Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

ChZ wrote: Sun Jun 17, 2018 3:05 Masalahnya lcgc kebanyakan suspensinya emg gak didesain bwt jalan di atas 120 km/h... + Dikasi ban ceking supaya irit bbm... Ya disaster akhirnya di tangan inexperienced driver... Sy dah coba berbagai LCGC dan udah khatam dengan Ayla MT krn sering dititipin temen... Serem sih dibawa di tol.

Tp setuju Kijang ama Pajero ban gede juga ngeri dibawa kenceng... Bukan masalah bannya sih... Memang peruntukannya beda.

Lcgc banyakan formatnya citycar... Ya idealnya city use... Meski nyatanya susah mau ideal d indonesia... public transport masih banyak PR.

Pokoknya ya semua klo dipake di luar kewajaran pasti ga beres... LCGC dipake ngebut di tangan inexperienced driver udah namanya cari mati.
Akhirnya ada yg cukup lengkap menjabarkan.. ya kl pajero ya, hmm lari 140 dah biasa sih liat di tol 😊 tapi balik lagi ke drivernya memang.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

pengendiesel wrote: Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
Sama nambah kemacetan om. Oh ya om tau kan datsun awal ga ada airbag? Di negara tetangga padahal airbag adalah wajib
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by liat2aja »

Ya kayaknya sering salah kaprah bahwa kita sudah nyetir >= 100 km/jam boleh terus di jalur kanan. Kenyataan di jalan tol ya gitu.

Tapi susah juga kadang, tol sudah 3 jalur paling kiri dikuasai truk, tengah ya mobil santai seperti yg biasa saya lakukan (80-100 km/j) dan jalur kanan dikuasai sama raja ngebut. Nah kadang saya sering merasa terjepit dalam posisi jalur 1 dan jalur 2 terlalu banyak mobil yg pelan (di bawah 60 km/j tapi juga pindah ke jalur 3 banyak yg ganas ngedim (intinya mental pembalap, ga boleh ada mobil di depan dia)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

marmut wrote: Sun Jun 17, 2018 5:16
pengendiesel wrote: Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.
Sama om...tapi kenapa jarang yg memojokkan mobil2 macam gini? :mky_04:
Sekalinya LCGC yang kejadian, langsung dibully dari depan, belakang, kiri, kanan, atas, bawah
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Hmmm...kenapa topik lanehogger vs pembalap makin sering muncul di topik2 SM? Kali ini di topik kecelakaan di jalan tol, nyambungnya lanehogger vs pembalap lagi :off_no:
Dan pada merasa paling ngerti/betul dalam mengartikan peraturan lalin :big_exellent:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Ivano »

pengendiesel wrote:Hmmm...kenapa topik lanehogger vs pembalap makin sering muncul di topik2 SM? Kali ini di topik kecelakaan di jalan tol, nyambungnya lanehogger vs pembalap lagi :off_no:
Dan pada merasa paling ngerti/betul dalam mengartikan peraturan lalin :big_exellent:
Hmmm...
Meski tidak merasa personal, saya hanya berusaha menjabarkan fakta saja om.

Di tol, paling banyak rambu ini:
1. GUNAKAN LAJUR KIRI.
2. LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI.
3. DILARANG MENDAHULUI DARI KIRI
4. 60 100 (dalam lingkaran).

Silahkan di artikan aja sendiri.
No offence ya om.
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by anakgembrot »

yg jd pertanyaan, kenapa di jalan tol bisa beda tinggi gitu permukaan jalannya?
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Ivano wrote: Sun Jun 17, 2018 8:48
pengendiesel wrote:Hmmm...kenapa topik lanehogger vs pembalap makin sering muncul di topik2 SM? Kali ini di topik kecelakaan di jalan tol, nyambungnya lanehogger vs pembalap lagi :off_no:
Dan pada merasa paling ngerti/betul dalam mengartikan peraturan lalin :big_exellent:
Hmmm...
Meski tidak merasa personal, saya hanya berusaha menjabarkan fakta saja om.

Di tol, paling banyak rambu ini:
1. GUNAKAN LAJUR KIRI.
2. LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI.
3. DILARANG MENDAHULUI DARI KIRI
4. 60 100 (dalam lingkaran).

Silahkan di artikan aja sendiri.
No offence ya om.
No problem om, saya cuma ingin menekankan...daripada saling tuding lanehogger vs pembalap dan cari2 kesalahan pihak lain, kenapa kita nggak introspeksi diri kita masing2 saja?
Apakah saya sudah di jalur dan kecepatan yang semestinya?
Apakah saya sudah menaati batas kecepatan minimum dan maksimum?
Hallloooo...peraturan batas kecepatan dan penggunaan jalur ini dibuat dengan tujuan keselamatan.
Apakah saya sudah jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar?
Apakah keamanan dan keselamatan sudah jadi prioritas pertama saya?

Kalo semua pengemudi bisa seperti ini semoga angka kecelakaan bisa turun :big_peace:
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by idlamahilang »

Suspensi mobil nya ga bukan spec utk high speed, jd ga terkendali deh mobilnya kalo nemu jalan bumpy di tol. Kadang emang nemu di tol, mobil lcgc jalan 100kmh++ dan zigzag utk salip2. Miris liatnya. Yang penting harus mawas diri..
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by alexdonovan »

Wah, saya jadi inget nyalip Mobilio lane-hogger. Mungkin dia sudah mentok limiter di 155? CMIIW :D. Pernah juga nyalip dari kiri Avanza lane hogger yang ngerasa paling kenceng @1xx-an... Lupa, years ago

Lajur kanan itu hanya untuk mendahului. Membahayakan banyak orang kalo cruising di lajur kanan. Lucunya, tadi malam yang kosong adalah lajur kiri. Bumpy sih, tapi masih manageable di Calya.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by paidjho »

Pernah nemuin lane hogger paling kerennn....

Sekitar tol serpong arah karawaci, swift jalan 80 kpj di lajur paling kanan. yg nyetir cowok, penumpang kiri cewek hanya setengah badan di jok....




Setengah badannya lagi ke jok driver...
Aka hugging...
Jd mikir hogger tuh diambil dr kata hughing kali ya...


Piye jal????

[emoji85][emoji85][emoji85]
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by NewMarine »

pengendiesel wrote:
Ivano wrote: Sun Jun 17, 2018 8:48
pengendiesel wrote:Hmmm...kenapa topik lanehogger vs pembalap makin sering muncul di topik2 SM? Kali ini di topik kecelakaan di jalan tol, nyambungnya lanehogger vs pembalap lagi :off_no:
Dan pada merasa paling ngerti/betul dalam mengartikan peraturan lalin :big_exellent:
Hmmm...
Meski tidak merasa personal, saya hanya berusaha menjabarkan fakta saja om.

Di tol, paling banyak rambu ini:
1. GUNAKAN LAJUR KIRI.
2. LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI.
3. DILARANG MENDAHULUI DARI KIRI
4. 60 100 (dalam lingkaran).

Silahkan di artikan aja sendiri.
No offence ya om.
No problem om, saya cuma ingin menekankan...daripada saling tuding lanehogger vs pembalap dan cari2 kesalahan pihak lain, kenapa kita nggak introspeksi diri kita masing2 saja?
Apakah saya sudah di jalur dan kecepatan yang semestinya?
Apakah saya sudah menaati batas kecepatan minimum dan maksimum?
Hallloooo...peraturan batas kecepatan dan penggunaan jalur ini dibuat dengan tujuan keselamatan.
Apakah saya sudah jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar?
Apakah keamanan dan keselamatan sudah jadi prioritas pertama saya?

Kalo semua pengemudi bisa seperti ini semoga angka kecelakaan bisa turun :big_peace:
Naah.. ini saya setuju. Mari Om2 member SM sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas (dan pelopor roadtrip jalan2). Apalagi mobilnya udh ditempel stiker SM, malu donk kalo melanggar aturan. Mari bersama2 kita ciptakan berlalu lintas yg tertib, selamat dan aman. Siapa tau diawali dari member SM bisa menyebar ke komunitas yg lain utk menciptakan berlalu lintas yg tertib, aman, selamat dan kondusif.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by qushay20019 »

paidjho wrote: Sun Jun 17, 2018 12:02 Pernah nemuin lane hogger paling kerennn....

Sekitar tol serpong arah karawaci, swift jalan 80 kpj di lajur paling kanan. yg nyetir cowok, penumpang kiri cewek hanya setengah badan di jok....




Setengah badannya lagi ke jok driver...
Aka hugging...
Jd mikir hogger tuh diambil dr kata hughing kali ya...


Piye jal????

[emoji85][emoji85][emoji85]
Wakakak, ane sekilas ngebaca hugging jadi nungging...
*eh
:ngacir:
gojenkz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Oct 22, 2016 3:30
Daily Vehicle: IpahD4d - geniob16b -bmwn42b20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by gojenkz »

Biasanya kalo pas mudik banyak driver karbitan om,, pengalaman blm banyak msh antar kecamatan jd berasa gagah bawa mobil antar privinsi,,

Kita yg uda tua baiknya ngalah dan kasih jalan saja sm yg model begini,, ngalah saja krn kepikir anak istri

Buat yg lg mudik stay safe,, kalo ngantuk lbh baik berenti tidur
:drinking: ojoh samve mavok vrohh !
ftmb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ftmb »

Sama om, saya malah ngeri kalau ngelihat driver yang nyetir brutal gitu..mending kita menyingkir.
Masih mikir keluarga di rumah
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ginting »

ftmb wrote:Sama om, saya malah ngeri kalau ngelihat driver yang nyetir brutal gitu..mending kita menyingkir.
Masih mikir keluarga di rumah
Betul, oom..

saya saat balek ke Jakarta, selasa lalu, di toll Cipali banyak disalib Avanza..speed mereka mungkin 150 kmpj.

Ingat..ingat..di jalan itu cari keselamatan. Bukan cari kebenaran, apalagi pembenaran.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by KielConstantine »

Makin banyak yg mati malah makin bagus kan?
Ngurangi populasi sampah didunia.

Biarin aja pada lari 150 160 km/h itu lmpv, lcgc, city car, kaleng khong guan. gw dukung sepenuh hati. Motor bebek jg biarin aja pada lari 130 140 dijalan raya. Mantap.

We live in the jungle afterall.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by bero89 »

lesmana77 wrote:Jangankan LCGC, sekelas Fortuner VRZ juga akan fatal jika pengemudi kurang konsentrasi ...

ini contohnya, baru terjadi, Fortuner umur 3 bulan ....

ini linknya
https://youtu.be/KgApV33ruEE

and fotonya
Fortuner VRZ Tabrakan.png
Duhh biung,,serem banget itu VRZ, kayak kertas diremas-remas bodynya. Ati-ati teman-teman selama perjalanan kemanapun..

Yang jelas gak ada yang ngerti kapan maut ngejemput pas kita naik apapun juga
Demibacareply
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 31, 2017 9:57

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Demibacareply »

alexdonovan wrote: Sun Jun 17, 2018 11:12 Wah, saya jadi inget nyalip Mobilio lane-hogger. Mungkin dia sudah mentok limiter di 155? CMIIW :D. Pernah juga nyalip dari kiri Avanza lane hogger yang ngerasa paling kenceng @1xx-an... Lupa, years ago

Lajur kanan itu hanya untuk mendahului. Membahayakan banyak orang kalo cruising di lajur kanan. Lucunya, tadi malam yang kosong adalah lajur kiri. Bumpy sih, tapi masih manageable di Calya.
Wah serem, calyanya kentjang ya om :ngacir:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

ginting wrote: Sun Jun 17, 2018 16:01
ftmb wrote:Sama om, saya malah ngeri kalau ngelihat driver yang nyetir brutal gitu..mending kita menyingkir.
Masih mikir keluarga di rumah
Betul, oom..

saya saat balek ke Jakarta, selasa lalu, di toll Cipali banyak disalib Avanza..speed mereka mungkin 150 kmpj.

Ingat..ingat..di jalan itu cari keselamatan. Bukan cari kebenaran, apalagi pembenaran.
Betul om banyak yg dah bosen hidup malah dilampiaskan ke jalan, kalo mau mati ya mati sendiri aja jangan di jalan raya, nyusahin orang doang..
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by exflowly »

Ya kalo ada pelampiasan kita nyingkir aja lah... toh ujungnya orang hidup juga sama, ke akhirat, gak perlu dipercepat saya rasa.

Balik Datsun Go yang kecelakaan ~ turut berduka cita kepada driver dan keluarga semoga tetap kuat. Memang nyetir tuh urusannya penuh konsentrasi, dan akhir-akhir ini semakin banyak orang yang tidak konsen pas nyetir (entah ngantuk, cari alamat, baca WA atau malah liat GPS...dll).

Buat PJR, saya lihat pasang guardrailnya dah benar (lapisannya gak kebalik kayak pernah kejadian di Amrik), jadi ya memang apes dah ketemu ujung yang terbuka. Kalo bukan ketemu ujungnya mestinya masih ok. LCGC atau bukan, ketemu guardrail ya pasti masuk besinya. Mau S-Class W140 ketemu guardrail nembus kaca ya tetep gak ketahan.

Menyingkapi lanehogger ~ tata krama di jalan tetap berlaku. Kalo yang belakang lebih cepat (entah karena lagi ngetest tarikan mobil atau memang lebih cepat atau remnya blong atau emergency vehicle dll...) dan kita menghambat/lbh lambat, silakan cari tempat paling aman buat minggir ke jalur kiri (kalo di toll/jalan) atau ya kiri sampe pinggir jalan (dan berhenti ~ kalau memang itu yang paling aman). Kalau belum memungkinkan untuk minggir, ya silakan kasih kode ke mobil belakang memang kita belum bisa.
dwipraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jun 14, 2017 15:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by dwipraya »

Persoalan peliknya, umumnya jalan bebas hambatan di negeri ini hanya dua jalur,, jalur kiri itu isinya truck yang sangat lambat dan permukaannya banyak berlubang / tidak mulus banyak tambalan.
Mengalah pada pembalap dengan bergeser ke paling kiri rasanya justru bukan pilihan terbaik, karena rasanya resiko ditabrak pembalap lebih rendah daripada resiko celaka terguncang guncang buruknya lajur paling kiri dan ban menghantam lubang.

Saat saya melaju di atas 100, saya tak pernah mengusir pengendara lain yang lebih lambat yang sudah melaju 100km/jam atau lebih di depan saya. Jika memungkinkan, saya akan overtake secara aman dari sebelah kiri karena buat saya pengendara di depan saya itu tidak salah, mengapa harus saya usir ke jalur jalan yang buruk karena saya terburu-buru dan melanggar aturan melebihi kecepatan yang diijinkan?
Yah.... Pendapat saya pasti ditentang oleh para pembalap jalan bebas hambatan.
Maaf masih melenceng dari topik disini.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by setsuka09 »

NewMarine wrote:
pengendiesel wrote:
Ivano wrote: Sun Jun 17, 2018 8:48 Hmmm...
Meski tidak merasa personal, saya hanya berusaha menjabarkan fakta saja om.

Di tol, paling banyak rambu ini:
1. GUNAKAN LAJUR KIRI.
2. LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI.
3. DILARANG MENDAHULUI DARI KIRI
4. 60 100 (dalam lingkaran).

Silahkan di artikan aja sendiri.
No offence ya om.
No problem om, saya cuma ingin menekankan...daripada saling tuding lanehogger vs pembalap dan cari2 kesalahan pihak lain, kenapa kita nggak introspeksi diri kita masing2 saja?
Apakah saya sudah di jalur dan kecepatan yang semestinya?
Apakah saya sudah menaati batas kecepatan minimum dan maksimum?
Hallloooo...peraturan batas kecepatan dan penggunaan jalur ini dibuat dengan tujuan keselamatan.
Apakah saya sudah jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar?
Apakah keamanan dan keselamatan sudah jadi prioritas pertama saya?

Kalo semua pengemudi bisa seperti ini semoga angka kecelakaan bisa turun :big_peace:
Naah.. ini saya setuju. Mari Om2 member SM sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas (dan pelopor roadtrip jalan2). Apalagi mobilnya udh ditempel stiker SM, malu donk kalo melanggar aturan. Mari bersama2 kita ciptakan berlalu lintas yg tertib, selamat dan aman. Siapa tau diawali dari member SM bisa menyebar ke komunitas yg lain utk menciptakan berlalu lintas yg tertib, aman, selamat dan kondusif.
Nah ini yg perlu, lebih baik disiplin & mawas diri sendiri dulu krn toh keselamatan prioritas utama buat yg waras di jalan.

Usul u/ para momod SM tolong dibuat trit safety driving, atau kalau pernah ada di bangkitkan lagi.
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ternakblog »

Konstruksi tol waru-porong dan sebaliknya memsng parah
Banyak gundukan2 aspal,sering lampu esc nyala2 ketika lewat situ,padahal cuma 100kph
Ati2 aja lah.apalagi bawa kluarga
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

exflowly wrote: Sun Jun 17, 2018 18:40
Menyingkapi lanehogger ~ tata krama di jalan tetap berlaku. Kalo yang belakang lebih cepat (entah karena lagi ngetest tarikan mobil atau memang lebih cepat atau remnya blong atau emergency vehicle dll...) dan kita menghambat/lbh lambat, silakan cari tempat paling aman buat minggir ke jalur kiri (kalo di toll/jalan) atau ya kiri sampe pinggir jalan (dan berhenti ~ kalau memang itu yang paling aman). Kalau belum memungkinkan untuk minggir, ya silakan kasih kode ke mobil belakang memang kita belum bisa.
THIS! Yg saya bold, itu etika yg seharusnya dilakukan di toll indo..

Intinya jangan bikin bumpet flow kendaraan di toll.. kalau ada jarak lowong dengan mobil didepannya (>10 meter), lebih bijak kasih jalan mobil dibelakangnya.