Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Or4cle wrote: Wed Jul 18, 2018 6:35
Gambling di sini kamsud-nya menebak-nebak response sopir bus tsb (pilih point 4, 5 atau 6) :big_peace:
Oh iya, ini macam test multiple choice :mky_07:
Tapi apapun jawaban yg keluar dari sopir bus, saya juga harus sudah menyiapkan jalan keluarnya SEBELUM jawaban itu sendiri keluar.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by adityabp »

pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.
pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.
:mky_01:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by levofloxacine »

adityabp wrote: Wed Jul 18, 2018 8:14
pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.
pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.
:mky_01:
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng.... :big_slap:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 8:47
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng.... :big_slap:
Jangan lupa point no 1 om, menurut saya kunci utamanya di sini.
Karena saat kita menurunkan kecepatan, artinya kita ngasih tambahan waktu buat kendaraan yang lagi nyalip untuk nyelesaiin urusannya sebelum 'ketemu' kita.
Plus dengan kecepatan yang sudah turun, kalopun terpaksa harus 3 in a row/turun ke bahu jalan, masuknya jauh lebih enak dibandingkan kalo kita nggak ngurangi kecepatan dari jauh.

Hal yang sama juga saat saya disalip, terutama di jalur single. Hampir selalu saya menurunkan kecepatan untuk memudahkan kendaraan yang nyalip nyelesaiin urusannya, daripada yang nyalip kesulitan balik masuk ke jalur, akhirnya maksa2.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

adityabp wrote: Wed Jul 18, 2018 8:14
Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.

Setujuhhh om :big_deal:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by levofloxacine »

pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 9:00
levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 8:47
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng.... :big_slap:
Jangan lupa point no 1 om, menurut saya kunci utamanya di sini.
Karena saat kita menurunkan kecepatan, artinya kita ngasih tambahan waktu buat kendaraan yang lagi nyalip untuk nyelesaiin urusannya sebelum 'ketemu' kita.
Plus dengan kecepatan yang sudah turun, kalopun terpaksa harus 3 in a row/turun ke bahu jalan, masuknya jauh lebih enak dibandingkan kalo kita nggak ngurangi kecepatan dari jauh.

Hal yang sama juga saat saya disalip, terutama di jalur single. Hampir selalu saya menurunkan kecepatan untuk memudahkan kendaraan yang nyalip nyelesaiin urusannya, daripada yang nyalip kesulitan balik masuk ke jalur, akhirnya maksa2.
Point no 1 sdh pasti om, karena kita jg harus siap2 just in case kendaraan berlawanan tetap nekat, ane jg kalo disalip di jalur single terkadang dongkol kalo kendaraan yg nyalip udh tau kondisi di depan ga ada celah buat masuk tp masih maksa tetapi ttp ane melambat buat kasih dia masuk karena ga tega juga n untuk keselamatan bersama, kalo dia celaka, besar kemungkinan kita jg kena collateral damagenya...
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Pboyz97 »

Turut prihatin , semoga korban yg meninggal diberikan tempat yang terbaik di sisi Tuhan YME , dan yang luka2 cepat sembuh
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
AdiP495
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Aug 12, 2018 1:02
Location: Mojokerto
Daily Vehicle: Outlander PX

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by AdiP495 »

marmut wrote: Sun Jun 17, 2018 5:16
pengendiesel wrote: Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.
Wetyul cek...wetyul...owe juga sebel sama itu om2 yang pake pajero, portuner.kijang anki, apalagi si VW golf dan audi, buset kencengnya luar biasa, anginnya aja bikin lcgc owe yang Brio satya limbung kedodoran dijalan yang two lanes itu. Padahal cek, yu no owe sudah jalan 120 km/jam. Biar orang2 yang gak tau liangsim itu satu tempo nanti ditilang sama patroli jalan toll !
gojenkz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Oct 22, 2016 3:30
Daily Vehicle: IpahD4d - geniob16b -bmwn42b20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by gojenkz »

AdiP495 wrote: Wed Aug 22, 2018 9:17
marmut wrote: Sun Jun 17, 2018 5:16
pengendiesel wrote: Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC :big_think:
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.
Wetyul cek...wetyul...owe juga sebel sama itu om2 yang pake pajero, portuner.kijang anki, apalagi si VW golf dan audi, buset kencengnya luar biasa, anginnya aja bikin lcgc owe yang Brio satya limbung kedodoran dijalan yang two lanes itu. Padahal cek, yu no owe sudah jalan 120 km/jam. Biar orang2 yang gak tau liangsim itu satu tempo nanti ditilang sama patroli jalan toll !
Oe turut berduka ya om :big_biglaugh:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
:drinking: ojoh samve mavok vrohh !
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Puffy »

Kalo dijalan lintas sumatra, ane paling sering ketemu anps ngebut ga ketolongan,.
Paling sering kepergok pas lg overtake.,
Dr dlm mobil ane bsa lihat doi lg manuver, dan yup ini mobil memang ngayun nya ga nyantai bgt..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ginting »

adityabp wrote: Wed Jul 18, 2018 8:14
pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.
pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.
:mky_01:
Saya pernah nyaris tabrakan di Sragen saat roadtrip sebelum lebaran kemaren.

Jadi ceritanya 2 cewek boncengan naek motor di depan saya. Jalan lingkar itu mulus. Kecepatan kira2 80 kmpj.

Lalu di depan ada angkot lambat di kiri jalan. si cewek yg bawa motor masuk ke jalur tengah dan dia hidupin sein kanan...saya pikir dia mau nyalib itu angkot yg lambat...jadi saya juga idupin sein kanan dan pacu...ternyata beberapa meter dari angkot itu dia mau belok ke kanan (masuk gang)... dengan seketika saya bejek rem....untung masih selamat....