Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by GunturSon »

Guard rail nya ya pas tengah agak ke driver arah muka
Serem juga, Lari berapa kira2 ini?

Jaman skrg yang sabar2 kalau di tol banyak pembalap ababil ga tua ga muda attitude nya sama aja kaya kebelet boker semua

ya harus sadar diri juga misal mobilnya lcgc ya lari santai 80km max ya 100km sesuai kodrat dan kemampuan mobil nya

Apalagi bawa anak bini gitu πŸ€”
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by alexdonovan »

PRBS wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 7:49 Turut berduka untuk keluarga yg ditinggalkan.

Menurut saya, tidak hanya datsun go, mobil apapun kalau dalam kondisi seperti diatas, pasti akan bernasib yg sama.

Intinya keep safety driving.. kecelakaan timbul dari banyak kemungkinan, dan salah satunya lanehogging, lanehoggers bikin pengendara dibelakang jadi ga sabaran, dan alhasil timbul gaya menyetir zigzag (berbahaya).

Keep calm, keluarga dan kerabat menanti ditempat tujuan.
Gak enaknya lewat jalur mudik pas musim mudik... Fiuhhh... Lanehoggers dimana-mana. Semalem lewat Cipularang ada sekitar 2km lewat bahu jalan cuma gara-gara... Sebiji Sigra merah dan something else makan jalur kanan kiri.

Sepanjang toll cikampek, jalur kirinya lengang... Lanehoggers ngumpul di jalur tengah dan kanan
mr_mytplx wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 13:22
ada link vidionya om?
Saya lihat di Facebook page-nya E-100 Suara Surabaya. Video kiriman dari netizen. Sepertinya dipotong sensor
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
eka00
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Oct 03, 2017 9:15

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by eka00 »

wekweks wrote:Toll disitu sebagian aspal sebagian concrete yg menurut saya tidak halus.. Takut klo kenceng2 disana.. Jalan jg agak belok2 dan ada naik turun... Semoga tidak ada lagi kecelakaan2 yg memakan korban...

Btw.. Gimana ya cara tokcer mengurangi lanehogger yg bisa diterapkan baik oleh polisi dll??
Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

wh3rs wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 10:55
mike22 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 10:39 Ya gimana itu bannya masih pake yang ori 13".
Saya pake 15" saja ga berani masuk tol, cukup dipake sehari2 sama masuk2 gang sempit.
Lha innova gnki juga 15 inchi...
Mine is city car dude, its an lcgc... so much different from innova. Ertiga dan livina lah minimal dah layak banget kok kalo mau cruising di tol.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

papico wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 11:29 Trus untuk masuk ke jalan tol menurut om amannya pake ban ring berapa ya om? Mohon pencerahannya.
mike22 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 10:39 Ya gimana itu bannya masih pake yang ori 13".
Saya pake 15" saja ga berani masuk tol, cukup dipake sehari2 sama masuk2 gang sempit.
Gini, kalo pake ban standar yg 15” aja saya ga merasa safety di highway, apalagi yg standar pabrik 13”.. serius saya pertama dapat aja langsung segera ganti ke 15”, baru ngerasa enak kl dipake harian. Kl masuk tol ya gapapa sih, saya ga larang, perasaan saya saja merasa tetep kurang stabil.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by mike22 »

Syauqi wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 11:42
mike22 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 10:39 Ya gimana itu bannya masih pake yang ori 13".
Saya pake 15" saja ga berani masuk tol, cukup dipake sehari2 sama masuk2 gang sempit.
Sori om, menurut saya ga perlu segitunya sih, sampe ga berani masuk tol krn pake ring 15"..
Karena di pasaran banyak banget mobil yg pake 15" kebawah, terutama mobil under 250jt. Bahkan menurut saya 13" pun sebenarnya masih sangat aman kalau mau dipake di tol, asalkan mobil dlm kondisi prima dan si supir harus tau batasan, terutama kalo kondisi jalannya licin.

Just my 2cents, CMIIW :big_peace:
Benar, tapi jangan lupa ini lcgc pak. Saya dah coba ertiga ato livina aja dah berasa safe kok untuk di toll kecepatan 100, 2 mobil itu dah mayan stabil.

Duh kok banyak nyalahin gw sih, sebenarnya simpel aja lho itu lcgc, lari 80 aja saya rasa ga stabil.. padahal ban saya dah 15”, apalagi ini masih 13”.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

mike22 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 23:23
Syauqi wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 11:42
mike22 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 10:39 Ya gimana itu bannya masih pake yang ori 13".
Saya pake 15" saja ga berani masuk tol, cukup dipake sehari2 sama masuk2 gang sempit.
Sori om, menurut saya ga perlu segitunya sih, sampe ga berani masuk tol krn pake ring 15"..
Karena di pasaran banyak banget mobil yg pake 15" kebawah, terutama mobil under 250jt. Bahkan menurut saya 13" pun sebenarnya masih sangat aman kalau mau dipake di tol, asalkan mobil dlm kondisi prima dan si supir harus tau batasan, terutama kalo kondisi jalannya licin.

Just my 2cents, CMIIW :big_peace:
Benar, tapi jangan lupa ini lcgc pak. Saya dah coba ertiga ato livina aja dah berasa safe kok untuk di toll kecepatan 100, 2 mobil itu dah mayan stabil.

Duh kok banyak nyalahin gw sih, sebenarnya simpel aja lho itu lcgc, lari 80 aja saya rasa ga stabil.. padahal ban saya dah 15”, apalagi ini masih 13”.
Kalau boleh tau, lcgcnya apa ya? Ada mobil saya yg profil bannya kecil nan ceking ( 175/65/15 ), tapi saya bawa 140kmh masih sangat stabil..

Kadang bukan hanya karena ban saja yg membuat mobil itu tidak stabil, bisa saja settingan suspensinya betul2 ga enak untuk dibawa mid - highspeed.

Contoh, Suzuki jimny / katana profil bannya tebal, tapi dibawa above 80kmh macam naik wahana halilintar di dufan.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by liat2aja »

Kalau sudah bahas Datsun Go memang LCGC terus yg ada di bayangan orang. Saya kebetulan belum pernah naik apalagi mengendarai Datsun Go jadi tidak bisa komentar utk hal ini.

Untuk jalur tol nya itu 2 jalur atau 3 ya? Kalau dilihat cmiiw mobilnya nabrak miring bukan. Maksud saya mobil tsb aslinya ada di jalur kiri atau memang di kanan sebelum nabrak guard rail?

Ini ada kejadian di Thailand baru2 ini:
https://youtu.be/0cvq3ExOf7k

Beda jenis guard rail tapi intinya sama, untuk menjaga mobil yg celaka tidak nyeberang ke jalur berlawanan kan?

Ngendarai mobil apalagi kecepatan tinggi memang butuh kondisi prima, pengemudi dan mobilnya. Turut berduka
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by martinnn »

mobil saya 175/65/13 dibawa cruising 100-120 stabil 2 aja kok.... cbu sih :lol:
:big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ChZ »

Masalahnya lcgc kebanyakan suspensinya emg gak didesain bwt jalan di atas 120 km/h... + Dikasi ban ceking supaya irit bbm... Ya disaster akhirnya di tangan inexperienced driver... Sy dah coba berbagai LCGC dan udah khatam dengan Ayla MT krn sering dititipin temen... Serem sih dibawa di tol.

Tp setuju Kijang ama Pajero ban gede juga ngeri dibawa kenceng... Bukan masalah bannya sih... Memang peruntukannya beda.

Lcgc banyakan formatnya citycar... Ya idealnya city use... Meski nyatanya susah mau ideal d indonesia... public transport masih banyak PR.

Pokoknya ya semua klo dipake di luar kewajaran pasti ga beres... LCGC dipake ngebut di tangan inexperienced driver udah namanya cari mati.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by adrevolution »

martinnn wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 2:31 mobil saya 175/65/13 dibawa cruising 100-120 stabil 2 aja kok.... cbu sih :lol:
Mobil kantor bokap dulu ban cm 185/65 r14 cruising 140 anteng banget.... ckd lagi :ngacir:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
dwipraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jun 14, 2017 15:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by dwipraya »

eka00 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 22:48
wekweks wrote:Toll disitu sebagian aspal sebagian concrete yg menurut saya tidak halus.. Takut klo kenceng2 disana.. Jalan jg agak belok2 dan ada naik turun... Semoga tidak ada lagi kecelakaan2 yg memakan korban...

Btw.. Gimana ya cara tokcer mengurangi lanehogger yg bisa diterapkan baik oleh polisi dll??
Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
DeckyArdeni
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Sep 28, 2014 21:35

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by DeckyArdeni »

dwipraya wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:09
eka00 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 22:48
wekweks wrote:Toll disitu sebagian aspal sebagian concrete yg menurut saya tidak halus.. Takut klo kenceng2 disana.. Jalan jg agak belok2 dan ada naik turun... Semoga tidak ada lagi kecelakaan2 yg memakan korban...

Btw.. Gimana ya cara tokcer mengurangi lanehogger yg bisa diterapkan baik oleh polisi dll??
Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
Maaf sebelumnya, newbie ikut berkomentar. Jika melihat rambu2 dlm tol maka jika kendaraan pada jalur 1 (asumsi plg kanan adalah jalur 1) hanya untuk mendahului. Jika sudah tdk ada kendaraan yg akan didahului maka kendaraan harus kembali ke jalur 2.

Cmiiw
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by marmut »

adiv wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 14:39 Tadi siang di Jagorawi sempat ngelihat ANPS ngebut dan agak brutal ngambil bahu jalan... alhasil oleng kiri kanan.

Saya dari belakang sdh ngeri banget... ngebayangin bakalan ngelihat kecelakaan di depan mata.

Kemungkinan pas di bahu jalan ada lobang atau bergelombang, akhirnya ANPS seperti berusaha koreksi stir kiri kanan dengan agak ekstrim.

Alhamdulillah gak jadi kecelakaan.

Yuuk ah lebih hatiΒ² di jalan tol

sayang nggak terjadi kecelakaan, padahal kalau terguling dan driver mati kan lumayan 1 orang bodoh berkurang......
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by marmut »

pengendiesel wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by martinnn »

Lajur Kanan untuk mendahulii...cruising silakan di jalur tengah
:big_biglaugh:
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by marr »

ya wajar sih di indonesia emang banyak yang attitude nyetirnya begitu, cara nyikapinnya ya banyak2 sabar aja
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by fikrirukmanaa »

Ane pelihara LCGC sebiji.. Gogon R. Kalo di atas 100km/h memang itu mobil udh ga enak, karena profil bodinya tinggi dan ban nya kecil (kebayang kan ban karimun kayak gmn). Ane kalo bawa karimun paling banter cuma 80km/h.
Btw itu mobil baru kmrn sore ditabrak dr samping sama motor ampe penyok pintu belakang haha.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ZEXELGRIFONE »

dwipraya wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:09
eka00 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 22:48
wekweks wrote:Toll disitu sebagian aspal sebagian concrete yg menurut saya tidak halus.. Takut klo kenceng2 disana.. Jalan jg agak belok2 dan ada naik turun... Semoga tidak ada lagi kecelakaan2 yg memakan korban...

Btw.. Gimana ya cara tokcer mengurangi lanehogger yg bisa diterapkan baik oleh polisi dll??
Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
Ikut menyimak... Kali2 aja ada pencerahan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by martinnn »

ZEXELGRIFONE wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 6:59
dwipraya wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:09
eka00 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 22:48 Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
Ikut menyimak... Kali2 aja ada pencerahan
sesuai peruntukannya lajur 3 untuk mendahului... kalau sedang tidak mendahului dan ingin cruising ya kembali ke lajur 2
:big_biglaugh:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Ivano »

dwipraya wrote:
eka00 wrote: ↑Sat Jun 16, 2018 22:48
wekweks wrote:Toll disitu sebagian aspal sebagian concrete yg menurut saya tidak halus.. Takut klo kenceng2 disana.. Jalan jg agak belok2 dan ada naik turun... Semoga tidak ada lagi kecelakaan2 yg memakan korban...

Btw.. Gimana ya cara tokcer mengurangi lanehogger yg bisa diterapkan baik oleh polisi dll??
Yg dimaksud lanehogger itu gimana ya ???
Misal kita sdh diatas 100 kmph di jalur paling kanan, 10 meter di depan ada mobil, tapi ada mobil di belakang yg terus nge dim2.
Kalo gitu salah siapa ??
Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
Lebih tepatnya om:
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI.

bila memang bisa 100kpj, dan lajur kiri kosong, ya silahkan melipir ke kiri.

Kalau ada yg lebih cepat dari 100kpj ingin mendahului, ya pakai lajur kanan, meski anda 100kpj, ya silahkan kasih jalan.

Toh kalau sudah mendahului, harus balik lajur kiri lagi.

Kalau dia terus manteng di 250kpj (mungkin), ya biar urusan dia sama polis atau sama Tuhan.

Intinya, LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI.

Bukan max 100kpj lalu boleh di kanan terus.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ZEXELGRIFONE »

martinnn wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 7:08
ZEXELGRIFONE wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 6:59
dwipraya wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:09

Pertanyaan saya juga sama, apakah saat sebuah kendaraan melaju di kecepatan 100 km/jam di jalur paling kanan masih bisa disebut lanehogger (mengingat kecepatan maksimum di jalan bebas hambatan Indonesia itu 100 km / jam) ? Apakah kendaraan di belakangnya yang melaju lebih cepat berhak "mengusir" kendaraan tersebut agar bergeser ke kiri memberi kesempatkan kendaraan dibelakangnya yang melaju melebihi kecepatan maksimum yang diijinkan peraturan ?
Ikut menyimak... Kali2 aja ada pencerahan
sesuai peruntukannya lajur 3 untuk mendahului... kalau sedang tidak mendahului dan ingin cruising ya kembali ke lajur 2
Okey berarti klo di jalur tengah dan kiri lebih lambat dari kita (saat kita di 100kmh), kita boleh tetep di lajur kanan ya? Karena posisi kita lebih cepet/mendahului..

Nanti setelah lajur tengah/kiri kosong baru pindah kesitu, meskipun tetep cruising di 100kmh. Begitu ya?
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Ivano »

ZEXELGRIFONE wrote:
martinnn wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 7:08
ZEXELGRIFONE wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 6:59 Ikut menyimak... Kali2 aja ada pencerahan
sesuai peruntukannya lajur 3 untuk mendahului... kalau sedang tidak mendahului dan ingin cruising ya kembali ke lajur 2
Okey berarti klo di jalur tengah dan kiri lebih lambat dari kita (saat kita di 100kmh), kita boleh tetep di lajur kanan ya? Karena posisi kita lebih cepet/mendahului..

Nanti setelah lajur tengah/kiri kosong baru pindah kesitu, meskipun tetep cruising di 100kmh. Begitu ya?
Setuju om.

Sayapun, kalau ada motuba berusaha mendahului kendaraan lain pakai lajur paling kanan, saya sabar kasih kesempatan.

Dengan catatan, pakai sein kanan, jadi kita tau kalau dia mau mendahului mobil di depannya.
Dan setelah itu, sein kiri lagi dan langsung kembali ke lajur kirinya.

Sayapun, sesudah mendahului, langsung balik lajur kiri.

Nyetir di malesya, sudah sangat tertib disana.
Max 110 kpj, abis mendahului pasti balik lajur kiri.

Jadi dari jauh pun, keliatan lajur kanan selalu available bila mau overtaking.

Kalaupun ada yg speeding, itu urusan dia sama pulis, karena banyak speed camera.
Tapi langsung balik lajur kiri.
lesmana77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri May 14, 2004 14:23

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by lesmana77 »

Jangankan LCGC, sekelas Fortuner VRZ juga akan fatal jika pengemudi kurang konsentrasi ...

ini contohnya, baru terjadi, Fortuner umur 3 bulan ....

ini linknya
https://youtu.be/KgApV33ruEE

and fotonya
Fortuner VRZ Tabrakan.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by lesmana77 on Sun Jun 17, 2018 7:43, edited 1 time in total.