all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade » 20 Sep 2018, 12:48

Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Last edited by Moonshade on 20 Sep 2018, 14:30, edited 2 times in total.

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by osbertc0ol » 20 Sep 2018, 13:02

Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..

Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1226
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by arfs » 20 Sep 2018, 13:32

Mantab info cara membuat DSG agar menjadi LONGEVITY... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by kendibocor » 20 Sep 2018, 13:52

Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2636
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2019 Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by b8099ok » 20 Sep 2018, 14:18

DSG ala VW,... Yah bit better than Mpord DCT,... But equally annoying when need maintenance.
Tune and drive! :big_love:

iwansiagian
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by iwansiagian » 20 Sep 2018, 14:26

Moonshade wrote:Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade » 20 Sep 2018, 14:27

osbertc0ol wrote:
20 Sep 2018, 13:02
Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..

Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
Thanks om buat tambahannya, saya lupa masukin untuk solusi stay in M1. Nanti saya tambahkan di post 1
arfs wrote:
20 Sep 2018, 13:32
Mantab info cara membuat DSG agar menjadi LONGEVITY... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
LONGEVITY tinggi kuat jantan dan tidak lebay :evil:
kendibocor wrote:
20 Sep 2018, 13:52
Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
Saya beranikan bilang bisa apa lagi yang wet clutch. Tapi tetap DSG itu ada yang harus diganti jika pemakaian habis yaitu kopling. sedangkan at kovensnional kan ga ada yang harus diganti.
Wet jauh lebih awet dari yang dry, yang wet bisa dipakai "seenaknya". Kenapa lebih awet? Simply karena wet itu olinya banyak, jadi ga terlalu panas gearboxnya.
Yes betul production costnya lebih mahal DSG DQ250, makanya VW Develop DSG baru yaitu DQ200. Selain lebih murah cost productionnya, keuntungan lainnya shifting lebih cepat dan lebih bobot ringan. Tapi consnya ya itu, lebih fragile :frm_bang_head:

andrianpratama
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 02 Mar 2015, 11:55

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by andrianpratama » 20 Sep 2018, 14:44

gw nyimak disini deh...haha

Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?


https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html

1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.

meteor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 07 Apr 2016, 09:28

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by meteor » 20 Sep 2018, 16:11

kalo polo pake DSG yg mana om?

flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: 18 Nov 2014, 08:58

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by flamboyan » 20 Sep 2018, 16:17

Thanx infonya Om Moonshade dan suhu yang lain

Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade » 20 Sep 2018, 16:38

iwansiagian wrote:
20 Sep 2018, 14:26
Moonshade wrote: - Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.
yup, seperti yang sudah saya jelaskan di atas :frm_salut:
andrianpratama wrote:
20 Sep 2018, 14:44
gw nyimak disini deh...haha

Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?


https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html

1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
meteor wrote:
20 Sep 2018, 16:11
kalo polo pake DSG yg mana om?
semua Polo pake DSG om
flamboyan wrote:
20 Sep 2018, 16:17
Thanx infonya Om Moonshade dan suhu yang lain

Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200
Sama" om semoga posting saya bisa membantu. Nothing to worry kok, asal kalo 2nd bawa ke VW PIK suruh general check up. Jika ada fault tanya bisa goodwill gak? kalo ga bisa cari yang lain :frm_tumbleft:
b8099ok wrote:
20 Sep 2018, 14:18
DSG ala VW,... Yah bit better than Mpord DCT,... But equally annoying when need maintenance.
Yes indeed, everything is annoying when it need maintenance. Untungnya beres VW sangat supportif kalo ada apa" :e-dance:

c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 01 Feb 2017, 10:23

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by c4b13 » 20 Sep 2018, 17:11

mantab penjelasannya.. thank you for info.

anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 11 Sep 2013, 08:26
Contact:

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by anakgembrot » 20 Sep 2018, 17:32

thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/

User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by r12qiSonH4ji » 20 Sep 2018, 18:04

Moonshade wrote:
20 Sep 2018, 12:48
Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,
:big_biglaugh:

Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru

:big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Moonshade » 21 Sep 2018, 08:51

anakgembrot wrote:
20 Sep 2018, 17:32
thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
anakgembrot wrote:
20 Sep 2018, 17:32
thanks infonya om moonshade...

buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari :ngacir:
Sama sama om, nanti kalau ada update saya info lagi
r12qiSonH4ji wrote:
20 Sep 2018, 18:04
Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,
:big_biglaugh:

Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru

:big_peace:
Makasih Om Rizki, saya juga banyak belajar dari om :big_deal:
DSG remap dinegara lain sih dari dulu udah ada. Tapi baru masuk Indonesia pertengahan tahun ini, masih baru banget memang. :frm_tumbleft:

andrianpratama
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 02 Mar 2015, 11:55

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by andrianpratama » 21 Sep 2018, 12:26

Moonshade wrote:
20 Sep 2018, 16:38

Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
sip , ke Pik dl buat konsul

o iya mau tanya masalah di pas macet ataupun tanjakan,
kalau kita injak rem kan kopling otomatis disengaged ya? nah,pernah baca, katanya injek nya jangan setengah2, itu mksdnya gmn ya? apa kl posisi rem cm injek 50%, kopling blom lepas?atau mksdnya pas merayap, jgn sambil injek rem?

tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 18 Jan 2019, 22:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by tommylee87 » 30 Jan 2019, 20:13

Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by osbertc0ol » 30 Jan 2019, 22:17

tommylee87 wrote:
30 Jan 2019, 20:13
Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie
Touran DSG 6 speed apa 7 speed ya?
Kalo itu 7 Speed sih lebih baik hindarin menurut saya. gaenak kalo mobil operasional tiba2 ada problem dan nggak ada bengkel VW, apalagi istri lg hamil.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Pugman » 30 Jan 2019, 23:57

Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:

User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by r12qiSonH4ji » 31 Jan 2019, 12:14

Pugman wrote:
30 Jan 2019, 23:57
Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:
Masih sama2 pake dryclutch
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah

Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om

Semanggaattt buat minang mk7 nya om,

:big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Pugman » 31 Jan 2019, 22:10

r12qiSonH4ji wrote:
31 Jan 2019, 12:14
Pugman wrote:
30 Jan 2019, 23:57
Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
:mky_03:
Masih sama2 pake dryclutch
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah

Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om

Semanggaattt buat minang mk7 nya om,

:big_peace:
Yes.. Tinggal nunggu sampai harganya di 200kecil
:e-dance: :upss:

tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 18 Jan 2019, 22:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by tommylee87 » 05 Feb 2019, 20:31

:mky_05: Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#

AndriK
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Jun 2018, 08:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Brio

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by AndriK » 10 Mar 2019, 15:35

Mntap akhirnya ad bahas DSG VW
Klo tiguan 2013-14 apakah bisa kena problem jg kalo sering jln macet? Rencana mau hunting 2nd
Mhn infonya

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by KielConstantine » 11 Mar 2019, 01:16

Btw, Scirocco R (pre facelift) masih anteng di 500jt bekasnya. Susah anjlok memang ya kalau 2 pintu...
Image

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by MSU » 11 Mar 2019, 08:08

tommylee87 wrote:
05 Feb 2019, 20:31
:mky_05: Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#
touran kalo ga salah double charger ya om...turbo & supercharge..
lari-nya ganas ni mobil, dulu pernah ngetest jaman pertama kali keluar

Post Reply