Conserving Stick Shift di Civic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by b8099ok »

muvaed wrote: Wed Sep 12, 2018 15:17 Takut EGT nya terbang mereen kalo cibo Crbo kasih MT..... hanya sebatas tebalan ane yaah om om
No, EGT petrol turbo lbh tinggi drpd diesel turbo. Which is normal.
Ada 1 FK 1.5t yg manual (converted, abis 80-100jt klo ga salah). Ecu msh pake yg aslinya cm isinya dirubah jd MT. Problem berlanjut ke clutch pack, dimana sentuh angka 260-270hp clutch aslinya uda ngibarin bendera putih dan memberikan lambang FRD di MID. Jd akhirnya ganti yg twin plate.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by liemivan86 »

b8099ok wrote:
muvaed wrote: Wed Sep 12, 2018 15:17 Takut EGT nya terbang mereen kalo cibo Crbo kasih MT..... hanya sebatas tebalan ane yaah om om
No, EGT petrol turbo lbh tinggi drpd diesel turbo. Which is normal.
Ada 1 FK 1.5t yg manual (converted, abis 80-100jt klo ga salah). Ecu msh pake yg aslinya cm isinya dirubah jd MT. Problem berlanjut ke clutch pack, dimana sentuh angka 260-270hp clutch aslinya uda ngibarin bendera putih dan memberikan lambang FRD di MID. Jd akhirnya ganti yg twin plate.
Nah, ini menarik.

Sama seperti yang disebut mbah di atas, di kelas truk hp super besar, sekarang banyak yang ber geser ke Matic juga, entah AMT, entah Matic biasa. Karena kemampuan kopling yang terbatas dalam menangani torsi raksasa. Bisa bayangkan torsi dari truk Volvo FH16 540 hp 13rb cc lebih?

Kelihatannya memang keterbatasan manual ada di kelas power di atas 250 hp deh..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by b8099ok »

Sbnrnya design clutch std emang gak utk hp gede. Jd ya gak bisa dibilang keterbatasan. Mo yg high performance jg ada koq.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by liemivan86 »

b8099ok wrote:Sbnrnya design clutch std emang gak utk hp gede. Jd ya gak bisa dibilang keterbatasan. Mo yg high performance jg ada koq.
Betul Om, clutch high performance memang ada, dan banyak. Tapi ya gitu, kayak injak batu. Ha2...

Maksud saya sih, untuk penggunaan yang masih nyaman untuk sehari-hari itu agak terbatas dengan kemampuan clutch ini sendiri. Bahkan truk dan alat berat yang besar2 beranjak ke AMT dan Matic semua. AMT juga macam2, ada yang masih pakai pneumatic dan tiptronic, ada yang full auto. Kebetulan saya ada beberapa unit yang pakai pneumatic AMT, kopling nya ringan banget padahal untuk torsi ribuan Nm. Karena kopling itu hanya untuk engage pneumatic untuk kerja dan memindahkan gigi. Pemindahan gigi sendiri pakai mekanisme AMT.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by b8099ok »

liemivan86 wrote: Sun Sep 16, 2018 3:31
b8099ok wrote:Sbnrnya design clutch std emang gak utk hp gede. Jd ya gak bisa dibilang keterbatasan. Mo yg high performance jg ada koq.
Betul Om, clutch high performance memang ada, dan banyak. Tapi ya gitu, kayak injak batu. Ha2...

Maksud saya sih, untuk penggunaan yang masih nyaman untuk sehari-hari itu agak terbatas dengan kemampuan clutch ini sendiri. Bahkan truk dan alat berat yang besar2 beranjak ke AMT dan Matic semua. AMT juga macam2, ada yang masih pakai pneumatic dan tiptronic, ada yang full auto. Kebetulan saya ada beberapa unit yang pakai pneumatic AMT, kopling nya ringan banget padahal untuk torsi ribuan Nm. Karena kopling itu hanya untuk engage pneumatic untuk kerja dan memindahkan gigi. Pemindahan gigi sendiri pakai mekanisme AMT.
Loh? Khan jd menghemat uang. Jd ga usah kluar duid utk member fitness.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by liemivan86 »

b8099ok wrote:
liemivan86 wrote: Sun Sep 16, 2018 3:31
b8099ok wrote:Sbnrnya design clutch std emang gak utk hp gede. Jd ya gak bisa dibilang keterbatasan. Mo yg high performance jg ada koq.
Betul Om, clutch high performance memang ada, dan banyak. Tapi ya gitu, kayak injak batu. Ha2...

Maksud saya sih, untuk penggunaan yang masih nyaman untuk sehari-hari itu agak terbatas dengan kemampuan clutch ini sendiri. Bahkan truk dan alat berat yang besar2 beranjak ke AMT dan Matic semua. AMT juga macam2, ada yang masih pakai pneumatic dan tiptronic, ada yang full auto. Kebetulan saya ada beberapa unit yang pakai pneumatic AMT, kopling nya ringan banget padahal untuk torsi ribuan Nm. Karena kopling itu hanya untuk engage pneumatic untuk kerja dan memindahkan gigi. Pemindahan gigi sendiri pakai mekanisme AMT.
Loh? Khan jd menghemat uang. Jd ga usah kluar duid utk member fitness.
Bener juga ya.. Cuma yang jadi gede sebelah kaki nya.. Ha2...
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by b8099ok »

liemivan86 wrote: Mon Sep 17, 2018 8:54
b8099ok wrote:
liemivan86 wrote: Sun Sep 16, 2018 3:31 Betul Om, clutch high performance memang ada, dan banyak. Tapi ya gitu, kayak injak batu. Ha2...

Maksud saya sih, untuk penggunaan yang masih nyaman untuk sehari-hari itu agak terbatas dengan kemampuan clutch ini sendiri. Bahkan truk dan alat berat yang besar2 beranjak ke AMT dan Matic semua. AMT juga macam2, ada yang masih pakai pneumatic dan tiptronic, ada yang full auto. Kebetulan saya ada beberapa unit yang pakai pneumatic AMT, kopling nya ringan banget padahal untuk torsi ribuan Nm. Karena kopling itu hanya untuk engage pneumatic untuk kerja dan memindahkan gigi. Pemindahan gigi sendiri pakai mekanisme AMT.
Loh? Khan jd menghemat uang. Jd ga usah kluar duid utk member fitness.
Bener juga ya.. Cuma yang jadi gede sebelah kaki nya.. Ha2...
Gampang, ntar per pedal gas diganti pake per shock motor wkwkwk
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by liemivan86 »


b8099ok wrote:
liemivan86 wrote: Mon Sep 17, 2018 8:54
b8099ok wrote: Loh? Khan jd menghemat uang. Jd ga usah kluar duid utk member fitness.
Bener juga ya.. Cuma yang jadi gede sebelah kaki nya.. Ha2...
Gampang, ntar per pedal gas diganti pake per shock motor wkwkwk
Ha2... Semakin kacau... [emoji16] [emoji16] [emoji16]