Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Kadar CA 3100 itu jadi membuat TBN jadi tinggi.... ya antiwear 400-500 ya bisa jadi buat ngetumpulin cam lobe dunks
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by newcity_vtec »

DevilS wrote: Fri Jul 26, 2019 5:49 Report oli united 0w30 sekarang sudah 6500km
Saya sekarang sudah sampai bali
Dari Jakarta ke surabaya setelah lewat bekasi mesin di geber terus 140-160 50% dr perjalanan. Tarikan tetap enak mesin juga halus :big_smile]
Surabaya-bali jalanan banyak naik turun udah gitu di sampai di Bali malah lewat rute atas yg gunung2 jd tahan di gigi 1 rpm tinggi terus.

Akir nya tadi pagi saya cek oli nya sudah turun kira2 700ml. Tapi saya juga ga heran sih karna di hajar terus high load. Overall saya puas dengan oli ini dan saya top up dengan Valvoline 10w30 tadi :big_peace:

Oiya mobil teman saya jazz pakai amsoil 5w30 oe. Dia udah top up 1.2 liter selama perjalanan sampai sini
Om, ini makan olinya banyak banget ya. Memang seperti itukah biasanya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

exflowly wrote:Kadar CA 3100 itu jadi membuat TBN jadi tinggi.... ya antiwear 400-500 ya bisa jadi buat ngetumpulin cam lobe dunks
yup

Ca tinggi bgt en Antiwear low = jadi amplas cair

SAPS very low & antiwear sgt tinggi = jadi lendiiiirrrrrr.......

DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Akirnya PTT 0w30 nya buat next change aja deh takut bsk kalau di tanya kok ga ad tulisan MB spec nya :big_slap:

Tadi saya ambil ini Lucas yg stiker hitem. Lmayan juga dapet nya 5 liter per jug plus lagi diskon juga jd 580rban :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

newcity_vtec wrote: Fri Aug 23, 2019 7:56
DevilS wrote: Fri Jul 26, 2019 5:49 Report oli united 0w30 sekarang sudah 6500km
Saya sekarang sudah sampai bali
Dari Jakarta ke surabaya setelah lewat bekasi mesin di geber terus 140-160 50% dr perjalanan. Tarikan tetap enak mesin juga halus :big_smile]
Surabaya-bali jalanan banyak naik turun udah gitu di sampai di Bali malah lewat rute atas yg gunung2 jd tahan di gigi 1 rpm tinggi terus.

Akir nya tadi pagi saya cek oli nya sudah turun kira2 700ml. Tapi saya juga ga heran sih karna di hajar terus high load. Overall saya puas dengan oli ini dan saya top up dengan Valvoline 10w30 tadi :big_peace:

Oiya mobil teman saya jazz pakai amsoil 5w30 oe. Dia udah top up 1.2 liter selama perjalanan sampai sini
Om, ini makan olinya banyak banget ya. Memang seperti itukah biasanya?
Engga om biasa nya ga gitu, kemaren itu perjalanan ke bali per hari nya jalan 12 jam non stop ama di tol di ke but terus ga di kasi istirahat mesinnya.

Pas perjalanan balik lebih santai jadi ga ad oli yg kebakar sama skali
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Busyet berani ambil dan pake oli Lukas...

Coba cek utub mobil 1 & lucas dr om nates
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

exflowly wrote: Fri Aug 23, 2019 9:29 Busyet berani ambil dan pake oli Lukas...

Coba cek utub mobil 1 & lucas dr om nates
Yang 5w20 itu ya om?
Kemaren liat di project farm meskipun dia kalah sama penzoil cmn pas tes gesekan nya bagusan Lucas sih om seinget saya
Kalau gasalah inget ya nanti saya nonton lg deh vid nya
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Saya dr dulu ada antipati sama Lukas...(subjective) tp gpp om, silakan pakai saja siapa tau mmg bagus.
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

exflowly wrote: Fri Aug 23, 2019 9:58 Saya dr dulu ada antipati sama Lukas...(subjective) tp gpp om, silakan pakai saja siapa tau mmg bagus.
Ohh iya om, saya suka nyoba2 merek emg soalnya dr dulu penasaran jg ama Lucas. Mudah2an deh bagus :big_smile]

Tadi ketemu juga video si nates Lucas 0w20 vs Redline 0w20 menang Lucas nya om :big_childish:

Td jg tertarik coba mumpung lg promo di tokped
hialonso
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Jan 02, 2019 3:04
Location: Bdg
Daily Vehicle: Calya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by hialonso »

singgihcahyas wrote: Thu Aug 22, 2019 5:05
hialonso wrote: Thu Aug 22, 2019 4:13 Siang semuanya, izin bertanya...

Kalo untuk Calya 2017, km 30k an, pemakaian dalam kota (macet) dan tol (high rpm), 300 km seminggu, lebih baik unil 0w20 atau ptt 0w30 ya? Atau ada saran lain?

Unil harganya menggiurkan 😂 tapi baca di page2 belakang 0w20 di lcgc rawan penguapan, jadi mending buntut 30

Terima kasih semuanya 😊
saran saya sieh pkai 0W-30 atau 5W-30 saja Om. krn rata2 unit lcgc radiatornya kecil....rawan panas sieh. aplgi kalau sudah di tol, suka main high rev....kalau pkai 0w20 malah gak tenang dihati....mikirin nguap byk atau gk :big_smile]
Siap makasih om sarannya 😁
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Fri Aug 23, 2019 2:50 Hasil test lab oli merek "BOSS" 10W40 udah keluar

Hal2 yg aneh menurut saya

- ZDDP nya gak sampe 500 ppm, dan juga tidak ada Boron & Moly

- Phospornya juga gak sampe 400 ppm

- Viscosity Index setelah dihitung jatuh di angka 120.......padahal biasanya oli 10W40 itu VI nya maen di 150 - 158

- Kadar Calcium nya spt oli Diesel API CI-4 / CH-4 yakni 3100 ppm lebih

aneh ini hasil angka2 nya

TBN nya wajar di 8,75

Any comment ?
gak perlu di tes jg sbenarnya udah aneh....

yg dibanggakan wangi minyak urut dan dibakar tetap jernih...

skalian aja wangi kenzo flower....kesukaan uwe...


ane yakin itu SUNCOOO + tetesan minyak eukaliptus...


:ngacir:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Yg lbh sedeng... itu hasil mirip banget sama Delvac palsu yg saya test tahun 2017.

Calcium tinggi, anti wear minim.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by ecco »

exflowly wrote: Thu Jul 18, 2019 9:15
ecco wrote:
Om, frankenbrew buntut 20 & 40 merek sama?
Gak, yg w40 Mobil 1 yg w20 Unil.

So far oil pressure lbh stabil saat idle maupun panas dibanding Mobil Super 5w30.
Om, sejauh ini gimana hasilnya? Kalo boleh tau masukin mobil apa campurannya?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Sudah jalan 1000km lebih, oli sudah tidak bening kayak baru, tidak ada penguapan berarti alias di dipstick masih kayak pas diisi, fuel consumption normal, drop test juga normal, rute 95 persen dalam kota, 5 persen gas poll, mesin M52 single vanos.

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by ecco »

exflowly wrote: Fri Aug 23, 2019 15:24 Sudah jalan 1000km lebih, oli sudah tidak bening kayak baru, tidak ada penguapan berarti alias di dipstick masih kayak pas diisi, fuel consumption normal, drop test juga normal, rute 95 persen dalam kota, 5 persen gas poll, mesin M52 single vanos.
Thanks om, mantab sepertinya :big_exellent:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by theansoracing »

Tanya dong, ada yg sudah pernah pakai oli enoc dari arab di mesin diesel nya? Gimana ulasan nya
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Saya si kuatirnya thinning/turun ke SAE yg lbh rendah pas sudah km agak tinggi. M1 0w40 ini bakal turun weight, dr 40 ke 30an, kalo baca di forum ya pas dipake sampe sekitar 3-5000km baru naik visco lagi ke arah visco 40.

Unil saya belum punya pengalaman yg banyak buat tau... tp kalo dari base oilnya dia yg di bawah Kendall 0w20, saya mikirnya ya interval 7000-8000km bareng si M1 masih cukup aman. M52 juga ganti olinya kudu lbh cepat, kalo di forum luar biasanya 7000/8000 miles dah ganti tp itu kan lumayan sering jalan di toll.

Tapi kalo menapak tilas, mungkin kalo gak campur w20 dan w40, saya rasa Amsoil 0w30 bisa jadi yg paling cocok buat si M52. Full synth dan 30.

M52 saya camshaftnya dah gak standard (15 persen higher lift and 10 persen duration) jadi mesin ini lumayan nyiksa oli karena flat tappetnya jadi lebih sering ditekan dr standard, dan dipake harian (daily city driving - low rpm alias macet).

Senang juga liat penguapan minim, biasanya motuba gini diisiin w20, kondisi piston ring dan seal klepnya bisa menyebabkqn jadi banyak nguap.


Ada user Unil 0w20 di sini yg bisa kasih review di mobilnya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

theansoracing wrote:Tanya dong, ada yg sudah pernah pakai oli enoc dari arab di mesin diesel nya? Gimana ulasan nya
utk 2GD gak coba ADNOC 10W30 CI-4 ?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Fri Aug 23, 2019 2:50 Hasil test lab oli merek "BOSS" 10W40 udah keluar

Hal2 yg aneh menurut saya

- ZDDP nya gak sampe 500 ppm, dan juga tidak ada Boron & Moly

- Phospornya juga gak sampe 400 ppm

- Viscosity Index setelah dihitung jatuh di angka 120.......padahal biasanya oli 10W40 itu VI nya maen di 150 - 158

- Kadar Calcium nya spt oli Diesel API CI-4 / CH-4 yakni 3100 ppm lebih

aneh ini hasil angka2 nya

TBN nya wajar di 8,75

Any comment ?
Ngeri antiwear cuma segitu
Dari awal emang ga percaya ama nih oli
Heran ada aja yg percaya kyk temen2 ane
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by jnkr »

Turboman wrote:
theansoracing wrote:Tanya dong, ada yg sudah pernah pakai oli enoc dari arab di mesin diesel nya? Gimana ulasan nya
utk 2GD gak coba ADNOC 10W30 CI-4 ?
Om, compare ma ptt 10w 30 CI4 gmn ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

jnkr wrote:
Turboman wrote:
theansoracing wrote:Tanya dong, ada yg sudah pernah pakai oli enoc dari arab di mesin diesel nya? Gimana ulasan nya
utk 2GD gak coba ADNOC 10W30 CI-4 ?
Om, compare ma ptt 10w 30 CI4 gmn ya?
wahh gak paham

kalo si PTT 10W30 CI-4 udah test lab jalan 10.000 km / 6 bulan di 2GD angka TBN akhir masi 9 an

ACEA nya juga edisi 2016

si PTT ini ane liat2 spt nya dia develop oli2 utk bekerja dgn baik pada mobil2 yg populer di Thai......utk Diesel kan GD-FTV / 4JJ / 4JK / RZ4E / 4D56 / 4N15 / Ford 3.2 TDCi sgt populer di Thai, utk Truk Hino juga sgt populer di sana.......jadi byk yg sama dgn mesin2 yg populer di Indo

ADNOC belom ada data
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Turboman wrote: Fri Aug 23, 2019 8:01
exflowly wrote:Kadar CA 3100 itu jadi membuat TBN jadi tinggi.... ya antiwear 400-500 ya bisa jadi buat ngetumpulin cam lobe dunks
yup

Ca tinggi bgt en Antiwear low = jadi amplas cair

SAPS very low & antiwear sgt tinggi = jadi lendiiiirrrrrr.......
Amplas cair yg awet ya om.. hahaha
exflowly wrote: Fri Aug 23, 2019 13:17 Yg lbh sedeng... itu hasil mirip banget sama Delvac palsu yg saya test tahun 2017.

Calcium tinggi, anti wear minim.
Apakah ini suatu kebetulan?
:upss:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by gwsecretc »

Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 7:25
jnkr wrote:
Turboman wrote:utk 2GD gak coba ADNOC 10W30 CI-4 ?
Om, compare ma ptt 10w 30 CI4 gmn ya?
wahh gak paham

kalo si PTT 10W30 CI-4 udah test lab jalan 10.000 km / 6 bulan di 2GD angka TBN akhir masi 9 an

ACEA nya juga edisi 2016

si PTT ini ane liat2 spt nya dia develop oli2 utk bekerja dgn baik pada mobil2 yg populer di Thai......utk Diesel kan GD-FTV / 4JJ / 4JK / RZ4E / 4D56 / 4N15 / Ford 3.2 TDCi sgt populer di Thai, utk Truk Hino juga sgt populer di sana.......jadi byk yg sama dgn mesin2 yg populer di Indo

ADNOC belom ada data
Om kalo anps 4n15 remap olinya tetap buntut 30 ato mending ke 40 ya? Thanks
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by theansoracing »

Turboman wrote:
theansoracing wrote:Tanya dong, ada yg sudah pernah pakai oli enoc dari arab di mesin diesel nya? Gimana ulasan nya
utk 2GD gak coba ADNOC 10W30 CI-4 ?
Yah pak, 2gd nya baru jalan 3600km neh, ppt 5w30 spt yg ente blg aja lg tgu antrian neh. Itu enoc dpt saran dr temen aja seh makanya mau tanya aja. Siapa tau ada yg pernah pakai dan ulasan bagus. Adnoc tsb gimana ulasan nya pak? Kalo motul yg ok buat 2gd apa yah?
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

gwsecretc wrote:
Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 7:25
jnkr wrote:Om, compare ma ptt 10w 30 CI4 gmn ya?
wahh gak paham

kalo si PTT 10W30 CI-4 udah test lab jalan 10.000 km / 6 bulan di 2GD angka TBN akhir masi 9 an

ACEA nya juga edisi 2016

si PTT ini ane liat2 spt nya dia develop oli2 utk bekerja dgn baik pada mobil2 yg populer di Thai......utk Diesel kan GD-FTV / 4JJ / 4JK / RZ4E / 4D56 / 4N15 / Ford 3.2 TDCi sgt populer di Thai, utk Truk Hino juga sgt populer di sana.......jadi byk yg sama dgn mesin2 yg populer di Indo

ADNOC belom ada data
Om kalo anps 4n15 remap olinya tetap buntut 30 ato mending ke 40 ya? Thanks
4N15 naik jadi brp bhp ?

Boost di set brp bar ?

Gaya nyetir santai / agressip ?