Page 1 of 106

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 5:09
by WiraSoenaryo
Hallo,

Silakan dilanjut disini...
Part 08 : viewtopic.php?f=4&t=26134

Terima kasih.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 5:24
by hialonso
Om turbo, gak nemu yang dunia oli, adanya ini, bener?

Oli Q8 0w20 api sn full synthetic asli murmer
https://tokopedia*link/tWK5jpJO8S

Kalo yang budget 350-450rb untuk 4 L yang recommended apa om?
Shell helix eco lcgc /unilopal/lainnya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 5:33
by W42d
W42d wrote:
Om turbo, selamat tahun baru om.
Mau minta pendapat om. Brio AT KM di 46.700
Terakhir pake q8 0w20 di km 41.500
Bisa pake sampe KM berapa ya om? 5.200KM ditempuh dalam waktu 4 bulan. Pemaikan harian 30km di dlm kota, weekend suka ke tol dgn jarak 150 km. Gaya pemakaian normal, sesekali high rpm tp keseringan under 3.000 rpm. BBM pake shell v-power, baru 800 km terakhir rutin tambahin redline CFSC dosis 2ml per liter.
Tadinya ane mau ganti di KM 50.000 atau sama dengan pemakaian 8.500KM.
Sekalian mohon saran apakah penggunaan redline CFSC segitu sudah memadai atau malah berlebihan.
Turboman wrote:
Q8 - 0W20 sih 9000 km or Max 12 bulan

Btw Brio pake 0W20 so far oke ya ?

Kalo Brio MT konon radiator kecil, suhu mesin panas.......cocoknya oli buntut 30 or 40
Saya lanjut disini ya om.
Ane juga rada ga yakin si pake 0w-20. Tapi pabrikan saranin 0w20. Mana uda punya stock buat 3x ganti oli. Hehehe.
Memang mesin berasa panas. Apalagi kl lagi pake bensin oktan lebih tinggi berasanya makin panas. Selama ini si blm pernah overheat, tapi biasa sebulan sekali tap coolant radiator karena uda dibatas min. Tapi saya blm cek juga apalah ada kebocoran atau karena suhu mesin yg terlalu panas. Tapi ac semua masih berjalan normal. Karena saya merasa suhu mesin lmyn panas, makanya saya consider apa perlu ganti oli lebih awal ato mmg perlu ganti spek oli. Kalau perlu ganti spek oli mgkn saya mau abisin dl stock yang masih ada.

Kalau penggunaan CFSC nya perlu ga om 2ml per liter?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 5:44
by limsandy
W42d wrote: Wed Jan 02, 2019 5:33 Om turbo, selamat tahun baru om.
Mau minta pendapat om. Brio AT KM di 46.700
Terakhir pake q8 0w20 di km 41.500
Bisa pake sampe KM berapa ya om? 5.200KM ditempuh dalam waktu 4 bulan. Pemaikan harian 30km di dlm kota, weekend suka ke tol dgn jarak 150 km. Gaya pemakaian normal, sesekali high rpm tp keseringan under 3.000 rpm. BBM pake shell v-power, baru 800 km terakhir rutin tambahin redline CFSC dosis 2ml per liter.
Tadinya ane mau ganti di KM 50.000 atau sama dengan pemakaian 8.500KM.
Sekalian mohon saran apakah penggunaan redline CFSC segitu sudah memadai atau malah berlebihan.
8500 km aman kok. :big_exellent:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 6:51
by W42d
limsandy wrote: Wed Jan 02, 2019 5:44
W42d wrote: Wed Jan 02, 2019 5:33 Om turbo, selamat tahun baru om.
Mau minta pendapat om. Brio AT KM di 46.700
Terakhir pake q8 0w20 di km 41.500
Bisa pake sampe KM berapa ya om? 5.200KM ditempuh dalam waktu 4 bulan. Pemaikan harian 30km di dlm kota, weekend suka ke tol dgn jarak 150 km. Gaya pemakaian normal, sesekali high rpm tp keseringan under 3.000 rpm. BBM pake shell v-power, baru 800 km terakhir rutin tambahin redline CFSC dosis 2ml per liter.
Tadinya ane mau ganti di KM 50.000 atau sama dengan pemakaian 8.500KM.
Sekalian mohon saran apakah penggunaan redline CFSC segitu sudah memadai atau malah berlebihan.
8500 km aman kok. :big_exellent:
Thank you om saran nya. Berarti masih aman ya aprti yg om turbo bilang bisa 9.000KM.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 7:48
by KemPling
hialonso wrote: Wed Jan 02, 2019 5:24 Om turbo, gak nemu yang dunia oli, adanya ini, bener?

Oli Q8 0w20 api sn full synthetic asli murmer
https://tokopedia*link/tWK5jpJO8S

Kalo yang budget 350-450rb untuk 4 L yang recommended apa om?
Shell helix eco lcgc /unilopal/lainnya?
isen-iseng ngecek sepertinya lagi tutup tokonya Om, lagi liburan sampai 2/1/19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 8:49
by aceagung
W42d wrote: Wed Jan 02, 2019 5:33
W42d wrote:
Om turbo, selamat tahun baru om.
Mau minta pendapat om. Brio AT KM di 46.700
Terakhir pake q8 0w20 di km 41.500
Bisa pake sampe KM berapa ya om? 5.200KM ditempuh dalam waktu 4 bulan. Pemaikan harian 30km di dlm kota, weekend suka ke tol dgn jarak 150 km. Gaya pemakaian normal, sesekali high rpm tp keseringan under 3.000 rpm. BBM pake shell v-power, baru 800 km terakhir rutin tambahin redline CFSC dosis 2ml per liter.
Tadinya ane mau ganti di KM 50.000 atau sama dengan pemakaian 8.500KM.
Sekalian mohon saran apakah penggunaan redline CFSC segitu sudah memadai atau malah berlebihan.
Turboman wrote:
Q8 - 0W20 sih 9000 km or Max 12 bulan

Btw Brio pake 0W20 so far oke ya ?

Kalo Brio MT konon radiator kecil, suhu mesin panas.......cocoknya oli buntut 30 or 40
Saya lanjut disini ya om.
Ane juga rada ga yakin si pake 0w-20. Tapi pabrikan saranin 0w20. Mana uda punya stock buat 3x ganti oli. Hehehe.
Memang mesin berasa panas. Apalagi kl lagi pake bensin oktan lebih tinggi berasanya makin panas. Selama ini si blm pernah overheat, tapi biasa sebulan sekali tap coolant radiator karena uda dibatas min. Tapi saya blm cek juga apalah ada kebocoran atau karena suhu mesin yg terlalu panas. Tapi ac semua masih berjalan normal. Karena saya merasa suhu mesin lmyn panas, makanya saya consider apa perlu ganti oli lebih awal ato mmg perlu ganti spek oli. Kalau perlu ganti spek oli mgkn saya mau abisin dl stock yang masih ada.

Kalau penggunaan CFSC nya perlu ga om 2ml per liter?
Mobilio jg sama om, kebetulan pernah pake brio, sekarang mobilio, 2 2 nya doyan radiator coolant, padahal di mobil lain awet2 aja coolant nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 11:57
by josomba
aceagung wrote: Wed Jan 02, 2019 8:49
Mobilio jg sama om, kebetulan pernah pake brio, sekarang mobilio, 2 2 nya doyan radiator coolant, padahal di mobil lain awet2 aja coolant nya
Tp kalau sebulan sekali ampe level min, keknya krg normal ya om... Dulu mobilio saya sebulan sekali berada di serendah2nya turun 1/3 (sisa 2/3) dr jarak antara min-max.

Tp coolant temp lio agak tinggi sih, cek via obd di siang bolong macet parah atau revving tinggi sentuh max 103-104 derajat. Mazda2 kondisi sama max 93 derajat.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 14:22
by papico
Maaf kalo oot, namun msh tentang oli.
Dr bbrp pembahasan diatas (dan dari buku petunjuk), menyebutkan kalo oli 0-20 dipake sampai 6bln.
Pada saat 6 bulan tersebut misalkan mobil baru jalan 3000km, atau bahkan kurang, pada saat penggantian oli filter oli baiknya ikut diganti apa engga?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 15:01
by Trozakitara
Om Turbo dan rekan2..selamat tahun baru.. saya sudah 10 bulan ini Toyota Noah/ Nav1 pakai Kendall gt1 0w20, selama 10 bulan paling dapet 4000km an, mobil jarang pakai. Habis ini mau coba pindah bengkel ke salah satu bengkel yg lumayan terkenal di Jaksel, di bengkel ini, untuk 0w20, ada oli Enoc, ada yg pernah pakai? Cari review2nya masih jarang. Harganya ama Kendall lebih murah dikit sih. Cuman pingin beli oli n perawatan di 1 tempat aja daripada beli di online dulu.
Sharing saja, mobil jadul saya satunya.. tokisul diesel, saya ganti oli Mobil 1 Delvac di SnD (literan), rasanya lebih mantep dibandingkan sebelumnya pake oli yg sama beli Online. Dan kakak dari luar kota pinjem katanya tambah enak daripada dulu sering dia pake dengan oli Repsol Sphd..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Wed Jan 02, 2019 15:31
by pencintasemua
josomba wrote: Wed Jan 02, 2019 11:57
aceagung wrote: Wed Jan 02, 2019 8:49
Mobilio jg sama om, kebetulan pernah pake brio, sekarang mobilio, 2 2 nya doyan radiator coolant, padahal di mobil lain awet2 aja coolant nya
Tp kalau sebulan sekali ampe level min, keknya krg normal ya om... Dulu mobilio saya sebulan sekali berada di serendah2nya turun 1/3 (sisa 2/3) dr jarak antara min-max.

Tp coolant temp lio agak tinggi sih, cek via obd di siang bolong macet parah atau revving tinggi sentuh max 103-104 derajat. Mazda2 kondisi sama max 93 derajat.
Berarti ini berlaku juga di HRV 1.5 yah om?
kalo pake buntut 30 aman kah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Thu Jan 03, 2019 1:14
by indeskey
josomba wrote:
aceagung wrote: Wed Jan 02, 2019 8:49
Mobilio jg sama om, kebetulan pernah pake brio, sekarang mobilio, 2 2 nya doyan radiator coolant, padahal di mobil lain awet2 aja coolant nya
Tp kalau sebulan sekali ampe level min, keknya krg normal ya om... Dulu mobilio saya sebulan sekali berada di serendah2nya turun 1/3 (sisa 2/3) dr jarak antara min-max.

Tp coolant temp lio agak tinggi sih, cek via obd di siang bolong macet parah atau revving tinggi sentuh max 103-104 derajat. Mazda2 kondisi sama max 93 derajat.
cuma sharing aja, saya pake brv usia 2 thn, km 30k untuk penambahan coolant selama ini blm abis satu botol (1L) kira2 900 ml.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Fri Jan 04, 2019 8:33
by racho
om-om disini ada yang udah pernah coba oli skutik dipake di mobil blum ya?
ane kepikiran mau nyoba, berhubung harga oli skutik 10w-30 semi/full sintetik yang sangat2 murmer dibanding oli mobil 5w-30 pada umumnya.

ada efek buruknya gak ya?

pertimbangan ane:
mesin ane 4G69 roller rocker, manual book minta API SJ ACEA A3/B4. bisa telen buntut 30....
ane juga bukan tipe sayang bumi dan ga keberatan ganti oli tiap 5000km...

mohon petunjuknya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Fri Jan 04, 2019 9:07
by Turboman
Trozakitara wrote:Om Turbo dan rekan2..selamat tahun baru.. saya sudah 10 bulan ini Toyota Noah/ Nav1 pakai Kendall gt1 0w20, selama 10 bulan paling dapet 4000km an, mobil jarang pakai. Habis ini mau coba pindah bengkel ke salah satu bengkel yg lumayan terkenal di Jaksel, di bengkel ini, untuk 0w20, ada oli Enoc, ada yg pernah pakai? Cari review2nya masih jarang. Harganya ama Kendall lebih murah dikit sih. Cuman pingin beli oli n perawatan di 1 tempat aja daripada beli di online dulu.
Sharing saja, mobil jadul saya satunya.. tokisul diesel, saya ganti oli Mobil 1 Delvac di SnD (literan), rasanya lebih mantep dibandingkan sebelumnya pake oli yg sama beli Online. Dan kakak dari luar kota pinjem katanya tambah enak daripada dulu sering dia pake dengan oli Repsol Sphd..
Boleh dicoba tuh

kalo liat PDS nya SAPS 0,90 % spt nya menarik

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Fri Jan 04, 2019 9:08
by Turboman
racho wrote:om-om disini ada yang udah pernah coba oli skutik dipake di mobil blum ya?
ane kepikiran mau nyoba, berhubung harga oli skutik 10w-30 semi/full sintetik yang sangat2 murmer dibanding oli mobil 5w-30 pada umumnya.

ada efek buruknya gak ya?

pertimbangan ane:
mesin ane 4G69 roller rocker, manual book minta API SJ ACEA A3/B4. bisa telen buntut 30....
ane juga bukan tipe sayang bumi dan ga keberatan ganti oli tiap 5000km...

mohon petunjuknya.
JASO MB kan memang oli mesin dgn spec API lama krn antiwear nya tinggi

tapi di cek dulu aja TBN nya brp

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 7:08
by blueflag1905
Om turbo td ane abis flush oli matic, ternyata kayaknya oli ane yg sebelumnya (suzuki atf 3317 yg beli di toped) ori, msh bening pas dikeluarin, flush pake afw+ 7 liter. Setelah selesai flush trs plg, pas nyampe rumah ane cek ternyata kayaknya kebanyakan oli yg masuknya. Ada di atas max sedikit. Dibiarin aja atau kurangi ya om? Kalo kurangi caranya gmn? Dipompa dr atas kah? Kelebihannya ga banyak sih, tp memang di atas max.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 8:07
by hadztracker
om, boleh suggest untuk yaris 1nz sudah waktunya ganti oli.. oli yg terjangkau tapi kecil kemungkinan acdc..
Liat histori sebelumnya pake eneos 10-40
Pemakaian kampus- rumah pp seminggu 2-3x.. via tol dan tanjakan panjang..sisanya diem di garasi..
Odo baru 27rb, penggantian oli tiap 5rb/6bln..
tapi liat2 post sebelumnya pemkaian oli boleh lebih dr 6bln ya?
yang dirasain sekarang mesin kaya panas, fan radiator suka lama banget nyalanya.. oya kalau filter oli diganti 1nz ini berapa liter diisinya?

trims..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 10:51
by veyvez
Sorry kl oot, saya pny CRV 2.4 2013 (gen 4) sepertiny di beres belum pernah ganti atf. Berhubung sy sekarang servis keluar, mau ganti atf sekalian, kira2 atf apa ya yang cocok?

Thanks

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 14:22
by Turboman
veyvez wrote:Sorry kl oot, saya pny CRV 2.4 2013 (gen 4) sepertiny di beres belum pernah ganti atf. Berhubung sy sekarang servis keluar, mau ganti atf sekalian, kira2 atf apa ya yang cocok?

Thanks
Matic nya Gear atau CVT ?

Kalo Gear kasi ajq Aisin AFW+

Kalo CVT bisa pake Aisin CFEx

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 14:25
by Turboman
hadztracker wrote:om, boleh suggest untuk yaris 1nz sudah waktunya ganti oli.. oli yg terjangkau tapi kecil kemungkinan acdc..
Liat histori sebelumnya pake eneos 10-40
Pemakaian kampus- rumah pp seminggu 2-3x.. via tol dan tanjakan panjang..sisanya diem di garasi..
Odo baru 27rb, penggantian oli tiap 5rb/6bln..
tapi liat2 post sebelumnya pemkaian oli boleh lebih dr 6bln ya?
yang dirasain sekarang mesin kaya panas, fan radiator suka lama banget nyalanya.. oya kalau filter oli diganti 1nz ini berapa liter diisinya?

trims..
lebih baik kasi 5W30 aja, pake 10W40 mah berat

Suhu mesin panas ? Coolant pake apa skg

Fan radiator apa udah mulai berkurang speed nya ?


Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 14:35
by Ak01382
@hadztracker bantu info aja om. Saya punya vios 1st gen mungkin tipe mesinnya sama dgn yaris. Mirip2 lah kondisi pemakaiannya kaya om.
Sy biasa pake oli shell astra 10w30, kalo ada rejeki 5w-30.(tergantung promo)

Paling lama 9bulan ganti oli di SND (mencegah oli acdc)
Tanpa ganti filter biasa butuh 3ltr. Kalo pake ganti filter 3.5ltr.
Uda ga pernah pake buntut 40 soalnya berat dan boros bensin.

Kondisi mobil std no modif dkk.

Radiator pernah kuras,ganti pakai prestone yg warna ijo.
Langsung berasa kaya di puncak. Dingin abis

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 16:07
by hadztracker
Turboman wrote: Sat Jan 05, 2019 14:25
hadztracker wrote:om, boleh suggest untuk yaris 1nz sudah waktunya ganti oli.. oli yg terjangkau tapi kecil kemungkinan acdc..
Liat histori sebelumnya pake eneos 10-40
Pemakaian kampus- rumah pp seminggu 2-3x.. via tol dan tanjakan panjang..sisanya diem di garasi..
Odo baru 27rb, penggantian oli tiap 5rb/6bln..
tapi liat2 post sebelumnya pemkaian oli boleh lebih dr 6bln ya?
yang dirasain sekarang mesin kaya panas, fan radiator suka lama banget nyalanya.. oya kalau filter oli diganti 1nz ini berapa liter diisinya?

trims..
lebih baik kasi 5W30 aja, pake 10W40 mah berat

Suhu mesin panas ? Coolant pake apa skg

Fan radiator apa udah mulai berkurang speed nya ?
coolant pake standar toyota, waktu sebelum lebaran kemarin sudah kuras radiator. Putaran fan rasanya normal om..
Untuk yaris kan gak ada jarum penunjuk suhu mesin, cuman ada indikator kalau mesin overheat.belum pernah nyala sih..
saya kebiasaan kalau abis jalan dan fan masih hidup saya tunggu berhenti dulu baru saya matiin mesinnya..nah beberapa bulan kebelakang rasanya lebih lama si fan itu nyala..
Ak01382 wrote: Sat Jan 05, 2019 14:35 @hadztracker bantu info aja om. Saya punya vios 1st gen mungkin tipe mesinnya sama dgn yaris. Mirip2 lah kondisi pemakaiannya kaya om.
Sy biasa pake oli shell astra 10w30, kalo ada rejeki 5w-30.(tergantung promo)

Paling lama 9bulan ganti oli di SND (mencegah oli acdc)
Tanpa ganti filter biasa butuh 3ltr. Kalo pake ganti filter 3.5ltr.
Uda ga pernah pake buntut 40 soalnya berat dan boros bensin.

Kondisi mobil std no modif dkk.

Radiator pernah kuras,ganti pakai prestone yg warna ijo.
Langsung berasa kaya di puncak. Dingin abis
Saya jg sudah pernah kuras di beres, tapi pakai yg merah standar toyota..kalau untuk air radiator suka berkurang gak om? Yang saya suka berkurang sampe 1/3..diisi lagi gak lama berkurang..tp mentok di 1/3..

shell astra sama shell biasa apa bedanya om?
nanti saya coba mampir ke snsd..mumpung dapet sms promo disc 15%..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sat Jan 05, 2019 18:41
by Nugrohonug
Turboman wrote: Fri Jan 04, 2019 9:08
racho wrote:om-om disini ada yang udah pernah coba oli skutik dipake di mobil blum ya?
ane kepikiran mau nyoba, berhubung harga oli skutik 10w-30 semi/full sintetik yang sangat2 murmer dibanding oli mobil 5w-30 pada umumnya.

ada efek buruknya gak ya?

pertimbangan ane:
mesin ane 4G69 roller rocker, manual book minta API SJ ACEA A3/B4. bisa telen buntut 30....
ane juga bukan tipe sayang bumi dan ga keberatan ganti oli tiap 5000km...

mohon petunjuknya.
JASO MB kan memang oli mesin dgn spec API lama krn antiwear nya tinggi

tapi di cek dulu aja TBN nya brp
Om turbo Kan pernah bilang katanya diindo lebih baik pke oli diesel api ci4-plus, nah ane ada pengalaman om,ane pke santi crdi 2018 km baru 12k,sebelumnya pake delvac le,pas pake delvac le 3000km pun oli blm hitam pekat nah kmrn di km 10k ane ganti oli om ke amsoil hdd 3000 karna pengen coba aja HDEO merk lain,tapi baru dipake 2rb km oli udh hitam pekat om walaupun mesin masih sangat halus, emng gitu ya om kalo oli api ci4-plus oli bakal lebih cepat menghitam dibanding oli api cj4 karna faktor aditifnya ? Thx om

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 0:39
by Turboman
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 04, 2019 9:08
racho wrote:om-om disini ada yang udah pernah coba oli skutik dipake di mobil blum ya?
ane kepikiran mau nyoba, berhubung harga oli skutik 10w-30 semi/full sintetik yang sangat2 murmer dibanding oli mobil 5w-30 pada umumnya.

ada efek buruknya gak ya?

pertimbangan ane:
mesin ane 4G69 roller rocker, manual book minta API SJ ACEA A3/B4. bisa telen buntut 30....
ane juga bukan tipe sayang bumi dan ga keberatan ganti oli tiap 5000km...

mohon petunjuknya.
JASO MB kan memang oli mesin dgn spec API lama krn antiwear nya tinggi

tapi di cek dulu aja TBN nya brp
Om turbo Kan pernah bilang katanya diindo lebih baik pke oli diesel api ci4-plus, nah ane ada pengalaman om,ane pke santi crdi 2018 km baru 12k,sebelumnya pake delvac le,pas pake delvac le 3000km pun oli blm hitam pekat nah kmrn di km 10k ane ganti oli om ke amsoil hdd 3000 karna pengen coba aja HDEO merk lain,tapi baru dipake 2rb km oli udh hitam pekat om walaupun mesin masih sangat halus, emng gitu ya om kalo oli api ci4-plus oli bakal lebih cepat menghitam dibanding oli api cj4 karna faktor aditifnya ? Thx om
Penyebab perubahan warna oli ada banyak faktor

Kalo mau tahu detailnya spt apa ya di Test lab

kalo pake long drain si atas 7000 km bqiknya saat buang oli lama tuang 1 L Mesran utk bantu dorong sisa2 oli lama keluar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Posted: Sun Jan 06, 2019 1:23
by Ak01382
@hadztracker. Ga pernah kurang om sejak pakai prestone. Yg bawaan toyota ( merah) ga pernah ku pake lagi om. Terlalu encer dan kinerjanya ga bagus bds pemakaian sendiri. Jd setia ama prestone aja.

Shell helix astra ama shell helix sama aja om cm beda branding aja.
Yang penting jgn dpt oli acdc ajah.