Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by -el_capitan- »

Klo liat penjualan vw, renault, peugeot yg sesama brand eropa bukan kelas mewah, rasanya agak pesimis ya. Apa dari distributor yg ga niat atau dr prisipalnya jg ga terlalu semangat buat jualan di indonesia, entahlah, yg pasti klo setengah hati gitu ya susah. Ujung2nya produk yg dijual harganya premium padahal kelas biasa2 aja.
Rizkifn3105
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Jul 23, 2018 19:16

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by Rizkifn3105 »

antohalim wrote: Sat Sep 22, 2018 5:14 Skoda semenjak masuk VAG sih bagus.. in terms of reliability juga one one the best di Europe..

One of the reason kenapa saya pake Skoda di Singapore..

20180712_102251.jpg
Wih mantap om sama2 tinggal di singapura ya? Kapan2 meetup boleh nih ane study di singapura
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by VoxPopuli »

Menurut gue sih peluang Skoda untuk sukses jelas ada, walaupun nggak seperti brand-brand Jepang ya, tetapi setidaknya bisa seperti Mazda atau seperti VW dan Ford dahulu-dahulu.

Skoda mobilnya nggak mahal dan biaya produksinya juga murah karena spec mobil mereka dibuat lebih merakyat seperti spec kaki-kaki dan trim-trim interior yang di downspec. Terlebih, Skoda punya pabrik di India, jadi bisa CBU dulu. Ingat, Skoda bukan mobil level VW dan Peugeot ya, dia dibawahnya.

Apalagi sejak mereka jadi bagian dari VAG, reliability mereka jauh improved. Ya di Indonesia pun sebenarnya VW dan Audi yang bikin rewel hanya 1 atau 2 hal, seperti DSG di VW, dan CVT di Audi.

Harusnya kalau Polo CBU India bisa tekan harga di 250 jutaan, Fabia bisa dijual lebih murah lagi disini, karena Fabia itu Polo di downspec.

Octavia juga bisa buat lawan Altis, dengan cabin space yang bisa selevel Camry, dan harga pasti lebih murah dari Golf Mk7 karena di downspec (seperti beberapa interior trim yang nggak sebagus Golf, dan suspensi belakang yang masih torsion beam).

Kodiaq untuk lawan CR-V Turbo dan Santa Fe, dan Karoq bisa buat lawan CX-5.

Superb bisa buat flagship, tapi jual di angka sedikit aja.

Adik gue 5 tahun pakai Tiguan dengan kilometer 81 ribu nggak ada yang rusak-rusak kok, malah CR-V RE dia yang dulu kaki-kaki nya lebih rontok duluan dari Tiguan nya, dengan refinement yang jauh sekali lebih superior Tiguan.

Honestly, kalau Skoda dijual di Indonesia, gue sangat tertarik untuk beli sih. Dan gue yakin banyak orang yang minat juga untuk meminang mobil "Jerman" dengan harga yang menarik, sama halnya dengan orang-orang yang minat membeli Golf Mk6 CKD pada saat baru launch.
kerlinsia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Feb 01, 2017 10:03

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by kerlinsia »

VoxPopuli wrote:Menurut gue sih peluang Skoda untuk sukses jelas ada, walaupun nggak seperti brand-brand Jepang ya, tetapi setidaknya bisa seperti Mazda atau seperti VW dan Ford dahulu-dahulu.

Skoda mobilnya nggak mahal dan biaya produksinya juga murah karena spec mobil mereka dibuat lebih merakyat seperti spec kaki-kaki dan trim-trim interior yang di downspec. Terlebih, Skoda punya pabrik di India, jadi bisa CBU dulu. Ingat, Skoda bukan mobil level VW dan Peugeot ya, dia dibawahnya.

Apalagi sejak mereka jadi bagian dari VAG, reliability mereka jauh improved. Ya di Indonesia pun sebenarnya VW dan Audi yang bikin rewel hanya 1 atau 2 hal, seperti DSG di VW, dan CVT di Audi.

Harusnya kalau Polo CBU India bisa tekan harga di 250 jutaan, Fabia bisa dijual lebih murah lagi disini, karena Fabia itu Polo di downspec.

Octavia juga bisa buat lawan Altis, dengan cabin space yang bisa selevel Camry, dan harga pasti lebih murah dari Golf Mk7 karena di downspec (seperti beberapa interior trim yang nggak sebagus Golf, dan suspensi belakang yang masih torsion beam).

Kodiaq untuk lawan CR-V Turbo dan Santa Fe, dan Karoq bisa buat lawan CX-5.

Superb bisa buat flagship, tapi jual di angka sedikit aja.

Adik gue 5 tahun pakai Tiguan dengan kilometer 81 ribu nggak ada yang rusak-rusak kok, malah CR-V RE dia yang dulu kaki-kaki nya lebih rontok duluan dari Tiguan nya, dengan refinement yang jauh sekali lebih superior Tiguan.

Honestly, kalau Skoda dijual di Indonesia, gue sangat tertarik untuk beli sih. Dan gue yakin banyak orang yang minat juga untuk meminang mobil "Jerman" dengan harga yang menarik, sama halnya dengan orang-orang yang minat membeli Golf Mk6 CKD pada saat baru launch.
Tapi strategi pemasaran nya harus bagus dan kelebihan Skoda dibandingkan jepangan harus jelas om. Ingat Dacia Duster dan Renault Kwid yang notabene mobil murah di Indonesia kagak laku...

Namun, jelas sangat menarik melihat jalanan Indonesia nantinya gak harus disesaki oleh mobil yang itu itu saja. Dan suatu hari di kota asal saya(Lampung Utara) bisa ada dealer Skoda :D
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by casabalancas »

-el_capitan- wrote: Sun Sep 23, 2018 11:45 Klo liat penjualan vw, renault, peugeot yg sesama brand eropa bukan kelas mewah, rasanya agak pesimis ya. Apa dari distributor yg ga niat atau dr prisipalnya jg ga terlalu semangat buat jualan di indonesia, entahlah, yg pasti klo setengah hati gitu ya susah. Ujung2nya produk yg dijual harganya premium padahal kelas biasa2 aja.
Kalo ini sihh kyknya distributornya yang kurang niat. Sales VW masih ditraining & service nya baik ya, Renault, yang oke ya oke, yang jelek ya mungkin kelakuan salesnya lebih jelek dari sales brand baru seperti wul*ng, Pug jarang ketemu salesnya, karena mereka baru kenceng jualan lagi setelah 3008 launching. Tambahan sales Fiat kalau ketemu di IIMS/GIIAS sombongnya minta ampun, padahal harga mobil mereka juga masih sekitaran HR-V 1.8, gak ngerti kalo sekarang Fiat masih jualan apa enggak.

Kalau Skoda berani inves dengan produsen spare part di Indonesia untuk produksi spare part fast moving di Indonesia, mungkin bisa survive ya. Karena kendala brand Eropa kelas 2 di Indonesia adalah harga spare part yang menyamai bahkan lebih mahal dari spare part brand Eropa kelas 1 (Merc&BMW).
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by sammyjimun »

ya secara ga langsung kita harus akui strategi yg dipake Guling untuk penetrasi pasar di Indonesia cukup ciamik, mereka langsung berani invest bikin pabrik trus bikin jaringan dealer SSS yang agresif, nah masalahnya Skoda berani ga ikutin caranya Guling?
H miring dari Korea masih wacana untuk bikin pabrik, klo Mini kayanya numpang line produksi induknya
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by VoxPopuli »

kerlinsia wrote: Mon Sep 24, 2018 6:20 Tapi strategi pemasaran nya harus bagus dan kelebihan Skoda dibandingkan jepangan harus jelas om. Ingat Dacia Duster dan Renault Kwid yang notabene mobil murah di Indonesia kagak laku...

Namun, jelas sangat menarik melihat jalanan Indonesia nantinya gak harus disesaki oleh mobil yang itu itu saja. Dan suatu hari di kota asal saya(Lampung Utara) bisa ada dealer Skoda :D
Dacia Duster jangan dibandingin sama Skoda, apalagi Renault Kwid. Skoda walaupun mobil murah, bukan mobil selevel Duster dan Kwid juga.

Kalau Duster salah di harga dan tidak adanya transmisi otomatis. Dia pasang harga 250 juta lebih, transmisi masih manual, fitur-fitur nya nggak ada yang spesial sama sekali. Pasang harga tipis-tipis HR-V S manual, jelas-jelas HR-V lebih superior mobilnya, padahal di Eropa sana harga Duster jauh lebih murah.

Kwid sih parah, itu benar-benar mobil murahan banget buat pasar India, makanya orang nggak tertarik.

Kalau Polo disini harganya 270 jutaan, Fabia bisa dijual harga 250 jutaan, fitur dibuat sama-sama aja sama Polo kayak climate control dan ESP.

Mungkin yang ada peluang laku Karoq kalau pasang harga nya tepat di 400 jutaan, kalau Kodiaq mungkin terlalu mahal ya untuk laku.
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by Jerome »

sammyjimun wrote: Mon Sep 24, 2018 8:27 ya secara ga langsung kita harus akui strategi yg dipake Guling untuk penetrasi pasar di Indonesia cukup ciamik, mereka langsung berani invest bikin pabrik trus bikin jaringan dealer SSS yang agresif, nah masalahnya Skoda berani ga ikutin caranya Guling?
H miring dari Korea masih wacana untuk bikin pabrik, klo Mini kayanya numpang line produksi induknya
tergantung produk/type apa dl yg dipasarin ? wuling masuk di kelas market terbesar LMPV-MPV,
strategi nya : model & harga menarik plus fitur melimpah di kelas nya

kyknya berat klo skoda masuk lsg invest pabrik, brand lain yg udh lama & udh punya pasar (meskipun sedikit), kyk Korean, Mazda & Chevy aja blm berani buka pabrik
paling yg udh2 gandeng distributor besar dl (Eurokars, Indomobil, dll) klo sales udh mencukupi utk scala investasi br buka pabrik

tp gw sih pesimis skoda bakal laku, dibanding brand euro kelas 2 macam Pug, Renault, citroen aja mrk kalah nama jauh,
apalg klo mrk masuk di kelas (sedan) yg sales nya cm puluhan-ratusan unit, minus nya lg ini brand eropa timur
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by casabalancas »

VoxPopuli wrote: Mon Sep 24, 2018 10:23
kerlinsia wrote: Mon Sep 24, 2018 6:20 Tapi strategi pemasaran nya harus bagus dan kelebihan Skoda dibandingkan jepangan harus jelas om. Ingat Dacia Duster dan Renault Kwid yang notabene mobil murah di Indonesia kagak laku...

Namun, jelas sangat menarik melihat jalanan Indonesia nantinya gak harus disesaki oleh mobil yang itu itu saja. Dan suatu hari di kota asal saya(Lampung Utara) bisa ada dealer Skoda :D
Dacia Duster jangan dibandingin sama Skoda, apalagi Renault Kwid. Skoda walaupun mobil murah, bukan mobil selevel Duster dan Kwid juga.

Kalau Duster salah di harga dan tidak adanya transmisi otomatis. Dia pasang harga 250 juta lebih, transmisi masih manual, fitur-fitur nya nggak ada yang spesial sama sekali. Pasang harga tipis-tipis HR-V S manual, jelas-jelas HR-V lebih superior mobilnya, padahal di Eropa sana harga Duster jauh lebih murah.

Kwid sih parah, itu benar-benar mobil murahan banget buat pasar India, makanya orang nggak tertarik.

Kalau Polo disini harganya 270 jutaan, Fabia bisa dijual harga 250 jutaan, fitur dibuat sama-sama aja sama Polo kayak climate control dan ESP.

Mungkin yang ada peluang laku Karoq kalau pasang harga nya tepat di 400 jutaan, kalau Kodiaq mungkin terlalu mahal ya untuk laku.
Emang iya Om, sampai Duster akhirnya cashback gede2an buat abisin stok, karena saya baru beli brand new lebih murah dari Avanza E M/T, hehehe. Dan ya memang fiturnya gak beda jauh sama Avanza sih, cuma plusnya bisa ngatur ketinggian headlamp.

Semoga Skoda beneran masuk dan laku ya, biar merk Eropa kelas 2 punya benchmark juga
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by VoxPopuli »

casabalancas wrote: Tue Sep 25, 2018 4:46 Emang iya Om, sampai Duster akhirnya cashback gede2an buat abisin stok, karena saya baru beli brand new lebih murah dari Avanza E M/T, hehehe. Dan ya memang fiturnya gak beda jauh sama Avanza sih, cuma plusnya bisa ngatur ketinggian headlamp.

Semoga Skoda beneran masuk dan laku ya, biar merk Eropa kelas 2 punya benchmark juga
Wah good deal tuh bisa dapat Duster seharga Avanza E. Walaupun Duster mobil kelas 2, tapi dia standar nya Eropa, jadi dijamin oke mobilnya.

Siapa tau kalau Skoda masuk Indonesia dan laku, Renault jadi berani masarin mobil di Indonesia...
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by VoxPopuli »

Jerome wrote: Tue Sep 25, 2018 4:03 tergantung produk/type apa dl yg dipasarin ? wuling masuk di kelas market terbesar LMPV-MPV,
strategi nya : model & harga menarik plus fitur melimpah di kelas nya

kyknya berat klo skoda masuk lsg invest pabrik, brand lain yg udh lama & udh punya pasar (meskipun sedikit), kyk Korean, Mazda & Chevy aja blm berani buka pabrik
paling yg udh2 gandeng distributor besar dl (Eurokars, Indomobil, dll) klo sales udh mencukupi utk scala investasi br buka pabrik

tp gw sih pesimis skoda bakal laku, dibanding brand euro kelas 2 macam Pug, Renault, citroen aja mrk kalah nama jauh,
apalg klo mrk masuk di kelas (sedan) yg sales nya cm puluhan-ratusan unit, minus nya lg ini brand eropa timur
Hm mungkin kalau prestige Skoda masih kalah sama Pug, Renault dan Citroen, tapi reputasi Skoda sih tetap lebih baik dari mobil Perancis. At least, dengan orang tahu bahwa Skoda = VW, they work.
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by sammyjimun »

Skoda Bukan Merek Mewah, Selevel Mazda, Toyota, dan Honda

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek kendaraan roda empat asal Ceko, Skoda, bukan tak mungkin bakal ikut bermain di pasar dalam negeri. Bahkan dari data presentasi yang didapat KOMPAS.com, mereka sudah bidik Indonesia untuk jadi sasaran ekspansi sejak 2013. Namun, bagaimana sebenarnya karakter produk-produk dari produsen mobil asal Ceko, yang juga berada di bawah payung Grup Volkswagen (VW) tersebut? Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM) agen pemegang merek VW dan Audi di Indonesia, mengatakan, Skoda sendiri memiliki karakter produk yang hampir serupa dengan VW. Bahkan, Jonas menyebut Skoda tak tergolong kategori mobil mewah. Jika disandingkan dengan merek di dalam negeri, Jonas menyebut kompetitornya adalah Mazda, Toyota, dan Honda. “Skoda itu segmennya medium sama seperti kendaraan penumpang Volkswagen, bukan golongan merek-merek mewah. Kompetitornya di kelas tengah itu seperti Toyota, Honda, Mazda dan beberapa lainnya. Juga karakter produknya sama seperti VW,” ujar Jonas, Jumat (21/9/2018). Jika memang karakternya kurang lebih sama, KOMPAS.com coba mengulik harga mobil VW sendiri dari situs dealer resmi yang berada di bawah GMM, mulai dari Golf 1.4 TSI harganya Rp Rp 610 juta, Polo 1.2 TSI Rp 278 juta, Scirocco GP Rp 615 juta, Multivan Rp 1,7 miliaran, dan Tiguan 1.4 TSI Rp 675 juta. Namun, Jonas menyebutkan, meski Skoda sendiri merupakan merek otomotif yang dikuasai Volkswagen, tak otomatis APM Volkswagen di Indonesia juga turut menjadi agennya. “Skoda itu memang anggota VW, tetapi ada perbedaan soal unit bisnis. Sehingga tidak dengan serta merta kami yang mengageni VW atau Audi otomatis bisa menjadi agennya Skoda,” ujar Jonas. Namun memang dirinya tak memungkiri, jika ditawarkan secara rersmi dengan sangat senang mempertimbangkannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Skoda Bukan Merek Mewah, Selevel Mazda, Toyota, dan Honda",
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... -dan-honda
Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan

Klo dari sisi segmentasi harga di Eropa head 2 head sm Jepang, tp klo udh masuk Indonesia? Tapi klo emang bisa mempertahankan pricing yg kompetitif denga fitur cocok (tanpa sunatan yg parah) sepertinya sih cukup menjajikan, ya anggep aja VW pahe :mky_01:
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by casabalancas »

VoxPopuli wrote: Tue Sep 25, 2018 11:53
casabalancas wrote: Tue Sep 25, 2018 4:46 Emang iya Om, sampai Duster akhirnya cashback gede2an buat abisin stok, karena saya baru beli brand new lebih murah dari Avanza E M/T, hehehe. Dan ya memang fiturnya gak beda jauh sama Avanza sih, cuma plusnya bisa ngatur ketinggian headlamp.

Semoga Skoda beneran masuk dan laku ya, biar merk Eropa kelas 2 punya benchmark juga
Wah good deal tuh bisa dapat Duster seharga Avanza E. Walaupun Duster mobil kelas 2, tapi dia standar nya Eropa, jadi dijamin oke mobilnya.

Siapa tau kalau Skoda masuk Indonesia dan laku, Renault jadi berani masarin mobil di Indonesia...
Kalau kemarin saya ngobrol sama sales Renault, yang bikin mereka galau jualan/nambah line up adalah fluktuatif nilai tukar rupiah ke Euro, karena walaupun line up renault diimpor dari India & Korea, tapi ttp aja itungannya pake Euro.

Moga2 kalau Skoda jadi jualan dan tahap awal Impor dari India bisa ada kebijakan khusus jadi ratenya pakai rupee, jadi harganya bisa kompetitif di Indonesia
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by antohalim »

Rizkifn3105 wrote: Sun Sep 23, 2018 16:24 Wih mantap om sama2 tinggal di singapura ya? Kapan2 meetup boleh nih ane study di singapura
Boleh.. lewat PM aja kalo mau janjian :frm_tumbright:
VoxPopuli wrote: Sun Sep 23, 2018 17:26 Menurut gue sih peluang Skoda untuk sukses jelas ada, walaupun nggak seperti brand-brand Jepang ya, tetapi setidaknya bisa seperti Mazda atau seperti VW dan Ford dahulu-dahulu.

Skoda mobilnya nggak mahal dan biaya produksinya juga murah karena spec mobil mereka dibuat lebih merakyat seperti spec kaki-kaki dan trim-trim interior yang di downspec. Terlebih, Skoda punya pabrik di India, jadi bisa CBU dulu. Ingat, Skoda bukan mobil level VW dan Peugeot ya, dia dibawahnya.

Apalagi sejak mereka jadi bagian dari VAG, reliability mereka jauh improved. Ya di Indonesia pun sebenarnya VW dan Audi yang bikin rewel hanya 1 atau 2 hal, seperti DSG di VW, dan CVT di Audi.

Harusnya kalau Polo CBU India bisa tekan harga di 250 jutaan, Fabia bisa dijual lebih murah lagi disini, karena Fabia itu Polo di downspec.

Octavia juga bisa buat lawan Altis, dengan cabin space yang bisa selevel Camry, dan harga pasti lebih murah dari Golf Mk7 karena di downspec (seperti beberapa interior trim yang nggak sebagus Golf, dan suspensi belakang yang masih torsion beam).

Kodiaq untuk lawan CR-V Turbo dan Santa Fe, dan Karoq bisa buat lawan CX-5.

Superb bisa buat flagship, tapi jual di angka sedikit aja.

Adik gue 5 tahun pakai Tiguan dengan kilometer 81 ribu nggak ada yang rusak-rusak kok, malah CR-V RE dia yang dulu kaki-kaki nya lebih rontok duluan dari Tiguan nya, dengan refinement yang jauh sekali lebih superior Tiguan.

Honestly, kalau Skoda dijual di Indonesia, gue sangat tertarik untuk beli sih. Dan gue yakin banyak orang yang minat juga untuk meminang mobil "Jerman" dengan harga yang menarik, sama halnya dengan orang-orang yang minat membeli Golf Mk6 CKD pada saat baru launch.
Kalo dibilang Skoda dibawah VW or Peugeot mungkin itu dulu, jaman2 Skoda baru diambil sama VAG. Tapi kalo sekarang sih udah bisa dibilang selevel.

Soal suspensi belakang Octavia yg torsion beam, tergantung trim/model.. sama dengan VW Golf. Golf yg entry level trim juga pake torsion beam. Octavia RS245 kayak punya saya malah suspensi belakangnya sudah multi-link seperti Golf GTI.

Soal kualitas interior, menurut saya sih 11-12. Kalo Golf vs Octavia, masih lebih halus interior Golf. Tapi saya bandingin antara Kodiaq vs Tiguan, malah menurut saya lebih bagus kualitas plastik di Kodiaq. Tapi perbedaan kualitas interiornya sih kecil sekali, cuma orang2 yg bener2 jeli yg bisa melihat/merasakan.

Dan model2 Skoda gak bisa dibilang downspec dibanding VW. Ini tergantung pilihan spec dari ATPM masing2. Kalo di Singapore, Golf dan Octavia yg paling murah sama2 pake mesin 1000cc turbo dengan suspensi belakang torsion beam. Harga lebih murah Golf karena lebih spartan trimnya, seperti steering wheel yg polos tanpa ada button apa2 di Golf, sedangkan di Octavia malah dapet steering wheel switches buat audio dan MID. Audio di Golf hanya 6.5 inch, di Octavia dapet yg 8 inch. Di Golf belom ada voice command, tapi di Octavia udah ada. Akan tetapi, ada beberapa detil dimana Golf lebih baik, seperti kap mesin, dimana yg versi Golf udah pake gas strut dan insulasi, di Octavia masih harus angkat kap mesin manual dan tanpa insulasi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by ChZ »

Peluang jualan ya pasti ada lah ya, kan pasar bukan monopoli, jelas nggak dilarang dagang.

Di luar semua faktor produk, harga, dll... Ngga semua harga murah fitur bersaing bisa berhasil, inget Geely?

harus punya strategi branding yang cerdas.

Skoda itu siapa ? Merek apa ? Merek Biskuit ?

Inget orang Indonesia ngga punya memori dengan merek Skoda, Volvo masih punya, Chevrolet masih punya, VW masih punya, Peugeot masih punya. Itupun generasi milenial yang bukan anak mobil tetep aja ada yang gak ngeh apa itu Chevrolet... mungkin denger kata Chevrolet di kuping mereka jadi "hah? TELOLET?"

Klo Skoda jelas target marketnya bukan low-entry level buyer seperti Wuling jd strategi macem tagar #mendingWuling jelas ngga kepake...

Repotnya brand Eropa selain BMW Mercedes, mau target middle-class buyer - kalangan yang sanggup beli mobil setengah milyar tp beli BMW cuma dapet entry level jadi ngga beli... jadi serba salah...

middle-class buyer ini kalangan yang kaya raya tapi belum level tajir melintir, jadi masih pertimbangan servisnya mahal nggak, mobilnya rewel nggak... duit masih jadi pertimbangan walaupun nggak se-"rewel" yang middle-low.

Mau nyasar yang middle-high kalangan tajir melintir mending beli BMW Mercedes sekalian... Di mata klien lebih wow, di parkiran VIP lebih dipandang...

Makanya ya di luar manajemen ATPM yang dudul, mindset orang Indonesia tentang merek Eropa itu bikin macem VW Peugeot dan Renault susah bersaing walau harga kompetitif...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by sammyjimun »


ChZ wrote:Peluang jualan ya pasti ada lah ya, kan pasar bukan monopoli, jelas nggak dilarang dagang.

Di luar semua faktor produk, harga, dll... Ngga semua harga murah fitur bersaing bisa berhasil, inget Geely?

harus punya strategi branding yang cerdas.

Skoda itu siapa ? Merek apa ? Merek Biskuit ?

Inget orang Indonesia ngga punya memori dengan merek Skoda, Volvo masih punya, Chevrolet masih punya, VW masih punya, Peugeot masih punya. Itupun nah ini menarik, generasi milenial yang bukan anak mobil tetep aja ada yang gak ngeh apa itu Chevrolet... mungkin denger kata Chevrolet di kuping mereka jadi "hah? TELOLET?"

Klo Skoda jelas target marketnya bukan low-entry level buyer seperti Wuling jd strategi macem tagar #mendingWuling jelas ngga kepake...

Repotnya brand Eropa selain BMW Mercedes, mau target middle-class buyer - kalangan yang sanggup beli mobil setengah milyar tp beli BMW cuma dapet entry level jadi ngga beli... jadi serba salah...

middle-class buyer ini kalangan yang kaya raya tapi belum level tajir melintir, jadi masih pertimbangan servisnya mahal nggak, mobilnya rewel nggak... duit masih jadi pertimbangan walaupun nggak se-"rewel" yang middle-low.

Mau nyasar yang middle-high kalangan tajir melintir mending beli BMW Mercedes sekalian... Di mata klien lebih wow, di parkiran VIP lebih dipandang...

Makanya ya di luar manajemen ATPM yang dudul, mindset orang Indonesia tentang merek Eropa itu bikin macem VW Peugeot dan Renault susah bersaing walau harga kompetitif...
Hahaha iyak bnr om, org2 segmen menengah kentang ini yg suka bikin APM puyeng, klo d ksih hrga kmurahan ada yg lbih murah, klo kmahalan msg ada yg lebih mahal, maunya yg murah tp full spec, bbm cukup subsidi, bs kredit
No offense [emoji111]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by Turboman »

Buat merek baru yg penting :

Berani gelontorin duit brp utk bikkin assembly plan dan jaringan showroom yg luas ?

Kalo eloe modal impor doang dan track record selama ini gak istimewa, apakah grup2 diler2 besar akan percaya ama eloe ??

Kejadian FMI kabur udah cukup jadi memory buruk

Si Merek "W" di sini bisa dipercaya byk pihak krn mrk bisa kasi unjuk investasi yg gak maen2

Lalu Soal Brand

Yg kenal Skoda ya orang2 hobby aja

Ingat keputusan pembelian mobil umumnya akan melibatkan seluruh keluarga

Kalo promo kurang hebat nanti jgn heran ada yg komen

- Hah, merek apa ? Sekoteng ?

- Hah merek Kodak ? Kodak skg bikin mobil ya

- Skoda tu barang apa ya ?

- Buatan Ceko ? oo mobil buatan negara Komunis ya

Ingat loh sampe detik ini yg anggap Isuzu MUX = Panther baru, juga masih ada saja

wkwkwkwkkwkwkkw wkwkwkw wkwkwk
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by casabalancas »

Turboman wrote: Wed Sep 26, 2018 5:33 Buat merek baru yg penting :

Berani gelontorin duit brp utk bikkin assembly plan dan jaringan showroom yg luas ?

Kalo eloe modal impor doang dan track record selama ini gak istimewa, apakah grup2 diler2 besar akan percaya ama eloe ??

Kejadian FMI kabur udah cukup jadi memory buruk

Si Merek "W" di sini bisa dipercaya byk pihak krn mrk bisa kasi unjuk investasi yg gak maen2

Lalu Soal Brand

Yg kenal Skoda ya orang2 hobby aja

Ingat keputusan pembelian mobil umumnya akan melibatkan seluruh keluarga

Kalo promo kurang hebat nanti jgn heran ada yg komen

- Hah, merek apa ? Sekoteng ?

- Hah merek Kodak ? Kodak skg bikin mobil ya

- Skoda tu barang apa ya ?

- Buatan Ceko ? oo mobil buatan negara Komunis ya

Ingat loh sampe detik ini yg anggap Isuzu MUX = Panther baru, juga masih ada saja

wkwkwkwkkwkwkkw wkwkwkw wkwkwk
Ngebayangin strategi Skoda mau jualan disini aja udah banyak lika likunya, gimana kalo Lada tahun depan jadi jualan juga ya ?

Nanti emak2 jowo pada bingung Lada opo Merico yo.

emak2 Sunda ieu mobil Lada apa Pedes ya.

No Offense, maaf OOT :big_peace: :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by ChZ »

Turboman wrote: Wed Sep 26, 2018 5:33 Buat merek baru yg penting :

Berani gelontorin duit brp utk bikkin assembly plan dan jaringan showroom yg luas ?

Kalo eloe modal impor doang dan track record selama ini gak istimewa, apakah grup2 diler2 besar akan percaya ama eloe ??

Kejadian FMI kabur udah cukup jadi memory buruk

Si Merek "W" di sini bisa dipercaya byk pihak krn mrk bisa kasi unjuk investasi yg gak maen2

Lalu Soal Brand

Yg kenal Skoda ya orang2 hobby aja

Ingat keputusan pembelian mobil umumnya akan melibatkan seluruh keluarga

Kalo promo kurang hebat nanti jgn heran ada yg komen

- Hah, merek apa ? Sekoteng ?

- Hah merek Kodak ? Kodak skg bikin mobil ya

- Skoda tu barang apa ya ?

- Buatan Ceko ? oo mobil buatan negara Komunis ya

Ingat loh sampe detik ini yg anggap Isuzu MUX = Panther baru, juga masih ada saja

wkwkwkwkkwkwkkw wkwkwkw wkwkwk
Jangankan kabur oom turbo... pabrik di tutup (Chev) aja udah bikin brand image nya kurang bagus...

Beberapa merek yang eksis lama tapi gonta-ganti ATPM, penjualan pasang-surut, dan reliability busuk, juga tetep susah bersaing. Apalagi skoda yang bener-bener start dari nol puthul...

Minimal kalo bisa jadi kayak Mazda yg sejak dipegang EMI konsisten aja udah bagus.

Nah klo soal komunis komunisan kayaknya entar sama kaum otak dengkul bisa buat sebar hoax... :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by VoxPopuli »

antohalim wrote: Wed Sep 26, 2018 4:06 Kalo dibilang Skoda dibawah VW or Peugeot mungkin itu dulu, jaman2 Skoda baru diambil sama VAG. Tapi kalo sekarang sih udah bisa dibilang selevel.

Soal suspensi belakang Octavia yg torsion beam, tergantung trim/model.. sama dengan VW Golf. Golf yg entry level trim juga pake torsion beam. Octavia RS245 kayak punya saya malah suspensi belakangnya sudah multi-link seperti Golf GTI.

Soal kualitas interior, menurut saya sih 11-12. Kalo Golf vs Octavia, masih lebih halus interior Golf. Tapi saya bandingin antara Kodiaq vs Tiguan, malah menurut saya lebih bagus kualitas plastik di Kodiaq. Tapi perbedaan kualitas interiornya sih kecil sekali, cuma orang2 yg bener2 jeli yg bisa melihat/merasakan.

Dan model2 Skoda gak bisa dibilang downspec dibanding VW. Ini tergantung pilihan spec dari ATPM masing2. Kalo di Singapore, Golf dan Octavia yg paling murah sama2 pake mesin 1000cc turbo dengan suspensi belakang torsion beam. Harga lebih murah Golf karena lebih spartan trimnya, seperti steering wheel yg polos tanpa ada button apa2 di Golf, sedangkan di Octavia malah dapet steering wheel switches buat audio dan MID. Audio di Golf hanya 6.5 inch, di Octavia dapet yg 8 inch. Di Golf belom ada voice command, tapi di Octavia udah ada. Akan tetapi, ada beberapa detil dimana Golf lebih baik, seperti kap mesin, dimana yg versi Golf udah pake gas strut dan insulasi, di Octavia masih harus angkat kap mesin manual dan tanpa insulasi.
Iya, maksud gue itu level nya dibawah dari segi price point. Dulu pas gue di UK, Skoda harganya setara sama Citroen, dan dibawah VW dan Peugeot. Karena ya ada beberapa trim dan fitur-fitur yang di downspec dari VW.

Untuk suspensi torsion beam setau gue di Octavia baru ada di trim 1.8 TSI keatas, sementara di Golf udah tersedia di 1.4 TSI keatas, dan juga contohnya strut untuk kap mesin yang tersedia hanya di Golf. Ya hal-hal kayak gini lah yang gue maksud dengan downspec, hahaha.

Berhubung sekarng harga VW di Indonesia udah nggak masuk akal, menurut gue Skoda bisa take advantage ini, apalagi kalau import dari India. Karoq kalau pasang harga di 500 juta kurang dikit kayak Koleos bisa laku, undercutting CX-5 dan CR-V.

BTW, Octavia vRS di Singapore harga nya beda berapa sama GTI PP?
User avatar
ambifi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by ambifi »

imanoff wrote: Sun Sep 23, 2018 11:04 Skoda di Eropa cukup banyak. Bandel. Kalo naik Uber sering banget dapet Skoda Octavia. Di YouTube juga ada tuh yang abuse Octavia sampai 155.000 miles dan masih baik-baik aja dalemannya.
Kalo saab disana banyak beredar om? Penasaran jg sm ini mobil krn pernah liat beberapa thn lalu ada yg jual disini, kalo ga salah yg 9.5.
Di sudirman sih udah ada kantor saab, entah ada rencana masukin mobilnya atau ga..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by Turboman »

ChZ wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 26, 2018 5:33 Buat merek baru yg penting :

Berani gelontorin duit brp utk bikkin assembly plan dan jaringan showroom yg luas ?

Kalo eloe modal impor doang dan track record selama ini gak istimewa, apakah grup2 diler2 besar akan percaya ama eloe ??

Kejadian FMI kabur udah cukup jadi memory buruk

Si Merek "W" di sini bisa dipercaya byk pihak krn mrk bisa kasi unjuk investasi yg gak maen2

Lalu Soal Brand

Yg kenal Skoda ya orang2 hobby aja

Ingat keputusan pembelian mobil umumnya akan melibatkan seluruh keluarga

Kalo promo kurang hebat nanti jgn heran ada yg komen

- Hah, merek apa ? Sekoteng ?

- Hah merek Kodak ? Kodak skg bikin mobil ya

- Skoda tu barang apa ya ?

- Buatan Ceko ? oo mobil buatan negara Komunis ya

Ingat loh sampe detik ini yg anggap Isuzu MUX = Panther baru, juga masih ada saja

wkwkwkwkkwkwkkw wkwkwkw wkwkwk
Jangankan kabur oom turbo... pabrik di tutup (Chev) aja udah bikin brand image nya kurang bagus...

Beberapa merek yang eksis lama tapi gonta-ganti ATPM, penjualan pasang-surut, dan reliability busuk, juga tetep susah bersaing. Apalagi skoda yang bener-bener start dari nol puthul...

Minimal kalo bisa jadi kayak Mazda yg sejak dipegang EMI konsisten aja udah bagus.

Nah klo soal komunis komunisan kayaknya entar sama kaum otak dengkul bisa buat sebar hoax... :mky_05:
+ 1
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by Turboman »

ambifi wrote:
imanoff wrote: Sun Sep 23, 2018 11:04 Skoda di Eropa cukup banyak. Bandel. Kalo naik Uber sering banget dapet Skoda Octavia. Di YouTube juga ada tuh yang abuse Octavia sampai 155.000 miles dan masih baik-baik aja dalemannya.
Kalo saab disana banyak beredar om? Penasaran jg sm ini mobil krn pernah liat beberapa thn lalu ada yg jual disini, kalo ga salah yg 9.5.
Di sudirman sih udah ada kantor saab, entah ada rencana masukin mobilnya atau ga..
SAAB saat ini ?

NEVS ?

SAAB will reborn ?
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by imanoff »

Wah SAAB malah belum pernah coba saya. Populasinya gak gitu banyak.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Peluang Skoda untuk jualan di Indonesia

Post by dizco »

saab mobil is dead, nevs masih wacana, yang masih jalan saab defense, mungkin di indonesia mau nyales gripen

skoda kalau mau masuk resepnya sih simpel, berani kasih harga sangat kompetitif dengan fitur ok nggak? kalau nggak ya sudah silahkan balik kanan
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris