Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Genji
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 15, 2018 9:14
Location: Tangerang

Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Genji »

Hallo om-om semua,

Saya sedang kuliah saat ini dan sedang melakukan penelitian di salah satu dealer resmi yang baru buka.
Saya melihat mereka menawarkan banyak promo tapi impact ke konsumen yang datang sangat sedikit, menurut kepala bengkelnya sepinya hampir merata di seluruh cabang-cabang. Yang menjadi pertanyaan saya apakah memang animo masyarakat ke dealer resmi sedang menurun? Atau ada sebab lain? Seperti kualitas pelayanan saat service atau kualitas service nya sendiri? Sehingga jika benar hampir seluruh cabang dealer resmi mengalami penurunan. Mohon bantuannya kepada rekan-rekan disini. :big_smile] :big_deal: :big_deal:
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by snoepje »

bengkel merek mobilnya apa om ?
Genji
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 15, 2018 9:14
Location: Tangerang

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Genji »

Salah satu merk jepang om "triple elips" ini dealer sudah sekitar 1-2 tahun berdiri om... Padahal kalau dilihat kendaraannya banyak berkeliaran di jalan2...
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by evanbngdor »

Setau ogut memang animo masyarakat untuk ke bengkel resmi menurun, karena daya beli untuk service ke bengkel resmi jg menurun, akhirnya pada banyak lari ke bengkel alternatif.

Apalagi sekarang udah makin banyak banget komunitas mobil, dan masing-masing komunitas punya kenalan/bengkel rekanannya, otomatis sebagai anggota komunitas jd ada opsi pilihan untuk merawat kendaraannya.

Ogut sendiri tipe konsumen yg ngga pernah service berkala ke bengkel resmi, ke bengkel resmi cuma buat klaim garansi aja kalo ada kerusakan, perawatan berkala ogut selalu bawa ke bengkel swasta lain. Alasannya cuma 2. Lebih murah biaya jasanya dan lebih mengerti mobilnya. Kalo bengkel resmi ya dikerjain berdasarkan prosedur aja udah, kayak robot.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Genji
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 15, 2018 9:14
Location: Tangerang

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Genji »

evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 4:58 Setau ogut memang animo masyarakat untuk ke bengkel resmi menurun, karena daya beli untuk service ke bengkel resmi jg menurun, akhirnya pada banyak lari ke bengkel alternatif.

Apalagi sekarang udah makin banyak banget komunitas mobil, dan masing-masing komunitas punya kenalan/bengkel rekanannya, otomatis sebagai anggota komunitas jd ada opsi pilihan untuk merawat kendaraannya.

Ogut sendiri tipe konsumen yg ngga pernah service berkala ke bengkel resmi, ke bengkel resmi cuma buat klaim garansi aja kalo ada kerusakan, perawatan berkala ogut selalu bawa ke bengkel swasta lain. Alasannya cuma 2. Lebih murah biaya jasanya dan lebih mengerti mobilnya. Kalo bengkel resmi ya dikerjain berdasarkan prosedur aja udah, kayak robot.
Terima kasih om evanbngdor atas informasinya. :big_peace: :big_peace:
Memang saya perhatikan sekarang banyak bengkel independen yang punya fasilitas bengkel resmi tetapi untuk biaya jasa mereka jauh lebih murah ya om.
Kira-kira masukan saya untuk dealer resmi yang saya lakukan penelitian apa ya om? Karena berdasarkan informasi yang saya dapat mereka sudah sampai diskon jasa besar sekali untuk bersaing dengan bengkel independen.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by martinnn »

Mekanik beres kalo uda senior pada cabut buka bengkel sendiri... Jadinya mekanik beres rata rata anak muda blom banyak pengalaman
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by mr_mytplx »

evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 4:58 Setau ogut memang animo masyarakat untuk ke bengkel resmi menurun, karena daya beli untuk service ke bengkel resmi jg menurun, akhirnya pada banyak lari ke bengkel alternatif.

Apalagi sekarang udah makin banyak banget komunitas mobil, dan masing-masing komunitas punya kenalan/bengkel rekanannya, otomatis sebagai anggota komunitas jd ada opsi pilihan untuk merawat kendaraannya.

Ogut sendiri tipe konsumen yg ngga pernah service berkala ke bengkel resmi, ke bengkel resmi cuma buat klaim garansi aja kalo ada kerusakan, perawatan berkala ogut selalu bawa ke bengkel swasta lain. Alasannya cuma 2. Lebih murah biaya jasanya dan lebih mengerti mobilnya. Kalo bengkel resmi ya dikerjain berdasarkan prosedur aja udah, kayak robot.
emang kl servis di bengkel luar masih bisa klaim garansi di beres om?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by lemonadelovers »

Ada jg lho yg sengaja ga servis d bengkel resmi supaya odometer gak ke record, biasanya dipake komersial (rental/taxol)
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by michaelgiri93 »

Kalo saya sih gak terlalu suka servis di bengkel resmi untuk mobil yg udah gak garansi, jadi saya servis di bengkel resmi cuma untuk mobil baru yg masih masa garansi aja, begitu abis garansi bawa bengkel luar, atau kalo masih sanggup servis sendiri aja di rumah.
Alasannya karena biaya servis yang relatif mahal dan hasil yang biasa saja, bener bener biasa aja.
Kadang malah ada bengkel resmi yg mekaniknya teledor juga meski gak semuanya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by solar_kerosen »

Kl yg sulit" ke bengkel resmi kl gampang mending sendiri ky ganti oli,busi,radiator,oli transmisi kl manual
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by slowipah »

di kota mana dulu? kl jabodetabek sih beres slalu full antri.. datang jam 7 pagi aja uda keduluan org laen..

anyway mmg servis di bgkl resmi mmg cuma masa warranty aja sih, abis itu cabut ke bkgl langganan. plus minus jg, kl ga hobi mbl/turun tgn rawat mbl kyk maap cew ya mending ke beres drpd ke bkgl umum, lebih baik daripada salah rawat, apalagi mbl2 skrg byk bkgl umum yg ga update knowledgenya..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by evanbngdor »

Genji wrote: Tue Oct 16, 2018 5:07
Terima kasih om evanbngdor atas informasinya. :big_peace: :big_peace:
Memang saya perhatikan sekarang banyak bengkel independen yang punya fasilitas bengkel resmi tetapi untuk biaya jasa mereka jauh lebih murah ya om.
Kira-kira masukan saya untuk dealer resmi yang saya lakukan penelitian apa ya om? Karena berdasarkan informasi yang saya dapat mereka sudah sampai diskon jasa besar sekali untuk bersaing dengan bengkel independen.
Buat saya pribadi sih bengkel resmi secara peralatan oke, cuma sense of belonging nya kurang, karena bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku aja, kebanyakan jg kasar sama mobil. Udah gitu di bengkel resmi pasti mekanik yg megang itu beda-beda, sedangkan saya kalo ke bengkel swasta, mekanik yg nanganin ya itu2 saja, dan dia udah tau riwayatnya gimana, perlakuannya seperti apa, ubahannya apa aja.

Bukan berarti bengkel resmi itu jelek, tp kalo saya lebih seneng langsung ke spesialisnya, dan ngga pindah2 misalnya mau spooring &balancing langsung ke spesialisnya, mau ganti oli, pengecekan ringan, langsung ke spesialisnya. Selain itu bengkel swasta rata-rata bisa custom pengerjaan/perbaikan,
Last edited by evanbngdor on Tue Oct 16, 2018 7:54, edited 1 time in total.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by evanbngdor »

mr_mytplx wrote: Tue Oct 16, 2018 5:42
evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 4:58 Setau ogut memang animo masyarakat untuk ke bengkel resmi menurun, karena daya beli untuk service ke bengkel resmi jg menurun, akhirnya pada banyak lari ke bengkel alternatif.

Apalagi sekarang udah makin banyak banget komunitas mobil, dan masing-masing komunitas punya kenalan/bengkel rekanannya, otomatis sebagai anggota komunitas jd ada opsi pilihan untuk merawat kendaraannya.

Ogut sendiri tipe konsumen yg ngga pernah service berkala ke bengkel resmi, ke bengkel resmi cuma buat klaim garansi aja kalo ada kerusakan, perawatan berkala ogut selalu bawa ke bengkel swasta lain. Alasannya cuma 2. Lebih murah biaya jasanya dan lebih mengerti mobilnya. Kalo bengkel resmi ya dikerjain berdasarkan prosedur aja udah, kayak robot.
emang kl servis di bengkel luar masih bisa klaim garansi di beres om?
Yg penting buku servisnya dicap om. kebetulan merek mobil yg saya beli sih ngga rewel soal klaim garansinya ya.

Servis berkala sampai dengan masa garansi habis tetep saya lakukan, cuma ya ngga ngapa2in karena saya tulis di kertas:

1. Tidak usah ganti oli, udah ganti oli sendiri
2. Tidak usah bersihin filter udara, udah pakai racing punya
3. Tidak usah bersihin rem
4. Tidak usah spooring balancing
5. dll.

Ujung2nya ya cuma diperiksa tegangan AKI sama air wiper aja paling di bengkel resmi, sama dicuci mobilnya deh

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by mr_mytplx »

evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 7:53
Yg penting buku servisnya dicap om. kebetulan merek mobil yg saya beli sih ngga rewel soal klaim garansinya ya.

Servis berkala sampai dengan masa garansi habis tetep saya lakukan, cuma ya ngga ngapa2in karena saya tulis di kertas:

1. Tidak usah ganti oli, udah ganti oli sendiri
2. Tidak usah bersihin filter udara, udah pakai racing punya
3. Tidak usah bersihin rem
4. Tidak usah spooring balancing
5. dll.

Ujung2nya ya cuma diperiksa tegangan AKI sama air wiper aja paling di bengkel resmi, sama dicuci mobilnya deh

:mky_01: :mky_01:
wah bisa di tiru jg caranya nih om. :big_exellent:
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by casabalancas »

saya biasanya servis di BeRes sampai garansi selesai saja (cita2nya gitu sih) tapi keluarga udah sekitar 4 mobil terakhir bosan/udah gak enak/ATPM bangkrut, jadi garansi belum habis, mobil sudah dijual. hahahha.


Pengalaman saya yang mungkin juga pengalaman orang lain yang menyebabkan malas/enggan servis di BeRes :
1. Biaya servis yang tinggi, selain beban biaya jasa & parts yang tinggi, masih lagi konsumen dibebankan ppn 10%.

2. Beres biasanya tidak mengenal kata servis/diperbaiki, jadi kalau ada parts yang rusak ya harus ganti.

3. BeRes biasanya mengenal istilah masa pakai komponen, jadi kalau ada komponen/spare parts yang masih bagus, tapi menurut BeRes masa pakainya sudah habis maka mau tidak mau harus diganti.

4. mungkin ada beberapa orang berpikir Beres sangan prosedural, kita harus booking dulu kalau mau dapat tempat sesuai waktu yang kita inginkan, kemudian apabila terlambat sedikit saja dilewati orang lain, kalau kita tidak booking kadang kalau datang setelah makan siang mobil ditolak dengan alasan bengkel penuh, sedangkan apabila di bengkel biasa kalau kita sudah langganan apalagi kenal dengan ownernya, begitu sampai mobil kita bisa saja lansung dikerjakan.

5. Untuk mobil2 yang 1 basis seperti Rush-Terios, Avanza-Xenia, Agya-Ayla, dll di BeRes harus menggunakan spare part sesuai brandnya, kalau di bengkel biasa seperti Avanza bisa pakai part substitusi yg lebih murah seperti Xenia, Agya bisa beli part Ayla, dsb.

6. Beberapa BeRes banyak jebakan betmenya seperti menawarkan servis macem2 seperti bersihin mesin, bersihin rem, dll, dan ternyata ada harga yang harus dibayar atas jasa tersebut :mky_01:

7. Walaupun di beberapa BeRes dimungkinkan, namun Di bengkel biasa konsumen lebih fleksibel memilih oli/membawa sendiri dan membawa sendiri spare parts dari luar bengkel.

8. di Bengkel biasa lebih dimungkinkan kita interaksi langsung & tukar pikiran dengan mekanik&kepala bengkel/ownernya, sedangkan di BeRes biasanya terbentur kita hanya bisa komunikasi dengan SA.

9. dan yang pasti banyak jadi pertimbangan, di bengkel biasa bisa nawar harga atau bahkan ngutang, hehehe :mky_03:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by andyez86 »

menurut saya ya krn orang2 sekarang semakin paham apa yang dikerjakan bengkel resmi bs dikerjakan bengkel non resmi dengan biaya yang lebih murah dan hasil pekerjaan yang mgkin bisa dibilang lebih baik di bbrp pekerjaan krn tidak di buru2.....pengalaman sm bengkel resmi yg jaringan nya terbesar se jateng diy saya jg istilahnya cm "dtg ngecap buku servis" doang...sampe rmh cek lg hasil kerjaan mereka,kdg bw ke bengkel non resmi langganan saya buat rapiin kerjaan ni bengkel resmi...jaringan doang luas,kerjaan mawut......saya posting di Our Voice forum ini koq....entah kenapa ya...setiap mbl servis di bengkel saya selalu minta mereka cek kembali kerjaan nya supaya tidak ada yg kelewat....ehh ttp ajaaa ada yg ketinggalan....ni bengkel isinya anak2 muda...kynya PKL gt..

dan BeRes ini sering bgt nawarin promo2 diskon servis,bersihin ac dll....lahh mrka bersihin ac ngga bongkar dashboard,biaya ngga beda jauh sm yg brni bersihin sampe bongkar dashboard dgn hati2....saya balancing roda krn ada keluhan getar ttp aja ga bs ilang sampe akhirnya bawa ke GBT dan di balancing ulang sm mrka .Hasil angka balancing nya parah bgt......gak 0 spt seharusnya....tmn jg spooring di BeRes ini narik trs ke kiri,baru beres stlh dibawa ke bengkel spooring luar,ketika ada injector yg bermasalah jg mereka di backup bengkel luar ahli injector,lalu pernah kejadian di avanza baut tap oli slek saya bawa ke bengkel resmi ini mereka ngga kerjain sendiri...dibawa ke bengkel bubut luar dan ada nota 'tersendiri' yg mereka sebut sublet.....servis berkala sekedar bersih2 rem pakai cairan yg bnyak dijual di onlen dgn harga yg jauh jauh lebih murah,klo uda kelar servis mbl tinggal di TD sambil dibejek2 sm mereka supaya ECU nya learning mbl abis dipake bejek2,jd serah terima ke konsumen mblnya berasa enak..enteng...gitu doang trik nya...ada org dlm yg ceria sm saya....
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by josomba »

Yahhh saya ada beberapa kali pengalaman buruk dengan BeRes ya, jadinya kalau selepas masa garansi lgsg ke bengkel biasa

1. Nissan taun 2014 --> jaman itu masih belum ngerti sedikit pun permesinan mobil, entah gimana ceritanya abis penggantian flywheel lalu masang belt terlalu kencang apa gimana, alternator bisa ke-smackdown sampe patah dari mountingnya ngelukai komponen2 sekitar. Alhasil dari Rawamangun Jakarta Timur, diderek ke Tangerang Selatan (domisili saya). Sampe bengkel lgsg saya mencak2. Saat setelah penggantian flywheel, memang tiap kali ngegas ada bunyi nginggg nginggg, cuman waktu itu ya masih terima2 aja.

2. Honda taun 2017 --> Nuang minyak rem ga becus (pernah saya tanya di SM dan upload fotonya), alhasil itu cat hitam di tabung booster ngelotok 1/2. Nyamperin ke BeREs, ngomel2....hanya diberikan minta maaf

3. Mazda taun 2018 --> Ini baru kejadian sekitaran 2 minggu lalu. Intinya sih mau ada penggantian kompresor AC, dan nampaknya harus copot radiator yang mana harus kosongin air radiatornya dulu. Nampaknya mobil saya masi panas2, lgsg dibuka saja itu tutup radiator. Bisa keliatan muncratan persis di bagian kap mesin tapi di atasnya tutup radiator dan sekitarannya (dari arah kemiringan muncratannya)

Image
Image
Image

Ini saya baru ngeh pas sampe rumah dan buka kap mesin, jd ga sempet ngomel2 di bengkel.

Semua BeRes dari tiap merk adalah yang ada di TangSel.
Image
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by ardhrizk »

Yaa begitulah, saya juga cuman servis ke beres selama garansi saja. Itu juga ikut KM, bukan per 6 bulan kaya yg ketulis.

Alasannya? Simple, mahal. Kerjaan cuman ganti oli, cek sana cek sini biaya jasanya 700-800rb. Mending saya kerjain sendiri aja.

Sejauh ini ngegunain beres hanya sebagai sumber parts saja. Oli dll saya masih beli ke beres, pasang dan servis sendiri. Belum kenal sama bengkel biasa, takut oli palsu juga.
:ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Herman7103 »

Apakah worth service di dealer resmi? Pengalaman saya pribadi worthed selama masa warranty. Setelah masa warranty baru ke bengkel non beres yg punya track record bagus untuk periodik maintenance so far so good sehingga biaya periodik maintenancenya justru menurun tapi performa kendaraan tetap terjaga dlm kondisi baik, sehingga selalu siap dibawa jalan.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by PRBS »

evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 7:53
mr_mytplx wrote: Tue Oct 16, 2018 5:42
evanbngdor wrote: Tue Oct 16, 2018 4:58 Setau ogut memang animo masyarakat untuk ke bengkel resmi menurun, karena daya beli untuk service ke bengkel resmi jg menurun, akhirnya pada banyak lari ke bengkel alternatif.

Apalagi sekarang udah makin banyak banget komunitas mobil, dan masing-masing komunitas punya kenalan/bengkel rekanannya, otomatis sebagai anggota komunitas jd ada opsi pilihan untuk merawat kendaraannya.

Ogut sendiri tipe konsumen yg ngga pernah service berkala ke bengkel resmi, ke bengkel resmi cuma buat klaim garansi aja kalo ada kerusakan, perawatan berkala ogut selalu bawa ke bengkel swasta lain. Alasannya cuma 2. Lebih murah biaya jasanya dan lebih mengerti mobilnya. Kalo bengkel resmi ya dikerjain berdasarkan prosedur aja udah, kayak robot.
emang kl servis di bengkel luar masih bisa klaim garansi di beres om?
Yg penting buku servisnya dicap om. kebetulan merek mobil yg saya beli sih ngga rewel soal klaim garansinya ya.

Servis berkala sampai dengan masa garansi habis tetep saya lakukan, cuma ya ngga ngapa2in karena saya tulis di kertas:

1. Tidak usah ganti oli, udah ganti oli sendiri
2. Tidak usah bersihin filter udara, udah pakai racing punya
3. Tidak usah bersihin rem
4. Tidak usah spooring balancing
5. dll.

Ujung2nya ya cuma diperiksa tegangan AKI sama air wiper aja paling di bengkel resmi, sama dicuci mobilnya deh

:mky_01: :mky_01:
Ini sarannya oke juga ya.. penggantian oli diluar beres tidak menggugurkan garansi ya? Kalau di nissin, oli bawa sendiri (ganti di beres) masih boleh, tapi kalau penggantian parts diluar beres, bisa void garansinya..

Btt, saya service di beres cuma selama masa warranty aja.. kelar timeline warranty, saya ke bengkel komunitas yg lebih terjamin (dan bisa nawar hehe)
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by bismo16 »

Seumur hidup pegang mobil baru sekali main ke bengkel resmi. Itupun karena indikator check engine nyala. Masuk bengkel pagi pagi ga pake booking sampai selesai jam kerja bengkel (hari sabtu sampai jam 13.00). diagnosis awal power supply ECU kena, nggak bisa diservis, harus ganti, harga parts 13 jutaan belum pasang.
Tapi penyebab masalah Check Engine nyala belum ketemu. akhirnya karena mau tutup, saya cuma minta di matiin itu lampu check engine (di reset). kena charge 160 ribuan

Pulang ke rumah di coba benerin berdua sama adik. kutak katik berdua sambil ngerokok, ngopi, diskusi, ngurut jalur kabel, sensor, dan pemicu masalah lampu Check Engine nyala.

alhamdulillah dikerjain selama 4 jam masalahnya selesai. ngalamin 3 x check engine nyala cuma di reset pake cabut kabel negatif aki.

kesimpulannya, mungkin karena saking banyaknya pasien beres, mekaniknya nggak fokus nanganin masalah, padahal skill & tolls mumpuni (skill ngebengkel saya & adik masih kelas abal abal)
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by grandscenic »

Dulu pernah punya Grand Livina,, beli dari baru, servis selalu ke beres, pindah2 beres krn domisili jg pindah2, dr Nissan Soekarno Hatta Bandung, Nissan Cibubur, Nissan Pajajaran dan Yasmin Bogor, ga tau ane ga ngerti atau gmna.. harga ga berasa terlalu mahal utk ukuran beres, dan org beresnya jg tidak selalu maen ganti part, jadi pernah kaki2 udah aga mengkhawatirkan kondisinya, ga lgsg maen ganti cuma ksh estimasi servis berikutnya ganti, dan pada saat datang servis berikutnya, di cek lagi, msh bisa dipake, dksh tau nti aja servis berikutnya diliat lagi, dia selalu ksh tau.. sekalipun ada part yg udah kurang fungsinya asalkan msh bisa dipake, ga perlu ganti, tp mobil awet, pake sampe 90rb km, pernah ke non-beres cuma ganti aki, ganti ban, sama pasang tambhan lapisan kaca film, mobil semuanya dalam keadaan standar. Sekali pernah AC bermasalah (krn emang umur pemakaian) ya masukin beres jg, 8 thn pake cuma sekali servis AC, bahkan pernah pintu kiri depan dan tengah penyok, bengkel body repair nya pun ke beres, ga murah tp ga jg terlalu mahal.. tp hasil sangat baik, cat baru (dr bagian yg penyok) nya bener2 nge blend ama cat lamanya, kalo diperhatikan secara detail cat seluruh body setelah perbaikan.. nyaris sempurna. Most ridiculous.. bohlam lampu (depan/belakang) mati pun, di beres jg digantinya.. biasanya sekalian pas jadwal servis.
Mungkin ane bukan tipe yg suka ngulik cari tau harga spare part atau bengkel luaran dg jasa yg lbh murah apalagi yg kerjain semuanya sndri. Jadi dr yg ane alami.. service di dealer/bengkel resmi ya boleh dibilang worthed (terlebih klo beli brand new). Sktr 2 thn yg lalu udah dilepas tuh Livina, entah gmna.. bgtu di iklankan, 3 hr kemudian datang serious buyer, test drive less than 15 minutes, nego tipis, dan lgsg deal, bayar cashless.. dia cuma click thru mobile banking dr smartphone nya, and bye bye livina. Itu sdkit pengalaman dg unit mobil dr Nissan dan bengkel resminya yg boleh dibilang baik. But it doesn't represent about Nissan cars and its after sales service generally, krn bnyk juga cerita sesama pengguna GL yg dpt unit nya kurang bgs, dan pengalaman dg beresnya yg menjengkelkan.
Etme Bulma Dünyası
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by bismo16 »

grandscenic wrote:Dulu pernah punya Grand Livina,, beli dari baru, servis selalu ke beres, pindah2 beres krn domisili jg pindah2, dr Nissan Soekarno Hatta Bandung, Nissan Cibubur, Nissan Pajajaran dan Yasmin Bogor, ga tau ane ga ngerti atau gmna.. harga ga berasa terlalu mahal utk ukuran beres, dan org beresnya jg tidak selalu maen ganti part, jadi pernah kaki2 udah aga mengkhawatirkan kondisinya, ga lgsg maen ganti cuma ksh estimasi servis berikutnya ganti, dan pada saat datang servis berikutnya, di cek lagi, msh bisa dipake, dksh tau nti aja servis berikutnya diliat lagi, dia selalu ksh tau.. sekalipun ada part yg udah kurang fungsinya asalkan msh bisa dipake, ga perlu ganti, tp mobil awet, pake sampe 90rb km, pernah ke non-beres cuma ganti aki, ganti ban, sama pasang tambhan lapisan kaca film, mobil semuanya dalam keadaan standar. Sekali pernah AC bermasalah (krn emang umur pemakaian) ya masukin beres jg, 8 thn pake cuma sekali servis AC, bahkan pernah pintu kiri depan dan tengah penyok, bengkel body repair nya pun ke beres, ga murah tp ga jg terlalu mahal.. tp hasil sangat baik, cat baru (dr bagian yg penyok) nya bener2 nge blend ama cat lamanya, kalo diperhatikan secara detail cat seluruh body setelah perbaikan.. nyaris sempurna. Most ridiculous.. bohlam lampu (depan/belakang) mati pun, di beres jg digantinya.. biasanya sekalian pas jadwal servis.
Mungkin ane bukan tipe yg suka ngulik cari tau harga spare part atau bengkel luaran dg jasa yg lbh murah apalagi yg kerjain semuanya sndri. Jadi dr yg ane alami.. service di dealer/bengkel resmi ya boleh dibilang worthed (terlebih klo beli brand new). Sktr 2 thn yg lalu udah dilepas tuh Livina, entah gmna.. bgtu di iklankan, 3 hr kemudian datang serious buyer, test drive less than 15 minutes, nego tipis, dan lgsg deal, bayar cashless.. dia cuma click thru mobile banking dr smartphone nya, and bye bye livina. Itu sdkit pengalaman dg unit mobil dr Nissan dan bengkel resminya yg boleh dibilang baik. But it doesn't represent about Nissan cars and its after sales service generally, krn bnyk juga cerita sesama pengguna GL yg dpt unit nya kurang bgs, dan pengalaman dg beresnya yg menjengkelkan.
Na ini positif story beres.. tapi mungkin tidak semua beres menjengkelkan, tapi juga tidak semua memuaskan juga ya..
So so aja jadinya..
Jadi, bengkel apa aja yang sreg di hati jadi lah [emoji1]
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Herman7103 »

grandscenic wrote:Dulu pernah punya Grand Livina,, beli dari baru, servis selalu ke beres, pindah2 beres krn domisili jg pindah2, dr Nissan Soekarno Hatta Bandung, Nissan Cibubur, Nissan Pajajaran dan Yasmin Bogor, ga tau ane ga ngerti atau gmna.. harga ga berasa terlalu mahal utk ukuran beres, dan org beresnya jg tidak selalu maen ganti part, jadi pernah kaki2 udah aga mengkhawatirkan kondisinya, ga lgsg maen ganti cuma ksh estimasi servis berikutnya ganti, dan pada saat datang servis berikutnya, di cek lagi, msh bisa dipake, dksh tau nti aja servis berikutnya diliat lagi, dia selalu ksh tau.. sekalipun ada part yg udah kurang fungsinya asalkan msh bisa dipake, ga perlu ganti, tp mobil awet, pake sampe 90rb km, pernah ke non-beres cuma ganti aki, ganti ban, sama pasang tambhan lapisan kaca film, mobil semuanya dalam keadaan standar. Sekali pernah AC bermasalah (krn emang umur pemakaian) ya masukin beres jg, 8 thn pake cuma sekali servis AC, bahkan pernah pintu kiri depan dan tengah penyok, bengkel body repair nya pun ke beres, ga murah tp ga jg terlalu mahal.. tp hasil sangat baik, cat baru (dr bagian yg penyok) nya bener2 nge blend ama cat lamanya, kalo diperhatikan secara detail cat seluruh body setelah perbaikan.. nyaris sempurna. Most ridiculous.. bohlam lampu (depan/belakang) mati pun, di beres jg digantinya.. biasanya sekalian pas jadwal servis.
Mungkin ane bukan tipe yg suka ngulik cari tau harga spare part atau bengkel luaran dg jasa yg lbh murah apalagi yg kerjain semuanya sndri. Jadi dr yg ane alami.. service di dealer/bengkel resmi ya boleh dibilang worthed (terlebih klo beli brand new). Sktr 2 thn yg lalu udah dilepas tuh Livina, entah gmna.. bgtu di iklankan, 3 hr kemudian datang serious buyer, test drive less than 15 minutes, nego tipis, dan lgsg deal, bayar cashless.. dia cuma click thru mobile banking dr smartphone nya, and bye bye livina. Itu sdkit pengalaman dg unit mobil dr Nissan dan bengkel resminya yg boleh dibilang baik. But it doesn't represent about Nissan cars and its after sales service generally, krn bnyk juga cerita sesama pengguna GL yg dpt unit nya kurang bgs, dan pengalaman dg beresnya yg menjengkelkan.
Saya juga user mobil Nissan Grand Livina CVT beli dari baru di tahun 2014 yg merasakan pelayanan beres di daerah saya yg cuma satu beres Nissan cukup bikin satisfy. Selama masa warranty, setahun cuma 2 kali ke beres utk periodik maintenance sekalian juga melihat dan belajar cara servis maintenance yg mekanik beres lakukan dgn melihat langsung saat mobil kita sedang diservis setelah lewat masa warranty dilanjutkan ke non beres utk ganti oli mesin dan filternya. Yg saya rasakan ngerawat mobil ini ngak repot selama hampir 53 bulan operasionalnya karena cuma ganti aki sekali, ganti ban 4 buah, ganti karet wiper depan dan ganti oli matic CVT nya, serta kuras radiator coolant di thn ke 4 saja. Skrg odo 55 ribu KM kondisi kaki kaki msh bawaan yg depan dan belakang masih senyap. Yg berubah skrg ada bunyi rattle dari bagian dashboard sebelah kiri saat lewat jln rusak [emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by thestoneroses »

martinnn wrote: Tue Oct 16, 2018 5:32 Mekanik beres kalo uda senior pada cabut buka bengkel sendiri... Jadinya mekanik beres rata rata anak muda blom banyak pengalaman
setuju, mohon maaf ya, pengalaman saya ke beres, terutama mobil jepang rada mengecewakan (daerah selatan). ke beres eropa yg di seberang mall tidak kecewa dgn kerjaan, hanya dompet yg lumayan berasa hehe
Ron Asheton Forever