Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by pengendiesel »

Turboman wrote: Sat Sep 01, 2018 2:06 Jadi DEX tetap aman ?

Baca ampe habis ya......heheheh

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08 ... olar-murni
Saya bingung baca ini om.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa mulai 1 September 2018 tak ada lagi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar murni atau B-0 yang dijual di SPBU.
Artinya pertadex juga jadi B20.

Tapi, di paragraf 4 juga ada kalimat ini :
Darmin menambahkan, apabila Badan Usaha BBM (BU BBM) tidak melakukan pencampuran, dan Badan Usaha BBN tidak dapat memberikan suplai FAME (Fatty Acid Methyl Ester) ke BU BBM akan dikenakan denda sebesar Rp 6.000 per liter. Adapun produk B-0 nantinya hanya untuk Pertadex atau Diesel Premium.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

vipere wrote:di detik.com :

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengingatkan B20 memiliki sifat seperti sabun, sehingga pengguna B20 perlu mengganti filter sebelumnya memakainya.

"Cuma memang begitu B20 mau dipakai gantilah filter, bersihkan tangkinya, karena CPO sifatnya seperti sabun. Dia membersihkan tangki dan filter kalau kotor dia bersihkan kotorannya masuk ke mesinnya," ujar Darmin.

---

bener gak perlu gitu ?
Gugel :
Sterol Glucoside - BioDiesel
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Duvebriliant0 »

pengendiesel wrote: Sat Sep 01, 2018 5:16
Turboman wrote: Sat Sep 01, 2018 2:06 Jadi DEX tetap aman ?

Baca ampe habis ya......heheheh

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08 ... olar-murni
Saya bingung baca ini om.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa mulai 1 September 2018 tak ada lagi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar murni atau B-0 yang dijual di SPBU.
Artinya pertadex juga jadi B20.

Tapi, di paragraf 4 juga ada kalimat ini :
Darmin menambahkan, apabila Badan Usaha BBM (BU BBM) tidak melakukan pencampuran, dan Badan Usaha BBN tidak dapat memberikan suplai FAME (Fatty Acid Methyl Ester) ke BU BBM akan dikenakan denda sebesar Rp 6.000 per liter. Adapun produk B-0 nantinya hanya untuk Pertadex atau Diesel Premium.
Hmm pertadex bakal ada dua jenis gitu kah?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
g3m1n1m4n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Jul 26, 2018 5:41
Location: Bogor,West Java, Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Avanza

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by g3m1n1m4n »

Jadi binun sa :big_sorry: y :big_childish: a, menunggu berita yang lebih valid dan mencerahkan :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

Dah drpd bingung kita ambil sample DEX aja akhir Sept

Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Gl4cier »

Screen Shot 2018-09-01 at 7.12.14 PM.png
shell diesel sudah jadi shell diesel bio, ini lebih mahal dari PERTADEX hgnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by nugroho bagor »

bacardi69 wrote: Sat Sep 01, 2018 1:40 Jack Ma orang terkaya di asia berkata orang yg sering mengeluh ga bakal bisa sukses dan Jack Ma ini bisa kaya dan sukses krn bisa memberi solusi keluhan orang2 tsb..
1.jadi keluhan orang lain adl peluang..
2. jangan jadi orang yg mudah mengeluh krn semua ada solusinya..
Kalo lewat pengin,gw kasih cumi2 si Jack ma,biar bengek.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

bacardi69 wrote:Jack Ma orang terkaya di asia berkata orang yg sering mengeluh ga bakal bisa sukses dan Jack Ma ini bisa kaya dan sukses krn bisa memberi solusi keluhan orang2 tsb..
1.jadi keluhan orang lain adl peluang..
2. jangan jadi orang yg mudah mengeluh krn semua ada solusinya..
mau minum B20 gak om?

nanti saya sediakan 1 pitcher
eriksupriono
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Aug 28, 2018 19:03

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by eriksupriono »

Sebenernya, harga sawit anjlok krn banned dr Europe. Makanya over stock, harga jatuh. Alasan di banned awak kurang tau, bisa politik atau perang dagang. Pemerintah jg g bs donk ngelarang orang nanam sawit, kan gitu. Harga ayam turun, kan g bs nglarang orang pelihara ayam. Solusinya ke b20, bisa ngebantu industri sawit, bisa kurangin impor bbm. Konsumsi dalam negeri naik, neraca defisit bisa di kurangi. Nah skg, gmn caranya biar diesel modern bisa aman b20. Ada yg tau Solusinya?
Katanya diesek skg kaya santa fe ada double filter, jadi filter nya yg kena duluan. Makanya sering ganti filter. Tapi, harusnya non subsidi g usah b20. Kan bayar harga sesuai pasar. Tp mungkin ngarus ke neraca dagang jg, krn bbm impor.

Jadi main discussion nya adalah:
Biar injector aman, gmn caranya? Monggo yang punya Solusinya
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by nyotsaeba »

Tadi sore ngisi pultenk di AKR, rasanya masih sama aja di power sama suara nya......
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

eriksupriono wrote: Sat Sep 01, 2018 13:06 Sebenernya, harga sawit anjlok krn banned dr Europe. Makanya over stock, harga jatuh. Alasan di banned awak kurang tau, bisa politik atau perang dagang. Pemerintah jg g bs donk ngelarang orang nanam sawit, kan gitu. Harga ayam turun, kan g bs nglarang orang pelihara ayam. Solusinya ke b20, bisa ngebantu industri sawit, bisa kurangin impor bbm. Konsumsi dalam negeri naik, neraca defisit bisa di kurangi. Nah skg, gmn caranya biar diesel modern bisa aman b20. Ada yg tau Solusinya?
Katanya diesek skg kaya santa fe ada double filter, jadi filter nya yg kena duluan. Makanya sering ganti filter. Tapi, harusnya non subsidi g usah b20. Kan bayar harga sesuai pasar. Tp mungkin ngarus ke neraca dagang jg, krn bbm impor.

Jadi main discussion nya adalah:
Biar injector aman, gmn caranya? Monggo yang punya Solusinya
Klo non subsidi kena harusnya pemerintah turunin 20 persen harga jual’nya, wkwkwk :big_biglaugh:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by vipere »

Gl4cier wrote: Sat Sep 01, 2018 12:13 Screen Shot 2018-09-01 at 7.12.14 PM.png

shell diesel sudah jadi shell diesel bio, ini lebih mahal dari PERTADEX hgnya
kalo shell diesel aja udah wajib bio gitu, berarti no hope lah..udah pasti pertadex juga wajib bio 20.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by dieselman228 »

Turboman wrote: Sat Sep 01, 2018 12:49
bacardi69 wrote:Jack Ma orang terkaya di asia berkata orang yg sering mengeluh ga bakal bisa sukses dan Jack Ma ini bisa kaya dan sukses krn bisa memberi solusi keluhan orang2 tsb..
1.jadi keluhan orang lain adl peluang..
2. jangan jadi orang yg mudah mengeluh krn semua ada solusinya..
mau minum B20 gak om?

nanti saya sediakan 1 pitcher

om Turbo, kalau udah B20 gini, perawatannya wajib pake aditif yah? Aditif yang gimana spesifikasinya?

Untuk purging gitu interval tetep samakah?
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:
Turboman wrote: Sat Sep 01, 2018 12:49
bacardi69 wrote:Jack Ma orang terkaya di asia berkata orang yg sering mengeluh ga bakal bisa sukses dan Jack Ma ini bisa kaya dan sukses krn bisa memberi solusi keluhan orang2 tsb..
1.jadi keluhan orang lain adl peluang..
2. jangan jadi orang yg mudah mengeluh krn semua ada solusinya..
mau minum B20 gak om?

nanti saya sediakan 1 pitcher

om Turbo, kalau udah B20 gini, perawatannya wajib pake aditif yah? Aditif yang gimana spesifikasinya?

Untuk purging gitu interval tetep samakah?
yup additip is wajib
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by vp920b »

https://pertamina.com/id/news-room/news ... lurkan-b20

Sejauh yang ditulis disini adalah Pertadex atau diesel premium bisa B0.

Sekarang ini kan B-10 ya maksimum di MDFSheet, ya sudahlah, sejauh ini dipakai terus mobilnya no problem..

Semoga aja ga dicampur B-20 deh..
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by teppey »

Purging disarankan tiap apa sih
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by antonyaulia »

Pengalaman pake B20 (ternyata penyaluran B20 sudah dilakukan sebelum tanggal 1 september ini) , ini menurut pengamatan awal ya, pake ANPS 2017.

Tarikan cenderung lemot, suara agak kasar (terasa sekali sampai masuk kabin) dan konsumsi BBM malah irit (menurut MID).

Saya ganti filsol di KM 10.000 dan oli mesin wajib 5.000 ganti. (kalo ngisi BBM saya rumusnya 200rb biosolar 100rb PertaDex)
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by teppey »

Ganti filsol kok cepet, 10.000 km itu udah keluar warning belum?
User avatar
maviacrazy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by maviacrazy »

Semalem baru isi pertamina dex, tanya kang spbu. "Bang pertamina dex kena campur b20 sawit gak?". Dia jawab "gak pak, krn harganya mahal, gak dicampur b20, cuma biosolar aja yg dicampur". Dalam hati (syukur alhamdul8llah mobil gwe aman).
Menurut kang spbu ya. Mudah"an sih bener. Hahahaha
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
:emo-big_love: :mky_02: :big_love:
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by antonyaulia »

teppey wrote: Sun Sep 02, 2018 8:11 Ganti filsol kok cepet, 10.000 km itu udah keluar warning belum?
Saya Gak perlu nunggu Chek Engine untuk ganti filsol, apalagi diminumin solar busuk
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by pengendiesel »

antonyaulia wrote: Sun Sep 02, 2018 7:42 Pengalaman pake B20 (ternyata penyaluran B20 sudah dilakukan sebelum tanggal 1 september ini) , ini menurut pengamatan awal ya, pake ANPS 2017.

Tarikan cenderung lemot, suara agak kasar (terasa sekali sampai masuk kabin) dan konsumsi BBM malah irit (menurut MID).

Saya ganti filsol di KM 10.000 dan oli mesin wajib 5.000 ganti. (kalo ngisi BBM saya rumusnya 200rb biosolar 100rb PertaDex)
Filter solarnya berapaan om? Pake yg OEM Mitsu?
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

teppey wrote: Sun Sep 02, 2018 8:11 Ganti filsol kok cepet, 10.000 km itu udah keluar warning belum?
pertadex Aman Sentosa, Om : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20 ... tamina-dex
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by kompresorz »

pernah rasain pake biosolar n pertadek...

duit gak boong...

pertadek itu super...

kalo mau cari irit ya pilihannya biosolar atau b20 atau B1 atau B2...entahlah apa namanya...

gampang liatnya beli aja solar n pertadek pake botol akua atau yg lainnya...
terus simpan bbrp hari liat lagi perubahannya...

simpel aja....

saya sempat isi biosolar tapi krn dinasehatin teman selama masih mampu isi pertadek ya knp enggak...

lagipula mobilnya juga irit..disel gitu loh...

pikir2 udah pernah harian rasain naik mobil bensin pertamak konsumsi 1 :4 and 1:3...

ini disel 1 :10 itupun ngebut sekuat2nya..tiap jalan dr diam selalu gak pake urut gas...gak sabar

apalg kalo santai...

mantap jiwa...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by sintoni »

Kalo Dex kan aman ga ada campuran bio.

Kalo Dexlite bagaimana ya?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by ginting »

eriksupriono wrote:Sebenernya, harga sawit anjlok krn banned dr Europe. Makanya over stock, harga jatuh. Alasan di banned awak kurang tau, bisa politik atau perang dagang. Pemerintah jg g bs donk ngelarang orang nanam sawit, kan gitu. Harga ayam turun, kan g bs nglarang orang pelihara ayam. Solusinya ke b20, bisa ngebantu industri sawit, bisa kurangin impor bbm. Konsumsi dalam negeri naik, neraca defisit bisa di kurangi. Nah skg, gmn caranya biar diesel modern bisa aman b20. Ada yg tau Solusinya?
Katanya diesek skg kaya santa fe ada double filter, jadi filter nya yg kena duluan. Makanya sering ganti filter. Tapi, harusnya non subsidi g usah b20. Kan bayar harga sesuai pasar. Tp mungkin ngarus ke neraca dagang jg, krn bbm impor.

Jadi main discussion nya adalah:
Biar injector aman, gmn caranya? Monggo yang punya Solusinya
Risiko itu gak cuma satu tapi banyak.

1. injektor rusak
2. seal seal rusak
3. filter jorok
4. oli mesin cepet jenuh krn jelaga / acid
5. tanki banyak residu/kotoran endapan

nah, kalo memang solar B20 gak bisa dielakkan maka belilah racun solar, sering ganti filter, kuras tangki setahun sekali