Page 2 of 5

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 23 Jun 2018, 22:48
by syafimsa
pengendiesel wrote: 23 Jun 2018, 20:50 Kalau head to head dengan mobil yang sama, sy pasti pilih diesel
- sy tipikal driver yang doyan low rpm, the lower the better :mky_08: doyaaaannnnn banget sama2 mesin2 diesel macam ispan turbo, 2gd yang ditoel dikit udah ngerespon.
- ditambah di bodi yang sama, versi bensinnya kebanyakan borosnya gak bisa diterima dompet sy. FC biasanya jauh banget, innvoa, 42ner, pajero. entah kalo di r3, f30, f10, dll.

Problemnya adalah....mobil diesel2 yang umum macam innova, 42ner, pajero, jarang yang handlingnya enak :mky_04:
Izin OOT dikit, menurut suhu2 SM, suspensi innova 2gd ini keras atau empuk? Jujur saya bingung, karena bodyroll terasa (artinya empuk), tp saat di jalan jelek juga cukup terasa (yg artinya keras), kalo ketemu poldur mentul2.
katanya dijel bmw ni irit om, banyak yg bilang bisa 1:20 easily. torq juga pasti lebi tinggi dr yg bensin (compare 320i vs 320d, 520i vs 520d)

innova 2gd sama yg 1tr suspensinya sama gak? kan yg 2kd dulu kalo gasala beda sama yg 1tr.. menurut saya di jalan jelek si lebih keras dr innova yg lama om, tp ya limbungnya malah makin krasa yg baru ini, terus nose dive nya berasa bgt pas lg braking. saya coba 22 nya mbl operasional kantor, sama 1tr-fe, sama2 matic, perpék kombo :mky_02:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 23 Jun 2018, 23:00
by pengendiesel
syafimsa wrote: 23 Jun 2018, 22:48
katanya dijel bmw ni irit om, banyak yg bilang bisa 1:20 easily. torq juga pasti lebi tinggi dr yg bensin (compare 320i vs 320d, 520i vs 520d)

innova 2gd sama yg 1tr suspensinya sama gak? kan yg 2kd dulu kalo gasala beda sama yg 1tr.. menurut saya di jalan jelek si lebih keras dr innova yg lama om, tp ya limbungnya malah makin krasa yg baru ini, terus nose dive nya berasa bgt pas lg braking. saya coba 22 nya mbl operasional kantor, sama 1tr-fe, sama2 matic, perpék kombo :mky_02:
Nah itu om, persis dgn yang sy rasakan. Limbung iya, keras iya, nose dive parah, jadi jelek2nya diambil semua. Biasa kan kalo mobil jelata, kalo keras maka stabil, kalo empuk maka nyaman.
Somehow, menurut saya suspensi ANF dan innova lawas terasa jauh lebih enak drpd ANKI.
Hmmm...sama atau beda ya suspensi 1TR dan 2GD?

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 23 Jun 2018, 23:53
by jakanjc
pengendiesel wrote: 23 Jun 2018, 23:00
syafimsa wrote: 23 Jun 2018, 22:48
katanya dijel bmw ni irit om, banyak yg bilang bisa 1:20 easily. torq juga pasti lebi tinggi dr yg bensin (compare 320i vs 320d, 520i vs 520d)

innova 2gd sama yg 1tr suspensinya sama gak? kan yg 2kd dulu kalo gasala beda sama yg 1tr.. menurut saya di jalan jelek si lebih keras dr innova yg lama om, tp ya limbungnya malah makin krasa yg baru ini, terus nose dive nya berasa bgt pas lg braking. saya coba 22 nya mbl operasional kantor, sama 1tr-fe, sama2 matic, perpék kombo :mky_02:
Nah itu om, persis dgn yang sy rasakan. Limbung iya, keras iya, nose dive parah, jadi jelek2nya diambil semua. Biasa kan kalo mobil jelata, kalo keras maka stabil, kalo empuk maka nyaman.
Somehow, menurut saya suspensi ANF dan innova lawas terasa jauh lebih enak drpd ANKI.
Hmmm...sama atau beda ya suspensi 1TR dan 2GD?
Kalo yang sy rasakan, Masih nyaman GNKI daripada ANKI. Di GNKI handling lumayan,bantingan rada firm tapi terasa racikan paling pas. kalo di ANKI handling suram bantingan sedikit terlalu empuk. Ini saya rasakan di mesin diesel,matic. Ohiya, jok tengah GNKI juga lebih tebal&empuk.

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 04:34
by alexdonovan
Bensin, preferably M/T. Karena:
- Beli 2nd
- Setahun ga pernah tembus 15k km
- Senang mesin teriak

Selisih untuk beli diesel CRD bisa ditabung :D

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 05:42
by gt1680
Kalo saya sih ... kalo hp dan torque sama .... di mobil yg sama ... saya mending ambil bensin ... berhubung di mobil yg saya beli hp kecilan yg diesel dikit tapi torque nya gede an yg diesel jauh .... beli yg diesel deh .....

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 09:17
by MitshuToyo
Skrg coba2 miara diesel.. ternyata irit banget pake solar busuk. Mudik seperti gak mikir BBM wkwkw...
Perbandingannya punya sirion AT jalan ke jogja habis 200-250 rb gas poll terus, tapi muat dikit.
Punya diesel 2.5 liter habisnya sama tapi muat buanyak..

Pernah punya bensin 2.4 liter+Unichip/dastek. Sentak2an gas udah mirip diesel. Tapi ditanjakan merayap tetep aja gak bohong.. ngemposs sampai pernah disuatu area hampir melorot karena RPM tekor..

Pake diesel skrg Alhamdulillah sesuai harapan karena jalur selalu gunung2.. torsinya menakjubkan..
Saya pikir diesel paling cocok bagi yang suka trebas2 jalan berlkelok dengan naik agak panjang & ekstrim..
Kalau pengen test, Coba sesekali ke gunung kidul dari yogya lewat tanjakan Cino mati misalnya.. (sy sih belum pernah naik.. lewat cuma turunnya wkwkwk)
atau ke arah wonosari dari imogiri.. (kl ini pernah)

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 09:51
by aipiesblue
MitshuToyo wrote: 24 Jun 2018, 09:17 Skrg coba2 miara diesel.. ternyata irit banget pake solar busuk. Mudik seperti gak mikir BBM wkwkw...
Perbandingannya punya sirion AT jalan ke jogja habis 200-250 rb gas poll terus, tapi muat dikit.
Punya diesel 2.5 liter habisnya sama tapi muat buanyak..

Pernah punya bensin 2.4 liter+Unichip/dastek. Sentak2an gas udah mirip diesel. Tapi ditanjakan merayap tetep aja gak bohong.. ngemposs sampai pernah disuatu area hampir melorot karena RPM tekor..

Pake diesel skrg Alhamdulillah sesuai harapan karena jalur selalu gunung2.. torsinya menakjubkan..
Saya pikir diesel paling cocok bagi yang suka trebas2 jalan berlkelok dengan naik agak panjang & ekstrim..
Kalau pengen test, Coba sesekali ke gunung kidul dari yogya lewat tanjakan Cino mati misalnya.. (sy sih belum pernah naik.. lewat cuma turunnya wkwkwk)
atau ke arah wonosari dari imogiri.. (kl ini pernah)
bener banget nih om, emang pake diesel cocoknya buat terabas jalur pegunungan.

kemarenan libur lebaran ke lembang lewat dago giri - punclut, turunan dan tanjakannya lumayan, pake 2GD mah tenaganya ngisi terus, yg pake mobil bensin dibawah 1500cc mah rata-rata udah mulai megap-megap ngeden mesinnya.

Alhasil dari dago nyampe pasar lembang gak ada 30 menit, coba kalo lewat setiabudi, 2 jam aja blom tentu nyampe karna macet.

lain waktu kalo mo maen ke lembang bakalan lewat jalur ini aja daripada lewat setiabudi.

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 10:55
by kendibocor
Saya udah bosen pake mbl bensin, mau gnt diesel sih cuman blm ada yg sreg di hati (dan dompet). Maren nyoba bawa VRZ mertua ke puncak sih emang tenaganya bikin nagih. Cuma ya emang ladder frame jd pas di daerah kebun teh yg belok2 mertua malah jackpot mungkin gara2 limbung duduk di belakang :mky_04: (untung ga kena gaplok bini)

Maunya diesel sedan, pilihan kynya terbatas ke bmw 320d palingan. Sayang tabungan blm cukup. Lanjut Kerja rodi dulu :ngacir:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 13:01
by Zaxis
aipiesblue wrote: 23 Jun 2018, 15:38
Zaxis wrote: 23 Jun 2018, 15:27 Pny 2GD isi solar busuk,konsumsi 1:10
Kmrn ganti filter solar 40rb masi bersih,biaya 400rb
Dihitung2 masih murah drpd isi dex
Kmrn masi garansi pake oli toyota
Skrg ganti oli pake pertamina sx+ ganti tiap 5000 km
punya foto penampakan filsol-nya setelah 40rb km?

ada tambahan racun lainnya?

saya juga selang-seling pake solbus dan dex, kalo memang sampe 40rb km ternyata bersih ya mending hajar solbus aja deh :mky_02:

menurut saya performa solbus dan dex mah sama aja, toh jarang ngebut juga, paling max kecepatan 120kpj.
Uda lama dibuang om uda dr taon lalu
Skrg uda km 60rb tiap hari tetep isi solar busuk
Ga pake racun doping buang duit aja

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 13:10
by carlzeiss
Vote 1TR-FE bensin aja lah, raungannya sip banget serasa dijel tp dengan harga yg lebih murah dan getaran lebih minim :big_biglaugh:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 13:35
by slowipah
ChZ wrote: 23 Jun 2018, 12:51 I like this kind of thread...

Ya susah klo pake mindset kebanyakan masyarakat kite yang bandinginnya mobil bensin isi pertamax tp mobil diesel isi solar goceng di saat faktanya diesel CRD tidak direkomendasi untuk minum solar goceng unless resikonya perawatan lebih sering... klo nurutin standar, apple to apple, diesel CRD malah harusnya pake DEX yang udh EU2. Yang udah kecanggihan malah sama sekali gak rekomen isi dexlite apalagi solar...

tapi ya ya sudahlah, yang disini kan katanya "sudah disesuaikan dengan standar BBM di Indonesia, tapi kami tetep tidak mau resiko kalo dibilang gak boleh isi solar konsumen lari ke SUV pesaing, jadi kami diem aja, silent is gold, nanti apa apa tinggal edukasi kok"

Klo pake solar goceng percayalah running cost mobil bensin pake pertalit gak akan pernah bisa ngalahin meskipun perawatan lebih sering... blom lagi mobil bensin masih pake ganti busi yang skrg rata-rata pake IR... satu set bisa nyaris sejutaan.

konsumsi diesel 1:12 sama bensin 1:8 dalem kota ya berasa sih... apalagi pertalit vs solar hahaha...

Saya sih liat-liat ya tergantung mobil... tergantung versi bensinnya kek apa. Kalo kayak jepangan innova/pajero/fortuner ya pilih dieselnya... mesin bensinnya kalah canggih malah loyo banget buat menghela bobotnya. Tapi klo udah BMW mercy definitely pilih yang bensin... Masalah selera aja toh mesin bensin BMW gak kalah canggih banget sama mesin dieselnya...
Makanya ane suka blg kalo solar adanya cm dex/shell apa mbl diesel msh laku kyk skrg..

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 24 Jun 2018, 15:48
by adty
pengendiesel wrote: 23 Jun 2018, 23:00
syafimsa wrote: 23 Jun 2018, 22:48
katanya dijel bmw ni irit om, banyak yg bilang bisa 1:20 easily. torq juga pasti lebi tinggi dr yg bensin (compare 320i vs 320d, 520i vs 520d)

innova 2gd sama yg 1tr suspensinya sama gak? kan yg 2kd dulu kalo gasala beda sama yg 1tr.. menurut saya di jalan jelek si lebih keras dr innova yg lama om, tp ya limbungnya malah makin krasa yg baru ini, terus nose dive nya berasa bgt pas lg braking. saya coba 22 nya mbl operasional kantor, sama 1tr-fe, sama2 matic, perpék kombo :mky_02:
Nah itu om, persis dgn yang sy rasakan. Limbung iya, keras iya, nose dive parah, jadi jelek2nya diambil semua. Biasa kan kalo mobil jelata, kalo keras maka stabil, kalo empuk maka nyaman.
Somehow, menurut saya suspensi ANF dan innova lawas terasa jauh lebih enak drpd ANKI.
Hmmm...sama atau beda ya suspensi 1TR dan 2GD?
Nimbrung dikit bahas ANKI. Seminggu kemaren dinas pakai GNKI diesel mobil ops kantor, jalan muter2 jawa jd penumpang (kdg nyetir juga gantian sama supir kantor, dan bosen jg jd penumpang melulu haha), ga ada keluhan mual atau apapun sih walaupun ya beda jauuh sama serena C26 dirumah. Terus dari pekalongan ke semarang ganti ANKI diesel mobil ops kantor cabang, duduk jd penumpang. Sampe semarang kok malah mual, padahal supirnya nyetirnya kalem. Rencana awal mau ganti C26 dirumah jadi ANKI diesel jadi harus dipikir ulang kyknya :ungg:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 11:14
by ChZ
slowipah wrote: 24 Jun 2018, 13:35
Makanya ane suka blg kalo solar adanya cm dex/shell apa mbl diesel msh laku kyk skrg..
IMHO paling rasionya saja yang berkurang... alias gak akan se populer sekarang :mky_01: soalnya di negara-negara Eropah diesel malah skrg lebih populer.

Contoh yang terjadi ya di Ertiga Diesel... :mky_01: dibilang suruh DEX pada mundur teratur ... apesnya dobel lah bisa dibilang. Cuma jual manual dan cuma boleh DEX... Di saat selama ini yang berani claim mobilnya cuma boleh DEX hanya merek premium saja ... atau merek kurang laku let's say Hyundai dan KIA...

Chevrolet aja gak ngomong gitu toh :mky_01: yang populer apalagi, pastinya yang berani ngambil cuma yang punya "nyali" ke SPBU skali ngisi lebih dari 1/2 miliar... :mky_01:

disini beli mobil gopektiau sanggup ngisi BBM 10k/liter masih dianggep "mahal"... hyuna santi saya ngisi fulltank 600ribu tapi ya gmn resiko punya mobil bagus...

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 11:34
by omenRoo
MitshuToyo wrote: 24 Jun 2018, 09:17 Skrg coba2 miara diesel.. ternyata irit banget pake solar busuk. Mudik seperti gak mikir BBM wkwkw...
Perbandingannya punya sirion AT jalan ke jogja habis 200-250 rb gas poll terus, tapi muat dikit.
Punya diesel 2.5 liter habisnya sama tapi muat buanyak..

Pernah punya bensin 2.4 liter+Unichip/dastek. Sentak2an gas udah mirip diesel. Tapi ditanjakan merayap tetep aja gak bohong.. ngemposs sampai pernah disuatu area hampir melorot karena RPM tekor..

Pake diesel skrg Alhamdulillah sesuai harapan karena jalur selalu gunung2.. torsinya menakjubkan..
Saya pikir diesel paling cocok bagi yang suka trebas2 jalan berlkelok dengan naik agak panjang & ekstrim..
Kalau pengen test, Coba sesekali ke gunung kidul dari yogya lewat tanjakan Cino mati misalnya.. (sy sih belum pernah naik.. lewat cuma turunnya wkwkwk)
atau ke arah wonosari dari imogiri.. (kl ini pernah)
wah.. udah miara dijel sekarang om.. saya baru tau.. dibawa ke bebonk juga gak?

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 12:04
by Or4cle
ChZ wrote: 25 Jun 2018, 11:14
slowipah wrote: 24 Jun 2018, 13:35
Makanya ane suka blg kalo solar adanya cm dex/shell apa mbl diesel msh laku kyk skrg..
IMHO paling rasionya saja yang berkurang... alias gak akan se populer sekarang :mky_01: soalnya di negara-negara Eropah diesel malah skrg lebih populer.

Contoh yang terjadi ya di Ertiga Diesel... :mky_01: dibilang suruh DEX pada mundur teratur ... apesnya dobel lah bisa dibilang. Cuma jual manual dan cuma boleh DEX... Di saat selama ini yang berani claim mobilnya cuma boleh DEX hanya merek premium saja ... atau merek kurang laku let's say Hyundai dan KIA...

Chevrolet aja gak ngomong gitu toh :mky_01: yang populer apalagi, pastinya yang berani ngambil cuma yang punya "nyali" ke SPBU skali ngisi lebih dari 1/2 miliar... :mky_01:

disini beli mobil gopektiau sanggup ngisi BBM 10k/liter masih dianggep "mahal"... hyuna santi saya ngisi fulltank 600ribu tapi ya gmn resiko punya mobil bagus...
Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 12:30
by ChZ
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 12:04
Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu
klo DEXLite taun 2016 kemaren... klo DEX nya sendiri sbnrnya dah dari 2008an ada om. Yup banyak Captiva first batch yang akhirnya skrg kondisi gak karuan krn dikasi solar busuk... pembelaan orang kan klo disuruh isi bbm bagus "ah performanya gak beda" , "ah sama sama macet juga" ...

Captiva yang trobel sebenernya batch 2012-2013 itu di transmisi, defect emang diganti gratis tapi garansi gak diperpanjang... makanya ada salah 1 member sini yang akhirnya segera dijual setelah transmisinya ganti. Kesel dia garansi gak diperpanjang :mky_01:

cuma iya captiva batch awal banyak yang kena di injektor lah, turbo lah, gara-gara dipaksa minum solar jelek... ya iya captiva disamain ama kijang/penter rawatnya...

dkasi mobil canggih d bilang mobilnya manja... d kasi mobil teknologi jadul dibilang sunatan... padahal masalahnya 1 : kantong ngepas mau bergaya... rawat seadanya, nyari yang bisa diisi bbm jelek...

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 12:34
by ginting
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 12:04
ChZ wrote: 25 Jun 2018, 11:14
slowipah wrote: 24 Jun 2018, 13:35
Makanya ane suka blg kalo solar adanya cm dex/shell apa mbl diesel msh laku kyk skrg..
IMHO paling rasionya saja yang berkurang... alias gak akan se populer sekarang :mky_01: soalnya di negara-negara Eropah diesel malah skrg lebih populer.

Contoh yang terjadi ya di Ertiga Diesel... :mky_01: dibilang suruh DEX pada mundur teratur ... apesnya dobel lah bisa dibilang. Cuma jual manual dan cuma boleh DEX... Di saat selama ini yang berani claim mobilnya cuma boleh DEX hanya merek premium saja ... atau merek kurang laku let's say Hyundai dan KIA...

Chevrolet aja gak ngomong gitu toh :mky_01: yang populer apalagi, pastinya yang berani ngambil cuma yang punya "nyali" ke SPBU skali ngisi lebih dari 1/2 miliar... :mky_01:

disini beli mobil gopektiau sanggup ngisi BBM 10k/liter masih dianggep "mahal"... hyuna santi saya ngisi fulltank 600ribu tapi ya gmn resiko punya mobil bagus...
Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu
Kalau tinggal di Indo memang mau gak mau, kalau suka pergi ke daerah daerah, sebaiknya beli mobil yg tahan solbus.
saya kalau mudik ke Aceh dr Ciputat itu nemunya cuma solbus...kadang ada nemu DEx tapi harus kota besar...di lintas provinsi solbus masih merajai...

Ada bbrp tipikal kerusakan kalau mesin canggih minum sobus :

- injector Mampet oleh impurity yang ada di solar (sulfur, kotoran, dll)
- Karena sulfur tinggi, maka kadar acid juga tinggi, sehingga korosi internal dari injector atau fuel line lbh significant. Akibatnya spuyer bisa jadi gak presisi semprotannya. ngempos tenaganya.
- Abrasive. Sludge dari BBM yg di ruang bakar bikin jorok oli dengan segera. sehingga ring ngegerus liner...bikin phenomena "Gentong".


ini hanya pendapat nubie saja,,,

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 12:59
by Nainggolan21
me lop turbo dijel commonrail :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 13:21
by Or4cle
ChZ wrote: 25 Jun 2018, 12:30
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 12:04
Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu
klo DEXLite taun 2016 kemaren... klo DEX nya sendiri sbnrnya dah dari 2008an ada om. Yup banyak Captiva first batch yang akhirnya skrg kondisi gak karuan krn dikasi solar busuk... pembelaan orang kan klo disuruh isi bbm bagus "ah performanya gak beda" , "ah sama sama macet juga" ...

Captiva yang trobel sebenernya batch 2012-2013 itu di transmisi, defect emang diganti gratis tapi garansi gak diperpanjang... makanya ada salah 1 member sini yang akhirnya segera dijual setelah transmisinya ganti. Kesel dia garansi gak diperpanjang :mky_01:

cuma iya captiva batch awal banyak yang kena di injektor lah, turbo lah, gara-gara dipaksa minum solar jelek... ya iya captiva disamain ama kijang/penter rawatnya...

dkasi mobil canggih d bilang mobilnya manja... d kasi mobil teknologi jadul dibilang sunatan... padahal masalahnya 1 : kantong ngepas mau bergaya... rawat seadanya, nyari yang bisa diisi bbm jelek...
DEX memang sudah dari 2008, tapi di tahun 2010-an di saat itu harga sedang tinggi-tingginya makanya solbus jadi pilihan utama
Nahhh di tahun 2016 baru keluar DEXlite, solusi penganti solbus yang lebih berkualitas dgn harga lebih murah dari DEX akhirnya banyak yang beralih dari solbus ke DEXlite.

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 13:24
by Or4cle
ginting wrote: 25 Jun 2018, 12:34
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 12:04
ChZ wrote: 25 Jun 2018, 11:14

IMHO paling rasionya saja yang berkurang... alias gak akan se populer sekarang :mky_01: soalnya di negara-negara Eropah diesel malah skrg lebih populer.

Contoh yang terjadi ya di Ertiga Diesel... :mky_01: dibilang suruh DEX pada mundur teratur ... apesnya dobel lah bisa dibilang. Cuma jual manual dan cuma boleh DEX... Di saat selama ini yang berani claim mobilnya cuma boleh DEX hanya merek premium saja ... atau merek kurang laku let's say Hyundai dan KIA...

Chevrolet aja gak ngomong gitu toh :mky_01: yang populer apalagi, pastinya yang berani ngambil cuma yang punya "nyali" ke SPBU skali ngisi lebih dari 1/2 miliar... :mky_01:

disini beli mobil gopektiau sanggup ngisi BBM 10k/liter masih dianggep "mahal"... hyuna santi saya ngisi fulltank 600ribu tapi ya gmn resiko punya mobil bagus...
Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu
Kalau tinggal di Indo memang mau gak mau, kalau suka pergi ke daerah daerah, sebaiknya beli mobil yg tahan solbus.
saya kalau mudik ke Aceh dr Ciputat itu nemunya cuma solbus...kadang ada nemu DEx tapi harus kota besar...di lintas provinsi solbus masih merajai...

Ada bbrp tipikal kerusakan kalau mesin canggih minum sobus :

- injector Mampet oleh impurity yang ada di solar (sulfur, kotoran, dll)
- Karena sulfur tinggi, maka kadar acid juga tinggi, sehingga korosi internal dari injector atau fuel line lbh significant. Akibatnya spuyer bisa jadi gak presisi semprotannya. ngempos tenaganya.
- Abrasive. Sludge dari BBM yg di ruang bakar bikin jorok oli dengan segera. sehingga ring ngegerus liner...bikin phenomena "Gentong".


ini hanya pendapat nubie saja,,,
Benar sekali Oom Ginting ... intinya pilihlah mobil dengan ketersediaan BBM sesuai daerah masing-masing.
Kalo gak salah Oom Ginting pernah mudik dengan bawa cadangan jerigen di mobil ya ?

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 13:37
by ginting
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 13:24
ginting wrote: 25 Jun 2018, 12:34
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 12:04

Ujung-ujungnya kasusnya kayak Captiva ... teknologi diesel modern dihajar solbus akhirnya nozzle mampet, mesin gentong / ngantong entah apalah istilahnya.

IMHO, rata2 Captiva 2011 - 2015 adalah peminum solbus karena di tahun 2016 Pertamina baru keluar solar Dexlite. Walaupun sudah pakai Dexlite ternyata masih ada yang kena mesinnya, gimana pakai solbus ??? Pas mesin bermasalah ehhh ujung-ujungnya mobil yang disalahin, dikasih label CRAPtiva hahaha ... :e-wall:

Makanya sedikit ngeri-ngeri sedap untuk beli unit 2nd mesin CRD modern (Captiva, Santa Fe / Sorento, dll) ... ibarat beli bom waktu, siap meledak sewaktu-waktu
Kalau tinggal di Indo memang mau gak mau, kalau suka pergi ke daerah daerah, sebaiknya beli mobil yg tahan solbus.
saya kalau mudik ke Aceh dr Ciputat itu nemunya cuma solbus...kadang ada nemu DEx tapi harus kota besar...di lintas provinsi solbus masih merajai...

Ada bbrp tipikal kerusakan kalau mesin canggih minum sobus :

- injector Mampet oleh impurity yang ada di solar (sulfur, kotoran, dll)
- Karena sulfur tinggi, maka kadar acid juga tinggi, sehingga korosi internal dari injector atau fuel line lbh significant. Akibatnya spuyer bisa jadi gak presisi semprotannya. ngempos tenaganya.
- Abrasive. Sludge dari BBM yg di ruang bakar bikin jorok oli dengan segera. sehingga ring ngegerus liner...bikin phenomena "Gentong".


ini hanya pendapat nubie saja,,,
Benar sekali Oom Ginting ... intinya pilihlah mobil dengan ketersediaan BBM sesuai daerah masing-masing.
Kalo gak salah Oom Ginting pernah mudik dengan bawa cadangan jerigen di mobil ya ?
Saya gak pernah bawa cadangan jerigen oom...
Yang pernah itu adalah beli solar di Bayung lencir 1 jerigen di pinggir jalan karena isi tanki sudah tipis, dan takut ada macet di depan sehingga gak cukup sampe Jambi.
Dan FYI, di pinggir jalan itu Pertamini paling banyak jual Pertamax dan Pertalite. Cari Solar di Pertamini sudah bener. Makanya begitu nemu ya udah saya langsung beli....ternyata Puji Tuhan setelah jalan kira2 setengah jam ke arah Jambi nemu SPBU yg jual solar,..langsung isi full tank..

Yang pernah roadtrip bawa galon aqua itu oom Rizki, oom Nai, oom F272 dan oom Kumar...waktu itu ada yg bawa Golf.
Jadi BBM Pertabo buat Golf dibawa naek D4D Fortie PUtih berhati Hitam...wkwkwkw

untuk detailnya Ada di trit sebelah....

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 17:13
by Or4cle
ginting wrote: 25 Jun 2018, 13:37
Or4cle wrote: 25 Jun 2018, 13:24
ginting wrote: 25 Jun 2018, 12:34

Kalau tinggal di Indo memang mau gak mau, kalau suka pergi ke daerah daerah, sebaiknya beli mobil yg tahan solbus.
saya kalau mudik ke Aceh dr Ciputat itu nemunya cuma solbus...kadang ada nemu DEx tapi harus kota besar...di lintas provinsi solbus masih merajai...

Ada bbrp tipikal kerusakan kalau mesin canggih minum sobus :

- injector Mampet oleh impurity yang ada di solar (sulfur, kotoran, dll)
- Karena sulfur tinggi, maka kadar acid juga tinggi, sehingga korosi internal dari injector atau fuel line lbh significant. Akibatnya spuyer bisa jadi gak presisi semprotannya. ngempos tenaganya.
- Abrasive. Sludge dari BBM yg di ruang bakar bikin jorok oli dengan segera. sehingga ring ngegerus liner...bikin phenomena "Gentong".


ini hanya pendapat nubie saja,,,
Benar sekali Oom Ginting ... intinya pilihlah mobil dengan ketersediaan BBM sesuai daerah masing-masing.
Kalo gak salah Oom Ginting pernah mudik dengan bawa cadangan jerigen di mobil ya ?
Saya gak pernah bawa cadangan jerigen oom...
Yang pernah itu adalah beli solar di Bayung lencir 1 jerigen di pinggir jalan karena isi tanki sudah tipis, dan takut ada macet di depan sehingga gak cukup sampe Jambi.
Dan FYI, di pinggir jalan itu Pertamini paling banyak jual Pertamax dan Pertalite. Cari Solar di Pertamini sudah bener. Makanya begitu nemu ya udah saya langsung beli....ternyata Puji Tuhan setelah jalan kira2 setengah jam ke arah Jambi nemu SPBU yg jual solar,..langsung isi full tank..

Yang pernah roadtrip bawa galon aqua itu oom Rizki, oom Nai, oom F272 dan oom Kumar...waktu itu ada yg bawa Golf.
Jadi BBM Pertabo buat Golf dibawa naek D4D Fortie PUtih berhati Hitam...wkwkwkw

untuk detailnya Ada di trit sebelah....
Wuuuiihh mantaapp pengalaman lintas Sumatra- nya Oom Ginting :big_exellent:

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 20:33
by Dekyarov
Kalo yg suv ambil yg solar sih soalnya nyari yg kuat disiksa ama yg bisa diajak berkelana...

Tapi kalo yg station wagon... Saya lebih suka versi bensin.

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 20:40
by teppey
Bensin Buat performance, diesel buat yg lainnya.

Re: Yang bensin atau yang solar ??

Posted: 25 Jun 2018, 23:14
by GaLaNTHiu
Dulu bapak ane pake panther + lancer dangan..
Panther lemot bgt, berisik, bau knalpot, asep item, getaran mantap, limbung klo jalanan keluar kota hahaha..
Jauuuuuuuuuuh lah ama Dangan mah...

Pas udah kerja, nabunglah, beli mitsu sedan lg.. ambil galant hiu (skrg mah udah dijual)
Desain keren, nyaman dapet, tenaga mantab, tp dompet kempes keseringan isi bensin..

Trus kaka ane punya GNKI diesel matic, sering bawa keluar kota (puncak, pangandaran, dll)..
Tenaga mantab, ga kalah ama hiu (untuk jalanan meliuk2 luar kota), nyaman cukupan lah, jarang2 mampir spbu hahahahaha..

Skrg jd suka diesel modern.. pengen punya..
Nguli + nabung lg deh hahaha..