Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by adityabp »

Satu2xnya cara ya cuma pasang ATF cooler om.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by Boeds »

berapa celcius yg masuk kategori overheating ?
saya pernah menyentuh 93 celcius, bawa agresif. apakah bahaya?

kalo bawa normal, di bawah 90 celcius.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by ginting »

kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 7:35 Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
1. Cara nyetir
Harus tahu kapan harus masuk D, kapan harus masuk N atau P
kalau masuk di D tapi macet dan rem diinjek maka oli cepet panas, torque converter juga cepat soak

2. Sering sering kuras, jangan ikuti buku petunjuk.
Ini negara tropis, kondisi macet, isi mobil penuh satu keluarga besar.
Oli lebih cepet jenuh/gosong

3. Pasang ATF cooler.
anak SM beberapa pasang merk Hayden.
hub bebonk untuk pemasangan.
harga SEIHKLASNYA.
Passwordnya : Bebonk loves FRD :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

ATF cooler itu di campurin sama oli matic nya ya Oom...??
Yogi83
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 10, 2017 13:06

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by Yogi83 »

Mobilnya apa om kok sampe matic nya operhit?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by ginting »

kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 9:31 ATF cooler itu di campurin sama oli matic nya ya Oom...??

ATF Cooler itu adalah benda keras, mirip radiator.
bukan berupa cairan.

Jadi oli matic yg sudah panas di transmissi kan dialirkan ke radiator bagian bawah, supaya diademin,...

Nah, pas bagian outletnya jangan langsung selangnya balek ke tranny, tappi dialirkan dulu ke ATF cooler (mirip kayak radiator Suzuki Satria F150), lalu setelah adem baru dibalikin ke tranmissi. begitu seterusnya.

Secara teorinya sih, dengan makin luasnya bidang permukaan (surface) yg bersentuhan dengan udara luar (lewat sirip kisi kisi radiator) maka panas dari oli atf lebih cepat terbang ke udara....sehingga oli matic makin adem dan makin awet...
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Yogi83 wrote:Mobilnya apa om kok sampe matic nya operhit?
Chevy Optra Oom, yang 1.8, memang mobil ini tipikal penyakit nya gitu, kalo oli nya overheat gejala awal nya akan jedug, begitu dingin normal lagi, saat kondisi itu selenoid masih aman, tapi kalo dibiarkan selenoid bisa rusak
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

ginting wrote:
kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 9:31 ATF cooler itu di campurin sama oli matic nya ya Oom...??

ATF Cooler itu adalah benda keras, mirip radiator.
bukan berupa cairan.

Jadi oli matic yg sudah panas di transmissi kan dialirkan ke radiator bagian bawah, supaya diademin,...

Nah, pas bagian outletnya jangan langsung selangnya balek ke tranny, tappi dialirkan dulu ke ATF cooler (mirip kayak radiator Suzuki Satria F150), lalu setelah adem baru dibalikin ke tranmissi. begitu seterusnya.

Secara teorinya sih, dengan makin luasnya bidang permukaan (surface) yg bersentuhan dengan udara luar (lewat sirip kisi kisi radiator) maka panas dari oli atf lebih cepat terbang ke udara....sehingga oli matic makin adem dan makin awet...
Nah ini, ada temen pake punya satria FU ini Oom.. Oohh jadi gitu ya, ada dibuat sedikit by pass dulu tuk melalui radiator tambahan punya satria FU, baru kemudian baru masuk lagi...

Jadi ATF cooler ini bukan semacam aditif yang ditambahkan ke oli matic nya ya Oom..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by marmut »

coba diliat dulu ada pipa/selang ATF yang masuk ke radiator nggak? kalo ada, di bypass dulu jangan masuk ke radiator lagi.
karena fungsinya itu jadi heater, bukan cooler.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

marmut wrote:coba diliat dulu ada pipa/selang ATF yang masuk ke radiator nggak? kalo ada, di bypass dulu jangan masuk ke radiator lagi.
karena fungsinya itu jadi heater, bukan cooler.
Siapp Oom
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by elraedrew »

ginting wrote: Fri Dec 28, 2018 9:06
kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 7:35 Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
1. Cara nyetir
Harus tahu kapan harus masuk D, kapan harus masuk N atau P
kalau masuk di D tapi macet dan rem diinjek maka oli cepet panas, torque converter juga cepat soak

2. Sering sering kuras, jangan ikuti buku petunjuk.
Ini negara tropis, kondisi macet, isi mobil penuh satu keluarga besar.
Oli lebih cepet jenuh/gosong

3. Pasang ATF cooler.
anak SM beberapa pasang merk Hayden.
hub bebonk untuk pemasangan.
harga SEIHKLASNYA.
Passwordnya : Bebonk loves FRD :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
belom pernah denger kasus overheat karena no. 1 itu om G. overheat biasa pas tanjakan panjang. apalagi mobil fullload
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Ooms, mungkin bisa info, bengkel yg biasa atf oil cooler ini..? Kalo saya browsing ada yg pake pendingin external dengan merk hayden, dsb.. Trims sebelumnya
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by ginting »

kapsul 97 wrote:Ooms, mungkin bisa info, bengkel yg biasa atf oil cooler ini..? Kalo saya browsing ada yg pake pendingin external dengan merk hayden, dsb.. Trims sebelumnya
hub member sini IDnya b8090ok alias bebonk alias soul matenya FRD.

tapi make sure kalo pasabg disana :

klem (clamp) di inlet dan outlet harus doble.

jangan lupa itu ATF cooler juga diisi oli matic yg sama dgn oli matic yg ada di tranny.

*) bukan sales bebonk

Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by Tennoheika »

Ikut komen ya..
Yang saya tau begini : tiap mobil dengan transmisi a/t sudah ada atf coolernya dan biasanya terintegrasi dengan radiator.
Pengalaman saya di Innova 2kd, klo cuaca panas & jalan menanjak terus2an, respon maticnya agak lemot kemungkinan besar karena viskositas atf nya yg menjadi lebih encer sehingga menambah selip di torque converter.
Akhirnya saya bikin atf cooler pake radiator satria fu, tutup radiatornya dibuang dan ditutup permanen di bengkel las aluminium dan bikin adaptor selang (selang radiator Satria Fu ukurannya lebih besar dari selang atf).

Kenapa radiator Satria Fu? Karena mudah didapat secara lokal, harga terjangkau dan posisi port nya lebih ideal dibanding radiator sepeda motor lainnya.

Gak takut jebol? Ya takut sih.. tapi secara kasat mata, pipa2 passage di radiator Satria Fu vs oil cooler bermerek mirip2lah.. banyak yg berani pake yg made by don't know who, kenapa gak berani pake su*uki??

Efek yang dirasakan adalah selip yg berkurang (merayap di kecepatan +/- 20 kph bisa di 1000 rpm, yang mana sebelumnya di rpm sedikit lebih tinggi) efek berkurangnya selip ini juga terasa klo tiba-tiba digas agak dalam (terasa lebih narik).
Selain itu, mudah-mudahan umur atf nya lebih panjang.

Pengukuran temperatur atf pake stock atf cooler vs custom, belom pernah dilakukan.
Pengukuran akselerasi pake stock atf cooler vs custom pake alat ukur macam race logic, belom pernah dilakukan. Tapi berdasarkan butt o meter sih ada sedikit perbaikan.

Sudah berapa lama pake? Sekitar 7.000 km pemakaian normal, pernah ngebut 140 kph juga. Gak berani & gak tega klo lebih lagi, soalnya mobil tua.

Pernah bermasalah? Pernah, las aluminium nya ada lubang kecil. Tambal pake lem epoxy 2 komponen warna bening tersedia di toko material terdekat.




,
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Tennoheika wrote:Ikut komen ya..
Yang saya tau begini : tiap mobil dengan transmisi a/t sudah ada atf coolernya dan biasanya terintegrasi dengan radiator.
Pengalaman saya di Innova 2kd, klo cuaca panas & jalan menanjak terus2an, respon maticnya agak lemot kemungkinan besar karena viskositas atf nya yg menjadi lebih encer sehingga menambah selip di torque converter.
Akhirnya saya bikin atf cooler pake radiator satria fu, tutup radiatornya dibuang dan ditutup permanen di bengkel las aluminium dan bikin adaptor selang (selang radiator Satria Fu ukurannya lebih besar dari selang atf).

Kenapa radiator Satria Fu? Karena mudah didapat secara lokal, harga terjangkau dan posisi port nya lebih ideal dibanding radiator sepeda motor lainnya.

Gak takut jebol? Ya takut sih.. tapi secara kasat mata, pipa2 passage di radiator Satria Fu vs oil cooler bermerek mirip2lah.. banyak yg berani pake yg made by don't know who, kenapa gak berani pake su*uki??

Efek yang dirasakan adalah selip yg berkurang (merayap di kecepatan +/- 20 kph bisa di 1000 rpm, yang mana sebelumnya di rpm sedikit lebih tinggi) efek berkurangnya selip ini juga terasa klo tiba-tiba digas agak dalam (terasa lebih narik).
Selain itu, mudah-mudahan umur atf nya lebih panjang.

Pengukuran temperatur atf pake stock atf cooler vs custom, belom pernah dilakukan.
Pengukuran akselerasi pake stock atf cooler vs custom pake alat ukur macam race logic, belom pernah dilakukan. Tapi berdasarkan butt o meter sih ada sedikit perbaikan.

Sudah berapa lama pake? Sekitar 7.000 km pemakaian normal, pernah ngebut 140 kph juga. Gak berani & gak tega klo lebih lagi, soalnya mobil tua.

Pernah bermasalah? Pernah, las aluminium nya ada lubang kecil. Tambal pake lem epoxy 2 komponen warna bening tersedia di toko material terdekat.




,
Ini ditambahkan pake extra fan ga Oom..?
Sewaktu las an nya bocor efek nya gmana..?
Kemudian DIY atau pasang di bengkel mana Oom..?
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by Tennoheika »

kapsul 97 wrote: Sun Dec 30, 2018 6:51
Tennoheika wrote:Ikut komen ya..
Yang saya tau begini : tiap mobil dengan transmisi a/t sudah ada atf coolernya dan biasanya terintegrasi dengan radiator.
Pengalaman saya di Innova 2kd, klo cuaca panas & jalan menanjak terus2an, respon maticnya agak lemot kemungkinan besar karena viskositas atf nya yg menjadi lebih encer sehingga menambah selip di torque converter.
Akhirnya saya bikin atf cooler pake radiator satria fu, tutup radiatornya dibuang dan ditutup permanen di bengkel las aluminium dan bikin adaptor selang (selang radiator Satria Fu ukurannya lebih besar dari selang atf).

Kenapa radiator Satria Fu? Karena mudah didapat secara lokal, harga terjangkau dan posisi port nya lebih ideal dibanding radiator sepeda motor lainnya.

Gak takut jebol? Ya takut sih.. tapi secara kasat mata, pipa2 passage di radiator Satria Fu vs oil cooler bermerek mirip2lah.. banyak yg berani pake yg made by don't know who, kenapa gak berani pake su*uki??

Efek yang dirasakan adalah selip yg berkurang (merayap di kecepatan +/- 20 kph bisa di 1000 rpm, yang mana sebelumnya di rpm sedikit lebih tinggi) efek berkurangnya selip ini juga terasa klo tiba-tiba digas agak dalam (terasa lebih narik).
Selain itu, mudah-mudahan umur atf nya lebih panjang.

Pengukuran temperatur atf pake stock atf cooler vs custom, belom pernah dilakukan.
Pengukuran akselerasi pake stock atf cooler vs custom pake alat ukur macam race logic, belom pernah dilakukan. Tapi berdasarkan butt o meter sih ada sedikit perbaikan.

Sudah berapa lama pake? Sekitar 7.000 km pemakaian normal, pernah ngebut 140 kph juga. Gak berani & gak tega klo lebih lagi, soalnya mobil tua.

Pernah bermasalah? Pernah, las aluminium nya ada lubang kecil. Tambal pake lem epoxy 2 komponen warna bening tersedia di toko material terdekat.




,
Ini ditambahkan pake extra fan ga Oom..?
Sewaktu las an nya bocor efek nya gmana..?
Kemudian DIY atau pasang di bengkel mana Oom..?
Gak pake extra fan, atf cooler nya diletakkan di depan kondensor AC. Namun demikian, supaya pendinginan kondensor nya gak terpengaruh banyak, posisi atf cooler terhadap kondensor AC nya dikasih jarak sekitar 1 cm, gak mepet.

Efek las bocor, kebetulan terdeteksi saat masih trial mesin idle, bocornya pun halus keliatan rembes aja. Jadi repot bongkar pasang atf nya aja sama sedikit atf fluid kebuang.

DIY, tapi nutup lubang pengisian radiatornya pake jasa las aluminium. Bikin male/male hose adaptornya pake bahan kuningan di bengkel bubut.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Tennoheika wrote:
kapsul 97 wrote: Sun Dec 30, 2018 6:51
Tennoheika wrote:Ikut komen ya..
Yang saya tau begini : tiap mobil dengan transmisi a/t sudah ada atf coolernya dan biasanya terintegrasi dengan radiator.
Pengalaman saya di Innova 2kd, klo cuaca panas & jalan menanjak terus2an, respon maticnya agak lemot kemungkinan besar karena viskositas atf nya yg menjadi lebih encer sehingga menambah selip di torque converter.
Akhirnya saya bikin atf cooler pake radiator satria fu, tutup radiatornya dibuang dan ditutup permanen di bengkel las aluminium dan bikin adaptor selang (selang radiator Satria Fu ukurannya lebih besar dari selang atf).

Kenapa radiator Satria Fu? Karena mudah didapat secara lokal, harga terjangkau dan posisi port nya lebih ideal dibanding radiator sepeda motor lainnya.

Gak takut jebol? Ya takut sih.. tapi secara kasat mata, pipa2 passage di radiator Satria Fu vs oil cooler bermerek mirip2lah.. banyak yg berani pake yg made by don't know who, kenapa gak berani pake su*uki??

Efek yang dirasakan adalah selip yg berkurang (merayap di kecepatan +/- 20 kph bisa di 1000 rpm, yang mana sebelumnya di rpm sedikit lebih tinggi) efek berkurangnya selip ini juga terasa klo tiba-tiba digas agak dalam (terasa lebih narik).
Selain itu, mudah-mudahan umur atf nya lebih panjang.

Pengukuran temperatur atf pake stock atf cooler vs custom, belom pernah dilakukan.
Pengukuran akselerasi pake stock atf cooler vs custom pake alat ukur macam race logic, belom pernah dilakukan. Tapi berdasarkan butt o meter sih ada sedikit perbaikan.

Sudah berapa lama pake? Sekitar 7.000 km pemakaian normal, pernah ngebut 140 kph juga. Gak berani & gak tega klo lebih lagi, soalnya mobil tua.

Pernah bermasalah? Pernah, las aluminium nya ada lubang kecil. Tambal pake lem epoxy 2 komponen warna bening tersedia di toko material terdekat.




,
Ini ditambahkan pake extra fan ga Oom..?
Sewaktu las an nya bocor efek nya gmana..?
Kemudian DIY atau pasang di bengkel mana Oom..?
Gak pake extra fan, atf cooler nya diletakkan di depan kondensor AC. Namun demikian, supaya pendinginan kondensor nya gak terpengaruh banyak, posisi atf cooler terhadap kondensor AC nya dikasih jarak sekitar 1 cm, gak mepet.

Efek las bocor, kebetulan terdeteksi saat masih trial mesin idle, bocornya pun halus keliatan rembes aja. Jadi repot bongkar pasang atf nya aja sama sedikit atf fluid kebuang.

DIY, tapi nutup lubang pengisian radiatornya pake jasa las aluminium. Bikin male/male hose adaptornya pake bahan kuningan di bengkel bubut.
Mantab Oom
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by b8099ok »

ginting wrote: Sun Dec 30, 2018 4:30
kapsul 97 wrote:Ooms, mungkin bisa info, bengkel yg biasa atf oil cooler ini..? Kalo saya browsing ada yg pake pendingin external dengan merk hayden, dsb.. Trims sebelumnya
hub member sini IDnya b8090ok alias bebonk alias soul matenya FRD.

tapi make sure kalo pasabg disana :

klem (clamp) di inlet dan outlet harus doble.

jangan lupa itu ATF cooler juga diisi oli matic yg sama dgn oli matic yg ada di tranny.

*) bukan sales bebonk
Clamp pake stainless cukup. Ga usah double. Yg ada malah hancur neppelnya.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 7:35 Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
pake galant AT sekarang? :emo-big_love:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

maskopat wrote:
kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 7:35 Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
pake galant AT sekarang? :emo-big_love:
He he he bukan Oom, sekarang pake ANSL, All New SL [emoji13]
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

b8099ok wrote:
ginting wrote: Sun Dec 30, 2018 4:30
kapsul 97 wrote:Ooms, mungkin bisa info, bengkel yg biasa atf oil cooler ini..? Kalo saya browsing ada yg pake pendingin external dengan merk hayden, dsb.. Trims sebelumnya
hub member sini IDnya b8090ok alias bebonk alias soul matenya FRD.

tapi make sure kalo pasabg disana :

klem (clamp) di inlet dan outlet harus doble.

jangan lupa itu ATF cooler juga diisi oli matic yg sama dgn oli matic yg ada di tranny.

*) bukan sales bebonk
Clamp pake stainless cukup. Ga usah double. Yg ada malah hancur neppelnya.
Siapp
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote: Fri Jan 18, 2019 14:48
maskopat wrote:
kapsul 97 wrote: Fri Dec 28, 2018 7:35 Rekan-rekan SM, apa sudah ada yang pernah menambahkan sistem pendinging eksternal selain radiator untuk transmisi matic..?

Atau ada cara atau metode lain untuk menjaga agar oli/transmisi matic tidak overheat..?

Mohon sharing nya ya, terima kasih... [emoji4]
pake galant AT sekarang? :emo-big_love:
He he he bukan Oom, sekarang pake ANSL, All New SL [emoji13]
apa lagi nih ANSL? :big_think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

maskopat wrote:
kapsul 97 wrote: Fri Jan 18, 2019 14:48
maskopat wrote: pake galant AT sekarang? :emo-big_love:
He he he bukan Oom, sekarang pake ANSL, All New SL [emoji13]
apa lagi nih ANSL? :big_think:
[emoji23]
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote: Mon Jan 21, 2019 3:24
maskopat wrote:
kapsul 97 wrote: Fri Jan 18, 2019 14:48 He he he bukan Oom, sekarang pake ANSL, All New SL [emoji13]
apa lagi nih ANSL? :big_think:
[emoji23]
btw, kapsul ke mana?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green