nya pake oli 10-40 terus ganti ke 5-30 takutnya mesin kenapa2 om

mesin kenapa2 kenapa?
ya malah lebih enteng lah......

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 17:34
by exflowly
azu wrote:Om turbo, om marmut, dan kawan-kawan semua.. Saya mau minta saran ya..

Kemarin saya baru ganti seal paking cover klep Vios 2007 saya, dan ternyata kondisinya menurut saya lumayan parah dan tampaknya sudah ada sludge juga [emoji22]

Dengan kondisi seperti ini apakah harus pakai engine flush, atau bisa pakai metode flushing dengan oli diesel seperti yg biasa direkomendasikan om turbo? Karena kemarin saya agak buru2 jadi belum ganti oli lagi dan baru ganti oli 2 bulan yg lalu juga..

Saya tidak tahu dulu waktu masih dipakai om saya dari baru pakai oli apaan, tapi sejak saya ambil alih mobilnya sih saya pakaikan Shell Astra 5W-30 promo di SnD dan sebelumnya sempat sevis di A2000 pakai TMO 10W-40.ImageImage
Ganti oli 5w30 yg bagusan aja om, kayak Total etc yg kelasnya 100rb ke atas.

Saya dulu juga ambil oli promo2x dan ternyata malah mengecewakan... mungkin juga karena stock lawas jadi oksidasi sdh tinggi pas dipake lgsg merah2x coklat padahal cmn jalan 5000km kurang dikit.

Marvel Mistery Oil kayaknya dah gak ada di Ace deh... semoga bisa dapat karena ini mmg membantu sekali buat soft flush dan makainya bisa ditaker/gak perlu satu botol dituang semua.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 2:49
by iwing
azu wrote: Sun Jan 06, 2019 5:43 Om turbo, om marmut, dan kawan-kawan semua.. Saya mau minta saran ya..

Kemarin saya baru ganti seal paking cover klep Vios 2007 saya, dan ternyata kondisinya menurut saya lumayan parah dan tampaknya sudah ada sludge juga [emoji22]

Dengan kondisi seperti ini apakah harus pakai engine flush, atau bisa pakai metode flushing dengan oli diesel seperti yg biasa direkomendasikan om turbo? Karena kemarin saya agak buru2 jadi belum ganti oli lagi dan baru ganti oli 2 bulan yg lalu juga..

Saya tidak tahu dulu waktu masih dipakai om saya dari baru pakai oli apaan, tapi sejak saya ambil alih mobilnya sih saya pakaikan Shell Astra 5W-30 promo di SnD dan sebelumnya sempat sevis di A2000 pakai TMO 10W-40.ImageImage
kalo misal kejadian sama saya, yang akan saya lakukan adalah menggunakan oli seperti biasa namun pergantian nya di percepat per 2500 km dan seperti om marmut bilang, sekali2 geber high rpm misal seperti pada saat pergantian gigi (kalo manual). oli pastikan asli

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 5:18
by azu
marmut wrote: Sun Jan 06, 2019 6:13

mesin jarang RPM tinggi ya?
kalo fanatik shell dan mau buntut 40 boleh pake rimula. atau kalo mau merk lain boleh aja cari oli diesel. kalo ngga salah vios minta oli buntut 40.

geser mic ke om Turbo untuk petuah lebih lanjut.....
wah kalau waktu masih dipakai om saya dulu sih kurang tau juga, tapi seingat saya beliau nyetirnya santai sekali :mky_01:
tapi sejak saya ambil taun kemaren, ini mobil sih rutin JKT-BDG PP minimal 1 kali sebulan, dan di tol biasanya saya bawa suka agak high RPM juga.. meskipun sehari-hari kena macet jalanan Depok dan Jakarta :mrgreen:


nah Vios ini saya juga ga tau minta olinya apa, soalnya manual book udah ilang dari pas beli dulu.. mungkin ada yang punya manual book vios Gen 2 yang bisa shar??
Turboman wrote: Sun Jan 06, 2019 8:12 sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :

Tuang Marvel Mystery Oil ke oli sekitar 500 km menjelang ganti oli

MMO is Soft Flush

coba aja cari2 di ACE Hardw siapa tahu masih ada stok

Kalo mmg mau sistem cepat ya pake Engine flush yg bahan mineral oil + deterrgent spt Amsoil punya (kata MSDS nya)

Kalo Eng flush lain2 saya liat isinya kalo gak kerosene ya solar, tapi di MSDS nya mrk tulis pake sebutan macam2.....padahal kalo diteliti gak jauh2 ya Kerosene / solar juga......ekekeke
Terima kasih wejangannya om Turbo :frm_salut:

Noted om.. Kemaren saya cari MMO ke dua Ace Hardware di Bandung sini ga ada, coba cari Online juga ga ada.. Jadi kayanya untuk alternatif MMO ga bisa nih hehehe

Untuk eng flush Amsoil nanti saya coba cari2 deh, kemaren di Ace sih ga ada. kayanya harus beli Online nih :mky_01:

Sebetulnya alternatif pakai oli diesel itu least option, karena jujur saya agak susah nyempetin waktu ngebengkel apalagi lagi peak season gini :big_childish:
exflowly wrote: Sun Jan 06, 2019 17:34 Ganti oli 5w30 yg bagusan aja om, kayak Total etc yg kelasnya 100rb ke atas.

Saya dulu juga ambil oli promo2x dan ternyata malah mengecewakan... mungkin juga karena stock lawas jadi oksidasi sdh tinggi pas dipake lgsg merah2x coklat padahal cmn jalan 5000km kurang dikit.

Marvel Mistery Oil kayaknya dah gak ada di Ace deh... semoga bisa dapat karena ini mmg membantu sekali buat soft flush dan makainya bisa ditaker/gak perlu satu botol dituang semua.
rencananya kedepan sih mau stok oli bagusan om, misalnya PTT ataupun kendall.. kemarin pakai SnD karena cari yang praktis juga, kebetulan dekat rumah ada SnD juga soalnya..

MMO udah saya cari dan ga nemu :mky_01: kayanya bakal pakai alternatif flush pakai amsoil punya deh
iwing wrote: Mon Jan 07, 2019 2:49
kalo misal kejadian sama saya, yang akan saya lakukan adalah menggunakan oli seperti biasa namun pergantian nya di percepat per 2500 km dan seperti om marmut bilang, sekali2 geber high rpm misal seperti pada saat pergantian gigi (kalo manual). oli pastikan asli
saya juga pengen gitu sih om, tapi ya karena berbagai kondisi agak kurang memungkinkan :mky_01:

mobil sehari-hari dipakai short trip oleh istri saya, jadi untuk pakai high RPM paling kalau lagi PP JKT-BDG aja itupun kalau tol ga macet :wkkk:

untuk pergantian dipercepat lebih ke masalah waktu, saya agak susah nyempetin ke bengkel dan kalau minta tolong istri yang ke bengkel takutnya malah nambah masalah :wkkk:

ditambah waktu kemarin liat itu camshaft dan kawan-kawannya udah coklat banget dan nampaknya sudah lengket juga, jadi pengen dibersihin aja sebenarnya.. sebetulnya saya agak curiga ini mesin kotor pas cek dipsticknya ada noda coklat nempel banget, pas buka cover klepnya makin ketahuan deh :big_dunno:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 7:30
by Turboman
Kalo oli bagus dipake long drain gak akan bikin sludge spt itu

Kondisi mesin juga diperhatikan spt :
- Kondisi busi
- Celah busi harus sesuai spek
- Purging Injector per 30 - 40 rb km

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 8:06
by maastricht889
Om turbo kalo shell helix eco 5w-30 kan khusus buat mesin2 lcgc (up to 1200cc displacement). Kalo dipake di mesin 1300cc-1500cc masalah engga ya? Dari harga nya menarik juga soal nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 9:12
by rudyzanetti
erwinign wrote: Mon Jan 07, 2019 8:06 Om turbo kalo shell helix eco 5w-30 kan khusus buat mesin2 lcgc (up to 1200cc displacement). Kalo dipake di mesin 1300cc-1500cc masalah engga ya? Dari harga nya menarik juga soal nya
Harfa Menarik soalnya isi cm 3,5 liter om :mky_03:
Kalo diitung perliternya ya ga beda jauh ama oli2 lain yg per 4 liter.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 10:09
by maastricht889
rudyzanetti wrote: Mon Jan 07, 2019 9:12
erwinign wrote: Mon Jan 07, 2019 8:06 Om turbo kalo shell helix eco 5w-30 kan khusus buat mesin2 lcgc (up to 1200cc displacement). Kalo dipake di mesin 1300cc-1500cc masalah engga ya? Dari harga nya menarik juga soal nya
Harfa Menarik soalnya isi cm 3,5 liter om :mky_03:
Kalo diitung perliternya ya ga beda jauh ama oli2 lain yg per 4 liter.
Kalo avanza saya liat oli nya 3,5lt an om, sama2 fullsyn dr hx7/hx8 tapi beda jauh bangettt harganya. Kalo liat SAE sama API SN nya menarik buat saya om hahaha

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 10:15
by marmut
erwinign wrote: Mon Jan 07, 2019 10:09
Kalo avanza saya liat oli nya 3,5lt an om, sama2 fullsyn dr hx7/hx8 tapi beda jauh bangettt harganya. Kalo liat SAE sama API SN nya menarik buat saya om hahaha

mesin K3-VE? dengan filter cuma 3 liter sudah penuh di dipstick.
yang 3,5 liter mesin seri NR.
kalo mau 5w30 API SN tapi nggak mahal, ada idemitsu semi sintetik.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Mon Jan 07, 2019 10:24
by maastricht889
marmut wrote: Mon Jan 07, 2019 10:15
erwinign wrote: Mon Jan 07, 2019 10:09
Kalo avanza saya liat oli nya 3,5lt an om, sama2 fullsyn dr hx7/hx8 tapi beda jauh bangettt harganya. Kalo liat SAE sama API SN nya menarik buat saya om hahaha

mesin K3-VE? dengan filter cuma 3 liter sudah penuh di dipstick.
yang 3,5 liter mesin seri NR.
kalo mau 5w30 API SN tapi nggak mahal, ada idemitsu semi sintetik.
Iya om avanza K3-VE. Gara2 bengkel langganan saya 10w-30 ngga ada terus sekarang pake 10w-40, kepikir pake 5w30. Di tempat mereka yg palin terjangkau uma shell helix eco 5w-30 om (c**fix semarang, oli terjamin asli)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 0:20
by arfs
Turboman wrote:sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :
Om turboman, saya penasaran nih kenapa oli mesin diesel kalau di mesin bensin gk bisa dipakai lama lama (misalkan 5000 km) ?


Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 0:27
by arfs
Turboman wrote: Mon Jan 07, 2019 7:30 Kalo oli bagus dipake long drain gak akan bikin sludge spt itu

Kondisi mesin juga diperhatikan spt :
- Kondisi busi
- Celah busi harus sesuai spek
- Purging Injector per 30 - 40 rb km
Oil capacity pengaruh jg gk om?
Karena kalau secara logika oil capacity mesin kalau dikit semakin cepat jg perputaran oli nya d mesin itu, jd lebih riskan untuk dipakai long drain... CMIIW

Soalnya di rumah pelihara HR15DE yg oil capacity hanya 3 liter dan M15A yg oil capacity ny 3.9 liter kalau diperhatikan cpt babak belur oli yg d HR15DE padahal sama2 mesin 1500cc :big_childish:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Tue Jan 08, 2019 0:58
by indeskey
arfs wrote: Tue Jan 08, 2019 0:20
Turboman wrote:sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :
Om turboman, saya penasaran nih kenapa oli mesin diesel kalau di mesin bensin gk bisa dipakai lama lama (misalkan 5000 km) ?
Maaf om kalau pertanyaan saya mengulang yg sudah2. Cuci pakai oli Diesel ini untuk keadaaan seperti apa ya?

Terima kasih.