Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

lonely1999 wrote: Sat Apr 20, 2019 8:59
Turboman wrote:
rob168 wrote:Halo Om Turbo,

Mohon saran nih,rekomendasi utk oli mesin Vios 2015 1NZ-FE apa ya? Sebelumnya pakai Q8 5w30, rute dalkot, 1 minggu skali tol luar kota

Thanks in advance Om
Kalo mau ekonomis

1. Idemitsu SS 5W30 :

https://tokopedia.link/nQ3Z3yl71V

Seller = td motor

2. Shell Ast 5W30 - promo "abadi" di Bli2

3. Tunggu PTT 5W30 promo lagi

wwkwkwkkw
Idemitsu ini dgn hx 8 bagus mana om. Mau cari yg irit. Ganti setiap 5000 km [emoji16]
IMHO hati2 sama produk cap kerang, HX8 pun normalnya harga 150rb/L... idemitsu ini cuman setengahnya..

Kalo mau pilihan ekonomis lagi selain idemitsu SS 5w30, bisa SGO Diesel Acea A5/B5.. 90rb/L di BeRes sijuki.. pake sampe 7rb km juga aman harusnya.. apalagi cuman 5rb an :D
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DOHC »

kl ane sehh ud males beli tjap kerang, kl ga di spbu atau di toda, rawan bener kena aspal.. giliran ke toko resmi, harganya uda ga cengli, mending lgs eneos atau ptt skalian.. atau kl lg cekak mending idemitsu atau ngesot ke beres mitsu..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by limsandy »

DOHC wrote: Sun Apr 21, 2019 7:34 kl ane sehh ud males beli tjap kerang, kl ga di spbu atau di toda, rawan bener kena aspal.. giliran ke toko resmi, harganya uda ga cengli, mending lgs eneos atau ptt skalian.. atau kl lg cekak mending idemitsu atau ngesot ke beres mitsu..
+1

Dulu pertama kali HX8 keluar aja saya cobain oli nya kurang bagus ya. Baru isi oli baru, ngak lama mesin mobil terasa lebih bergetar daripada biasanya dan sisa dari pembelian 1 dus itu langsung saya jual. Akhirnya beralih ke Amsoil yg walaupun jauh lebih mahal tapi ternyata worth it untuk manjain mobil. Karena gerobak saya udah makin tua, skrg malah pake PTT aja yg ekonomis. :big_weee: :big_peace:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

DOHC wrote: Sun Apr 21, 2019 7:34 kl ane sehh ud males beli tjap kerang, kl ga di spbu atau di toda, rawan bener kena aspal.. giliran ke toko resmi, harganya uda ga cengli, mending lgs eneos atau ptt skalian.. atau kl lg cekak mending idemitsu atau ngesot ke beres mitsu..
Wuakakakakakaka setuju banget om..

So far karena mesin mobil masih biasa2 aja... Belom pengen spend lebih dari PTT buat oli..
:mky_01:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by sintoni »

Baru pesan Ene*s 0w-20 buat dicemplungin ke 1nz ane.

Beli di blibl*, secara berani kasi free ongkir ke Kalimantan.

Moga2 ga dapat yg palsu.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Kuroboy »

Halo om Turbo, mon maap kalo dopos :big_slap: mau nanya, untuk yg dibulet2in biru itu, makin tinggi angkanya makin kental atau makin encer om?? Kadang suka ketuker2. Btw motor ane PCX CBU taun 2017, di manual dibilang pake 10W30 tapi kalo bisa jangan yg Resource Conserving ato Energy Conserving, sementara skarang ini dikasi Ipone Katana Scooter oil 5W40. Itungannya tralu kentel ga?? Brhubung mintanya buntut 30 dan motor Km masi 13.340an dan sering stop n go dan idling stop nyala. Dulu mesti dikasi Motul H Tec 100 5W30 alias oli sesat encer dari motor awal inreyen sampe 12.000 km, setelahnya pake Ipone sampe 13.300an saat ini. Mending dikasi yg mana om? Oli sesat encer buntut 30 yg cuma ada API SN doang + Energy Conserving atau oli yg udah jd muhrimnya alias API SN + JASO MB tapi buntutnya 40. Dua2nya sama2 5W om beda buntut doang :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Kuroboy wrote:Halo om Turbo, mon maap kalo dopos :big_slap: mau nanya, untuk yg dibulet2in biru itu, makin tinggi angkanya makin kental atau makin encer om?? Kadang suka ketuker2. Btw motor ane PCX CBU taun 2017, di manual dibilang pake 10W30 tapi kalo bisa jangan yg Resource Conserving ato Energy Conserving, sementara skarang ini dikasi Ipone Katana Scooter oil 5W40. Itungannya tralu kentel ga?? Brhubung mintanya buntut 30 dan motor Km masi 13.340an dan sering stop n go dan idling stop nyala. Dulu mesti dikasi Motul H Tec 100 5W30 alias oli sesat encer dari motor awal inreyen sampe 12.000 km, setelahnya pake Ipone sampe 13.300an saat ini. Mending dikasi yg mana om? Oli sesat encer buntut 30 yg cuma ada API SN doang + Energy Conserving atau oli yg udah jd muhrimnya alias API SN + JASO MB tapi buntutnya 40. Dua2nya sama2 5W om beda buntut doang :ungg:
Masuk akal sih Manual book nulis begitu

JASO MB oil umumnya butuh antiwear tinggi spt oli bensin era API SG / SJ......karena =
- Mesin High RPM - per klep lebih keras
- Air cooled

kalo ILSAC GF-4 / 5 kan rata2 udah low SAPS

Kalo mau kasih oli mobil 5W30 boleh coba macam Redline 5W30 / Amsoil ASL-5W30

JASO MB 10W30 ada merek K*nd*ll





Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Kuroboy »

Turboman wrote: Sun Apr 21, 2019 17:46
Kuroboy wrote:Halo om Turbo, mon maap kalo dopos :big_slap: mau nanya, untuk yg dibulet2in biru itu, makin tinggi angkanya makin kental atau makin encer om?? Kadang suka ketuker2. Btw motor ane PCX CBU taun 2017, di manual dibilang pake 10W30 tapi kalo bisa jangan yg Resource Conserving ato Energy Conserving, sementara skarang ini dikasi Ipone Katana Scooter oil 5W40. Itungannya tralu kentel ga?? Brhubung mintanya buntut 30 dan motor Km masi 13.340an dan sering stop n go dan idling stop nyala. Dulu mesti dikasi Motul H Tec 100 5W30 alias oli sesat encer dari motor awal inreyen sampe 12.000 km, setelahnya pake Ipone sampe 13.300an saat ini. Mending dikasi yg mana om? Oli sesat encer buntut 30 yg cuma ada API SN doang + Energy Conserving atau oli yg udah jd muhrimnya alias API SN + JASO MB tapi buntutnya 40. Dua2nya sama2 5W om beda buntut doang :ungg:
Masuk akal sih Manual book nulis begitu

JASO MB oil umumnya butuh antiwear tinggi spt oli bensin era API SG / SJ......karena =
- Mesin High RPM - per klep lebih keras
- Air cooled

kalo ILSAC GF-4 / 5 kan rata2 udah low SAPS

Kalo mau kasih oli mobil 5W30 boleh coba macam Redline 5W30 / Amsoil ASL-5W30

JASO MB 10W30 ada merek K*nd*ll
brarti jgn dikasi API SN/higher than SJ maksudnya ya om? BBM slalu pakai Pertamax Turbo biarpun CR cuma 10,4:1. Untuk viscosity nya sendiri, 5W40 artinya ga tralu rekomen ya om meskipun disitu ada tertulis Fuel Eco. Lalu, utk VI maupun kinematic viscosity, semakin tinggi artinya semakin apa om?
:frm_snipper: :snipersmile:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by MSU »

yang saya penasaran malah oli motor dipake di mobil..kan ada oli2 jaso MB sintetik-nya...kalo dipake di mobil gmn...mgkn pernah ada yg nyoba & ada hasil lab-nya
temen sih pernah pake 5rb km di avanza...cm ga test lab
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

kalo liat oli2 JASO MB bisa sih dipake di mobil

TBN sekitar 7,5 - 7,8 mg KOH

Antiwear sampe 1100 ppm (liat PDS salah 1 merek impor dr US)

buat mesin2 Flat tappet oke pake JASO MB nih mestinya.,.......wkwkwkwkk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Kuroboy wrote:
Turboman wrote: Sun Apr 21, 2019 17:46
Kuroboy wrote:Halo om Turbo, mon maap kalo dopos :big_slap: mau nanya, untuk yg dibulet2in biru itu, makin tinggi angkanya makin kental atau makin encer om?? Kadang suka ketuker2. Btw motor ane PCX CBU taun 2017, di manual dibilang pake 10W30 tapi kalo bisa jangan yg Resource Conserving ato Energy Conserving, sementara skarang ini dikasi Ipone Katana Scooter oil 5W40. Itungannya tralu kentel ga?? Brhubung mintanya buntut 30 dan motor Km masi 13.340an dan sering stop n go dan idling stop nyala. Dulu mesti dikasi Motul H Tec 100 5W30 alias oli sesat encer dari motor awal inreyen sampe 12.000 km, setelahnya pake Ipone sampe 13.300an saat ini. Mending dikasi yg mana om? Oli sesat encer buntut 30 yg cuma ada API SN doang + Energy Conserving atau oli yg udah jd muhrimnya alias API SN + JASO MB tapi buntutnya 40. Dua2nya sama2 5W om beda buntut doang :ungg:
Masuk akal sih Manual book nulis begitu

JASO MB oil umumnya butuh antiwear tinggi spt oli bensin era API SG / SJ......karena =
- Mesin High RPM - per klep lebih keras
- Air cooled

kalo ILSAC GF-4 / 5 kan rata2 udah low SAPS

Kalo mau kasih oli mobil 5W30 boleh coba macam Redline 5W30 / Amsoil ASL-5W30

JASO MB 10W30 ada merek K*nd*ll
brarti jgn dikasi API SN/higher than SJ maksudnya ya om? BBM slalu pakai Pertamax Turbo biarpun CR cuma 10,4:1. Untuk viscosity nya sendiri, 5W40 artinya ga tralu rekomen ya om meskipun disitu ada tertulis Fuel Eco. Lalu, utk VI maupun kinematic viscosity, semakin tinggi artinya semakin apa om?
Visc Index =

Jika perbedaan viskositas antara suhu 40 & 100 deg C semakin kecil = VI makin tinggi

dan sebaliknya

ada apps utk ukur VI di playstore
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Buat yg pake mesin GDI Turbo =

merek Unyil Op lagi promo tuh Dexos 1 gen 2 nya di BliBli
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by themo »

om, mobil saya brv th 2017. sekarang lagi make q8 020. udah jalan hampir 7.000km. saya mau tanya. kenapa pas manasin mobil, diawal awal pasti kaya bau gosong gitu ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

themo wrote:om, mobil saya brv th 2017. sekarang lagi make q8 020. udah jalan hampir 7.000km. saya mau tanya. kenapa pas manasin mobil, diawal awal pasti kaya bau gosong gitu ya?
Dari V belt ?

Cek V belt dan bearing2 spt bearing Tensioner / Alternator dll
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by supriyadi »

Nanya Om, kalo start pertama pas dingin agak kasar bunyi mesin. Macam bunyi kresek2 gitu, tapi setelah aga panas 1-2 menit alus bunyinya. Oli pake Total Quatrz 9000 sae 5w30 udah jalan 7000 km & 10 bulan. Kira2 apa peyebabnya ya? Rencana akhir bulan ini mau ganti pake PTT 5w30 beli dari Bl*bl*.
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by themo »

Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 3:55
themo wrote:om, mobil saya brv th 2017. sekarang lagi make q8 020. udah jalan hampir 7.000km. saya mau tanya. kenapa pas manasin mobil, diawal awal pasti kaya bau gosong gitu ya?
Dari V belt ?

Cek V belt dan bearing2 spt bearing Tensioner / Alternator dll
dari knalpot baunya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

themo wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 3:55
themo wrote:om, mobil saya brv th 2017. sekarang lagi make q8 020. udah jalan hampir 7.000km. saya mau tanya. kenapa pas manasin mobil, diawal awal pasti kaya bau gosong gitu ya?
Dari V belt ?

Cek V belt dan bearing2 spt bearing Tensioner / Alternator dll
dari knalpot baunya
Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 6:59
themo wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 3:55 Dari V belt ?

Cek V belt dan bearing2 spt bearing Tensioner / Alternator dll
dari knalpot baunya
Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
Om ane pake anf 2gd km baru 600, waktu itu udh ganti oli mesin dan gardan pake ptt di km 100 , nah buat nanti selanjutnya ganti oli di km brp om 3000 atau 5000 ? Sekalian nanti ane jg mau ganti oli atfnya karna ganti giginya kurang enak , atf yg bisa bikin alus apa om buat si matic jedug ini ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 6:59
themo wrote: dari knalpot baunya
Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
Om ane pake anf 2gd km baru 600, waktu itu udh ganti oli mesin dan gardan pake ptt di km 100 , nah buat nanti selanjutnya ganti oli di km brp om 3000 atau 5000 ? Sekalian nanti ane jg mau ganti oli atfnya karna ganti giginya kurang enak , atf yg bisa bikin alus apa om buat si matic jedug ini ?
cek level ATF, siapa tahu ATF kurang

top up aja
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 11:36
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 6:59 Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
Om ane pake anf 2gd km baru 600, waktu itu udh ganti oli mesin dan gardan pake ptt di km 100 , nah buat nanti selanjutnya ganti oli di km brp om 3000 atau 5000 ? Sekalian nanti ane jg mau ganti oli atfnya karna ganti giginya kurang enak , atf yg bisa bikin alus apa om buat si matic jedug ini ?
cek level ATF, siapa tahu ATF kurang

top up aja
Kalo lgsg ane kuras aja om pake afw+ atau ptt gpp kan om ? Yg penting alus si soalnya ngga enak jg kalo ganti giginya begini :big_blushing:
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by themo »

Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 3:55 Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
kirain gara-gara oli. soalnya ini udah mau ganti oli lagi. jadi tetep pake q8 020 aman ya om?
sama mau ganti cvtf, pake yg standar di buku manual udah cukup?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by indeskey »

themo wrote: Tue Apr 23, 2019 16:13
Turboman wrote: Tue Apr 23, 2019 3:55 Bisa jadi efek dari katalis........kalo hanya sementara aja sih no problem lah
kirain gara-gara oli. soalnya ini udah mau ganti oli lagi. jadi tetep pake q8 020 aman ya om?
sama mau ganti cvtf, pake yg standar di buku manual udah cukup?
Saya pake BRV juga, cvt kemaren saya ganti pake Aisin CFEx, sekarang jadi lebih smooth nggak jeduk lagi.
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rioangga »

Om turbo, mau nanya nih boleh ga sih ngejok/nambahin oli dgn yg spek beda. Saya pakai shell 5w30 fullsyn di g.Livina sdh jalan 2500km & dilihat di dipstick ada penguapan sekitar 1/4 dr posisi full. Kebetulan dirumah ada sisa fastron 10w30 semisyn sisa punya swift saya. Apakah boleh saya masukan oli fastronnya utk nambahin ke GL saya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

rioangga wrote:Om turbo, mau nanya nih boleh ga sih ngejok/nambahin oli dgn yg spek beda. Saya pakai shell 5w30 fullsyn di g.Livina sdh jalan 2500km & dilihat di dipstick ada penguapan sekitar 1/4 dr posisi full. Kebetulan dirumah ada sisa fastron 10w30 semisyn sisa punya swift saya. Apakah boleh saya masukan oli fastronnya utk nambahin ke GL saya.
gak masalah

btw kalo dipstik 80% F malah tarikqn lebih enteng kan
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rioangga »

Turboman wrote: Wed Apr 24, 2019 15:35
rioangga wrote:Om turbo, mau nanya nih boleh ga sih ngejok/nambahin oli dgn yg spek beda. Saya pakai shell 5w30 fullsyn di g.Livina sdh jalan 2500km & dilihat di dipstick ada penguapan sekitar 1/4 dr posisi full. Kebetulan dirumah ada sisa fastron 10w30 semisyn sisa punya swift saya. Apakah boleh saya masukan oli fastronnya utk nambahin ke GL saya.
gak masalah

btw kalo dipstik 80% F malah tarikqn lebih enteng kan
Iya juga sih om. Cuma takutnya klo keenakan trus lupa ga kontrol level oli bisa tekor dompet hehehe... Ok jadi ga masalah ya om. Thanx infonya om turbo