life cycle mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

life cycle mobil

Post by zzzprince »

Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
Chris001
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Thu Jun 21, 2018 1:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: W204

Re: life cycle mobil

Post by Chris001 »

zzzprince wrote:Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
Beli waktu diskon gede
Jual 1 tahun sblm ganti model total om biar harga ga anjlok[emoji16]
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: life cycle mobil

Post by zzzprince »

Chris001 wrote: Mon Dec 17, 2018 15:55
zzzprince wrote:Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
Beli waktu diskon gede
Jual 1 tahun sblm ganti model total om biar harga ga anjlok[emoji16]
nah, perhitungan supaya timingnya pas itu gimana om? apa ada standar bakunya misal harus beli akhir tahun, pas pameran. Terus timing jualnya itu kapan yang pas biar gak kena depresiasi besar, atau jualnya pas kapan supaya depresiasi nya efektif.

mungkin ada yang hobby gonta ganti mobil, atau yang biasa ngandangin mobil sambil nunggu depresiasi nya udah dirasa "worthy" baru mobilnya dijual ditunggu sharingnya
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: life cycle mobil

Post by qushay20019 »

Depresiasi terbesar setau ane itu dua taun pertama. Life cycle mobil sendiri beda2, krn ada yang baru 1 taun udah facelift, macam S-Cross, ada juga yg udah 5-10 taunan cuma facelift2 mulu, gak ganti desain total, macam Avanza, Rush lama (bukan yg terakhir ini), Captiva, dll.

Kalo emang nyari yang harga udah stabil, depresiasi di atas tahun ke-8 itu udah lumayan stabil. Cuman kondisi mobil usia 8 taun yg sangat variatif krn banyak faktor yang berpengaruh, misalnya desain yg canggih tapi high maintenance, gaya pemakaian & perawatan, filosofi pabrikan dlm mendesain, ketersediaan sparepart untuk mobil2 lama, dll dsb.

Jadi balik lagi ke (calon) pengguna: di satu sisi ekstrim beli mobil buat sekedar sarana transpor dari A ke B, di sisi ekstrim lain beli mobil buat barang koleksi/ hobi/ mainan

Tambahan, seingat ane menurut salah satu member di sini, bulan terbaik membeli mobil baru dengan diskon tertinggi itu sekitar Maret ato April katanya. Ane gak pernah buktiin juga sih, soalnya ane beli waktu itu Desember
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: life cycle mobil

Post by Zaxis »

Mobil itu cuma alat transportasi
Bkn alat investasi
Kalo takut depresiasi nya tinggi beli mobil yg top sales
Atau beli mobil bekas taon tua diatas 10 taon
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: life cycle mobil

Post by maskopat »

zzzprince wrote: Mon Dec 17, 2018 15:51 Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
kalo mau investasi mobil, belilah mobil yang harga bekasnya jauh lebih tinggi daripada harga barunya... :big_grin:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: life cycle mobil

Post by kendibocor »

Untuk mengurangi kerugian dari depresiasi so pasti harus beli dgn diskon sebesar mungkin, selama ini diskon besar ya dapatnya di akhir tahun atau awal tahun beli nik thn sebelumnya.

Nah untuk jual mbl yg resale valuenya cukup stabil harus lihat jg.
Untuk bbrp kelas mbl (terutama >400 jt keatas) Brand yg mainstream ga selalu resale valuenya lebih bagus drpd non mainstream. Contoh: Beberapa kali liat di situs jual beli mbl antara camry, accord, dan mazda 6 tahun yg sama dgn km mirip2 malah lebih tinggi resale value si mazda 6, camry paling murah. Mungkin karena stok si mazda 6 jg lebih terbatas.
Tp kalo untuk mbl2 kerja rodi seperti LMPV ya harus beli brand mainstream (duo avxen).

Nb: semua tulisan diatas cuman berdasarkan pengamatan asal2an dan sotoy saya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
coipan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Feb 21, 2015 17:15

Re: life cycle mobil

Post by coipan »

Depresiasi mobil menurut ane ad pengaruhnya dengan life cycle mobil.

Kayak ane ambil contoh mobil fortuner am pajero sport, itu kan life cycle nya bisa sekitar 7-10 tahun baru ganti model, sedangkan life cycle suv monokok seperti crv xtrail cx5 sekitar 4-5 tahunan

Contoh xtrail 2015 yang bekasnya udah di angka 250- 300jtan , sedangkan harga baru beli di 2015 sekitar 420jtan

Sedangkan harga fortuner trd ato pajero dakar 2015 masih di angka 300-350jtan , padahal notabene sudah ada yg all new di 2016 yang seharusnya depresiasi lebih dri xtrail ato setara minimal

Ad yg bisa jelasin kenapa bisa seperti ini depresiasinya suhu? Apa karena peminat mobil tersebut lebih banyak sehingga mempengaruhi harga jual?
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: life cycle mobil

Post by patrickstar »

Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Santai dijalan, nikmati hidup.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: life cycle mobil

Post by zzzprince »

qushay20019 wrote:Depresiasi terbesar setau ane itu dua taun pertama. Life cycle mobil sendiri beda2, krn ada yang baru 1 taun udah facelift, macam S-Cross, ada juga yg udah 5-10 taunan cuma facelift2 mulu, gak ganti desain total, macam Avanza, Rush lama (bukan yg terakhir ini), Captiva, dll.

Kalo emang nyari yang harga udah stabil, depresiasi di atas tahun ke-8 itu udah lumayan stabil. Cuman kondisi mobil usia 8 taun yg sangat variatif krn banyak faktor yang berpengaruh, misalnya desain yg canggih tapi high maintenance, gaya pemakaian & perawatan, filosofi pabrikan dlm mendesain, ketersediaan sparepart untuk mobil2 lama, dll dsb.

Jadi balik lagi ke (calon) pengguna: di satu sisi ekstrim beli mobil buat sekedar sarana transpor dari A ke B, di sisi ekstrim lain beli mobil buat barang koleksi/ hobi/ mainan

Tambahan, seingat ane menurut salah satu member di sini, bulan terbaik membeli mobil baru dengan diskon tertinggi itu sekitar Maret ato April katanya. Ane gak pernah buktiin juga sih, soalnya ane beli waktu itu Desember
Untuk masalah disc, lebih cuan mana om, ambil akhir tahun, apa beli bulan Maret April NIK tahun sebelumnya? Kan biasanya BBN ikut naik tiap tahun, dan resiko beli NIK tahun sebelumnya itu kadang dapet unit yang gak fresh
Zaxis wrote:Mobil itu cuma alat transportasi
Bkn alat investasi
Kalo takut depresiasi nya tinggi beli mobil yg top sales
Atau beli mobil bekas taon tua diatas 10 taon
Hehehe ogut cuma penasaran baiknya kapan beli mobil, dan kapan mobil itu dilepas, biar gak rugi2 amat om[emoji16]. Boil bekas diatas 10 tahun apalagi udah tangan keberapa kadang udah susah nebak kondisinya euy. NB: tidak berlaku buat boil yang pasarannya gelap cth. Mark X, LC dkk
maskopat wrote:
zzzprince wrote: Mon Dec 17, 2018 15:51 Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
kalo mau investasi mobil, belilah mobil yang harga bekasnya jauh lebih tinggi daripada harga barunya... :big_grin:
Biasanya mobil hobby tuh om hehehe, tapi bbrp kali Nemu ada yang jual avxen 1st gen seharga beli barunya di tahun ke 12
kendibocor wrote:Untuk mengurangi kerugian dari depresiasi so pasti harus beli dgn diskon sebesar mungkin, selama ini diskon besar ya dapatnya di akhir tahun atau awal tahun beli nik thn sebelumnya.

Nah untuk jual mbl yg resale valuenya cukup stabil harus lihat jg.
Untuk bbrp kelas mbl (terutama >400 jt keatas) Brand yg mainstream ga selalu resale valuenya lebih bagus drpd non mainstream. Contoh: Beberapa kali liat di situs jual beli mbl antara camry, accord, dan mazda 6 tahun yg sama dgn km mirip2 malah lebih tinggi resale value si mazda 6, camry paling murah. Mungkin karena stok si mazda 6 jg lebih terbatas.
Tp kalo untuk mbl2 kerja rodi seperti LMPV ya harus beli brand mainstream (duo avxen).

Nb: semua tulisan diatas cuman berdasarkan pengamatan asal2an dan sotoy saya.
Nah untuk masalah disc, bagusan mana om antara beli akhir tahun NIK berjalan atau pertengahan tahun NIK sebelumnya.

Btw sering lihat Camry q 2012 dijual 200an padahal barunya berapa tuh hehehe
coipan wrote:Depresiasi mobil menurut ane ad pengaruhnya dengan life cycle mobil.

Kayak ane ambil contoh mobil fortuner am pajero sport, itu kan life cycle nya bisa sekitar 7-10 tahun baru ganti model, sedangkan life cycle suv monokok seperti crv xtrail cx5 sekitar 4-5 tahunan

Contoh xtrail 2015 yang bekasnya udah di angka 250- 300jtan , sedangkan harga baru beli di 2015 sekitar 420jtan

Sedangkan harga fortuner trd ato pajero dakar 2015 masih di angka 300-350jtan , padahal notabene sudah ada yg all new di 2016 yang seharusnya depresiasi lebih dri xtrail ato setara minimal

Ad yg bisa jelasin kenapa bisa seperti ini depresiasinya suhu? Apa karena peminat mobil tersebut lebih banyak sehingga mempengaruhi harga jual?
Kalo menurut pengamatan nubie biasanya depresiasi kadang bisa tergantung minat konsumen om sama , contoh di daerah Jakarta matic lebih sip harga jualnya dibanding di daerah yang lebih suka manual
patrickstar wrote:Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Pernah ke satu daerah di Kalimantan, banyak yang masih jalan om, entah partsnya pakai apa hehehe. Gak sedikit jg yang udah jadi besi tua om
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: life cycle mobil

Post by zzzprince »

Up up ..
Mungkin member disini banyak yang mengartikan "life cycle” adalah life cycle model dari sebuah kendaraan hehehe. Maksudnya ogut, life cycle yang dimaksud adalah rentan waktu penggunaan kendaraan / berapa lama kendaraan kita keep, sampai akhirnya dilepas buat diganti yang baru

Nah, buat nentuin timing beli dan jualnya biar gak depresiasi amat, dan jg dengan memanfaatkan disc2 yang ada, dan juga pengaruh inflasi
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: life cycle mobil

Post by kendibocor »

@zzzprince Beberapa kali nanya sih biasa untuk mbl2 yg penjualan "wajar" atau malah berlebih, biasanya bulan feb itu uda ga ada nik thn sblmnya. Kalo yg maret-april atau malah pertengahan thn masih ada entah mbl ga laku atau atpmnya pede bgt ma barang dagangannya sampe akhir tahun berani stok banyak.

Kalo masalah BBN naek, maren ane beli mazda 2 bwt adek ambil nik thn sblmnya dia tetep pake otr tahun sblmnya jg, ga ngikut harga pricelist 2018. Tp tiap ATPM mungkin beda ya. Trus jg barangnya sih oke2 aja ga ada masalah. Sepupu saya jg 2015 beli pajero nik 2014 ga ada masalah sama sekali. Waktu itu sepupu saya uda nego dr des tp ditunda2 mulu ma dia sampe feb sih discnya paling cuman beda 2 jt an kalo saya ga salah inget.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: life cycle mobil

Post by kunaskun »

zzzprince wrote: Mon Dec 17, 2018 15:51 Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.

Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).

Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini :mky_01:
kalau dulu duo kaleng 3 tahun baru kelihatan depresisasinya. sekarang? ga ada lagi mobil yang kaya gini. kecuali plat B jual ke daerah. lumayan dapet lagi tambahan 10 jutaan.

dan lagian mobil itu kan liability. cuman di indo saja bisa dijadikan investasi, mungkin karena kebiasaan di indo apapun barang mahal = investasi = ga boleh depresiasi. padahal well beli emas batang aja bisa depresasi, buktinya: emas antam ganti bungkus saja, emas antam dengan bungkus lama ketika dijual pasti kena potong dengan alasan bungkus lama... :mky_07:

jual mobil ga parah2 amat ya di tahun 1 dan 2, sisanya ya terus drop dengan laju minimal belasan juta per tahun. atau pake terus sampe mendekati tahun ke 8-10 karena biasa sudah melamban signifikan depresiasinya.

tapi kalau sweet spot beli mobil itu buat saya mendekati lebaran karena perang diskon, atau akhir tahun mepet bulan 10-11, karena perang diskon tapi pabrik sekarang juga sudah pinter bulan2 segitu produksi dikurangi malah sudah masuk rakitan tahun depan biar ga ada perang diskon buang stok di tahun baru...

oh ya itu semua ceteris paribus ya :mky_08:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: life cycle mobil

Post by coklatMetalik »

patrickstar wrote: Tue Dec 18, 2018 3:32 Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Ke pedesaan om
Di pedalaman sih punya kisul aja udh seneng banget :mky_02:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: life cycle mobil

Post by adhika »

patrickstar wrote: Tue Dec 18, 2018 3:32 Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Junkyard Parung Bogor
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: life cycle mobil

Post by patrickstar »

coklatMetalik wrote: Tue Dec 18, 2018 5:31 Ke pedesaan om
Di pedalaman sih punya kisul aja udh seneng banget :mky_02:
adhika wrote: Tue Dec 18, 2018 6:59 Junkyard Parung Bogor
Iya ya, kayanya pada ke pedesaan. Saudara di kampung padahal juragan batik, beli Carry seken aja sdh seneng dia.
Santai dijalan, nikmati hidup.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: life cycle mobil

Post by patrickstar »

Kalo urutan generasi penerus suatu product dalam type & merk yg sama, mungkin suhu-suhu bisa cerita, lumayan buat pengetahuan.
Contoh : Taruna --> Terios atau Xenia ?
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: life cycle mobil

Post by coklatMetalik »

Kijang buaya - Kijang doyok - Kijang super - Kijang kapsul
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: life cycle mobil

Post by patrickstar »

coklatMetalik wrote: Thu Dec 20, 2018 4:29 Kijang buaya - Kijang doyok - Kijang super - Kijang kapsul
Kijang buaya - Kijang doyok - Kijang super - Kijang kapsul - Kijang Inova ya om
Santai dijalan, nikmati hidup.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: life cycle mobil

Post by IGedeAmat »

coklatMetalik wrote: Tue Dec 18, 2018 5:31
patrickstar wrote: Tue Dec 18, 2018 3:32 Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Ke pedesaan om
Di pedalaman sih punya kisul aja udh seneng banget :mky_02:
iya kalo model populer kayak kisul or carry,
kalo yang kurang populer kayak Feroza or Serena Bulet itu pada kemana ya...
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: life cycle mobil

Post by coklatMetalik »

IGedeAmat wrote: Thu Dec 20, 2018 4:37
coklatMetalik wrote: Tue Dec 18, 2018 5:31
patrickstar wrote: Tue Dec 18, 2018 3:32 Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Ke pedesaan om
Di pedalaman sih punya kisul aja udh seneng banget :mky_02:
iya kalo model populer kayak kisul or carry,
kalo yang kurang populer kayak Feroza or Serena Bulet itu pada kemana ya...
Sama aja sih, tp yg gk terlalu robust kyk serena ya gk ke pedalaman banget, tp ke kota2 kecil....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: life cycle mobil

Post by coklatMetalik »

patrickstar wrote: Thu Dec 20, 2018 4:36
coklatMetalik wrote: Thu Dec 20, 2018 4:29 Kijang buaya - Kijang doyok - Kijang super - Kijang kapsul
Kijang buaya - Kijang doyok - Kijang super - Kijang kapsul - Kijang Inova ya om
IMO gk ada yg bener2 meneruskan kisul. Sebagian karakteristik masuk ke ipah, sebagian masuk ke avanza
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82