Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Godzilla77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Dec 2017, 15:47
Daily Vehicle: BMW

Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Godzilla77 »

Sore SMers,

Mau nyari ilmu nih, penggunaan transmisi matic yg bener itu gimana sih? Seperti saat parkir di garasi rumah yg posisinya menurun, sebaiknya masuk di P atau N (ditambah dengan stopper), dan kalo diposisi P hand break tetap diperlukan kah? Dan tanda2 matic sudah lemah itu seperti apa ya, mengingat saya pernah pakai mobil matic saat perpindahan gigi terasa sedikit lemot (Ada jeda yg cukup lama menurut saya) waktu itu saya pakai ANXen 1.3 lupa type apa, makasih para suhu disini :big_smile] :big_peace:
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Herdy999 »

Di P om, biar ngunci + handbrake biar lebih aman.
Lemot ya dasarnya mobilnya lemot om. Kalau AT sdh ga bagus biasanya suka slip (blm pernah ngalamin) dan sampe ga bisa jalan.
Ganti oli transmisi sesuai spek aja om per 50-70 rb km.
Mobil skrg apa ?
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 06 Jul 2015, 11:47

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by nuelgs »

newbie izin komen ya om

menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)

tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
Godzilla77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Dec 2017, 15:47
Daily Vehicle: BMW

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Godzilla77 »

17Herdy wrote: 20 Aug 2018, 17:06 Di P om, biar ngunci + handbrake biar lebih aman.
Lemot ya dasarnya mobilnya lemot om. Kalau AT sdh ga bagus biasanya suka slip (blm pernah ngalamin) dan sampe ga bisa jalan.
Ganti oli transmisi sesuai spek aja om per 50-70 rb km.
Mobil skrg apa ?
Walaupun dalam kondisi lama ga masalah ya om? Ini sebetulnya pertanyaan dari tetangga ane om hehehe, apa semua karakter matic emang lemot kaya gitu ya om?
Godzilla77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Dec 2017, 15:47
Daily Vehicle: BMW

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Godzilla77 »

nuelgs wrote: 20 Aug 2018, 17:08 newbie izin komen ya om

menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)

tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil om :big_smile]
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Herdy999 »

Godzilla77 wrote: 20 Aug 2018, 17:27
17Herdy wrote: 20 Aug 2018, 17:06 Di P om, biar ngunci + handbrake biar lebih aman.
Lemot ya dasarnya mobilnya lemot om. Kalau AT sdh ga bagus biasanya suka slip (blm pernah ngalamin) dan sampe ga bisa jalan.
Ganti oli transmisi sesuai spek aja om per 50-70 rb km.
Mobil skrg apa ?
Walaupun dalam kondisi lama ga masalah ya om? Ini sebetulnya pertanyaan dari tetangga ane om hehehe, apa semua karakter matic emang lemot kaya gitu ya om?
Ga om. Asal tangan kiri sekolah baik2 saja, jgn ikutin gaya film action aja.
:big_biglaugh:
Yg penting dirawat, ane punya sdh 135 k km kuras oli at sdh 2*.
Avxen kan masih 4 at purba tapi badak om. Kalau kick down jeda bentar tp bisa kok rpm tiggi.
At modern pindah giginya cc epat kok om salah yg dual clucth
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by efact »

*kalo saya

di jalanan miring, begitu mobilnya berenti di posisi parkir, posisi masi nginjek rem, masukin ke p, tarik hand brake, baru rem kaki dilepas.

tujuannya sih menghindari jeduk aja pas mau jalan lagi, krn bebannya lebih ke rem parkir, bukan ke transmisi, kalo di p tanpa rem tangan bisa aja sebener,tp biasanya release dari p ke r , n , d atau selanjutnya baakalan keras dulu..

belom pernah ngalamin rusak gara gara begini sih, tp ya ngga tega aja rasanya ngejeduk gtu hahaha..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by syafimsa »

kalo posisi parkir miring saya selalu pake parkbrake dulu lalu lepas rem perlahan. kalo mobil uda diem baru masukin ke p. kaya pake mobil manual aja gmana..

kalo berenti langsung masuk p suka susah diopernya lagi. kaya rada nyangkut gitu. gaktau bahaya apa enggak, kalo saya si takut aja
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by slapnuts »

Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat

Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 06 Jul 2015, 11:47

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by nuelgs »

Godzilla77 wrote: 20 Aug 2018, 17:30
nuelgs wrote: 20 Aug 2018, 17:08 newbie izin komen ya om

menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)

tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil om :big_smile]
Kalo saya pribadi sih lebih baik OH dgn parts2 baru om
Kalo ganti matic copotan takutnya dpt yg udah jelek juga, nantinya malah keluar uang lebih banyak
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by impactful »

Godzilla77 wrote: 20 Aug 2018, 17:30
nuelgs wrote: 20 Aug 2018, 17:08 newbie izin komen ya om

menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)

tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil om :big_smile]
1st step sebelum diputuskan OH atau tidak, bisa total flush ATF nya dulu...

xenia AT 2010 kantor udah 8 tahun mengabdi 200.000 km maticnya masih joss buat PP bogor-bandung-cirebon

tapi si boss royal banget ganti ATF nya... jadi awet awet saja...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by michaelgiri93 »

Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Wistuwis »

slapnuts wrote: 20 Aug 2018, 18:57 Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat

Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
michaelgiri93 wrote: 20 Aug 2018, 20:37 Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
Ini maksudnya setelah lepas rem, buat pindah ke P tetap harus injek rem lagi kan
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by slapnuts »

Wistuwis wrote: 20 Aug 2018, 22:48

Ini maksudnya setelah lepas rem, buat pindah ke P tetap harus injek rem lagi kan
Yes, seperti biasa, dari N ke P tetap harus injek rem untuk membuka kunci pengaman
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Wistuwis »

efact wrote: 20 Aug 2018, 18:04 *kalo saya

di jalanan miring, begitu mobilnya berenti di posisi parkir, posisi masi nginjek rem, masukin ke p, tarik hand brake, baru rem kaki dilepas.

tujuannya sih menghindari jeduk aja pas mau jalan lagi, krn bebannya lebih ke rem parkir, bukan ke transmisi, kalo di p tanpa rem tangan bisa aja sebener,tp biasanya release dari p ke r , n , d atau selanjutnya baakalan keras dulu..

belom pernah ngalamin rusak gara gara begini sih, tp ya ngga tega aja rasanya ngejeduk gtu hahaha..
Bukannya ini malah berpotensi jedug pas mau jalan lagi om.
Rem kaki dilanjut rem tangan (posisi N). Pada saat rem kaki dilepas biasanya mobil masih bergeser sedikit kalau di jalan miring. Kalau sudah masuk P maka berpotensi tertahan transmisi sebelum sempat tertahan rem tangan.
Kecuali mungkin kalau rem tangannya full power :)
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by setsuka09 »

Godzilla77 wrote:Sore SMers,

Mau nyari ilmu nih, penggunaan transmisi matic yg bener itu gimana sih? Seperti saat parkir di garasi rumah yg posisinya menurun, sebaiknya masuk di P atau N (ditambah dengan stopper), dan kalo diposisi P hand break tetap diperlukan kah? Dan tanda2 matic sudah lemah itu seperti apa ya, mengingat saya pernah pakai mobil matic saat perpindahan gigi terasa sedikit lemot (Ada jeda yg cukup lama menurut saya) waktu itu saya pakai ANXen 1.3 lupa type apa, makasih para suhu disini :big_smile] :big_peace:
slapnuts wrote:Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat

Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
michaelgiri93 wrote:Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
Ini jawaban2 yg betul, pernah baca di beberapa forum luar memang cara yg benar & tepat ya seperti itu kl mo transmisi matic awet, intinya selain perpindahan di N ke D atau sebaliknya - beda kl D1-2-3 atau S mode - mobil hrs dlm kondisi berhenti total, simple asal mau dibiasakan saja.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by efact »

Wistuwis wrote: 20 Aug 2018, 22:58
Bukannya ini malah berpotensi jedug pas mau jalan lagi om.
Rem kaki dilanjut rem tangan (posisi N). Pada saat rem kaki dilepas biasanya mobil masih bergeser sedikit kalau di jalan miring. Kalau sudah masuk P maka berpotensi tertahan transmisi sebelum sempat tertahan rem tangan.
Kecuali mungkin kalau rem tangannya full power :)
Klo di mubil2 yg pernah saya pake, d posisi jln miring kaya parkiran rumah gtu rem tangannya biasa kudu tarik kuat ya.. klo ga emang ttp bakalan nyelonong sih.. jd sama aja mau di n atau di p, yg penting tarik kuat rem tangannya hahaha.. sebab kalo rem tangan udh ngonci, umumnya ga ada gerak bebas lg, ga kaya kalo cuma di p doang yg gerak bebas nya lumayan gede...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Pugman »

Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by diidoot »

Pugman wrote: 21 Aug 2018, 07:30 Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
setuju nih, banyak yang ga tau kalau lagi turunan panjang cuman di D aja. Ngeri kalau cuman ngandelin rem doang. Udah banyak kasus rem yang blong karena pas turunan cuman mengandalkan rem saja
-
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by syafimsa »

Pugman wrote: 21 Aug 2018, 07:30 Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
nah kalo yg cvt aga2 deg2an om, saya di hrv pas turunan posisi S(1) juga rpm nya cuma disekitaran 2rb, gabeda jauh lah nyelonongnya kalo posisi di D :mky_03:
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by josomba »

syafimsa wrote: 21 Aug 2018, 10:36
nah kalo yg cvt aga2 deg2an om, saya di hrv pas turunan posisi S(1) juga rpm nya cuma disekitaran 2rb, gabeda jauh lah nyelonongnya kalo posisi di D :mky_03:
iya ya ni, dulu saya pake mobilio juga kalau turunan panjang (seperti dago pakar dari 'ex' the view mau ke gerbang utama) gitu dah masuk L juga berasa dikit banget engine beraknya...ehh break.

cvt nissan kalau engine break nampaknya sedikit lebih pintar kalau menurut saya (pada kontur yg sama pernah pake juke dan t31 serta t32)
Image
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by michaelgiri93 »

Wistuwis wrote: 20 Aug 2018, 22:48
slapnuts wrote: 20 Aug 2018, 18:57 Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat

Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
michaelgiri93 wrote: 20 Aug 2018, 20:37 Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
Ini maksudnya setelah lepas rem, buat pindah ke P tetap harus injek rem lagi kan
Gak sih kalo saya om. Kadang aja sambil injak rem, tapi seringnya enggak.
Tanpa injak rem bisa kok dari n ke p.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Wistuwis »

Kalau sy pake mobil jadul malah jarang sekali ke P. Posisi parkir di N :)
Kalau pake mobil satunya yg lebih kekinian, kalau gak ke P gak bisa dilock pintunya (klo udh keluar mobil). Sangat sering kelupaan masih di N dan harus masuk mobil lagi hanya untuk mem-P-kan.
Jadi enakan malah enakan matic jadul, gak ribet :) :)
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 04 Oct 2013, 11:17

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by satria120s »

Tata cara parkir sudah..

Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?

Mohon penjelasannya om - om skalian,
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: 27 Sep 2012, 04:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Leonhart »

satria120s wrote: 22 Aug 2018, 00:40 Tata cara parkir sudah..

Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?

Mohon penjelasannya om - om skalian,
bebas om
bagusnya di Netralin aja biar incase klo kelepas rem gak sengaja gak nyundul mbl depan...

ane sll netralin tiap lampu merah dan pake rem tangan...
klo dibawah 10 detik ane tahan aja
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post