Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Untuk mengukur PWR suatu mobil dengan sempurna jelas ga mungkin
Yang paling ideal jelas pada feeling driver saat membesut itu boil karena perspektif individu pasti berbeda2
Seperti nyokap hopeng bini ane yang nyesel setelah meminang ANKI 2.0 AT tipe V taon ini. katanya itu boil kok underpowered boyo saat nanjak walopun isi jg ga overload
Solusi paling manjur sepertinya ganti BPKB wkwkwk
Yang paling ideal jelas pada feeling driver saat membesut itu boil karena perspektif individu pasti berbeda2
Seperti nyokap hopeng bini ane yang nyesel setelah meminang ANKI 2.0 AT tipe V taon ini. katanya itu boil kok underpowered boyo saat nanjak walopun isi jg ga overload
Solusi paling manjur sepertinya ganti BPKB wkwkwk
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
The Best New Performance Cars for Less than $50,000
https://www.roadandtrack.com/car-cultur ... han-50000/
https://www.roadandtrack.com/car-cultur ... han-50000/
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Pasca tahun 2001 displacement kebangsaan Indo DM adalah 1.3L -1.5L dimana mayoritas berada di segmen entry level yaitu mayoritas LMPV dan beberapa di segmen LSUV.
Berbeda dengan pra 1998 dimana sedan saloon medium - big displacement minimal 1.6L -2.0L merajai jalanan Indo bahkan tidak sedikit yang dispacement 2.5L V6.
Oleh karena itu in my opinion belum lha kalau faktor power to weight ratio sudah menjadi poin pertimbangan mayoritas konsumen mobil Indo DM.
Dengan displacement mayoritas hanya 1.5L tentu yang menjadi pertimbangan hanya 7 seater, FC irit, RV, RV dan RV.
Berbeda dengan pra 1998 dimana sedan saloon medium - big displacement minimal 1.6L -2.0L merajai jalanan Indo bahkan tidak sedikit yang dispacement 2.5L V6.
Oleh karena itu in my opinion belum lha kalau faktor power to weight ratio sudah menjadi poin pertimbangan mayoritas konsumen mobil Indo DM.
Dengan displacement mayoritas hanya 1.5L tentu yang menjadi pertimbangan hanya 7 seater, FC irit, RV, RV dan RV.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
turbo lag bisa diatasi cvt,tapi tetap feelnya cvt tidak spontan. gas diinjak, jeda terasa, meski tetap bertenaga dan kencang juga.
kalau pasang anti lag juga tidak efektif buat harian. bahaya juga.
kalau pasang anti lag juga tidak efektif buat harian. bahaya juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Mesin NA sekarang jg terasa ada lag terutama NA yg aplikasi DBW/TBW.
Berbeda dengan mesin NA jebot yg tanpa DBW/TBW
PWR bagus tapi suspensi ga imbang jg susah. Contoh di ANPJS, torsi besar 4N15 tapi suspensi terlalu empuk.
Boil terasa limbung dan melayang di kecepatan tinggi.
Akibatna anak ane yg masih kecil sering mabuk kalo ke lukot
bini komplen takut kalo anak sampe muntah bikin repot
Berbeda dengan mesin NA jebot yg tanpa DBW/TBW
PWR bagus tapi suspensi ga imbang jg susah. Contoh di ANPJS, torsi besar 4N15 tapi suspensi terlalu empuk.
Boil terasa limbung dan melayang di kecepatan tinggi.
Akibatna anak ane yg masih kecil sering mabuk kalo ke lukot
bini komplen takut kalo anak sampe muntah bikin repot
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Underpower pembandingnya seperti apa om ? sama d4d yg lama masih lebih lemot kah ?pcx wrote: ↑Fri Nov 09, 2018 10:10 Untuk mengukur PWR suatu mobil dengan sempurna jelas ga mungkin
Yang paling ideal jelas pada feeling driver saat membesut itu boil karena perspektif individu pasti berbeda2
Seperti nyokap hopeng bini ane yang nyesel setelah meminang ANKI 2.0 AT tipe V taon ini. katanya itu boil kok underpowered boyo saat nanjak walopun isi jg ga overload
Solusi paling manjur sepertinya ganti BPKB wkwkwk
soalnya dari dulu gapernah pake inova bensin,, hehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Sekedar sharing saja, dulu keluarga saya pernah punya Innova 2005 Manual dan 2006 Matic. Kalau dibandingkan dengan tarikannya Innova Diesel Matic (pernah pinjem keluaran tahun 2006 dan 2011) sih jauh enakan tarikannya yang diesel, terutama untuk penggunaan stop and go dan city driving. Konsumsi BBMnya juga jauh lebih boros yang Innova bensin.arsaerescool wrote: ↑Thu Nov 15, 2018 10:29 Underpower pembandingnya seperti apa om ? sama d4d yg lama masih lebih lemot kah ?
soalnya dari dulu gapernah pake inova bensin,, hehehe
Avanza 1.5L matic dan 1.3L manual saja tarikannya jauh lebih enak daripada Innova bensin yang pernah saya punya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Gue pernah make inova V manual bensin , tarikan ngisi terus di gigi 2 dan 3 biar tanjakan dan kekedapan type V baik sekali dibanding taft gt dan timor tp keduanya pernah oversize piston jd ga tau karakter asli mesin udah beda dgn asli pabrikansaturday wrote: ↑Thu Nov 15, 2018 10:58Sekedar sharing saja, dulu keluarga saya pernah punya Innova 2005 Manual dan 2006 Matic. Kalau dibandingkan dengan tarikannya Innova Diesel Matic (pernah pinjem keluaran tahun 2006 dan 2011) sih jauh enakan tarikannya yang diesel, terutama untuk penggunaan stop and go dan city driving. Konsumsi BBMnya juga jauh lebih boros yang Innova bensin.arsaerescool wrote: ↑Thu Nov 15, 2018 10:29 Underpower pembandingnya seperti apa om ? sama d4d yg lama masih lebih lemot kah ?
soalnya dari dulu gapernah pake inova bensin,, hehehe
Avanza 1.5L matic dan 1.3L manual saja tarikannya jauh lebih enak daripada Innova bensin yang pernah saya punya.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Memang begitu adanya.
Dari pengalaman bapak saya yang tidak pernah memuji performa mesin Kijang bensin. Bahkan saking lemotnya bapak dan temannya sering membully tarikannya seperti kentut walaupun M/T bwahahaha.
Masih kencang mesin Daihatsucars jaman dulu apalagi Daihatsu memang sangat kompeten di mesin displacement kecil (petrol) dan juga Turbo dengan Charade dan YRV Turbo. Belum lagi diesel displacement besar di Taft yang semuanya sudah hilang tidak berbekas sejak DMC dicaplok TMC Japan 1999. Hanya jadi tukang jahit dan bodyguard TMC di Indo DM ckckck.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
kalo gak mau pegal - pegal yah jangan pake 3 pedal yahfabreguz wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 13:20kalo emang bisa diiringi dgn konsumsi bahan bakar yg lbih baik tentu bisa dianggap bonus
tapi kalo kondisi jalan masih sperti skrg ya sulit rasa nya
trutama jalur dalam kota yg padat dan macet
se7 banget bung rakeanRakean wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 7:14 kalo ane malah butuh power gede itu malah bukan di jalan tol.... biasanya ane di jalan tol pemakaian tenaga mobil g gede2 amat, karena lebih ke cruising santai dan bukan buat high speed...
power gede malah lebih dibutuhkan buat di jalan nasional akap, terutama jalan yg cuman 2 lajur dan 2 arah, kerasa bgt enaknya power besar utk overtake gitu... bisa lebih gesit ajah..
tepat sperti yg sy maksud overtake kendaraan laen tapi di jalan yg cuman 2 lajur dan 2 arah sperti jalan nasional akap
henak banget jika power enjin gede tinggal toel gas boil dah mluncur
daripada kudu ancang2 dulu sblom overtake dgn power enjin yg pas2 an
pas sampe di tujuan badan pegel2 dan teler duluan
yg sy bold asli stujuh bangettigerkenceng wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 7:49 Mungkin hitung2an Power To Weight Ratio (PWR) akan lebih berguna untuk figur akselerasi dalam berkendara dimana dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk overtake, stop n go dan jalan menanjak. Belum tentu mobil dengan tenaga besar akselerasi akan lebih cepat dari mobil kecil. Yang sudah2, mobil dengan rasio PWR terbaik akan menemukan titik efisiensi yang baik pula. Sebetulnya saya ada concern terhadap ATPM yang menjual kendaraan mereka hanya menampilkan figur tenaga yang besar di brosur sebagain gimmick marketing, tanpa mengedukasi konsumennya dengan teori2 yang benar
pwr yg bagus tentu segala nya di boil akan bagus dan seimbang banget
nah kalo ini kaitan nya dgn pajak pkb bung tigerkenceng
master2 di sini jg pernah menyoroti boil yg masuk dgn enjin yg ndak sesuai dgn berat bodi nya shingga underpowered di jalanan
salah satu tujuan nya agar harga bisa masuk dan terbeli oleh konsumen endo
padahal jlas2 jadi lemot banget itu boil dgn enjin segitu
kalo cewe yg setir sih mestinya ndak ambil pusing kale ya
smoga dgn infratruktur yg membaik dan euro 4 yg barusan berlaku, bakal ada perubahan pkb kapasitas enjin shingga boil2 n enjin yg dulu ndak bisa masuk jadi bias masuk dan dinikmatin di sini
ndak papa ke mana2 bung krniawnhdr
syukur2 kl bisa boil2 yg beredar di endo dulu n jaman now dikupas pwr nya, apakah cocok ato ndak sbenere ?
kalo sy yg awam kok yakin mayoritas boil2 di endo pwr nya pasti ndak sesuai
se7 pria peugeotPugman wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 8:46 Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.
Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.
mertua saya yg bilang turbo itu mudah rewel apalage jika bensin nya ndak cocok
langsung modar dulu drpd enjin NA
wah cx3 pasti uenak tu pwr nya bung geofreyapgeofreyap wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 11:10 Kalo masalah fun, tidak selamanya PWR bagus bakal lebih fun.
Chassis tuning & distribusi beban lebih berperan sih.
Btw, cx3 PWRnya not bad. Mobil enteng dikasih 2.0 jadi enak bgt.
Mazda3 jg enak.
Kalo mobil kecil mgkn brio 1.3 yg CBU dulu itu ya.
Swift sport juga.
Jgn lupa duo kaleng yg kencang itu.
CMIIW
malah temen ada yg bilang pwr nya cx3 lbih baik drpd cx5 2500 palage otlander spot:big_exellent:
bayangin aja bodi mazda2 hb yg dtinggikan sedikit tapi diinstal enjin skyactiv noceng cc
jlas lbih fun to drive dari cx5 2500 yg lbih tinggi, panjang n berat
se7 jg utk papanja
si lmpv termasuk boil yg ngibrit dan ndak lemot jg, walo goyang dombreng di tol
mungkin karna body ringan kaleng tapi ditopang enjin cengsa yg mayan galak torsi nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Gk mau pegal, pakai sopir, kalau dan citroen c6,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Klo mau PWR terbaik belilah yg CC besar, krna tidak perlu RPM terlalu tinggi sudah terasa powernya dan linier sampe kecepatan max
Tp masalahnya disini macetnya kronis bikin boros bbm tp klo jln lancar enak banget
Tp masalahnya disini macetnya kronis bikin boros bbm tp klo jln lancar enak banget
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Power to weight ratio terbaik ya Agya 1VD
FWD + RWD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 16, 2017 11:54
- Location: java
- Daily Vehicle: daihatsu
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
sebagian bsr review mobil2 baru kebanyakan powernya menengah ke atas
pdhal untuk lalu lintas kota disini sngat ngga klop , yg mana lebih sering stop & go
kalao ada yg tau mobil yg powernya low ke mid mungkin bisa dishare, saya tertarik skali
pdhal untuk lalu lintas kota disini sngat ngga klop , yg mana lebih sering stop & go
kalao ada yg tau mobil yg powernya low ke mid mungkin bisa dishare, saya tertarik skali
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
diesel rulezzz. atau cari mobil yang mesinnya canggih2 biasanya powerbandnya geser ke lower mid to low.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
basic question sebelum ngomong PWR, beda torque dan power apa?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Altis gen 10.5 yang 1800 cc dan 2000 cc, dua2 nya punya power range di low to mid.
Dua-duanya termasuk type under square engine, apalagi yang 2000 cc dengan stroke yang lebih panjang dibanding type 1800 cc.
Sangat cocok buat kondisi stop & go, pemakaian dalkot.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Tue May 20, 2014 11:41
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Altis gen 11 jugakok, mesinnya sama dgn generasi sebelumnya 1.8 kodenya 2zr fe kalo gasalah. Apalagi kalo dikasih oli encer jadi makin enteng+ irit
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
Yuppp ... Altis gen 10.5 dan 11 mesinnya sama.jakanjc wrote: ↑Thu May 02, 2019 8:45Altis gen 11 jugakok, mesinnya sama dgn generasi sebelumnya 1.8 kodenya 2zr fe kalo gasalah. Apalagi kalo dikasih oli encer jadi makin enteng+ irit
Bedanya gen 11 di Indonesia gak ada versi 2.0
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed May 01, 2019 15:49
- Location: yogyakarta
- Daily Vehicle: ge8
Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya
4D56 Astron..L 300 pickup...saking galak torsinya harus di kasih beban di blkang biar pantat nya gk mentul2 pas aklselarsi di tanjakan...