all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade »

Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Last edited by Moonshade on Thu Sep 20, 2018 7:30, edited 2 times in total.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by osbertc0ol »

Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..

Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by arfs »

Mantab info cara membuat DSG agar menjadi LONGEVITY... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by kendibocor »

Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by b8099ok »

DSG ala VW,... Yah bit better than Mpord DCT,... But equally annoying when need maintenance.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by iwansiagian »

Moonshade wrote:Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade »

osbertc0ol wrote: Thu Sep 20, 2018 6:02 Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..

Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
Thanks om buat tambahannya, saya lupa masukin untuk solusi stay in M1. Nanti saya tambahkan di post 1
arfs wrote: Thu Sep 20, 2018 6:32 Mantab info cara membuat DSG agar menjadi LONGEVITY... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
LONGEVITY tinggi kuat jantan dan tidak lebay :evil:
kendibocor wrote: Thu Sep 20, 2018 6:52 Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
Saya beranikan bilang bisa apa lagi yang wet clutch. Tapi tetap DSG itu ada yang harus diganti jika pemakaian habis yaitu kopling. sedangkan at kovensnional kan ga ada yang harus diganti.
Wet jauh lebih awet dari yang dry, yang wet bisa dipakai "seenaknya". Kenapa lebih awet? Simply karena wet itu olinya banyak, jadi ga terlalu panas gearboxnya.
Yes betul production costnya lebih mahal DSG DQ250, makanya VW Develop DSG baru yaitu DQ200. Selain lebih murah cost productionnya, keuntungan lainnya shifting lebih cepat dan lebih bobot ringan. Tapi consnya ya itu, lebih fragile :frm_bang_head:
andrianpratama
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Mar 02, 2015 4:55

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by andrianpratama »

gw nyimak disini deh...haha

Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?


https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html

1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
meteor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:28

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by meteor »

kalo polo pake DSG yg mana om?
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by flamboyan »

Thanx infonya Om Moonshade dan suhu yang lain

Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade »

iwansiagian wrote: Thu Sep 20, 2018 7:26
Moonshade wrote: - Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.
yup, seperti yang sudah saya jelaskan di atas :frm_salut:
andrianpratama wrote: Thu Sep 20, 2018 7:44 gw nyimak disini deh...haha

Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?


https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html

1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
meteor wrote: Thu Sep 20, 2018 9:11 kalo polo pake DSG yg mana om?
semua Polo pake DSG om
flamboyan wrote: Thu Sep 20, 2018 9:17 Thanx infonya Om Moonshade dan suhu yang lain

Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200
Sama" om semoga posting saya bisa membantu. Nothing to worry kok, asal kalo 2nd bawa ke VW PIK suruh general check up. Jika ada fault tanya bisa goodwill gak? kalo ga bisa cari yang lain :frm_tumbleft:
b8099ok wrote: Thu Sep 20, 2018 7:18 DSG ala VW,... Yah bit better than Mpord DCT,... But equally annoying when need maintenance.
Yes indeed, everything is annoying when it need maintenance. Untungnya beres VW sangat supportif kalo ada apa" :e-dance:
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by c4b13 »

mantab penjelasannya.. thank you for info.
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by anakgembrot »

thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by r12qiSonH4ji »

Moonshade wrote: Thu Sep 20, 2018 5:48 Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,
:big_biglaugh:

Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru

:big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade »

anakgembrot wrote: Thu Sep 20, 2018 10:32 thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
anakgembrot wrote: Thu Sep 20, 2018 10:32 thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
Sama sama om, nanti kalau ada update saya info lagi
r12qiSonH4ji wrote: Thu Sep 20, 2018 11:04 Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,
:big_biglaugh:

Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru

:big_peace:
Makasih Om Rizki, saya juga banyak belajar dari om :big_deal:
DSG remap dinegara lain sih dari dulu udah ada. Tapi baru masuk Indonesia pertengahan tahun ini, masih baru banget memang. :frm_tumbleft:
andrianpratama
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Mar 02, 2015 4:55

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by andrianpratama »

Moonshade wrote: Thu Sep 20, 2018 9:38
Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
sip , ke Pik dl buat konsul

o iya mau tanya masalah di pas macet ataupun tanjakan,
kalau kita injak rem kan kopling otomatis disengaged ya? nah,pernah baca, katanya injek nya jangan setengah2, itu mksdnya gmn ya? apa kl posisi rem cm injek 50%, kopling blom lepas?atau mksdnya pas merayap, jgn sambil injek rem?
tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by tommylee87 »

Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by osbertc0ol »

tommylee87 wrote: Wed Jan 30, 2019 13:13 Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie
Touran DSG 6 speed apa 7 speed ya?
Kalo itu 7 Speed sih lebih baik hindarin menurut saya. gaenak kalo mobil operasional tiba2 ada problem dan nggak ada bengkel VW, apalagi istri lg hamil.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Pugman »

Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by r12qiSonH4ji »

Pugman wrote: Wed Jan 30, 2019 16:57 Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:
Masih sama2 pake dryclutch
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah

Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om

Semanggaattt buat minang mk7 nya om,

:big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Pugman »

r12qiSonH4ji wrote: Thu Jan 31, 2019 5:14
Pugman wrote: Wed Jan 30, 2019 16:57 Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:
Masih sama2 pake dryclutch
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah

Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om

Semanggaattt buat minang mk7 nya om,

:big_peace:
Yes.. Tinggal nunggu sampai harganya di 200kecil
:e-dance: :upss:
tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by tommylee87 »

:mky_05: Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#
AndriK
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Jun 18, 2018 1:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Brio

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by AndriK »

Mntap akhirnya ad bahas DSG VW
Klo tiguan 2013-14 apakah bisa kena problem jg kalo sering jln macet? Rencana mau hunting 2nd
Mhn infonya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by KielConstantine »

Btw, Scirocco R (pre facelift) masih anteng di 500jt bekasnya. Susah anjlok memang ya kalau 2 pintu...
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by MSU »

tommylee87 wrote: Tue Feb 05, 2019 13:31 :mky_05: Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#
touran kalo ga salah double charger ya om...turbo & supercharge..
lari-nya ganas ni mobil, dulu pernah ngetest jaman pertama kali keluar