Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
doomday9999
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 10 May 2006, 22:07

Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by doomday9999 » 26 May 2018, 21:06

Mau nanya suhu2 SMers

Saya berencana mau meminang mobkas. Sudah googling sana sini tentang biaya mutasi dan balik nama tapi masih agak bingung, Mohon pencerahan dari suhu2 SMers.

Misalnya saya mau beli Innova 2014 plat B total pajak di STNK 4,3jtan dan mau saya mutasi dan balik nama ke JATENG. Kebetulan pajaknya telat 2 bulan (jatuh tempo maret 2018). Sebelum bisa cabut berkasnya kan pajak + denda harus dilunasin dulu.. Brarti di samsat DKI saya harus bayar, 4,3jt + denda pajak + biaya cabut berkas? Saya bingungnya nanti di samsat JATENG apakah saya akan ditagih untuk pajak PKBnya (4,3jt) lagi + Bea Balik Nama (BBN II) + biaya lain2.. kalo harus bayar pajak PKBnya lagi brarti kan saya rugi karna bayar dobel..

Mohon pencerahahnya karna saya belum pernah beli mobkas jd agak awam masalah ginian..

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 470
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by efact » 26 May 2018, 21:09

Ngga pak.. pajak bayar sekali aja..sebagai gambaran.. kira2 mgkin total biaya trmasuk bbn sama mutasi bisa kena 2x pajak jatohnya..

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 870
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by Pugman » 26 May 2018, 21:27

Dulu saya beli mobkas, balik nama pakai biro jasa kira2 begini
1. Bayar PKB plus denda karena telat 1,9jt
2. Cabut berkas 800rb
3. Biaya untuk biro jasa 1jt
4. Biaya penerbitan buku dan stnk baru sekitar 500rb.

doomday9999
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 10 May 2006, 22:07

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by doomday9999 » 26 May 2018, 21:29

Ooo ok bayarnya sekali aja di jakartanya ya.. Lebih masuk akal sih kalo gitu.. Brarti kalo misalnya saya bisa ngerayu penjualnya untuk pinjam KTP buat perpanjang 1x lagi dengan harapan ntar akhir tahun ada pemutihan BBN gitu bisa lumayan ya ngirit hampir setengah biaya.. ntar waktu mutasi balik nama hanya bayar penerbitan BPKB dan STNK aja ya

carl
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by carl » 26 May 2018, 21:59

Pengalaman saya kemaren mobil pajak mati November 2016, balik nama Maret 2018, dari Jakarta Timur ke Tangerang Selatan, saya bayar:
1. Pajak Nov 2016-2017: PKB selama setahun (Rp 1.560.000) + denda Rp 380.000 (di Jakarta Timur)
2. Pajak Nov 2017-Maret 2017: Yang dihitung bulan berjalan 5/12 x 1560000 = Rp 600.000an + denda Rp 60rban (di Jakarta Timur)
3. Pajak Maret 2018-Maret 2019: Rp 1.2xx.000 (di Tangerang Selatan)
4. Bea balik nama: 3/4 dari PKB Tangsel = Rp 700.000an (di Tangsel)
5. SWDKLLJ: 1 tahun (Rp 143.000) + denda (Rp 100.000) di Jakarta, dan di Tangerang 2 tahun (rp 286.000)
6. Biaya BPKB+STNK+Plat
7. Jasa birojasa

Kemungkinan om bayarnya
1. PKB di Jakarta: (Maret-Juni18) 3/12 (bulan berjalan) x 4.3 jt = Rp 1jtan + denda 10%=Rp 100.000an
2. SWDKLLJ di Jakarta + denda = Rp 143000 + Rp 100.000
3. BBN di Jateng = 3/4 PKB Jateng
4. SWDKLLJ Jateng = Rp143000
4. PKB 1 tahun di Jateng (bisa beda dengan JKT)
5. Biaya BPKB+STNK+Plat
6. Jasa biro jasa

maaf ribet, intinya yang di Jakarta gak full 1 tahun PKB, tapi bulan berjalan aja, kalau 2 bulan berarti 1/6 PKB...

User avatar
alvin23
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1259
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by alvin23 » 23 Jun 2018, 13:23

Halo mau tanya, kalau balik nama dari samsat balaraja ke samsat serpong perlu cabut berkas gak yah?

jadi rumah saya kan disekitar gading serpong, yang mana sekarang berubah dari B XXXX G** jadi N** , dulu masuk samsat balaraja sekarang ikut samsat serpong, sementara daerah samsat balaraja sekarang platnya berubah jadi A XXXX Z*

nah kalau balik nama harus cabut berkas dulu atau langsung aja ke samsat serpong?
mobil yang lain sih pas perpanjang 5 tahun langsung aja ke samsat serpong dan ganti plat, tapi yang mobil mau dibalik nama ini pemilik sebelumnya alamatnya di pasar kemis, yang dulu satu samsat tp skrg nggak.

mohon pencerahannya kalau ada yang tahu
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

bsetiawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by bsetiawan » 24 Jun 2018, 07:41

2 th yg lalu saya beli mobkas dari Jakarta dan pengurusan mutasi ke Semarang saya urus sendiri. Ada bbrp poin yg mungkin bisa berguna bagi Om doomday9999:

1. Proses cabut berkas tidak memerlukan waktu lama klo diurus sendiri; mulai dari cek fisik sampai memasukkan semua surat2 untuk pencabutan kira2 3 jam. Sekitar 2 minggu kemudian, berkas sdh siap diambil. Biaya yg saya keluarkan sangat minim; hanya memberi sedekah untuk cek fisik dan klo tdk salah ingat untuk pendaftaran mutasi (bisa digoogle untuk kelengkapannya).
2. Keuntungan dari mengurus sendiri: bisa mendapatkan STNK sementara (STNK fotokopi yg dilegalisir pada saat menyerahkan surat2 untuk pencabutan). Bbrp biro jasa yg saya tanyakan, tdk bersedia untuk mengurus/memberikan STNK sementara ini.
3. Setelah berkas dicabut (sekitar 3 bulan sebelum PKB jatuh tempo), jangan terburu2 didaftarkan di Samsat tujuan. Dari pengalaman sendiri: PKB mobkas yg saya beli jatuh tempo pertengahan Feb. Krena saya daftarkan pada awal Januari, skg jatuh temponya jg awal Januari; jdi rugi sebulan!

bsetiawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by bsetiawan » 24 Jun 2018, 07:48

alvin23 wrote:
23 Jun 2018, 13:23
Halo mau tanya, kalau balik nama dari samsat balaraja ke samsat serpong perlu cabut berkas gak yah?
Masih sesama Tangerang seharusnya tidak perlu cabut berkas.

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by g4ndalf » 24 Jun 2018, 17:32

...dopost....

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Last edited by g4ndalf on 24 Jun 2018, 17:35, edited 1 time in total.

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by g4ndalf » 24 Jun 2018, 17:34

carl wrote:
26 May 2018, 21:59
Pengalaman saya kemaren mobil pajak mati November 2016, balik nama Maret 2018, dari Jakarta Timur ke Tangerang Selatan, saya bayar:
1. Pajak Nov 2016-2017: PKB selama setahun (Rp 1.560.000) + denda Rp 380.000 (di Jakarta Timur)
2. Pajak Nov 2017-Maret 2017: Yang dihitung bulan berjalan 5/12 x 1560000 = Rp 600.000an + denda Rp 60rban (di Jakarta Timur)
3. Pajak Maret 2018-Maret 2019: Rp 1.2xx.000 (di Tangerang Selatan)
4. Bea balik nama: 3/4 dari PKB Tangsel = Rp 700.000an (di Tangsel)
5. SWDKLLJ: 1 tahun (Rp 143.000) + denda (Rp 100.000) di Jakarta, dan di Tangerang 2 tahun (rp 286.000)
6. Biaya BPKB+STNK+Plat
7. Jasa birojasa

Kemungkinan om bayarnya
1. PKB di Jakarta: (Maret-Juni18) 3/12 (bulan berjalan) x 4.3 jt = Rp 1jtan + denda 10%=Rp 100.000an
2. SWDKLLJ di Jakarta + denda = Rp 143000 + Rp 100.000
3. BBN di Jateng = 3/4 PKB Jateng
4. SWDKLLJ Jateng = Rp143000
4. PKB 1 tahun di Jateng (bisa beda dengan JKT)
5. Biaya BPKB+STNK+Plat
6. Jasa biro jasa

maaf ribet, intinya yang di Jakarta gak full 1 tahun PKB, tapi bulan berjalan aja, kalau 2 bulan berarti 1/6 PKB...
waks... baru nyadar ternyata TS belum bayar pajaknya alias telat... penjelasan di atas ini yg lebih bener & komplet

:frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

dwi24
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by dwi24 » 25 Jun 2018, 13:42

Om2, mau tanya, sy rencana thn ini mau balik nama mbl. Nah mbl itu udah pake plat nomer pilihan dng alamat STNK yg beda wilayah dng alamat domisili sy, sama2 di Jakarta tp beda wilayah kotanya. Plat pilihan ini msh berlaku smp 2020. Kalo misal sy balik nama, apakah plat nomer pilihan itu akan ttp dipakai di mobil ini atau akan jadi berubah ya? Mohon pencerahannya Om. Terima kasih banyak..

antihero
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 27 Jun 2018, 08:39

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by antihero » 27 Jun 2018, 08:56

dwi24 wrote:
25 Jun 2018, 13:42
Om2, mau tanya, sy rencana thn ini mau balik nama mbl. Nah mbl itu udah pake plat nomer pilihan dng alamat STNK yg beda wilayah dng alamat domisili sy, sama2 di Jakarta tp beda wilayah kotanya. Plat pilihan ini msh berlaku smp 2020. Kalo misal sy balik nama, apakah plat nomer pilihan itu akan ttp dipakai di mobil ini atau akan jadi berubah ya? Mohon pencerahannya Om. Terima kasih banyak.. Image
Ane dapet plat jaksel, terus dibaliknama ktp ane di jakbar, plat nomornya masih pake yg lama jaksel gan.

dwi24
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by dwi24 » 28 Jun 2018, 12:34

antihero wrote:
27 Jun 2018, 08:56
dwi24 wrote:
25 Jun 2018, 13:42
Om2, mau tanya, sy rencana thn ini mau balik nama mbl. Nah mbl itu udah pake plat nomer pilihan dng alamat STNK yg beda wilayah dng alamat domisili sy, sama2 di Jakarta tp beda wilayah kotanya. Plat pilihan ini msh berlaku smp 2020. Kalo misal sy balik nama, apakah plat nomer pilihan itu akan ttp dipakai di mobil ini atau akan jadi berubah ya? Mohon pencerahannya Om. Terima kasih banyak.. Image
Ane dapet plat jaksel, terus dibaliknama ktp ane di jakbar, plat nomornya masih pake yg lama jaksel gan.
brarti huruf blkgnya Sxx ya om? plat berlaku sampe thn kpn? kalo memang begitu, apakah nanti ketika perpanjangan ganti kaleng platnya, nomernya mungkin baru akan berubah jadi Bxx ya (sesuai wilayah Jakbar)..

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2224
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by Jambangan » 28 Jun 2018, 13:16

Om tanya dong
Misalkan saya tinggal di jogja tapi ktp kota bekasi
Lalu saya beli mobil seken plat AB
Bisa ga ya mutasi ke plat B kota bekasi tapi lewat biro jasa di jogja??
Penasaran bisa atau ngga


:thanks:

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1581
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by jivos » 28 Jun 2018, 14:29

27 jun - 18 Agst
Ada program penghapusan sanksi admin PKB n BBN...info nya dlm rangka hut dki n RI

Image
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

User avatar
riizv89
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by riizv89 » 28 Jun 2018, 16:57


bsetiawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: Tanya ttg mutasi dan bea balik nama mobkas

Post by bsetiawan » 28 Jun 2018, 19:06

jivos wrote:
28 Jun 2018, 14:29
27 jun - 18 Agst
Ada program penghapusan sanksi admin PKB n BBN...info nya dlm rangka hut dki n RI
Mantap! Terlalu bnyk yg tdk patuh pajak, pemkot/pemda melakukan pendekatan dgn penghapusan sanksi krena mungkin sulit untuk mengejar tiap wp yg tidak patuh. :wkkk:

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”